Istilah Lain Dari Daerah Pergantian Tongkat Estafet Adalah

By | 13 Agustus 2022

Istilah Lain Dari Daerah Pergantian Tongkat Estafet Adalah.

Selain upacara, terletak beberapa
pagar adat 17 Agustus
mulai sejak heterogen wilayah yang diadakan untuk merayakan Waktu Independensi Republik Indonesia. Tentunya dengan adanya keberagaman tradisi tersebut membuat perayaan Hut RI makin unik dan unik.

Namun, sayangnya, di masa hawar COVID-19 ini pastinya terletak sejumlah tradisi daerah yang tak bisa dilaksanakan. Tapi jangan khawatir! IDN Times akan merangkumnya singularis buat kamu. Penasaran cak semau tradisi segala doang? Ambillah, berikut 11 tradisi 17 Agustus dari setiap area sebagai bentuk perayaan independensi Indonesia.

1. Pawai Jampana – Bandung, Jawa Barat

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
potret tradisi Parade Jampana (infobudaya.jejala)

Umum Bandung dan sekitarnya karuan sudah tak asing lagi dengan tali peranti “Pawai Jampana”. Tali peranti “Pawai Jampana” adalah salah satu adat istiadat 17 Agustus nan digelar setiap tahun lakukan memperingati perian kemerdekaan Indonesia. Privat pelaksanaannya, terdapat beberapa orang nan mengangkat sebuah tandu yang kebal hasil daya kreasi dari masyarakat setempat.

Nantinya, pemukim akan secara berselang -selang menggotong pelangkin tersebut spontan diiringi oleh lagu tradisional ataupun kontemporer. Selain mengangkut hasil daya kreasi warga, terdapat pula hasil bumi dan jajanan yang digotong di dalam tenda tersebut. Peristiwa itu merupakan rangka rasa syukur atas terbentuknya negara Indonesia yang utuh.

Biasanya, Pawai Jampana dilaksanakan pasca- upacara kemerdekaan dan sayembara tercalit kemerdekaan. Adanya tradisi ini berhasil mengganjur minat banyak wisatawan nan nomplok ke Bandung.

2. Peresean – Merica, Nusa Tenggara Barat (NTB)

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
potret leluri Peresean di Embalau (balitoursclub.net)

Leluri “Peresean” merupakan pertarungan antara dua laki-laki nan menggunakan tongkat rotan sebagai senjata serta dilengkapi kelasak mulai sejak jangat mahesa. Tradisi
peresean
koteng merupakan tradisi daerah berbunga publik suku Sasak yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pagar adat ini sering diselenggarakan untuk memperingati tahun kemerdekaan Indonesia.

Intern tradisi ini, akan ada iringan irama yang menandakan mutakadim dimulainya penangkisan yang akan dipimpin oleh koteng
pekembar
atau wasit. Adanya tradisi ini menciptakan animo awam sekitar yang sangat besar setiap tahun. Tradisi ini sendiri kembali termasuk salah satu budaya nan dilestarikan oleh pemerintah setempat dengan menyisihkan pembinaan dan pagelaran.

Baca juga:   Jenis Tumbuhan Golongan Tanaman Padi Padian Atau Rumput Rumputan

3. Tanding Dayung – Banjarmasin, Kalimantan Selatan

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
potret lomba dayung Banjarmasin (infopublik.id)

Masyarakat Banjarmasin yang terserah di Kalimantan Kidul juga memiliki tradisi daerah kerjakan memperingati hari kemerdekaan Indonesia nan lain kalah menarik, ialah lomba dayung. Sebelum Indonesia merdeka, leluri ini mutakadim menjadi tradisi daerah masyarakat setempat, tepatnya sejak periode 1924. Plong awalnya, tradisi ini dilakukan kerjakan melestarikan
jukung
ataupun sampan tradisional yang terbuat berpokok kayu atau pokok kayu.

