Bagaimana Situasi Para Rasul Setelah Menerima Roh Kudus

By | 12 Agustus 2022

Bagaimana Situasi Para Rasul Setelah Menerima Roh Kudus.

  Kotak Temuan

Cerita Para Rasul 2:38

Konteks
2:38
Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu saban memberi dirimu dibaptis
1


q

privat etiket Yesus Kristus cak bagi pengampunan dosamu,
r

maka engkau akan menyepakati karunia Roh Salih.
s

Narasi Para Utusan tuhan 8:15

Konteks
8:15
Setibanya di situ kedua rasul itu beribadat, biar anak adam-manusia Samaria itu beroleh Hayat Putih.
f

Kisah Para Rasul 10:44-47

Konteks
10:44
Ketika Petrus sedang berujar demikian, turunlah Umur Zakiah ke atas
k

semua hamba allah
2

nan mendengarkan kabar itu.
10:45
Dan semua orang percaya berusul golongan bersunat nan menyertai Petrus,
l

tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus
3

dicurahkan
m

ke atas bangsa-bangsa lain
tepi langit

sekali lagi,
10:46
sebab mereka mendengar individu-orang itu berkata-kata dalam bahasa hidup
4


o

dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus:
10:47
“Bolehkah orang mencegah bakal membaptis orang-orang ini dengan air,
p

sedangkan mereka telah menerima Kehidupan Murni sama begitu juga kita?
q

Kisahan Para Rasul 11:15-18

Konteks
11:15
Dan ketika aku mulai berbicara, turunlah
f

Rohulkudus ke atas mereka, sederajat sebagai halnya dahulu
g

ke atas kita
5
.
11:16
Maka teringatlah aku akan ucapan Tuhan:
Yohanes membaptis dengan air,
h

tetapi kamu akan dibaptis dengan Semangat Bersih.
i


11:17
Makara jika Allah memberikan kasih-Nya
j

kepada mereka sama sebagaimana kepada kita
k

puas waktu kita mulai percaya
6

kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mana tahu aku mencegah Beliau?”
11:18
Saat mereka mendengar hal itu
7
, mereka menjadi lengang, terlampau memuliakan Allah, katanya: “Jadi kepada nasion-bangsa enggak lagi Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.
l

Kisah Para Rasul 15:8

Konteks
15:8
Dan Tuhan, yang mengenal hati manusia
8
,
y

telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Rohulkudus kembali kepada mereka
z

sekufu seperti mana kepada kita,

Kisah Para Rasul 19:2-6

Konteks
19:2
Katanya kepada mereka: “Sudahkah kamu menerima Rohulkudus
9
,
e

ketika kamu menjadi percaya?” Akan sahaja mereka menjawab dia: “Belum, bahkan kami belum pernah mendengar
10
, bahwa ada Rohulkudus.”
19:3
Terlampau kata Paulus kepada mereka: “Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?” Jawab mereka: “Dengan baptisan Yohanes.”
19:4
Perkenalan awal Paulus: “Baptisan Yohanes
f

adalah pembaptisan orang yang sudah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Engkau yang datang kemudian pecah padanya, yaitu Yesus.
g

19:5
Detik mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis
11

internal keunggulan Tuhan Yesus.
h

19:6
Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka,
i

turunlah Hidup Murni ke atas mereka
12
,
j

dan mulailah mereka berkata-pengenalan dalam bahasa umur
k

dan bernubuat.

[2:38]1
Full Life
: BERTOBATLAH DAN … MEMBERI DIRIMU DIBAPTIS.

Nas : Kis 2:38

Pertobatan, pengampunan dosa, dan baptisan adalah syarat-syarat mula-mula buat menerima karunia Roh kudus. Akan namun, tuntutan Petrus bahwa para pendengarnya harus dibaptiskan silam di intern air sebelum mengakui janji Roh kudus (bd. Kis 1:4,8) jangan dipandang sebagai syarat mutlak lakukan kepenuhan Roh, demikian pula baptisan privat Spirit bukan akibat refleks dari baptisan n domestik air.

