Skip to content

Destinasi Tempat Wisata Yang Ada di Gunung Kidul Yogyakarta

Destinasi Tempat Wisata Yang Ada di Gunung Kidul Yogyakarta – Seperti yang kita tahu bahwa Gunung Kidul banyak menyimpan potensi alam yang mampu memikat daya tarik wisatawan. Maka tak heran kawasan wisata di daerah Gunung Kidul telah menjadi landmark dan destinasi tujuan wisata di Kota Yogyakarta. Jika dihitung hampir lebih dari satu wisata alam pantainya, tetapi ada pula wisata air terjun, goa, dan suguhan kindahan alam lainnya.

Secara geografis bentang alam dari Gunung Kidul terdiri dari dataran tinggi dan gunung yang saling menjulang satu sama lainya. Menariknya wilayah tersebut didominasi oleh pegunungan karst atau kapur yang membentang hingga kearah selatan Pulau Jawa. Nah, di bawah ini destinasi tempat wisata yang ada di Gunung Kidul Jogya adalah sebagai berikut.

Wisata Alam Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta

1.Pantai Indrayanti

pantai indrayanti gunung kidul yogyakarta Destinasi Tempat Wisata Yang Ada di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Indrayanti yang berada di Gunung Kidul menyuguhkan hamparan pasir putih nan air laut yang super jernih. Biasanya masyarakat setempat lebih mengenal sebutan pantai ini sebagai Pantai Pulang Sawal. Panorama alam laut dari pantai tersebut mampu menampilkan keindahan, sehingga menciptakan kesan tersendiri bagi wisatawan. Di samping itu, dukungan infrastrukur wisata alam pantai ini terbilang cukup memadi. Alhasil di sepanjang bibir pantai, anda bisa menyaksikan berbagai restorant yang menyajikan masakan laut.

  1. Pantai Jogan

pantai jogan gunung kidul yogyakarta Destinasi Tempat Wisata Yang Ada di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jogan Gunung Kidul menampakan keadaan air terjun yang mengalir langsung ke bibir laut Jogan. Keberadaan air terjun ini setinggi 10 meter dan mempunyai sumber air dari perbukitan karst yang terdapat di kawasan Pantai Jogan. Keunikan objek wisata tersebut terlihat dari bentangan alam menawan yang dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Bukan hanya menikmati panorama alam pantai, di kawasan inilah para pengunjung bisa merasakan guyuran air terjun. Akan tetapi, diperlukan kehati-hatian saat menelusuri turunan licin dan curam agar sampai di bagian bawah air terjun.

  1. Pantai Baron

pantai baron gunung kidul yogyakarta Destinasi Tempat Wisata Yang Ada di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron menawarkan panorama alam laut yang mempesona, sehingga banyak disukai wisatawan luar daerah. Di kawasan pantai ini kebanyakan pengunjung akan menikmati aneka kuliner khas laut Gunung Kidul yang lezat. Hal ini dikarenakan Pantai Baron merupakan dermaga bagi para nelayan, jadi banyak dijumpai pelelangan ikan. Sebenarnya pantai ini adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapit pantai baik disisi kanan maupun kirinya.

  1. Pantai Siung

pantai siung gunung kidul yogyakarta Destinasi Tempat Wisata Yang Ada di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung memang terkenal di mata wisatawan berkat arena panjat tebingnya yang disediakan untuk pengunjung. Adapun ketersediaan panjat tebing tersebut sekitar 250 jalur pemanjatan yang masing-masing mempunyai tingkat kesulitan berbeda-beda. Maka dari itu, di kawasan pantai ini sering dojadikan event panjat tebing skala nasional dan internasional.  Selain itu, di Pantai Siung para pengunjung akan ditakjubkan dengan hamparan pasir putih dan dikenal dengan batu karangnya yang berukuran besar.

Bagaimana, menarik bukan objek alam pantai yang ada di Gunung Kidul? Pastikan anda menyambangi kawasan tersebut tidak hanya sendirian, namun mengajak seluruh anggota dan rekan anda untuk bermain-main di pantai.