Opsi Liburan Anti Mainstream yang Sangat Menarik Dikunjungi

Opsi Liburan Anti Mainstream yang Sangat Menarik Dikunjungi – Dengan banyaknya bermunculan objek-objek wisata alam yang diekspos melalui medsos, minat untuk aktivitas wisata menjadi semakin meningkat. Terlebih di tempat-tempat yang populer, semakin banyak orang berdatangan dari berbagai penjuru daerah, bahkan dari luar negeri. Sehingga terkadang, objek wisata menjadi begitu penuh dan padat sehingga sulit memperoleh ketenangan pikiran yang merupakan salah satu tujuan dari wisata. Sehingga muncullah wisata-wisata anti mainstream yang mana tempat-tempat ini biasanya tidak begitu ramai disorot dan didatangi pengunjung, namun sangat layak dijadikan sebagai objek wisata. Berikut ini opsi liburan anti mainstream yang sangat menarik dikunjungi.

  1. Liburan Seru Anti Mainstream di Tebing Gunung Hawu

Buat para anak gunung atau juga mungkin anggota komunitas Wall Climbing, yang selalu suka tertantang dan ingin memacu adrenalin di ketinggian, silahkan coba manjat tebing Gunung Hawu.

Foto Tebing Gunung Hawu Padalarang Bandung Barat - Opsi Liburan Anti Mainstream yang Sangat Menarik Dikunjungi

Gunung Hawu terletak di kec Padalarang, Bandung Barat. Padalarang memang telah dikenal sebagai kawasan dengan gunung batu kapur yang menjulang, salah satunya yang populer dikalangan pecinta gunung adalah Tebing Gunung Hawu. Tebing Gunung Hawu ini letaknya di balik tebing Citatah atau Gunung Kapur Singgalang. Untuk mencapai tempat ini harus menempuh jalan kaki sekitar 30 menit dari tebing Citatah.

  1. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut diartikan sebagai laguna cantik tempat mandi para bidadari. Tempat wisata untuk memacu adrelanine yang terletak di daerah Saguling Jawa Barat ini dulunya sempat dikeramatkan oleh warga di sekitarnya. Tak ada yang berani datang kecuali pada hari-hari tertentu. Banyak mitos yang beredar bahwa tempat ini dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari yang turun ke bumi. Tempat ini juga dipercaya masyarakat sebagai tempat Dayang Sumbi mencuci pakaian dan membersihkan diri.

Gambar Sanghyang Heuleut Saguling Jawa Barat - Opsi Liburan Anti Mainstream yang Sangat Menarik Dikunjungi

Namun, kini legenda itu sudah tidak ditakuti lagi. Memang sayang sekali jika tempat sekeren ini ditakuti orang untuk dikunjungi. Sanghyang Heuleut berbentuk sebuah kolam alami pada aliran sungai yang berasal dari Danau Citarum Purba. Kawasan ini kolamnya dikelilingi oleh batu-batu alam yang besar dan sangat indah.

Sanghyang Heuleut bukan hanya satu-satunya kolam yang ada di sekitar sana. Di kawasan ini juga ada Sanghyang Poek dan Sanghyang Tikoro yang juga memiliki pesona alam yang indah. Lokasinya berada jauh dari desa dan pemukiman warga sehingga untuk kesana kita butuh trekking sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuhnya kira-kira 3 km. Dalam perjalanan ke tempat ini kita akan melewati batu-batu berukuran besar. Keberadaan Sanghyang Heuleut ini letaknya berada di balik salah satu batu besar tersebut.

  1. Stone garden

Bebatuan purba Stone Garden yang terletak diatas gua pawon Padalarang Bandung ini dulunya berada di bawah laut. Stone Garden ini merupakan salah satu situs purbakala. Jika diperhatikan dengan seksama, batu-batuan yang ada di tempat ini terlihat sangat mirip dengan batu karang di dasar lautan.