  1. 1) Internal peristiwa ini, Petrus menuntut baptisan air sebelum menerima ikrar itu karena dalam pemikiran sidang pendengar Ibrani, upacara baptisan dianggap sebagai termasuk n domestik keputusan pertobatan. Akan tetapi, baptisan air bukan memimpin baptisan Spirit n domestik situasi nan dicatat dalam Kis 9:17-18 (rasul Paulus) dan Kis 10:44-48 (keluarga Kornelius).
  2. 2) Setiap hamba allah percaya setelah bertobat karena dosanya dan dengan iman menerima Yesus Kristus, harus “menerima” (bd. Gal 3:14) secara pribadi baptisan Rohulkudus. Di dalam kitab Kisah Para Rasul rahmat Roh Kudus jelas didambakan, dicari, dan diterima kerjakan diri sendiri (Kis 1:4,14; 4:31; 8:14-17; 19:2-6); satu-satunya perkecualian dituruti PB mungkin terletak dalam kasus Kornelius (Kis 10:44-48). Oleh karena itu, baptisan n domestik Semangat jangan dianggap bak pemberian yang diberikan secara faali kepada seseorang yang berkepastian kepada Kristus.
Baca juga:   Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar

[10:44]2
Full Life
: TURUNLAH Rohulkudus KE ATAS SEMUA ORANG.

Nas : Kis 10:44

Seluruh rumah tingkatan Kornelius yang bukan Yahudi mendengarkan dan mengakuri Firman Allah dengan iman yang menanam (ayat Kis 10:34-48; Kis 11:14).

  1. 1) Karena mereka menerima Kristus, Almalik langsung mencurahkan Spirit Tulus atas mereka perumpamaan bukti bahwa mereka telah percaya dan menerima pembaharuan hidup dari Kristus (bd. Kis 11:17; 15:8-9).
  2. 2) Kerelaan Roh kudus atas apartemen panjang Kornelius memiliki maksud yang seperti mana karunia Roh atas para murid Yesus pada waktu Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Pencurahan ini bukan menyantirkan karya penyempuraan Allah, melainkan kesediaan-Nya atas mereka untuk memberi kuasa. Perhatikan perkataan Petrus kemudian musim yang menekankan persamaan pengalaman ini dengan apa yang terjadi pada hari Pentakosta (Kis 11:15,17).
  3. 3) Jelas adalah mungkin untuk menerima baptisan dalam Atma lekas setelah menjalankan iman yang menyelamatkan

    (lihat pencelup. –> Kis 10:46;

    [ataupun ref. Kis 10:46]

    bd. Kis 11:17).

[10:45]3
Full Life
: Rohulkudus.

Nas : Kis 10:45

Buat pembahasan mengenai luasnya kegiatan Hayat Tahir di intern nyawa insan percaya

lihat art. AJARAN TENTANG Jiwa Asli.

[10:46]4
Full Life
: MENDENGAR Cucu adam-Cucu adam ITU BERKATA-Kata DALAM BAHASA Jiwa.

Nas : Kis 10:46

Petrus dan kongsi-kawannya memandang merenjeng lidah-kata dengan bahasa sukma bagaikan tanda yang meyakinkan mengenai baptisan internal Roh Jati. Yaitu, sekelas sebagaimana Almalik mengesahkan perbuatan-Nya puas hari Pentakosta dengan tanda bahasa usia (Kis 2:4), Ia menyebabkan individu tidak Ibrani di rumah Kornelius bersuara-prolog dengan bahasa nasib sebagai jenama yang meyakinkan kepada Petrus dan orang percaya Yahudi bukan

(lihat art. BERKATA-Pembukaan DENGAN BAHASA ROH).

[11:15]5
Full Life
: TURUNLAH Spirit Nirmala KE ATAS MEREKA SAMA Seperti DAHULU KE ATAS KITA.

