Berikut Ini Merupakan Contoh Kesenian Daerah Betawi Yaitu

By | 10 Agustus 2022

Berikut Ini Merupakan Contoh Kesenian Daerah Betawi Yaitu.

Kesenian Betawi
ialah riuk satu perbendaharaan budaya masyarakat Indonesia, khususnya awam Betawi. Meskipun begitu, tetapi saat ini kesenian Betawi dan kesenian lainnya menjadi kurang diminati. Sebab, bermacam-macam budaya asing ikut ke Indonesia.

Dengan adanya berbagai rupa pengaruh budaya asing nan masuk tersebut, kesenian daerah seperti mana kesenian Betawi ini perlahan mulai dilupakan. Padahal, menjaga dan melestarikan kesenian yang terserah di Indonesia adalah hal nan sangat penting.

Kesenian dan kebudayaan adalah sebuah identitas yang bukan dapat dilepaskan dari badan awam. Beragam kesenian daerah nan terserah di Indonesia bukan hanya sekadar hiburan doang. Akan semata-mata, tentu memiliki esensi nan lebih dari itu.

Kesenian Betawi

Salah satu kesenian di Indonesia yaitu kesenian Betawi. Betawi adalah suku yang suka-suka di Jakarta. Meskipun saat ini Jakarta tidak cuma menjadi milik masyarakat Betawi belaka, tetapi kesenian Betawi tetaplah milik masyarakat Betawi yang diperuntukan semua bani adam.

Sebagai salah satu daerah pusat yang ada di Indonesia, pengaruh budaya dari asing sudah pasti enggak boleh dihindari pula. Maka dari itu, mempertahankan kehadiran dari kesenian Betawi telah menjadi kewajiban semua pihak.

Jikalau membicarakan kesenian Betawi, kita akan menemui banyak situasi. Grameds, apakah kamu tahu apa saja nan termasuk kesenian Betawi? Kelihatannya ini kita akan ceratai mengenai aneh-aneh kesenian Betawi nan ada.

Apa Sahaja Kesenian Betawi?

Umumnya, sebuah seni dapat dinyatakan sebagai ekspresi mulai sejak semangat individu nan berkaitan dengan keindahan. Puas masyarakat Betawi, kesenian Betawi terlampiaskan dalam bermacam bentuk. seperti Seni Sastra, Seni Bela Diri, Seni Irama dan Seni Teater.

1. Seni Sastra

Sejak kelahirannya, Betawi memiliki budaya nan beragam. Keseleo satunya yaitu seni sastra Betawi. Sayangnya, momen ini sastra Betawi seolah-olah terpendam di daerahnya koteng.

Padahal, menurut bilang mata air sastra Betawi sudah terserah sejak lama. Selain itu, pelecok satu kesenian Betawi ini terbilang sudah cukup lama mendapatkan perhatian bermula sejumlah ilmuwan mancanegara. Riuk suatu buktinya adalah dengan terbitnya banyak telaah akan halnya sastra Betawi di perian tinggal.

Terlebih skrip-naskahnya sudah diterbitkan dan tersebar di bermacam-macam perpustakaan. Tidak sembarangan, perpustakaan nan dimaksud adalah taman bacaan di dalam perguruan tinggi di negara beradab. Keseleo satunya adalah di Rusia dan Leningrad.

Sastra Betawi merupakan sebuah karya sastra berwujud tulisan, yang memperalat bahasa Betawi. Karya sastra Betawi adalah kesenian yang dibuat dan disampaikan juga maka itu hamba allah Betawi. Penyampaian dari kesenian Betawi ini juga disampaikan internal bahasa Betawi.

Bukan saja itu, pendengar atau penikmatnya lagi insan Betawi. Akan tetapi, tentu saja kesenian Betawi ini boleh dinikmati semua rasial. Isi cerita yang terserah di privat karya sastra ini berkaitan dengan vitalitas masyarakat Betawi.

Sama dengan bagaimana mereka hayat, aturan-istiadat, agama yang dianut, tingkah laku publik Betawi sampai situasi pataka di Betawi itu sendiri. Menurut pelecok satu sejarawan Betawi, Seruan sembahyang Yahya Andi Saputra, sastra Betawi terdiri dari dua bentuk.

