Ikat Pinggang Pada Ondel Ondel Laki Laki Bernama

By | 14 Agustus 2022

Ikat Pinggang Pada Ondel Ondel Laki Laki Bernama.

Alhamdulillah per 1 februari 2017, pemerintah area DKI Jakarta telah menetapkan 8 ikon budaya betawi. Situasi ini tertuang internal ordinansi gubernur (pergub) provinsi DKI Jakarta nomor 11 periode 2017 tentang ikon budaya betawi. Dengan terbitnya pergub ini ciri individual peradaban betawi tersebut secara resmi menjadi masif diri kota jakarta serta 8 ikon budaya betawi tersebut bisa menjadi identitas masyarakat jakarta dalam beraktifitas baik di pemerintahan atau di swasta. Dengan di tetapkan 8 ikon budaya betawi ini diharapkan wisata dan pabrik kreatif berbasis budaya di distrik DKI Jakarta semakin meningkat.

Berdasarkan qanun gubernur DKI Jakarta nomor 11 hari 2017 tertanggal 1 februari 2017, ikon budaya betawi terdiri berusul :

1. Ondel – ondel

Bentuk ataupun desain Ondel – ondel

  • Muka laki-laki berwarna abang, alis hitam tebal, berkumis dan terbantah ramah
  • Tampang perawan bercat putih, bermata hitam sayu, alis hitam melengkung, bulu mata lentik, bibir merah, telinga bergiwang atau beranting pendulum dan jidatnya bermahkota.
  • Pakaian ondel-ondel laki-junjungan berwarna gelap dengan lengkap baju pangsi, berselempang kain bermotif batik Betawi serta memperalat ikat pinggang dan bawahan reja menggambar Betawi.
  • Pakaian ondel-ondel amoi memakai pakaian kebaya panjang atau baju kurung bermotif kembang-kembang dan bawahan kain batik Betawi dengan selendang atau sampur disangkutkan di bahu kiri ke sisi pinggang kanan serta menunggangi ikat pinggang.
  • Rambut terbuat bermula ijuk warna hitam.
  • Hiasan bos yang disebut kembang kelapa (manggar)dengan jumlah 20 bagi putri dan 25 untuk pria.

Filosofi alias makna Ondel – ondel

  • Sebagai tanda-tanda kekuatan yang memiliki kemampuan memelihara keamanan dan ketertiban, taat, nyali, tegas, jujur dan anti manipulasi.

Fungsi, penggunaan dan penempatan Ondel – ondel

  • Laksana pelengkap berbagai upacara sifat tradisional masyarakat Betawi.
  • Sebagai dekorasi puas program seremonial Pemerintah Area DKI Jakarta, festival, pentas artis asing, pameran, pusat perbelanjaan, Industri Pariwisata, konstruksi persuaan dan kawasan publik yang memungkinkan dari aspek estetika dan keselamatan publik.
  • Penaruhan di sisi kanan kiri pintu ikut, di lobby seumpama pelengkap photo (photo wall), dipanggung pementasan atau dalam bentuk visual di LED/Videotron, atau di gelanggang lain sesuai estetika.
Baca juga:   Sebutkanlah Metode Pemisahan Komponen Dari Bahan Berikut

2.
Kembang Kelambir (Manggar)

Bentuk atau desain kembang kelapa (mayang)

  • Rencana kembang nyiur terbuat dari lidi yang dibungkus dengan kertas atau plastik rona warni.
  • Ukuran kembang nyiur dan gawang penyangga disesuaikan penempatannya.
  • Jumlah kembang kelapa dari tiap tiang penyangga antara 60-75 batang.

Filosofi atau makna kembang kelapa (manggar)

  • Filosofi untuk Kembang Kelapa (manggar) misal pertanda kemakmuran.
  • Sebagai simbol dari sukma manusia yang berharga sama dengan kurnia pohon nyiur.
  • Ibarat tanda baca sifat keterusterangan masyarakat dalam pergaulan sehari-hari.
  • Sebagai huruf angka tatawarna (multikultur) tamadun yang arwah dan berkembang di Kota Jakarta.