Seiring dengan berjalannya waktu, lomba dayung ini tidak tetapi diperuntukkan untuk masyarakat setempat, melainkan sekali lagi bagi warga dari provinsi lainnya. Selain sebagai tradisi 17 Agustus, lomba dayung ini kembali menjadi kesempatan lakukan mencari bibit-bibit olahragawan pendayung handal cak bagi mewakili negeri.

4. Tradisi Pacu Kude – Aceh Perdua, Nanggroe Aceh Darussalam

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
potret tradisi Pacu Kude di Aceh (kebudayaan kemdikbud.go.id)

Ada kembali kompetisi tradisional khas mahajana Kabupaten Aceh Tengah, adalah “Pacu Kude” (sungga kuda). Layaknya kompetisi pacu jaran seperti umumnya, nantinya akan ada gacok kuda nan saling berlomba bagi mencapai garis
finish
secepat boleh jadi. Uniknya, leluri ini diyakini sudah berlangsung sebelum Indonesia merdeka, adalah lega tahun 1850.

Tingkatan lintasan tradisi
pacu kude
sendiri pada umumnya majemuk hingga hingga ke 1,5 kilometer. Tradisi
pacu kude

ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTB Indonesia) selepas diajukan pada tahun 2016 adv amat.


Baca Pula: 5 Fakta Menarik Lomba Makan Kemplang Distingtif Perayaan Pises RI

5. Arombai Layar – Batam

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
tradisi sampan cucur (gudi. karimunkab.go.id)

Tali peranti Sampan Layar nan sudah ada sejak tahun 1965 ini tidak kalah unik dengan lomba dayung dari Banjarmasin, lho! Tradisi kano jib yakni lomba melaut yang rutin dilaksanakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Tidak cuma penduduk setempat doang lho guys yang menanti-nantikan lomba sampan layar, wisatawan domestik hingga mancanegara juga lain mau melewatkan tradisi spesial khas Batam tersebut.

6. Sepak bola durian – Kebumen, Jawa Tengah dan Cirebon, Jawa Barat

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
potret sepak bola durian (tribratanews.jateng.polri.go.id)

Puas umumya, sepak bola dilakukan dengan menggunakan bola kejai atau bola plastik. Cuma, berlainan dengan nan dilakukan oleh masyarakat Kebumen saat perayaan hari independensi Republik Indonesia yang mana terletak tradisi sepak bola durian. Bola yang digunakan lakukan bermain benar-benar bermula buah durian ikhlas, lho!

Baca juga:   Pernyataan Yang Benar Mengenai Gangguan Pencernaan Dan Penyebabnya Adalah

Pastinya tidak semua basyar dapat mencoba pagar adat ini. Terlazim adanya teknik khusus terkait imunitas tubuh bagi para pemain sepak bola durian. Jadi, jika engkau memang belum perantaraan melakukan tradisi ini, jangan terkadang mencobanya di rumah, ya! Bukan namun di Kebumen, adat istiadat sepak bola durian sebagai tali peranti 17 Agustus ini pula dilaksanakan di Cirebon, Jawa Barat.

7. Telok Abang – Palembang

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
Permainan tradisional telok abang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain terkenal dengan kuliner khasnya, yakni pempek, Palembang juga naik daun dengan Telok Abang yakni mainan singularis yang tetapi bisa ditemukan di bulan Agustus sekadar. Mainan nan terbuat dari gabus tersebut tersuguh internal berjenis-jenis rancangan, sama dengan pesawat udara, kereta, dan kapal laut. Selain dihias dengan berbagai ragam plano corak, Telok Abang juga dihias dengan telur menanak berwarna merah yang ditancapkan di babak perdua mainan.

8. Tirakatan – Jawa

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
tirakatan (dok. pogalan-pogalan.trenggalekkab.go.id)

Buat kamu yang lampau di Pulau Jawa pasti sudah lalu bukan asing sekali lagi dengan adat istiadat tirakatan. Tradisi tersebut dilaksanakan setiap copot 16 Agustus nan dihadiri maka dari itu para tetua dan superior desa serta warga setempat. Biasanya, program tirakatan dimulai dengan menceritakan secara singkat bagaimana para pahlawan memperjuangkan independensi Indonesia, mengheningkan cipta, berdoa bersama, bersantap bersama-sama, dan terakhir penyerahan hadiah lomba nan sudah lalu dilaksanakan sebelumnya.


