Ini Alasan Kenapa Smartphone Dengan Jumlah Kamera Lebih Banyak Belum Tentu Berkualitas

Dimulai dari tahun 2019 lalu, banyak vendor smartphone yang menambah jumlah sensor kamera di setiap produknya. Ada vendor yang bahkan memasang lebih dari 5 sensor kamera sebagai kamera utamanya.

Namun apakah benar jika smartphone yang dibekali lebih banyak kamera itu sudah pasti bisa menghasilkan foto maupun video yang lebih berkualitas?

Apakah benar jika smartphone dengan jumlah sensor kamera lebih sedikit itu kualitas foto maupun kameranya lebih rendah dari smartphone yang memiliki banyak sensor kamera?

Ternyata, banyaknya jumlah sensor kamera yang dibawa sebuah smartphone Android itu belum tentu mempengaruhi kualitas foto ataupun video.

jumlah kamera smartphone » Ini Alasan Kenapa Smartphone Dengan Jumlah Kamera Lebih Banyak Belum Tentu Berkualitas

Lalu kenapa jumlah kamera yang terpasang di dalam sebuah smartphone itu sebenarnya tidak mempengaruhi kualitas foto ataupun video? Bagi anda yang ingin tau jawabannya, anda bisa baca alasannya di artikel ini.

3 Alasan Kenapa Smartphone Dengan Banyak Kamera Belum Tentu Berkualitas

Seperti yang sudah disebutkan, banyaknya jumlah kamera yang terpasang di dalam sebuah smartphone itu sebenarnya tidak menjamin bahwa kualitas foto maupun video yang dihasilkan dari smartphone tersebut lebih baik.

Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa smartphone dengan jumlah kamera lebih banyak belum tentu berkualitas:

  1. Kualitas foto dan video tetap tergantung dari sensor kamera utama

Seberapa banyak jumlah kamera yang terpasang di dalam sebuah smartphone sebenarnya memang tidak terlalu mempengaruhi kualitas foto maupun videonya.

Hal tersebut disebabkan karena sebenarnya kualitas foto maupun video sebuah smartphone itu paling ditentukan dari sensor kamera utamanya. Jika sensor kamera utamanya kurang begitu bagus, maka sebanyak apapun kamera yang terpasang di dalam sebuah smartphone tidak akan berarti lagi.

Jadi sebelum melihat berapa banyak jumlah sensor kamera yang terpasang, perhatikan terlebih dahulu spesifikasi dari kamera utama sebuah smartphone.

Jika sensor kamera utamanya terbilang bagus, maka dapat dipastikan smartphone tersebut bisa menghasilkan baik foto maupun video yang berkualitas.

  1. Tidak semua jenis sensor kamera berdampak langsung pada kualitas foto maupun video

Banyak vendor memang menggunakan jumlah kamera untuk mendongkrak penjualan smartphone. Menurut konsumen, makin banyak jumlah kameranya, maka sebuah smartphone pasti bisa menghasilkan foto maupun video yang berkualitas.

Namun faktanya, tidak semua jenis sensor kamera yang terpasang di dalam sebuah smartphone itu benar-benar memberikan dampak secara langsung pada kualitas foto maupun video.

Sampai saat ini, hanya ada beberapa jenis sensor kamera saja yang bisa dikatakan memberikan dampak langsung pada kualitas foto maupun video yang diabadikan menggunakan smartphone.

Jenis sensor kamera yang berdampak langsung pada kualitas foto maupun video yang diabadikan menggunakan smartphone tersebut adalah sensor kamera ultrawide dan juga monochrome.

Sensor kamera ultrawide bisa digunakan untuk mengabadikan background yang jauh lebih luas. Sedangkan sensor kamera monochrome sangat bermanfaat untuk mengatur pencahayaan, terutama ketika mengabadikan foto maupun video menggunakan smartphone dalam kondisi minim cahaya.

  1. Fitur kamera yang disematkan di dalam sebuah smartphone

Alasan berikutnya kenapa jumlah sensor kamera sebuah smartphone sebenarnya belum bisa menentukan kualitas foto ataupun videonya adalah karena adanya fitur kamera.

Vendor smartphone tertentu memang tidak melengkapi smartphone besutannya dengan banyak sensor kamera. Namun anehnya, smartphone tersebut justru bisa mengabadikan foto maupun video yang kualitas lebih baik dari smartphone yang mengusung banyak sensor kamera.

Hal tersebut disebabkan karena smartphone dengan jumlah sensor kamera lebih sedikit dibekali dengan fitur kamera khusus. Dengan adanya fitur kamera tersebut, smartphone memiliki kemampuan untuk memproses data yang ditangkap oleh sensor-sensor kamera dengan lebih baik.

Sedangkan smartphone yang mengusung banyak sensor kamera kemungkinan tidak dibekali dengan fitur kamera yang baik sehingga kualitas foto ataupun videonya juga tidak sama kualitasnya.

Jadi jika anda memang membutuhkan smartphone yang mampu mengabadikan foto maupun video dengan kualitas yang bagus, ada baiknya jangan melihat banyaknya jumlah sensor kamera yang terpasang di dalam sebuah smartphone.

Daripada melihat jumlah sensor kameranya, lebih baik anda cek terlebih dahulu spesifikasi kamera utama, spesifikasi kamera pendukung, serta seperti apa fitur kamera yang dimiliki smartphone tersebut.

Mungkin Anda Juga Suka