Dua Satelit Saturnus Yang Terbesar Adalah

By | 12 Agustus 2022

Dua Satelit Saturnus Yang Terbesar Adalah.

Galaksi bukan hanya menampung target angkasa kasatmata planet dan medali saja. Faktanya, privat tata surya kita juga terdapat banyak planet kalimantang alias bulan yang ada di orbit beberapa satelit. Dengan matra nan berbeda-selisih, satelit alam tentu saja sangat menghela untuk dipelajari oleh banyak akademikus dan kalangan akademisi.

Ambillah, apakah kamu tahu kalau di galaksi kita terserah banyak satelit tunggul yang mempunyai ukuran fisik yang sangat besar? Yuk, kita simak artikelnya!

1. Io

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kita
wulan io (nasa.gov)

Io yaitu keseleo suatu bulan atau planet kalimantang yang ukuran fisiknya bertambah segara ketimbang bulan milik Bumi. Tetapi warta, format fisik Bulan (merek satelit liwa milik Bumi) mengaras radius 1.737 kilometer. Itu berarti Bulan n kepunyaan garis tengah sekeliling 2.159 kilometer dan ukuran ini kurang semenjak sepertiga dimensi Dunia.

Io sendiri merupakan bintang beredar liwa yang mengorbit pada Planet Jupiter. Menurut laman
NASA
dan
The Planets,
Io maupun Jupiter I mempunyai format sengkang sebesar 3.643 kilometer. Ukurannya hanya minus lebih besar seandainya dibandingkan dengan bulan milik Dunia. Io juga punya lebih mulai sejak 400 bukit berapi aktif dan semua data-data tersebut sudah ditangkap oleh wahana NASA tanpa awak Voyager 1 pada 1979.

2. Callisto

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kita
wulan callisto (wrti.org)

Callisto lagi menjadi bulan maupun bintang beredar liwa yang ukurannya melampaui format Bulan.
Space
n domestik lamannya menulis bahwa Callisto memiliki dimensi diameter sebesar 4.800 kilometer. Suhu alias suhu nan terwalak di permukaan Callisto mencapai rendah 139 derajat Celcius. Karuan tetapi kondisi iklim di Callisto silam mematikan bagi hidup biologis.

Bulan yang juga mengitari orbit Jupiter ini permulaan kali ditemukan oleh Galileo Galilei pada 1610 melalui teleskop bintang miliknya. Satelit alam Callisto pada awalnya dinamakan Jupiter IV. Bahkan, plong awal-awal penemuannya, kelompok bulan di orbit Jupiter dinamakan sesuai dengan nama kelompok politik penguasa Italia di zamannya, sebatas akhirnya NASA memberikan nama ilmiah di zaman modern.

Baca juga:   Perubahan Dalam Bidang Sosial Masa Pemerintahan Belanda Mengakibatkan


Baca Pula: 5 Fakta Solo Sputnik 1, Satelit Mula-mula Penjelajah Ira Angkasa!

3. Titan

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kita
bulan titan (universetoday.com)

Universe Today
melansir bahwa riuk satu bulan dengan format masif cak semau di orbit Bintang siarah Zohal.
Yup,
nama rembulan tersebut adalah Titan. Pertama boleh jadi ditemukan maka dari itu astronom Belanda bernama Christiaan Huygens pada 25 Maret 1655. Dimensi radius atau deriji-jari Titan mengaras 2.576 kilometer dan ini signifikan diameternya mencapai 5.152 kilometer.

Menurut studi dan penekanan, komposisi berusul wulan Titan terdiri mulai sejak secebis es dan separuh material batuan. Berdasarkan bukti dan data yang cak semau dalam misi Cassini pada 2005, Titan diduga memiliki lautan luas yang berharta di bawah permukaannya.

Raksasa tersebut kaya di antara kerak dan lapisan es yang lebih dalam. Apakah terdapat atma di lautan tersebut? Hingga momen ini, jauhari masih belum bisa memastikannya.

4. Ganymede

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kita
bulan ganymede (ac.uk)

Ganymede yaitu rembulan atau satelit kalimantang terbesar di tata surya kita. Bulan nan berharta di orbit Jupiter ini punya ukuran yang cukup segara, tambahan pula jika dibandingkan dengan bulan Titan. Ukuran radiusnya mencapai 2.631 kilometer dan 5.262 kilometer bikin format diameternya. Dengan ukuran patut masif, Ganymede tentunya memiliki massa dan mode gravitasi nan pula sepan osean kalau dibandingkan dengan rembulan-bulan lainnya.

Oh ya, ukuran raga berpangkal Ganymede juga mencapai 26 uang kian besar sekiranya dibandingkan dengan Satelit Merkurius. Biarpun demikian, Ganymede tetap saja namun menjadi wulan karena ia terus terikat dengan gravitasi dan sistem orbital Jupiter. Planet Jupiter sendiri diketahui laksana bintang beredar terbesar di penyelenggaraan surya dengan ukuran 11 kali ukuran Bumi.

Baca juga:   Frekuensi Latihan Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Minimal Dilakukan

5. Bulan

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kita
bulan milik bumi (nasa.gov)

Bulan kita tentunya masuk dalam daftar kali ini. Di antara panca bulan terbesar di sistem solar, Bulan memiliki urutan minimum akhir karena memang ukurannya paling kecil. Namun, jika diukur secara rata-rata dengan skala wulan-rembulan lainnya, satelit pataka milik Marcapada tersebut masih dianggap suntuk ki akbar dan bahkan bisa dijadikan bandar koloni bagi turunan.

Menurut
NASA,
wulan milik Bumi memiliki ukuran spektrum selingkung 1.737 kilometer. Tentunya, jika dibandingkan dengan Ganymede, Rembulan akan terlihat silam kecil dan tak ada apa-apanya. Oh ya, ada fakta meruntun tentang Bulan. Sudah menjadi pemberitaan awam bahwa negara macam Amerika, China, Rusia, Inggris, Prancis, dan Kanada ganti berebut daerah kekuasaan Rembulan kerjakan mengeksplorasi aset alamnya.

Itu tadi beberapa satelit duaja terbesar yang cak semau di galaksi kita. Ternyata, ada bulan yang ukurannya melebihi format planet. Mudah-mudahan artikel sains kali ini bisa menggunung dan memperkaya pengetahuan kamu, ya!


Baca Juga: Yuk Kenali 5 Bimasakti Satelit nan Terdekat dengan Manjapada, Apa Belaka?

IDN Times Community adalah media nan menyediakan platform bakal menulis. Semua karya tulis nan dibuat yaitu sepenuhnya bahara jawab dari penulis.

Dua Satelit Saturnus Yang Terbesar Adalah

Source: https://www.idntimes.com/science/discovery/dahli-anggara/satelit-terbesar-di-tata-surya-c1c2