Baca Lagi: Peringati Hut Kebebasan, SAR DIY Gelar Upacara di Tengah Laut Baron‎

9. Barikan – Malang, Jawa Timur

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
potret tradisi Barikan di Malang (kampungadat.com)

Di wilayah Malang dan sekitarnya, terdapat pula tradisi
barikan
cak bagi memperingati kemerdekaan Indonesia. Pada dasarnya,
barikan
adalah acara syukuran alias selamatan nan digelar di desa-desa yang ada di daerah Malang dan sekitarnya sebagai tradisi 17 Agustus. Sreg galibnya, leluri ini dilaksanakan pada malam hari tanggal 16 Agustus.

Baca juga:   Sumber Kekuatan Erosi Yang Paling Besar

Doa bersama dan renungan kemerdekaan menjadi acara wajib dalam tradisi ini. Selanjutnya, akan cak semau aktivitas makan bersama dan pemberian kotak nasi atau bingkisan menjelang berakhirnya acara. Tali peranti ini sendiri biasanya dilakukan di lapangan, tanah kosong, sebatas pelataran masjid.

10. Karapan Kambing – Lumajang, Jawa timur

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
potret Karapan Kambing (wartabromo.com)

Pada umumnya, mungkin kita hanya mendengar istilah karapan sapi dari Madura. Di sisi lain, ada pun istilah karapan Kambing yang adalah tali peranti solo masyarakat Lumajang kerjakan merayakan hari kedaulatan Republik Indonesia. Pada hajatan ini, terdapat dua kambing yang akan diikat satu sama tak untuk bersiap-siap mengikuti sayembara.

Sang pemilik kambing tersebut akan turut berlari agar kedua kambingnya dapat berlari dengan cepat dan sesuai arah. Setiap pesuluh pacu kambing baisanya memiliki strategi masing-masing agar kambingnya boleh berlari kencang, sama dengan meledakkan bunyi-bunyian dari gravel dan sebagainya.

11. Lari estafet Obor – Semarang, Jawa Paruh

11 Tradisi 17 Agustus Unik dan Spesial, Ramaikan HUT RI
tali peranti estafet suluh (lingkaran. semarangkota.go.id)

Masyarakat Kelurahan Papandayan, Kecamatan Gajahmungkur selalu meramaikan hari kemerdekaan Indonesia dengan tradisi estafet obor. Tali peranti tersebut sudah lalu dilakukan selama tekor bertambah 30 tahun. Sesuai dengan namanya, lari beranting obor merupakan lomba estafet sambil membawa oncor laksana pengganti tongkat. Mengapa mempekerjakan obor? Umum setempat menganggap obor sebagai tanda baca semangat para pahlawan saat meraih kebebasan Republik Indonesia. Harapannya, tradisi estafet suluh ini dapat meningkatkan rasa semangat kebangsaan awam.

Cukuplah, itu ia tradisi 17 Agustus bersumber tiap distrik yang diadakan bagi menyambut hari kemandirian Indonesia. Sepanjang musim pandemi COVID-19, sejumlah leluri tersebut tentu tak dapat dilaksanakan demi menurunkan ponten substansial di Indonesia. Meskipun sedemikian itu, pastinya kita semua bercita-cita agar tradisi ini dapat terus diadakan dan dilestarikan hingga puluhan tambahan pula ratusan tahun ke depan.


Baca Lagi: 30 Ide Seragam 17 Agustus yang Simpel, Tunggal, dan Kreatif, Pakai mari!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform bikin menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya bagasi jawab mulai sejak penulis.

Istilah Lain Dari Daerah Pergantian Tongkat Estafet Adalah

Source: https://www.idntimes.com/life/inspiration/anoraga-ilafi/tradisi-17-agustus-untuk-merayakan-kemerdekaan-indonesia-c1c2