Pesona Tempat Wisata di Anambas, Pulau Tropis Terindah di Asia

Nama-nama Tempat wisata di Anambas mungkin tidak sepopuler Raja Ampat, namun ternyata Anambas memiliki pesona keindahan alam tropis yang tidak kalah dengan surga Raja Ampat. Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki banyak sekali pesona alam yang masih sangat alami dan belum terjamah, warna lautnya begitu biru, dan terumbu karangnya yang begitu cantik.

Kepulauan Anambas yang masuk kedalam wilayah Kepri (Kepulauan Riau) ini dipisahkan oleh laguna-laguna di setiap pulau-pulaunya. Sehingga saat air laut surut, anda dapat menyaksikan beberapa pulau terhubung oleh gundukan pasir dengan pulau lainnya.

Saking cantik dan indahnya kepulauan di Anambas ini, CNN sampai menobatkannya sebagai kepulauan tropis terindah di Asia. Sehingga sering disebut-sebut sebagai tandingannya Raja Ampat, dan konon keindahan pantai-pantainya mengalahkan Maldives. Anda penasaran? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

panorama keindahan destinasi wisata kepulauan anambas kepri - Pesona Tempat Wisata di Anambas, Pulau Tropis Terindah di Asia

Daftar Tempat Wisata di Kepulauan Anambas

Pulau Penjalin

Pulau ini adalah pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Vietnam, dan Singapura. Pulau ini memiliki keindahan dan keelokan panoramanya yang sangat menakjubkan. Nuansa pantainya dihiasi puluhan pulau-pulau kecil dengan pasir berwarna putih dan halus, anda bisa berkeliling di pulau ini dengan menggunakan sampan, berenang, hingga snorkeling. Salah satu pantai terindah disini adalah Tanjung Momong, pantai pasirnya yang putih membentang sepanjang 1 kilometer dan populer dengan spot keindahan sunset-nya. Untuk menuju ke pulau ini anda bisa menaiki speedboat dari Kota Tarempa sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pulau Bawah

Pulau Bawah merupakan pulau yang sangat di incar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara saat berlibur ke Anambas. Lokasinya sangat tenang dan terpencil, membuat anda akan merasa seakan berada di surga tropis pribadi. Menurut beberapa wisatawan mancanegara, laguna Pulau Bawah merupakan salah satu yang paling bagus di dunia, mirip seperti kawasan Bora-Bora di Tahiti. Tidak hanya indah di permukaan saja, formasi koralnya pun tidak kalah cantik. Untuk menuju ke Pulau Bawah anda harus menempuh perjalanan sekitar 7 jam dengan menaiki perahu motor dari Kota Tarempa, dan bila anda menumpang speedboat maka hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja.

Tarempa

Walaupun dianggap sebagai wilayah di Indonesia dengan biaya hidup yang mahal karena lokasi yang terpencil, Tarempa ternyata mempunyai keindahan pantainya yang sangat memukau. Selama berada di kawasan ini, siap-siap untuk terisolir karena sinyal handphone akan tersedia saat tengah malam saja. Untuk menuju ke Tarempa anda bisa menaiki kapal ferry dari Tanjung Pinang ke arah Tarempa yang beroperasional di hari Selasa dan Kamis saja. Perjalanan yang ditempuh kira-kira selama 10 jam, namun tenang saja, kapalnya cukup cepat dan memiliki fasilitas AC.

Pulau Durai

Pulau Durai adalah kampung halamannya para penyu. Penyu-penyu singgah di pulau ini untuk bertelur, dan ketika waktunya menetas anda dapat menyaksikan ratusan tukik lucu merayap dari lubangnya ke arah bibir pantai. Untuk sampai di Pulau Durai ini anda dapat menumpang kapal motor dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Tarempa.

Pulau Piugus

Pulau Piugus menawarkan keindahan yang sangat eksotis, dengan untaian pepohonan kelapa berjajar disekitar pantai, warna air lautnya pun sangat jernih dan biru. Terlebih dengan adanya bongkah-bongkah besar batuan karang juga semakin menambah keelokan pulau ini. Selain itu, bagian bawah lautnya pun sangat indah, dengan berbagai bentuk terumbu karang, dinding karang, dan gorgonian yang dihuni oleh berbagai ikan berwarna-warni. Untuk menuju ke pulau ini, dari Desa Ladan di Pulau Matak Anambas anda harus menyewa speedboat dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit, atau menumpang kapal motor dengan 1  jam perjalanan.

Air Terjun Temburun

Disamping pulau-pulaunya yang eksotis, Anambas juga memiliki kawasan wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Air Terjun Temburun yang terletak di Ds. Temburun, Kec. Siantan Selatan ini. Air terjun ini mempunyai tujuh tingkat, dan dari tingkat paling atas anda dapat menikmati indahnya pemandangan laut dan laguna yang sangat jelas.

Untuk menuju Air Terjun Temburun anda bisa menumpang kapal dari Tarempa dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Setelah turun dari kapal, anda harus melanjutkan perjalanan lagi di tanah landai sekitar 200 meter untuk sampai di tingkat ketiga, kemudian berjalan menanjak lagi sekitar 200 meter untuk sampai pada puncak tertingginya.

Demikianlah beberapa rekomendasi Tempat wisata di Kepulauan Anambas Riau yang sudah menunggu kedatangan anda. Sekali anda mengunjungi tempat ini, kami yakin anda akan berfikir sedang berada di syurga pribadi. Selamat berwisata!.