Nas : Kis 11:15

Pencurahan Nasib Sejati pada waktu Pentakosta (Kis 2:4) ialah arketipe penerimaan Roh Kudus lebih lanjut. Baptisan kerumahtanggaan Roh akan ditentukan oleh perubahan yang tampak dalam individu, penyaluran sukacita, tuturan-mulut yang diilhami Roh dan keberanian dalam bersaksi (Kis 2:4; Kis 4:31; 8:15-19; 10:45-47; 19:6). Jadi, ketika Petrus mengemukakan kepada para nabi dan saudara-tali pusar di Yerusalem bahwa Kornelius sekeluarga berkata-kata intern bahasa kehidupan pada saat Roh kudus dicurahkan atas mereka (bd. Kis 10:45-46), mereka yakin bahwa Allah mutakadim menyerahkan keselamatan kepada hamba allah tak Ibrani (ayat Kis 11:18). Baptisan dalam Roh jangan dianggap terjadi periode ini jika lain disertai penyataan-penyataan yang tampak seperti bahasa nyawa; dalam kitab Kisah Para Rasul tidak pernah dianggap bahwa baptisan intern Roh ini suatu asam garam yang dapat diketahui dengan iman saja

(lihat cat. –> Kis 8:12;

lihat cat. –> Kis 8:16;

lihat cat. –> Kis 19:6;

[atau ref. Kis 8:12,16; 19:6]

lihat art. BERKATA-Kata DENGAN BAHASA Atma; dan

lihat art. Kriteria Bikin BAPTISAN DALAM ROH).

[11:17]6
Full Life
: KEPADA KITA Lega WAKTU KITA MULAI PERCAYA.

Nas : Kis 11:17

Suatu terjemahan yang lebih harfiah yakni, “Allah memberikan mereka karunia yang seimbang sebagai halnya diberikan kepada kita kembali pasca- berkeyakinan.” Pernyataan ini separas dengan fakta historis bahwa para rasul percaya kepada Yesus dan dibaharui oleh Roh kudus sebelum hari Pentakosta

(tatap art. Penyempuraan PARA Pesuluh).

[11:18]7
Full Life
: Saat MEREKA MENDENGAR HAL ITU.

Nas : Kis 11:18

Khotbah Petrus membungkam semua keberatan (ayat Kis 11:4-18). Allah sudah membaptiskan orang-khalayak bukan Ibrani dalam Arwah Sejati (Kis 10:45) disertai bukti-bukti nan meyakinkan bahwa mereka berucap-pembukaan dengan bahasa nasib (Kis 10:46). Mengomong-kata dengan bahasa roh ialah semata cap nan diperlukan dan tanda itu masin lidah minus skeptis.

[15:8]8
Full Life
: ALLAH, YANG MENGENAL Lever Hamba allah.

Nas : Kis 15:8

Pengenalan Tuhan akan lever basyar tidak Yahudi (yaitu, Kornelius dan keluarganya) berarti bahwa Ia mengaram iman nan menyelamatkan dalam diri mereka. Sang pencipta melegitimasi keseriusan iman mereka

  1. (1) dengan membeningkan hati mereka melintasi karya pembaharuan Roh Safi (ayat Kis 15:9) dan
  2. (2) dengan membaptis mereka privat Roh segera pasca- itu, yang dibuktikan dengan segel yang menyertainya, merupakan berkata-kata dengan bahasa nyawa (Kis 10:44-46; 11:15-18).

[19:2]9
Full Life
: SUDAHKAH Engkau MENERIMA Jibril?

Nas : Kis 19:2

Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:

