Ini Perbedaan HP Android Huawei P30 Pro, P30 Lite dan P30

Salah satu perbedaan yang dimiliki ketiga HP terbaru dari Huawei ini ada pada jenis panel layar yang digunakan. Layar HP P30 versi hemat ini masih nyaman untuk digunakan dan output warnanya juga bagus. Selain panel layar yang digunakan berbeda, ukuran layar ketiga HP ini juga memiliki sedikit perbedaan. Huawei P30 Pro menggunakan layar yang lengkung dengan ukuran 6.47 inci, sementara Huawei P30 layarnya berukuran 6.1 inci. Dan pada Huawei P30 Lite mempunyai ukuran layar sebesar 6.15 inci.

Beralih ke sektor dapur pacu yang sama-sama untuk menjalankan versi OS Android 9.0 Pie, Huawei P30 dan Huawei P30 Pro dibekali dengan chipset Hisilicon Kirin 980 dengan fabrikasi 7 nm. Sedangkan Huawei P30 Lite menggunakan chipset Kirin 710, kemampuannya setara dengan Qualcomm Snapdragon 660. Soal performa, ketiga HP ini tentu sudah tidak usah diragukan lagi. Huawei P30 Pro dan P30 mempunyai performa yang cukup kencang, sehingga sangat cocok untuk digunakan menjalankan berbagai aplikasi berat.

beda hp huawei p30pro p30lite dan p30 » Ini Perbedaan HP Android Huawei P30 Pro, P30 Lite dan P30

Mulai dari aplikasi yang ringan seperti aplikasi messenger atau sosial media, sampai bermain game sekelas PUBG dengan setting grafis rata kanan. Begitu pula Huawei P30 Lite. Meski menggunakan chip kelas menengah, HP ini juga memiliki performa yang bagus di kelasnya. Main game sekelas PUBG juga masih bisa ngangkat, walau harus puas menggunakan setting grafis medium saja.

Perbedaan lainnya yang dimiliki HP besutan vendor asal Tiongkok ini terletak pada sensor sidik jarinya. HP Huawei P30 dan P30 Pro sudah menggunakan sensor sidik jari di layar alias under display fingerprint sensor atau biasa disingkat UDFP. Sementara HP Huawei P30 Lite masih menggunakan sensor sidik jari berbentuk fisik yang terletak pada bagian belakang bodinya.

Pada sektor kameranya, Huawei P30 Pro sudah menggunakan empat lensa kamera utama. Masing-masing lensanya berukuran 40 MP yang sudah dilengkapi dengan phase detection auto focus dan optical image stabilizer atau OIS. Kemudian, ada lensa kamera ultra wide berukuran 20 MP, lensa periscope telefoto untuk mengambil foto dengan jarak dekat tanpa merusak kualitas foto, dan ada satu lensa ToF 3D. Kualitas hasil jepretannya tentu sangat bagus. Sedangkan HP Huawei P30 dan P30 Pro dibekali dengan tiga lensa kamera utama, yakni satu lensa utama 40 MP berjenis wide, satu lensa ultra wide berukuran 16 MP dengan phase detection auto focus dan satu lensa telefoto (bukan periscope) berukuran 8 MP. Hasil jepretan dari Huawei P30 ini tak kalah bagus dari yang lainnya. Kamera Huawei P30 juga mempunyai kemampuan zoom yang super, namun kemampuan zoom-nya hanya sampai 30x saja, bukan 50x seperti Huawei P30 Pro.

Di sektor baterai, Huawei P30 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4200 mAh yang dapat bertahan hingga satu setengah hari tanpa proses pengisian daya baterai. HP ini juga sudah dibekali dengan fast charging hingga 40 W, sehingga Anda hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja untuk mengisi baterai HP hingga 70%. Huawei P30 Pro juga sudah didukung wireless charging, lho. Sedangkan Huawei P30 dibekali dengan baterai berukuran 3650 mAh. Berdasarkan pengujian baterai dari GSMArena, baterai HP Huawei P30 ini mampu bertahan hingga 83 jam. HP ini juga sudah didukung fast battery charging 22.5 W, sehingga dibutuhkan waktu sebanyak 30 menit saja untuk mengisi baterai hingga 65%.

Mungkin Anda Juga Suka