Baca juga:   Empat Komponen Utama Sistem Operasi Adalah Kecuali

Ada sastra Betawi lisan dan sastra Betawi goresan. Sastra lisan Betawi ini sudah dikenal sejak umum Betawi start mengenai seni dan budaya. Contohnya seperti pantun, hikayat, rancag, buleng, ngerahul dan jampe-jampe nan digunakan para dukun ketika mengobati penyakit yang suka-suka lega pasiennya.

a. Pantun

Seperti mana kelong masyarakat Melayu plong galibnya, kelong Betawi kembali tidak jauh berbeda. Kesenian Betawi yang suatu ini memiliki mandu dan pakem nan sudah halal. Ciri terbit pantun Betawi terlampau terlihat atau tajam.

Keseleo satunya seperti pemakaian bahasa Betawi yang khas. Mulai bersumber pilihan kata dan elemen bunyi, semuanya ada aturannya. Peristiwa-hal itu n kepunyaan elemen spontan, absurd dan blak-blakan di dalamnya.

Kecairan pantun Betawi boleh ditemui di dalam format yang terkesan melenceng dari pakem. Pakem sebuah puisi lama sreg umumnya terdiri bersumber 4 baris. Keistimewaan pantun Betawi ini justru n kepunyaan pola yang bertambah netral.

Berkaitan dengan isi puisi lama, ada bilang kelong Betawi yang menelanjangi hal penting di dalamnya. Seperti mana sakti nasihat adapun adab, kesopansantunan, sopan santun, etika, humor, kritik sosial, agama sampai ajaran-ajaran tertentu.

b. Hikayat

HikayatHikayat ialah sastra klasik yang suka-suka di Betawi. Karya sastra ini masih berbentuk gubahan tangan atau kopi. Plong rata-rata, di dalamnya akan dikisahkan tentang hikayat yang sumbernya dari substansi sastra non lokal dan sastra lokal.

Untuk sastra tempatan, galibnya bermula berasal sebuah kisah di dunia pewayangan. Contohnya sebagaimanaHikayat Asal Awal Wayang golek, Hikayat Wayang Arjuna, danLakon Jaka Sukara. Untuk sastra non domestik, umumnya bersumber berusul sebuah narasi nan cak semau di Timur Tengah. Contohnya sepertiHikayat Merpati Mas dan Hikayat Perak,Hikayat Nahkoda Asyik danHikayat Sutan Taburat.

Manuskrip yang disebutkan di atas disalin pada abad 19, maka dari itu Muhammad Bakir. Piagam karya dari Berbenda ini ditulis dengan menggunakan aksara Jawi. Sering juga disebut dengan arab gundul.

Muhammad Bernas menghasilkan piagam yang judulnya enggak cacat dari 60 buah. Sebagian besar, manuskrip tersebut disimpan di asing wilayah. Seperti mana di Belanda, Inggris, Rusia dan Leningrad.

c. Jampe-jampe

jampe-jampeJampe-jampe yakni sebuah pustaka lisan nan memadukan kosakata dari bermacam rupa bahasa. Seleksi introduksi pada bacaan jampe-jampe mementingkan persamaan rima ataupun bunyi. Pustaka lisan nan bernama jampe-jampe ini memiliki sebuah fungsi.

Internal kesenian Betawi, jampe-jampe dapat dimanfaatkan n domestik beraneka rupa kebutuhan. Contohnya seperti untuk pengobatan, sebagai sebuah persuasi alias tahmid untuk kemudahan, pun bisa digunakan untuk mengusir nyawa kejam.

Fungsi yang berbagai rupa mulai sejak salah satu karya sastra Betawi ini menciptakan menjadikan tidak semua orang bisa menggunakannya. Hanya orang-hamba allah tertentu saja nan bisa menggunakan teks jampe-jampe. Seperti mana ketua adat dan koteng dokter.

Berikut ini adalah contoh jampe-jampe yang digunakan kerjakan mengobati penyakit bengok:

Nene tangkur

Tungkai tangkur

Cak semau daging mengungsir

Daging mengungsir uda kaga

Ada daging sang kapes-kapes

Si kapes-kapes uda kaga

Pes limpes urip wares

Sengidu putih

Yah, ora apa-segala

2. Seni Bela Diri

seni bela diriKesenian Betawi seterusnya adalah seni bela diri. Mungkin yang tidak tau pencak terlak, seni bela diri asal Betawi ini sudah terkenal luas. Silat silat adalah sebuah seni bela diri yang juga dapat dikatakan sebagai olah tubuh.

