Dataran Tinggi Yang Puncaknya Datar Dan Cukup Luas Disebut

By | 12 Agustus 2022

Dataran Tinggi Yang Puncaknya Datar Dan Cukup Luas Disebut.

  • 1. Plato

Squad tahukah anda, seluruh bagian pada permukaan marcapada tidaklah rata, lho. Bumi mempunyai banyak lanskap yang beragam, sehingga menyebabkan tidak ratanya meres bumi. Nah, yuk kenalan dengan beberapa lanskap bumi, antara lain n baruh strata, jabal, danau, lembah, dan sungai. Mari jalan-perkembangan merubung bumi!

1. Dataran tinggi

Daerah ini berbentuk legok di permukaan bumi yang mempunyai jalal lebih pecah 500 meter di atas permukaan laut. Rata-rata memiliki hawa udara yang sejuk dengan tanah nan subur, sehingga cocok digunakan kerjakan pengembangan distrik perkebunan. Terdapat sekali lagi
dataran tinggi yang puncaknya datar dan patut luas, nan formal disebut plateau
.

Plateau juga dapat diartikan pula sebagai legok luas yang bergelombang dan berbukit-bukit, serta terletak pada kebesaran di atas 200 meter yang terbentuk sebagai hasil pengikisan dan sedimentasi. Contohnya antara tak, Ceduk Tinggi di wilayah 1) Dekkan, India 2) Gayo, Aceh 3) Malang, Jawa Timur 4) Alas, Aceh. Selain itu, dataran tangga boleh juga terjadi karena sebelumnya berbentuk kaldera yang luas, yang terkubur material berbunga lereng gunung sekitarnya. Untuk kategori terakhir ini salah contohnya berada di Dieng di Jawa Paruh, Indonesia.



2. Gunung


Bentuknya menjulang lebih tinggi. Galibnya deretan gunung menciptakan menjadikan pegunungan yang panjangnya dapat menyentuh ribuan kilometer, serta membutuhkan waktu jutaan musim untuk terbentuk. Pegunungan terjadi karena adanya rayapan lapisan kerak bumi. Tahukah beliau, kulit bumi terbuat berbunga lempeng nan rapuh, ketika saduran jas hujan di asal kulit manjapada mengalir perlahan-lahan. Keseleo satu cermin ardi teratas di daratan yakni Gunung Everest di Asia. Selain itu, terdapat puncak nan lebih strata, ialah Mauna Kea di Hawaii yang menjulang dari parasan laut dan merupakan gunung berapi. Padahal
gunung-gemunung terpanjang ialah Pegunungan Andes di Amerika Kidul.

Baca juga:   Dalam Masyarakat Majemuk Terdapat Keragaman Yang Sifatnya Vertikal Yaitu Berupa

Secara umum, kempang pegunungan di mayapada terdiri atas dua bagian, yaitu jalur pegunungan obrasan cukup umur mediterania dan kempang pegunungan lipatan muda sirkum pasifik. Kempang rangkaian gunung lipatan muda sirkum mediterania menghampar berbunga Gunung-gunung Kar di Tanah raya Afrika bagian utara, lalu ke Pegunungan Alpen di Benua Eropa, Pegunungan Kaukasus, Gunung-gunung Himalaya di Benua Asia, Pegunungan Arakan Yoma, dan terakhir di Indonesia.

Untuk jongkong rangkaian gunung lipatan mulai dewasa sirkum pasifik, membentang tiba dari Pegunungan Andes di Amerika Kidul kemudian turut ke Amerika Utara, ialah pegunungan Rocky, selanjutnya masuk ke Asia bagian timur, adalah pegunungan yang cak semau di Jepang, Filipina, dan berjarak di Indonesia tepatnya pegunungan di Kalimantan Lor, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Pegunungan ini terbagi menjadi dua jalur istimewa di Papua, ialah jalur pegunungan selama pesisir utara sampai Halmahera dan jalur gunung-gemunung mulai dari Papua bagian timur sampai Pulau Misol.

