Home  »  Edukasi   »   Cara Menentukan Titik Potong Sumbu X Dan Y

Cara Menentukan Titik Potong Sumbu X Dan Y

By | 9 Agustus 2022

Grafik berpangkal persamaan linear sepan mudah untuk dibuat. Hanya terdapat tiga langkah terdepan yang dilakukan duntuk menggambar persamaan linear. Langkah pertama dan kedua pada cara menggambar persamaan linear adalah menentukan noktah potong grafik dengan tali api x dan sumbu y. Seterusnya, awalan ketiga pada cara menulis paralelisme linear adalah menyambat dua titik tetak yang diperoleh. Bentuk grafik berbunga suatu persamaan linear merupakan sebuah garis lurus yang panjangnya tak sebatas.

Persamaan linear yakni suatu persamaan nan memiliki lentur dengan pangkat tertingginya merupakan 1 (suatu). Transendental persamaan linear antara enggak 2x + y = 9, x – 3y = 2 , dan tidak sebagainya. Kaidah menulis kemiripan linear cukup mudah untuk dilakukan. Bahasan di pangkal akan menunjukkan bagaimana langkah-langkan dan prinsip menggambar kemiripan linear. Akan digambar sebuah persamaan linear 3x + 2y = 12.

Gambar persamaan garis 3x + 2y = 12!

Langkah-persiapan dan cara menggambar persamaan linear boleh disimak melalui perampungan pertanyaan di atas sama dengan yang ditunjukkan cara berikut.

Table of Contents

  • Awalan 1- Tentukan titik potong dengan sumbu-x
  • Ancang 2 – Tentukan bintik potong dengan sumbu-y
  • Persiapan 3 – Menghubungkan kedua titik potong yang diperoleh

Langkah 1- Tentukan titik potong dengan sumbu-x

Titik potong dengan sumbu x terjadi saat nilai y = 0. Sehingga bikin mendapatkan bintik tusuk dengan murang x dilakukan dengan pendirian substitusi poin y = 0 puas persamaan 3x + 2y = 12.

Menentukan titik pancung garis 3x + 2y = 12 dengan sumbu x:
3x + 2y = 12
3x + 2(0) = 12
3x + 0 = 12
3x = 12
x =
12/3 = 4

Sehingga diperoleh titik koordinat mula-mula yang merupakan bintik tetak grafik dengan sumbu x yakni A(4, 0).

Awalan 2 – Tentukan bintik runjam dengan upet-y

Titik potong dengan murang y diperoleh ketika titik absis seperti mana nol alias x = 0. Sehingga tutul tikam dengan sumbu y akan diperoleh dengan cara substitusi poin x = 0 pada pertepatan 3x + 2y = 12.

Menentukan noktah potong garis 3x + 2y = 12 dengan sumbu y:
3x + 2y = 12
3(0) + 2y = 12
0 + 2y = 12
2y = 12
y =
12/2 = 6

Baca juga:   Guna Mengoperasikan Komputer Dapat Menggunakan Perintah Melalui

Sehingga diperoleh titik koordinat kedua nan merupakan titik bacok dengan tunam y yaitu B(0, 6).

Beralaskan pada perhitungan pada

Persiapan 1

dan

Persiapan 2

dapat diperoleh dua titik tetak yaitu A(4,0) dan B(0,6). Letak kedua titik tusuk tersebut pada bidang koordinat ditunjukkan seperti gambar di dasar.


Ancang 3 – Menghubungkan kedua tutul potong yang diperoleh

Anju bungsu adalah ialah menghubungkan kedua titik tusuk yang diperoleh pada dua anju sebelumnya. Tarik kedua titik koordinat yang diperoleh pada upet x dan y sehingga membetuk garis lurus. Gambar grafik dari pertepatan garis 3x + 2y = 12 diberikan seperti berikut.

Persamaan Garis Lurus

Nantinya, menggambar paralelisme linear akan berguna saat mempelajari sistem persamaan linear, program linear, dan materi tak terkait pertepatan linear. Bagaimana 3 langkah pada kaidah menggambar pertepatan linear, Mudah kan? Demikianlah tadi ulasan tentang cara menggambar persamaan linea r yang terdiri dari tiga langkah. Di mana tulang beragangan grafik hasil pertepatan linear berupa garis verbatim. Terimakasih mutakadim mengunjungi idschool(dot)net, moga berjasa.

Baca Pun: Mandu Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat






Cara Menentukan Titik Potong Sumbu X Dan Y

Source: https://idschool.net/smp/cara-menggambar-persamaan-linear/