Baca juga:   Syariat Berikut Berkaitan Dengan Kisah Nabi Ibrahim Kecuali

Bila diibaratkan, pada zaman dahulu kuntau silat merupakan identitas maupun harga diri berasal seorang awam Betawi. Artinya bahwa semua orang Betawi tentu dapat bersilat bilamana itu. Ini adalah salah satu kesenian Betawi yang sudah menjadi kandungan sehari-periode turunan Betawi.

Justru, jika ingin melangsungkan sebuah pernikahan mempelai pria harus dilihat malah dahulu terkait kemahiran bersilatnya. Hal ini juga dilakukan sreg urusan agama, ialah membaca. Lazimnya, orang wreda perempuan yang ingin dipinang akan mengetes terlebih dahulu laki-suami yang mau melamar anaknya.

Si junjungan-laki harus mampu menunjukkan seberapa hebat ia boleh main-main pencak. Terkadang, ayah dari perempuan akan menantang laki-laki tersebut bagi bertarung dengan kuntau. Takdirnya pahit lidah lelaki tersebut mendalami pencak silat yang bagus, maka ujian pertama menguap.

Konfirmasi atau tentamen kedua yang harus dilalui adalah mengaji. Mengaji kembali adegan dari silat silat yang bisa dikatakan sepaket. Rata-rata, tutorial sreg perguruan kuntau Betawi akan dimulai dengan pengajian sampai-sampai sangat. Sesudah itu bau kencur tutorial silat dapat dimulai.

Pencak silat nan ada di tengah-perdua publik adv amat majemuk. Bahkan, bisa dikatakan setiap gang mempunyai silat yang berbeda. Beberapa contoh kuntau pencak Betawi seperti Silat Beksi, Pencak Kancing 7 Bintang 12 Ular besar Berenang, Silat Tiga Berturutan, Silat Sabeni, Kuntau Cingkrik, Silat Silo Macan dan Silat Cacag Lembang.

3. Seni Teater

Salah satu kesenian Betawi yang jarang diketahui yakni seni teaternya. Berikut ini yakni bilang penjelasan, bermula banyaknya seni teater yang suka-suka di masyarakat Betawi:

a. Wayang jangat Betawi

wayang kulitWayang kulit Betawi inu berhubungan dengan sebuah penyerangan yang dilakukan makanya Kanjeng sultan Agung berpokok Mataram ke provinsi Batavia. Peristiwa tersebut terjadi momen Batavia dipimpin oleh Gubernur Jenderal Jan Pieterzoon.

Lamun Wayang Indra peraba Betawi bersumber berpokok Wayang Kulit Purbo, tetapi sreg praktiknya pagelaran Wayang Kulit Betawi ini menunjuk-nunjukkan ciri khasnya seorang. Ciri khasnya ialah cerita yang dibawakan akan disesuaikan dengan kejadian masyarakat Betawi yang cair atau egaliter.

Cerita akan disesuaikan dengan kondisi tempatan Betawi yang dibuat lebih dominan. Oleh sebab itu, Wayang Alat peraba Betawi akan lebih sederhana, merakyat, polos dan mementingkan keakraban dari penontonnya.

b. Jipeng dan Jinong

jipengjinongJipeng yaitu akronim bersumber dua introduksi, yaitu Tanji dan Topeng. Tata cara pergelaran kesenian Betawi ini tidak berlainan dengan pertunjukan Kedok. Bedanya adalah pada mulanya pertunjukannya dan kostumnya.

Dalam pertunjukan Jipeng, seragam digunakan lebih sederhana. Untuk si penari, cukup menggunakan kain panjang, kebaya dan ulos tataran nan diikat di pinggang. Kedok diawali dengan lagu enjot-enjotan atau arang-arangan.

Jipeng diawali dengan lagu mars dan was tersendiri dari Tanjidor. Tema dan kisahan yang dibawakan Jipeng ini tidak jauh berbeda dengan Topeng.

Pertunjukan Lenong Preman yang diiringi dengan musik Tanjidor disebut dengan Jinong. Pada masanya, Jinong akan ngeri koteng bagaikan teater rakyat. Umumnya, lakon yang dibawakan Jining setara dengan Lenong.

c. Blantek

blantekPada semula, Blantek diakui bak teater topeng sreg tingkat pemula. Di dok seniman Topeng, seandainya ada seorang pemain Topeng yang jelek maka akan dijelek. Mereka akan menyebutnya dengan pemain Kedok Blantek.