Puncak Mandala, Indonesia (sendang: cdn.idntimes.com)

Di Indonesia, kolek pegunungan lipatan muda mediterania menciptakan menjadikan dua busur gunung-gunung, yaitu busur dalam vulkanik dan busur luar nonvulkanik. Gandi dalam bersifat vulkanik dan tektonik sehingga pegunungan yang tersebar merupakan gunung api aktif dan terletak di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, setakat Maluku. Salah satu contohnya adalah Dolok Krakatau. Sementara itu,busur asing bersifat non vulkanik dan tektonik. Busur luar Membentang mulai dari kawasan Pulau Simeulue, Nias, Mentawai kemudian babak pantai selatan Jawa, Pulau Sawu dan kepulauan Nusa Tenggara.



3. Situ


Kubangan air yang cukup luas dan dikelilingi oleh daratan disebut dengan tasik. Terletak bilang tasik yang ukurannya sangat besar sehingga dinamakan laut pedalaman. Air situ menjurus afiat dan rasanya tawar. Meskipun demikian, terwalak beberapa tasik yang airnya memasap momen rantus merangsang matahari, sehingga air yang tertinggal terasa suntuk asin.

Situ Segara Anak (Sumber: anekatempatwisata.com)

Baca juga:   Secara Umum Jenis Pencarian Pada Search Engine Dikategorikan Menjadi

Haud juga dapat diartikan bagaikan beberapa air (sia-sia maupun asin) yang terakumulasi di satu tempat nan cukup luas, dan dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran wai, ataupun karena adanya mata air. Mayoritas haud berair tawar dan banyak terdapat di bongkahan bumi utara lega mahamulia yang lebih tangga.



4. Lembah


Lembah adalah suatu cekungan nan ukurannya panjang di permukaan bumi. Terpelajar berpangkal air dan es yang kerik pegunungan. Lurah juga sering disebut seumpama bidang daratan yang terperosok.

Lembah Harau, Sumatera Barat (Perigi: panduanwisata.id)

Tahang sekali lagi dikenal misal wilayah bentang tunggul yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan, yang luasnya mulai dari beberapa kilometer persegi sebatas ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk bersumber beberapa proses geologis. Terdapat dua varietas lembah, yaitu nan berbentuk-U dan berbentuk-V. Lembah gletser galibnya berbentuk-U, dan sudah terpelajar puluhan ribu tahun yang dahulu akibat erosi gletser. Bilang lembah yang tenar di dunia antara tidak Grand Canyon, Death Valley, dan Jurang Indus.


5. Sungai

Sungai adalah bagian bermula permukaan dunia nan membawa air dari pegunungan mengarah osean. Kali besar biasanya dapat menafsirkan permukaan daratan dan berawal berbunga penggalan tahapan di gunung-gunung.

Sungai Air Berau, Kalimantan (Sumber: ajang.co.id)

Terimalah, Squad?  Telah jelas ‘centung perkenalan dengan sejumlah tulang beragangan seni taman mayapada? Supaya belajarnya semakin seru, yuk sparing bersamaBrain Academy Online! Kamu bisa belajar dengan tutor-tutor berkualitas, di mana sekali lagi, kapanpun! Layak lewat hp-mu sahaja, lho! Yuk, daftar sekarang! Selamat berlatih, Squad!

Pustaka:

  1. Wardiyatmoko. 2006. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Sindhu P. Yasinto. 2016. Ilmu permukaan bumi cak bagi SMA/MA Kelas bawah X. Jakarta: Erlangga

Baca juga:   Daun Teratai Berbentuk Lebar Berfungsi Untuk

Perigi foto:

Foto Puncak Mandala, Indonesia [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/travel/destination/reza-iqbal/10-ardi-tertinggi-di-indonesia-yang-merantai-impian-para-pendaki-nih

Foto
Telaga Segara Anak [daring]. Tautan: https://anekatempatwisata.com/10-ancala-terindah-di-indonesia-yang-teradat-dikunjungi/

Foto Lembah Harau, Sumatera Barat [daring]. Tautan: http://panduanwisata.id/2016/01/08/pesona-pariwisata-pan-ji-panji-di-ngarai-harau-sumatera-barat/

Foto Batang air Air Berau, Kalimantan [daring]. Tautan: https://www.tempatwisata.pro/pariwisata/Sungai-Air-Berau


Artikel terakhir diperbarui puas 3 Desember 2020.

Dataran Tinggi Yang Puncaknya Datar Dan Cukup Luas Disebut

Source: https://memperoleh.com/dataran-tinggi-yang-puncaknya-datar-dan-cukup-luas-disebut-a-plato-b-danau-c-kaldera-di-rawa