Skip to content

Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek

Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek – Mungkin Kabupaten Trenggalek masih terdengar asing bagi wisatawan luar Jawa Timur. Pasalnya wilayah tersebut tidak setenar dengan tempat-tempat wisata di sekitarnya seperti Malang maupun Jember. Bisa jadi hal ini dikarenakan kurangnya promosi pemda setempat dan masyarakatnya. Padahal potensi wisata alam di daerah Trenggalek terbilang masih asri dan cukup menawan.

Keberadaan Trenggalek sendiri di bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo maupun Tulungagung. Sebenarnya kawasan Kota Trenggalek terdiri dari beberapa pegunungan, sehingga suasana alam begitu sejuk dan menyegarkan. Adapun objek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat di Trenggalek adalah sebagai berikut.

Inilah Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Trenggalek

1.Gua Lawa

 gua lawa desa watuagung wulimo trenggalek Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek

Gua Lawa merupakan salah satu gua yang terindah di wilayah Jawa Timur. Keberadaan gua ini di Desa Watu Agung, Kecamatan Wulimo atau sekitar 30 km dari pusat Kota Trenggalek. Gua kapur tersebut menyuguhkan interior yang terbilang cukup eksotis. Bukan hanya itu, terdapat sinyal penerangan jalan setapak tang terbuat dari beton dengan pembatas pagar besi guna memudahkan para pengunjung. Panjang gua ini memiliki 2 km atau 800 meter.

 

  1. Air Grobogan Sewu

air terjun grobogan sewu trenggalek Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek

Air Grobogan Sewu termasuk objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Trenggalek. Ketinggian guyuran air terjun tersebut tidak terlalu tinggi yang hanya sekitar 9 meter. Namun bentuknya cukup lebar sehingga terlihat unik dan cantik. Lokasinya di kawasan pesisir karena tidak jauh dari objek wisata pantai, tepatnya di sebuah Desa Wonocomo, Kecamatan Panggul atau sekitar 56 km dari pusat Kota Trenggalek.

  1. Pantai Prigi

wisata trenggalek pantai prigi Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek

Pantai Prigi memang menjadi ikon wisata dari Kota Trenggalek yang seringkali dipadati oleh wisatawan. Pantai ini berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulomo dan bisa diakses selama sekitar 1,5 jam jika dari Kota Trenggalek. Adapun fasilitas maupun akomodasi yang ditawarkan dari Pantai Prigi cukup memadai, karena termasuk pantai yang sudah dikembangkan menjadi tempat wisata unggulan bagi masyarakat setempat.

  1. Pantai Damas

wisata trenggalek pantai damas Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek

Setelah berkunjung ke Pantai Prigi, cobalah untuk menjelajah Pantai Damas yang hanya berjarak 5 km ke arah Barat. Meskipun kawasan Pantai Damas relatif sepi, namun dibandingkan dengan Pantai Prigi, keindahan pantai ini sangat mengagumkan. Pasalnya Panyai Damas menyuguhkan pasir berwarna kecoklatan dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Apalagi ombak yang tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk kegiatan pantai.

  1. Hutan Kota

hutan kota trenggalek Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek

Hutan Kota Trenggalek merupakan hutan wisata yang dijadikan sebagai tempat berteduh bagi warga setempat. Luas dari hutan tersebut mencapai 10 hektar dan baru saja diresmikan pada tahun 2011 lalu. Hutan Kota di sini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti gazebo sebagai tempat duduk para pengunjung. Salah satu spot menarik di kawasan Hutan Kota adalah puncaknya yang kerapkali dijuluki sebagai Gunung Jaas.

Nah, itu dia Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik di Trenggalek yang wajib anda jelajahi. Semoga bisa menjadi referensi tujuan wisata anda selanjutnya di akhir pekan atau liburan nanti.