Baca juga:   Provinsi Timor Timur Berdiri Sebagai Negara Baru Pada Tahun

Pada perkembangannya, Blantek mempunyai identitasnya seorang. Musik pembawa Blantek ini adalah Rebana Biang. Pada awal pertunjukan, akan dibawakan lagu-lagu sholawat dan dzikir. Sekarang Blantek sudah berkembang dan terdapat sintesis berbagai kesenian Betawi di dalamnya.

4. Seni Musik

seni musikKesenian Betawi lebih jauh adalah berkaitan dengan seni nada. Musik tradisional adalah irama nan berkembang dengan cara tradisional. Terutama di kalangan suku tertentu di Indonesia.

Lahir dan bertumbuh puas suatu daerah tertentu. Kemudian diwariskan secara turun temurun dari satu generasi, ke generasi selanjutnya.

Keberadaan bermula seni musik tersebut menggunakan tren, bahasa dan pagar adat partikular daerah setempatnya. Sama dengan pada etnik lain, seni musik tradisional di n domestik masyarakat Betawi pun hidup dan berkembang. Serta diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Enggak saja sebagai warisan budaya saya. Seni musik Betawi memiliki beberapa kemujaraban lain. Begitu juga sebagai nasihat, pewarisan angka, fungsi hiburan dan memelihara keseimbangan lahir dan batin.

Berkat semua fungsinya tersebut, seni irama tradisional di masyarakat Betawi masih bisa bertahan sampai saat ini. Beberapa di antaranya sebagaimana Orkes Gambus, Orkes Samrah dan Makyung Samrah, Rebana Hadroh, Rebana Ketimpring, Tanjidor, Redap Biang, Gambang Rancag dan Gambang Kromong.

5. Seni Tari

seni tariMasyarakat Betawi juga memiliki seni tari di daftar keseniannya. Seni tari tradisional Betawi sangat erat dengan buaian irama dari musik tradisional. Tarian Betawi juga n kepunyaan ciri khas tersendiri.

Penggunaan suara musik pengiring yang riang adalah ciri berpokok tari kesenian Betawi. Selain itu, gerakannya nan riang juga keseleo satu cirinya.

Beberapa joget tradisional Betawi antara tidak adalah:

  • Tari Zapin Betawi
  • Tari Lenggang Nyai
  • Tari Sirih Kuning
  • Tari Topeng Betawi
  • Tari Gitek Balen
  • Tari Belenggo
  • Tari Samrah
  • Ronggeng Blantek
  • Tari Ngarojeng
  • Tari Renggong Manis
  • Tari Cokek
  • Tari Nandak Keletah
  • Tari Lenggo Tinke
  • Tari Kembang Legok Pati
  • Tari Kedok Tunggal

Itulah 4 keberagaman kesenian Betawi nan kaya akan keindahan dan makna. Temukan informasi lainnya mengenai kesenian di www.gramedia.com. Gramedia laksana #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menghela dan rekomendasi rahasia-buku terbaik bakal para Grameds.

Baca juga:

  • Mengenal Rok Adat Sumatera Barat yang Tampak Mampu
  • Mengapa Singapura Lebih Berfokus Pada Penggalasan dan Industri?
  • 10 Ibu Daerah tingkat Negara Asia Tenggara, Konseptual Dengan Profilnya
  • Fakta Menyentak Musuh Paksina, Sedingin Apa Disana?
  • Potret Kemajuannya Negara Berbudaya di Eropa

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Jakarta: A Dining History

Jakarta: A Dining History

tombol beli buku

Kereta Api di Jakarta dari zaman belanda Hingga Reformasi

Kereta api di Jakarta bermula zaman belanda Hingga Reformasi

tombol beli buku

Jakarta Culinary & Hangout Spots

Jakarta Culinary & Hangout Spots

tombol beli buku

ePerpus yaitu layanan bibliotek digital hari saat ini yang memimpin konsep B2B. Kami hadir cak bagi melancarkan dalam ikutikutan taman bacaan digital Beliau. Klien B2B Persuratan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akal masuk ke ribuan buku berusul penerbit berkualitas
  • Akomodasi dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Cawis fitur admin dashboard bakal melihat manifesto analisis
  • Kenyataan statistik komplet
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Berikut Ini Merupakan Contoh Kesenian Daerah Betawi Yaitu

Source: https://www.gramedia.com/literasi/jenis-kesenian-betawi-yang-terpendam/