Foto Stone Garden gua pawon Padalarang Bandung - Opsi Liburan Anti Mainstream yang Sangat Menarik Dikunjungi

Jika berkeliling tempat ini, kita bisa menemukan batuan unik seperti kerang laut, ataupun fosil tumbuhan laut. Mungkin dahulunya, jutaan tahun yang lalu tempat ini merupakan dasar lautan. Namun kini karena keadaan alam mulai berubah, dasar laut ini pun terangkat ke permukaan dan menjadikannya sebuah pegunungan yang indah seperti terlihat saat ini.

  1. Relaksasi di Kolam Air Panas Unik yang Bernama Gunung Peyek Ciseeng Bogor

Di Kawasan Gunung Kapur Ciseeng, Bogor terdapat  tempat wisata tersembunyi yang luar biasa keindahannya. Warga sekitar menyebutnya mata air panas Gunung Peyek Ciseeng. Lokasi pemandian ini letaknya di Kecamatan Ciseeng, Kab Bogor.

Foto Kolam Air Panas Gunung Peyek Ciseeng Bogor - Opsi Liburan Anti Mainstream yang Sangat Menarik Dikunjungi

Mata air panas Gunung Peyek Ciseeng ini terdapat tiga lubang membentuk kolam air panas alami. Dari tempat ini telah tercium bau belerang yang menyengat. Namun tak seperti kolam air panas pada umumnya yang berada di lereng atau di ketinggian, kolam air panas alami ini berada di hamparan sawah.

Sedangkan kata “Gunung” pada “Gunung Peyek” sebetulnya bukan berarti sebuah gunung sebagaimana lazimnya. Mungkin karena lokasi air panasnya yang berada di sebuah gundukan batu kapur yang lebih tinggi dari tanah di sekitarnya sehingga dinamai Gunung Peyek, sehingga menjadi asal-usul mengapa tempat ini dinamakan sebagai Gunung Peyek.

Untuk akses lokasi wisata ini cukup sulit, karena agar bisa sampai ke lokasi, kita harus berjalan kaki melalui pematang sawah yang berlumpur. Gunung Peyek ini letaknya di kawasan Tirta Sanita. Jika kesulitan mencari Gunung Peyek ini, lebih baik bertanya kepada warga setempat tentang lokasi wisata ini, karna lokasinya memang cukup tersembunyi. Jika sudah menemukan bukit yang cukup besar dengan warna agak keputihan, tandanya sudah dekat dengan Gunung Peyek.

Lokasi pemandiannya berada di sebuah batu yang berukuran besar. Di permukaan batu terdapat beberapa lubang yang berisi air panas yang mengandung belerang. Di lubang-lubang itulah kita bisa berendam sambil menikmati suasana persawahan untuk  menenangkan jiwa dan pikiran.

Air kolam ini tidak terlalu panas, hanya terasa hangat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Terutama jika tubuh merasa lelah dan pegal. Terapi alami untuk mengembalikan kebugaran tubuh dengan meregangkan otot yang kaku dan kencang adalah dengan berendam air panas. Khasiat berendam ini akan langsung terasa disamping belerangnya juga berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit.

  1. Pulau Tunda

Pulau Tunda adalah tempat yang asyik saat liburan akhir pekan. Di sekitar pulaunya banyak spot snorkeling yang cantik dengan air yang jernih. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Serang, Banten yang masih salah satu dari gugus dari Pulau Seribu terkenal dengan spot snorkelingnya yang bagus dan sunrise dan sunset yang keren.

Foto Pulau Tunda Serang Banten - Opsi Liburan Anti Mainstream yang Sangat Menarik Dikunjungi

Sayangnya saat kita ke Pulau Tunda, sebagaimana Pulau Seribu lainnya, masih saja terlihat sampah yang memprihatinkan. Tapi untuk ukuran pulau yang dekat dengan Jakarta, snorkeling di sini cukup menyenangkan dengan airnya yang cukup bening.

Pulau Tunda ini berada di Desa Wargasara Kec Tirtayasa, Kab Serang, Prov Banten. Di sekeliling pulau hanya terlihat rumah penduduk yang sederhana dengan hewan ternak dan sedikit batu karang yang telah mati. Dari sisi depan Pulau Tunda memang tak begitu spesial, kecuali taman Bakau yang indah di tepi laut.