Bentuk Motif Hewan Termasuk Dalam Motif Hias

By | 11 Agustus 2022

Bentuk Motif Hewan Termasuk Dalam Motif Hias.

Hallo semua, selamat datang pun di bahassemua.com. Pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai motif polah rias. Seperti apa sih motif ulah hias itu? Terserah berapa jenisnya? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Daftar Isi

  • Pengertian Ragam Hias
  • Motif Polah Hias
    • 1. Ulah Rias Flora (Vegetal)
    • 2. Polah Hias Fauna (Animal)
    • 3. Ragam Hias Geometris
    • 4. Ulah Hias Figuratif
  • Pola Ragam Rias
  • Teknik Menggambar Ragam Solek
  • Contoh Motif Ragam Hias
    • 1. Contoh Polah Solek Flora
    • 2. Cermin Ulah Hias Binatang
    • 3. Contoh Raham Hias Geometris
    • 4. Contoh Ragam Hias Figuratif
    • Bagikan ini :
    • Artikel Tercalit


Pengertian Polah Rias


Ragam hias juga dapat diartikan bak bentuk dasar riasan nan umumnya diulang-ulang sehingga menjadi eksemplar dalam satu karya kesenian alias kerajinan. Ragam solek ataupun ornamen boleh dihasilkan terbit proses mencetak, menggambar, memahat dan tidak sebagainya bikin meningkatkan loklok dan poin pada suatu karya seni.

Ragam hias ialah salah satu karya seni yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah. Di Indonesia, ragam rias boleh dengan mudah kita jumpai. Ragam solek dipengaruhi oleh faktor dunia tumbuhan dan fauna, mileu alam dan budaya di per daerah. Keinginan untuk menghias adalah naluri alias naluri manusia. Ragam hias dibuat berlandaskan kebutuhan awam baik itu bersifat praktis maupun yang tersapu dengan pengapit atau agama.

Cak semau ragam hias yang memiliki makna metaforis karena mengandung angka-nilai peradaban masyarakat pendukungnya. Membuat kelakuan hias bisa dilakukan dengan stilasi atau penggayaan dengan kaidah menyederhanakan objek nan menjadi sumbernya dengan pertimbangan keanggunan. Selain itu, ragam hias juga harus disesuaikan dengan fungsinya.


Motif Polah Hias

Motif ragam rias ada 4, yaitu :

  1. Ragam Hias Dunia tumbuhan (vegetal),
  2. Ragam Hias Fauna (animal),
  3. Ragam Hias Geometris, dan
  4. Polah Solek Asosiatif (manusia).
Baca juga:   Gambar Relief Umumnya Terdapat Pada Bangunan

Motif ragam hias tersebut dapat diterapkan pada media dua dimensi maupun tiga format. Berikut penjelasan mengenai keempat motif ragam hias tersebut.


1. Ragam Hias Flora (Vegetal)

Motif kelakuan hias yang permulaan adalah polah solek dunia tumbuhan atau vegetal. Flora sebagai perigi objektif ragam hias dapat kita jumpai damping di seluruh pulau di Indonesia. Motif perbuatan rias flora cinta kita jumpai pada dagangan-barang karya seni seperti ukiran, kain rekam, kain tenun, batik, dan bordir.


2. Ragam Rias Fauna (Animal)

"<yoastmark

Motif ragam hias yang kedua ialah ragam hias fauna atau animal. Tulang beragangan motif animal boleh dibuat berdasarkan berbagai jenis binatang sebagaimana ikan, gajah, burung, ayam, ular cabai dan lain-lain. N domestik takhlik motif ragam hias fauna dapat digabung dengan motif ragam hias flora atau motif ragam hias geometrik.

Di Indonesia banyak yang menggunakan binatang sebagai objek motif polah hias fauna. Daerah-daerah tersebut seperti Bali, kalimantan, Sumatera, Papua, Sulawesi, dan Yogyakarta. Motif ragam rias satwa di kawasan tersebut dapat kita jumpai pada hasil karya menggambar, kain tenun, tiras bordir, sulaman, ramin, dan tatahan.

Motif ragam hias fauna juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk memasyarakatkan kearifan lokal provinsi di Indonesia sama dengan komodo di Nusa Tenggara Timur, gajah di Lampung dan kalam Cendrawasih di papua.


3. Ulah Hias Geometris

"<yoastmark

Motif ragam solek lebih lanjut adalah ragam hias geometris. Ragam hias geometris merupakan motif rias nan dikembangkan dari gambar-bentuk geometris yang kemudian digayakan sesuai dengan imajinasi atau selera pembuatnya.

Baca juga:   Kemajuan Teknologi Yang Dapat Menunjang Program Pendidikan Adalah

Ragam hias geometris bisa kita jumpai di seluruh daerah di Indonesia sama dengan Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera, dan Jawa. Dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif, kita dapat membuat ragam hias geometris.


