Pahami Pengapuran di Sendi penyebab Gangguan Pegal

Pahami Pengapuran di Sendi penyebab Gangguan Pegal – Terkadang jari dapat terasa pegal dan tidak nyaman, hal yang biasa akan Anda lakukan yakni menarik jari-jari tersebut dan membuatnya berbunyi gemeretuk. Sama seperti kala Anda merasakan pinggang pegal, maka Anda pun langsung memutar tubuh sampai Anda mendengar bunyi gemeretuk. Sesudah melakukan itu biasanya rasa pegal pun akan langsung hilang. Namun apakah sesungguhnya itu merupakan hal yang tepat untuk Anda lakukan? Berdasarkan pendapat dokter yang merupakan ahli tulang, disebutkan jika sendi kaki atau jari-jari kaki yang sering mengeluarkan bunyi gemeretuk itu adalah tanda-tanda jika seseorang terkena kondisi pengapuran di sendi, yang biasa dikenal juga dengan istilah osteoarthritis. Mari baca selengkapnya.

Perbedaan dengan Osteoporosis

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah osteoarthritis ini merupakan kondisi yang sama dengan osteoporosis? Jawabannya tidak, ini merupakan kondisi yang berbeda. Pada tubuh manusia ada 230 sendi dan 206 tulang. Untuk Osteoarthritis ini merupakan sebuah kondisi penyakit sendi yang menahun, dengan gejala kemunduran di tulang rawan sendi beserta tulang yang ada di dekatnya, di mana ini dapat mengakibatkan gangguan kekakuan dan nyeri sendi. Kondisi pengapuran sendi sudah pasti dapat dirasakan oleh siapapun tanpa terkecuali, khususnya oleh orang-orang dengan usia melebihi 40 tahun. Namun bagi orang-orang dengan usia di bawahnya pun dapat terserang.

tangani pengapuran sendi penyebab gangguan pegal - Pahami Pengapuran di Sendi penyebab Gangguan Pegal

Osteoarthritis

Orang dewasa dapat mengalami Osteoarthritis, terutama orang dewasa yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan, infeksi di sendi, juga bayi dengan kelainan bawaan. Kondisi ini terjadi hampir di semua sendi. Umumnya terjadi di sendi yang digunakan untuk menahan beban berat, serta di sendi yang kerap digunakan. Contohnya adalah pinggul, lutut, punggung, dan tulang belakang, kaki, dan tangan. Tanda-tanda yang disebabkan dari kondisi Osteoarthritis dapat terjadi dengan bertahap dan umumnya diawali pada satu sendi, terasa nyeri sendi, kesulitan untuk naik serta turun tangga, selain itu juga orang dengan gangguan ini akan mengalami kesulitan untuk berdiri sesudah lama jongkok ataupun duduk. Orang yang kerap terserang atau yang memiliki resiko tinggi terserang penyakit ini yakni orang dengan pekerjaan yang dapat menyebabkan kondisi penekanan berulang ke sendi. Penyakit yang dapat terjadi apabila ada kondisi pengapuran di sendi, dapat menyebabkan bentuk sendi berubah. Jadi kondisi ini memang cukup parah dan membuat tidak nyaman.

Faktor penyebab Pengapuran

Sendi lutut adalah sendi yang menanggung beban kerja yang cukup berat. Ketika seseorang berdiri tegak maka sendi tersebut akan ada pada posisi mengunci supaya posisi tubuh dapat menjadi stabil. Sementara ketika seseorang berjalan, maka sendi tersebut akan berperan seperti sebuah engsel, di mana gerakan kaki pun dapat menjadi lebih fleksibel. Ketika seseorang berlari, berolahraga, maka sendi wajib bisa menahan beban putaran serta daya ketika kaki menekuk, berlari, atau melompat. Hal tersebut dapat menunjukkan jika sendi lutut itu memegang peranan penting untuk tiap gerakan atau posisi tubuh.

Pada sendi lutut ada 3 komponen tulang. Yakni femur atau ujung tulang paha, tulang lutut atau patella, dan tulang tungkai bawah atau tibia. Di bagian ujung tulang, ada komponen atau bagian yang dikenal sebagai tulang rawan. Fungsi tulang ini untuk melapisi ujung tulang pada persendian. Dengan tulang rawan maka ke 3 tulang bertemu, tetapi tak ada gesekan, serta gerakan sendi akan lebih mulus. Ketika seseorang bertambah usia maka tulang rawan atau kartilago akan mengalami kerusakan. Bukan hanya faktor usia saja, melainkan juga ada faktor lain yang dapat mempercepat kerusakan sendi. Contohnya adalah trauma, infeksi, dan aktivitas tinggi, serta berat badan berlebih. Sekian artikel tentang pengapuran di sendi penyebab gangguan pegal, semoga bermanfaat.