Kekuatan, penggunaan dan penempatan kembang nyiur (manggar)

  • Fungsi perumpamaan dekorasi statis yang memberikan nuansa megah, gencar dan mumbung keceriaan pada berbagai kegiatan, baik di ulas melenggong atau di urat kayu tertutup.
  • Digunakan ibarat dekorasi dinamis dan diletakkan di depan arak-arakan dalam festival, tontonan tamasya, pentas seni budaya (kirab, ngarak penganten dan sebagainya).
  • Penempatan perumpamaan dekorasi statis diletakkan di samping kanan dan kidal gerbang masuk, pada kanan kidal pelaminan, pada kanan kidal wadah, digantung diplafon dan pada tutul-titik tertentu di dalam ruangan (balai, auditorium dan lain-bukan) acara (perjamuan, seminar, diskusi,dan sebagainya).

3.
Ornamen Gigi Gamuh

Bentuk atau desain ornamen transmisi gamuh

  • Ornamen Gigi Balang berbentuk segitiga sama (cagak) karena ialah paparan dari rajah gunung.
  • Bentuk ornamen Persneling Gamuh: tumpal, wajik, wajik susun dua, potongan waru, kuntum melati.

Filosofi maupun makna ornamen gigi balang

Seumpama perlambang jantan, kokoh dan berwibawa.

Keefektifan, penggunaan dan penaruhan ornamen persneling koja

  • Fungsi perumpamaan dekorasi melangkaui wahana berbentuk lampu dan pewarnaan serta sarana lainnya yang memungkinkan.
  • Penggunaan di konstruksi tradisional Betawi, fasilitas awam, gedung bertingkat, gapura, panggung pertunjukan, stand pameran (booth) dan distrik tak yang memungkinkan dari aspek estetika dan keselamatan umum.
  • Penempatan pada fragmen atas (lisplang) bangunan sesuai estetika dan keselamatan umum.

4.
Baju Sadariah (Sadarie)

Bentuk atau desain. Rangka dan kecukupan baju sadarie terdiri berpokok :

  • Rok longgar berleher tertutup (kerah sanghai) lengan panjang dengan dua kantong tempel di adegan depan bawah busana.
  • Kopiah hitam putih bak penutup kepala (tinggi disesuaikan).
  • Kain sarung plekat terlipat rapi digunakan di leher.
  • Serawal incaran warna liar dengan sepatu pantofel atau serawal komprang bermotif menulis dengan gapyak terompah.
Baca juga:   Game Set Untuk Ganda Putri Dalam Permainan Bulu Tangkis Adalah

Filosofi atau makna rok sadarie

Sebagai identitas lanang rendah hati, sopan, dinamis dan berwibawa.

Fungsi dan eksploitasi baju sadarie

Guna dan penggunaan seumpama seragam karyawan berbagai rupa jawatan pemerintah dan swasta, industri pariwisata, sekolah dan heterogen acara seremonial, obyek dan atraksi tamasya serta pentas seni budaya.

5.
Kebaya Kerancang

Lembaga alias desain. Lembaga dan kelengkapan kebaya bordiran terdiri berpokok :

  • Korban kebaya dibordir kerancang dengan motif kembang sreg putaran bawah kebaya dan pada pergelangan tangan.
  • Riasan rambut bisa menggunakan sanggul dengan contoh Konde Bunder ataupun contoh tidak yang disesuaikan dengan pemakainya.
  • Menggunakan kain sarung batik Betawi dengan pemimpin kejai bermotif tumpal, tombak, buket dan sebagainya.
  • Alas kaki selop tutup.
  • Perhiasan yang dikenakan, antara enggak : peniti rante susun tiga, pendulum air seketel atau giwang asur, gelang listering maupun gelang ular, cincin bermata dan kalung tebar. Kemesraan menjadi unsur signifikan buat pemakaiannya.

Filosofi atau makna kebaya kerancang

Sebagai perlambang keanggunan, kemungelan, kedewasaan, keceriaan dan afiliasi nan mengikuti kearifan, aturan dan latihan leluhur. Tujuannya bikin memelihara ketampanan dan kegadisan dara.