4. Ragam Hias Figuratif

"<yoastmark

Motif ragam solek nan ragil adalah ragam solek figuratif. Bentuk dari motif ragam hias figuratif adalah objek bani adam yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan kusen atau alamat tekstil yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan kaidah menggambar.

Eksemplar ragam hias figuratif yang selalu kita lihat adalah topeng ataupun rajah-bagan dalam pewayangan.


Pola Ulah Hias

Buram ulah hias pada galibnya n kepunyaan kontak maupun pola yang diulang-ulang. Dalam bentuk perbuatan hias, transendental yang ditampilkan boleh berupa pola polah hias nan ternilai, teratur dan memiliki keseimbangan. Model ragam geometris dapat ditandai bermula bentuknya seperti zig-zag, segitiga, persegi catur, lingkaran dan garis simpang.

Pola bidang yang disebutkan diatas merupakan konseptual geometris yang bentuknya teratur. Susuk pola geometris kembali dapat diubah dengan cara mengubah susunan pola ragam rias menjadi komplet ragam hias tidak beraturan semata-mata setia kecam segi keayuan.


Teknik Menggambar Ragam Rias

Kerangka ragam rias lewat bervariatif, ada yang diambil berusul flora, dabat, bentuk geometris dan bentuk figuratif. Bentuk buram ragam hias bisa berupa pengulangan atau sulur-suluran. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan detik akan menggambar polah solek :

  • Perhatikan pola gambar ragam hias yang akan digambar.
  • Siapkan alat atau media rangka.
  • Tentukan ukuran hipotetis bentuk yang akan dibuat.
  • Buat sketsa di salah satu kotak atau bidang nan sudah dibuat sebelumnya.
  • Untuk bentuk yang sepadan pada bidang yang lain, terakhir warnai gambar.
Baca juga:   Berikut Yg Bukan Faktor Yg Dapat Mengganggu Pernapasan Manusia Adalah

Menggambar Ragam Hias Dunia tumbuhan
Ragam hias flora dapat dia jumpai di beragam barang atau benda lainnya. Bentuk dan pola rencana ulah hias flora berjenis-jenis. Dia dapat memperalat pola pengulangan atau julai-suluran. Ragam hias flora bisa diambil berusul objek daun tersendiri. Setelah itu kembangkan sesuai dengan imajinasi dan kreativitasmu.

Menggambar Ragam Hias Binatang
Bagan kelakuan hias satwa memiliki keunikan dan keindahan nan sama dengan kelakuan hias dunia tumbuhan. Kita dapat mengambil incaran ragam hias fauna begitu juga semut, gajah, ayam, cicak, dan ikan. Ragam hias fauna dapat digabung dengan ragam hias flora. Berikut tahapan dalam menggambar polah hias sato :

  • Tentukan keberagaman satwa yang akan dijadikan misal gambar kelakuan hias.
  • Buatlah pola rang ragam hiasnya.
  • Berilah warna sreg hasil ragam hiasnya.

Menulis Ragam Hias Geometris
Ragam hias geometris yaitu motif solek yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometri seperti segi empat, segitiga sama kaki maupun guri. Berikut beberapa panjang dalam membuat ragam rias geometris :

  • Takhlik dimensi pola bidang gambar geometris.
  • Membuat gambar geometris.
  • Mewarnai ulah hias geometris.

Menggambar Ragam Rias Asosiatif (Manusia)
Motif rias figuratif memperalat motif individu yang digambar dengan penggayaan tertentu. Motif hias ini biasanya digunakan pada karya tekstil atau karya tiang yang dibuat dengan teknik menggambar atau mengukir.


Contoh Motif Kelakuan Hias

Berikut ini adalah hipotetis-kamil dari motif ragam hias.


1. Eksemplar Ragam Hias Flora

Ragam Hias Flora 1
gambar.menyebelahi
Ragam Hias Flora 2
pinterest.com
Ragam Hias Flora 3
infobatik.id


2. Arketipe Perbuatan Hias Satwa

Ragam Hias Fauna 1
pinterest.com
Ragam Hias Fauna 2
abbeart.blogspot.com
Ragam Hias Fauna 3
pinterest.com


3. Contoh Raham Hias Geometris

Ragam Hias Geometris 1
decoromah.blogspot.com
Ragam Hias Geometris 2
apk.support
Ragam Hias Geometris 3
widiapangastuti.blogspot.com


4. Contoh Ragam Solek Simbolis

Ragam Hias Figuratif 1
teaandlead.blogspot.com
Ragam Hias Figuratif 2
perkatab.blogspot.com
Ragam Hias Figuratif 3
rebanas.com

Demikian ulasan komplet mengenai motif ragam hias. Semoga berguna.

Baca juga :
Denotasi, Unsur, Fungsi dan Varietas Seni Tari

Bentuk Motif Hewan Termasuk Dalam Motif Hias

Source: https://bahassemua.com/motif-ragam-hias/