Jelaskan Dua Bidang Dakwah Yang Dilaksanakan Muhammadiyah

By | 11 Agustus 2022

Jelaskan Dua Bidang Dakwah Yang Dilaksanakan Muhammadiyah.

Kepribadian Muhammadiyah Umpama Propaganda Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar



Belek,
UPMKnews
— Di hari kedua “Refresh Ideologi” yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Surat kabar STKIP Muhammadiyah Kuningan, menghadirkan sekretaris umum PP Muhamamdiyah Dr. H. Agung Danarto, Lc., M.Ag, dengan menggotong materi tentang kepribadian muhammadiyah, Sabtu (28/11) melalui kanal video telecomprance.


Dijelaskan oleh Agung Darnarto, bahwa muhammadiyah adalah persyarikatan yang merupakan Operasi Selam. Intensi gerakanya ialah Dakwah Islam dan Amar Ma’ruf nahi Munkar yang ditujukan kepada dua bidang: perseorangan dan masyarakat.


Dakwah dan Amar Ma’ruf nahi Munkar pada bidang pertama terbagi kepada dua golongan: Kepada nan telah Islam bersifat penyempuraan (tajdid), yaitu membalas kepada ajaran Islam nan asli dan lugu; dan yang kedua kepada yang belum Islam, berperilaku tempik dan ajakan untuk memeluk agama Selam.


Adapun da’wah Selam dan Amar Ma’ruf nahi Munkar latar kedua, yaitu kepada masyarakat, berperilaku kemujaraban dan bimbingan serta peringatan. Kesemuanya itu dilaksanakan dengan dasar taqwa dan mengharap keridlaan Sang pencipta sekadar.


Dengan melaksanakan dakwah Selam dan amar ma’ruf nahi munkar dengan caranya masing-masing yang sesuai, Muhammadiyah menggerakkan umum menuju tujuannya, ialah “Terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”.


Bawah dan Amalan Usaha Muhammadiyah:
Dalam perbangkangan melaksanakan usahanya menuju maksud terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, dimana kesejahteraan, kebaikan dan kebahagiaan luas-merata, Muhammadiyah mendasarkan segala apa gerak dan kebajikan usahanya atas cara-prinsip yang tersimpul dalam Muqaddimah Runding Dasar, yaitu:
1. Atma manusia harus berdasar tauhid, ibadah, dan setia kepada Halikuljabbar.
2. Hidup sosok bermasyarakat.
3. Mematuhi ajaran-wahi agama Islam dengan berkeyakinan bahwa ajaran Selam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama bagi kegembiraan dunia akhirat.
4. Menegakkan dan menjunjung panjang agama Islam dalam awam adalah muatan umpama ibadah kepada Sang pencipta dan ikhsan kepada manusiawi.
5. Ittiba’ kepada langkah dan perjuangan Utusan tuhan Muhammad SAW. dan
6. Melancarkan amal usaha dan perjuangannya dengan ketertiban organisasi.

Baca juga:   Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas 2 Sd

Pedoman Kebajikan Usaha dan Perjuangan Muhamamdiyah:
Menujum dasar prinsip tersebut di atas, maka apapun yang diusahakan dan bagaimanapun pendirian penangkisan Muhammadiyah buat mencapai tujuan tunggalnya, harus berpedoman: “Bersandar teguh akan ajaran Allah dan Nabi-Nya, bergerak membangun di segenap meres dan lapangan dengan menggunakan cara serta menuntut ganti rugi jalan yang diridlai Sang pencipta”.



Sifat Muhammadiyah:
Menujum: (a) Apakah Muhammadiyah itu, (b) Radiks amal propaganda Muhammadiyah dan (c) Pedoman amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah, maka Muhammadiyah n kepunyaan dan wajib memelihara sifat-sifatnya, terutama nan terjalin di bawah ini:
1. Beramal dan berjuang bakal perdamaian dan kedamaian.
2. Menggandakan sindikat dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah.
3. Lapang dada, luas pandangan, dengan menjawat teguh ajaran Islam.
4. Bersifat religiositas dan kemasyarakatan.
5. Memetiakan segala hukum, undang-undang, regulasi, serta sumber akar dan falsafah negara yang sah.
6. Amar ma’ruf nahi munkar dalam barang apa lapangan serta menjadi ideal teladan yang baik.
7. Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan intensi ishlah dan pembangunan, sesuai dengan ilham Islam.
8. Kerjasama dengan golongan Islam manapun juga kerumahtanggaan operasi menyiarkan dan mengamalkan agama Islam serta membela kepentingannya.
9. Membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun Negara untuk menjejak masyarakat adil dan berada nan diridlai Tuhan SWT.
10. Bersifat netral serta kolektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana. (red)

Jelaskan Dua Bidang Dakwah Yang Dilaksanakan Muhammadiyah

Source: http://news.upmk.ac.id/home/post/kepribadian.muhammadiyah.sebagai.gerakan.dakwah.amar.maruf.nahi.munkar.html