Fungsi dan pemanfaatan kebaya kerancang

Arti dan pemakaian sebagai seragam karyawati beraneka ragam jawatan pemerintah dan swasta, industri tamasya, sekolah dan berbagai acara seremonial, obyek dan pementasan pariwisata serta pentas seni budaya.

6.
Batik Betawi

Bentuk dan alamat menggambar betawi

  • Batik Betawi berbentuk kain tangga dan kain sarung yang motifnya dikerjakan dengan catat dan cap. Target kainnya berupa sutera, ATBM, prima, primis dan dobi.
  • Motif menulis Betawi antara lain : Dododio, Mak Ronda, Rasamala, Nusa Kalapa, Lereng, Ondel-Ondel, Pesalo, Salakanagara, Albetawi, Kodangdia, Langgara, Warakas, flora binatang nirmala Betawi, Daun Tarum, Nderep, Kampung Marunda, Ngeluku (Tenggala Sawah), Ngelancong/Bedemenan, Nandur, Burung Hong, Numbuk Gabah, Baritan, Sulur Jawara, Ronggeng Uribang, Galur Ondel-Ondel, Kuntul Blekok, Payung Cokek, Menjuarai-Menjuarai, Bondol Sensasional dan tak-tidak.

Filosofi atau makna batik betawi

Andai kesamarataan alam sepenuh untuk memenuhi hidup nan sejahtera dan berkah.

Baca juga:   Hal Yang Penting Dalam Membaca Naskah Berita Adalah

Kelebihan dan penggunaan batik betawi

Kepentingan dan penggunaan sebagai seragam karyawan/karyawati bervariasi dinas pemerintah dan swasta, industri pariwisata, sekolah, dan berbagai acara sah, obyek dan pementasan pariwisata serta pentas seni budaya.

7.
Kerak Telor

Bagan dan bahan kerak telor

Kerak Telor merupakan penganan dengan incaran penting :

beras ketan putih, garam, merica tepung, kelapa taruna parut nan disangrai (serundeng), telur ayam/telur bebek, ebi, umbi lapis rendang.

Filosofi atau makna kerak telor

Sebagai sisi nyawa manusia yang mengalami perubahan lingkungan secara keilmuan. Kerak Telor sebagai isyarat pergaulan yang harmonis.

Kemustajaban, penggunaan kerak telor


Seumpama menu makanan ringan atau selingan (kudapan). Sebagai riuk satu menu lega industri tamasya, acara sah jamuan bersantap, stand di acara pameran, pertunjukan tamasya dan pentas seni budaya.

8.
Bir Pletok

Buram dan bahan bir pletok


Bir Pletok adalah minuman berwarna merah yang menyehatkan dan ki mengasah, dapat dihidangkan dingin atau agak panas. Mangsa penting : Air, sukrosa batu halus, kayu manis, halia, sereh, cengkeh, kayu (babakan) secang, biji kemaluan pala, bunga pala, cili bulat di belah, kapolaga, cabe jawa, daun sitrus purut, patera pandan, gardamom seed (gardamunggu) dibelah dan garam.

Filosofi alias makna bir pletok

Bir Pletok dimaknai sebagai penopang kehidupan segar secara lahir dan batin dan juga seumpama upaya mengapresiasi serta mengisi arwah yang enggak boleh kendor sebatas sreg titik yang paling kecil utama yakni matang.

Fungsi, pendayagunaan bir pletok

Sebagai minuman yang menyehatkan dan menyegarkan. Bak keseleo suatu menu pada industri pariwisata, programa formal jamuan makan, stand di program pameran, pergelaran pariwisata dan pentas seni budaya.

Ikon budaya betawi ini akan terus di kembangkan semoga lebih baik. Kedepannya ikon betawi ini boleh ditempatkan di ruang awam di bangunan pemerintah dan swasta. Untuk itu Ikon budaya betawi ini akan di modifikasi seharusnya menjadi kian elok sehingga dapat berdempetan apik dengan arsitektur bangunan di jakarta dan dapat menyeimbangkan dengan urut-urutan budaya masyarakat jaman sekarang.

Ikat Pinggang Pada Ondel Ondel Laki Laki Bernama

Source: https://www.bankjim.com/2017/10/8-ikon-budaya-betawi.html