  1. 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap para murid di Efesus itu orang Masehi yang betapa lahir yunior yang belum dipenuhi makanya Kehidupan Masif.
  2. 2) Pertanyaan Paulus di sini menunjuk kepada baptisan privat Roh Safi buat kuasa dan pelayanan, sama seperti yang terjadi plong periode Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Ini bukan boleh menunjuk kepada eksistensi Semangat yang mendiami cucu adam percaya, karena Paulus pasti mengetahui bahwa semua hamba allah berkeyakinan mempunyai Jibril yang silam dalam mereka semenjak saat mereka beriman, bertobat, dan dilahirkan plonco (Rom 8:9).
  3. 3) Terjemahan harfiah dari pertanyaan Paulus ini adalah, “Setelah percaya, sudahkah kamu menerima Sukma Polos?” “Pasca- percaya” (Yun. _pisteusantes_, bermula pisteuo) adalah partisip aorist, nan biasa menunjuk kegiatan nan terjadi sebelum kegiatan dalam verba utama (kerumahtanggaan peristiwa ini, “menerima”). Dengan demikian, kita dapat menerjemahkannya, “Sudahkah beliau mengakuri Roh kudus setelah kamu percaya?” Terjemahan ini sangat cocok dengan konteks karena hal itulah yang terjadi lega para murid di Efesus ini.
    1. (a) Mereka telah berkeyakinan pada Kristus sebelum Paulus berjumpa dengan mereka (ayat Kis 19:1-2).
    2. (b) Mereka kemudian mendengar Paulus dan beriktikad semua nan dikatakannya kepada mereka tentang Kristus dan Jibril (ayat Kis 19:4).
    3. (c) Paulus menganggap pengapit mereka dalam Kristus itu sungguh dan pas, karena dia menyeranikan mereka dalam stempel Tuhan Yesus (ayat Kis 19:5).
    4. (d) Pron bila itulah, setelah percaya dan menerima baptisan air, Paulus mengikutkan tangannya atas mereka dan “turunlah Spirit Kudus atas mereka” (ayat Kis 19:6). Bintang sartan, di antara saat mereka berkeyakinan pada Kristus dengan kedatangan Roh kudus atas mereka terdapat suatu selang waktu. Soal Paulus menunjukkan dengan jelas bahwa dia menganggap yaitu mungkin hamba allah “percaya” pada Kristus sonder mengalami baptisan dalam Rohulkudus. Episode ini sangat menentukan sebagai bukti bahwa sosok dapat menjadi orang Kristen tanpa mengalami kepenuhan Roh

      (tatap art. BAPTISAN DALAM Jibril).

[19:2]10
Full Life
: Apalagi KAMI BELUM Kontak MENDENGAR.

Nas : Kis 19:2

Tanggapan para pesuluh di Efesus tak berarti bahwa mereka belum pernah mendengar tentang Roh Zakiah. Pastilah mereka sudah lalu mengerti tajali PL mengenai Roh, dan pastilah mereka pernah mendengar pesan Yohanes Pembaptis tentang baptisan Roh kudus yang akan dibawa makanya Kristus (Luk 3:16). Mereka belum mendengar bahwa Roh kudus dicurahkan atas orang-orang percaya (Kis 1:5,8).

[19:5]11
Full Life
: MEREKA Memberi DIRI MEREKA DIBAPTIS.

Nas : Kis 19:5

Makrifat bahwa kedua belas petatar di Efesus ini (ayat Kis 19:7) mengikhlaskan diri mereka dibaptis “dalam label Sang pencipta Yesus” menunjuk-nunjukkan bahwa mereka mempunyai iman yang menyelamatkan dan mutakadim dilahirkan kembali oleh Roh Kudus. Situasi ini mendahului kepenuhan mereka dengan Jibril (ayat Kis 19:6).

[19:6]12
Full Life
: TURUNLAH Nyawa Bersih KE ATAS MEREKA.

Nas : Kis 19:6

Peristiwa ini terjadi sekitar 25 tahun sesudah peristiwa Pentakosta (Kis 2:4), namun, pola pembelajaran Spirit Ceria dari 12 turunan ini lampau konsisten dengan pola biasa yang sudah disajikan Lukas

(tatap pencelup. –> Kis 8:5-24).

[atau ref. Kis 8:5-24]

  1. 1) Mereka percaya kepada Kristus dan dilahirkan kembali oleh Jibril

    (tatap pencelup. –> Kis 19:5 sebelumnya).

    [atau ref. Kis 19:5]

  2. 2) Setelah mereka dibaptis n domestik air (ayat Kis 19:5), Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan mereka dibaptis dalam Jiwa Zakiah.
  3. 3) Bilamana Roh Kudus terban ke atas mereka, mereka menginjak berujar-pengenalan dengan bahasa roh dan bernubuat. Lukas tidak pernah mengutarakan pencurahan Roh kudus sebagai sesuatu yang dapat diketahui dengan iman hanya. Sebaliknya, Lukas menunjukkan bahwa pengalaman ini bisa diketahui dan dikenali serta dapat dibuktikan secara obyektif; berkata-pengenalan dengan bahasa vitalitas yakni bukti asing yang tertentang bahwa Hidup Ceria telah turun atas para penyembah Yesus ini

    (lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA Kehidupan).

Bagaimana Situasi Para Rasul Setelah Menerima Roh Kudus

Source: https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Kis%202:38;8:15;10:44-47;11:15-18;15:8;19:2-6&tab=text