Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kelengkeng yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kelengkeng yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh – Buah kelengkeng merupakan buah yang memiliki bentuk bulat mirip dengan langsat. Buah yang satu ini memiliki rasa yang begitu manis sehingga banyak digemari oleh banyak orang.

Buah yang berbentuk bulat berwarna kuning kecoklatan ini selain memiliki rasa yang nikmat ternyata mempunyai kandungan zat yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Lalu zat apa saja yang terkandung dalam buah kelengkeng yang baik untuk kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat dari buah kelengkeng yang baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Tubuh - Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kelengkeng yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tahukah Anda, dibalik rasa manis buah kelengkeng, ternyata buah yang satu ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan Vitamin C pada buah kelengkeng ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun sehingga tubuh tidak mudah sakit saat terkena bakteri atau virus.

  1. Memperkuat tulang

Banyak pilihan asupan yang bisa dijadikan untuk memenuhi nutrisi tubuh khususnya meningkatkan kesehatan tulang. Susu merupakan salah satu asupan yang banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhan tulang agar tetap padat dan tidak mudah keropos. Namun, bagaimana dengan mereka yang memiliki alergi pada susu? Banyak pilihan asupan lain yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan dan memperkuat tulang. Salah satunya yaitu buah kelengkeng.

  1. Baik untuk mata

Katarak merupakan salah satu penyakit atau gangguan mata dimana bagian lensa mata menjadi keruh sehingga cahaya yang masuk tidak maksimal dan dampaknya penglihatan menjadi buram. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit yang menyerang mata yang satu ini. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata. Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi dan mencegah potensi penyakit katarak. Kandungan Vitamin B kompleks pada buah kelengkeng bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan riboflavin.

  1. Baik untuk kecantikan kulit

Manfaat berikutnya yang di dapat dari mengkonsumsi buah kelengkeng yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan Vitamin C dan kolagen pada buah kelengkeng membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru, menjaga kulit tetap segar dan sehat.

  1. Membantu program diet

Memiliki tubuh langsing dan ideal merupakan idaman setiap orang khususnya wanita. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet tentunya Anda hanya boleh mengkonsumsi makanan-makanan tertentu saja yang mengandung kalori dan lemak yang rendah. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet yaitu buah kelengkeng. Meskipun memiliki rasa yang cukup manis, buah yang satu ini rendah akan lemak dan kolesterol.

  1. Sumber energi

Selain mengandung kolesterol dan lemak yang begitu rendah, buah yang satu ini juga dapat dijadikan sumber energi bagi tubuh karena kandungan karbohidrat nya. Kandungan rasa manis dari buah kelengkeng yaitu glukosa diolah di dalam tubuh menjadi karbohidrat yang dijadikan sumber energi bagi tubuh. Bagi yang sedang menjalankan program diet buah yang satu ini pas sekali untuk dikonsumsi. Tubuh akan tetep berenergi meskipun tidak mengkonsumsi makanan berat lain.

  1. Mengurangi stres

Tidak hanya cokelat, buah yang memiliki bentuk bulat kecil dan rasa yang sangat manis ini ternyata baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang mengalami pusing, stress dan depresi. Saat Anda sedang mengalami stress karena berbagai masalah, Anda bisa mengkonsumsi buah kelengkeng sebagai obat yang mampu memberikan rasa ketenangan pada saraf sehingga pikiran akan terasa lebih nyaman.