Jelaskan Mengenai Letak Luas Dan Batas Asean

By | 13 Agustus 2022

Jelaskan Mengenai Letak Luas Dan Batas Asean.

Jumat, 6 Agustus 2021 | 08:17 WIB

Letak geografis, letak astronomis, dan takat-perenggan wilayah ASEAN.
(Designed by Freepik)

Bobo.id –
Bagaimana letak geografis, letak astronomis, dan batas-perenggan wilayah ASEAN?

Pada kata sandang ini, kita akan mencari tahu letak geografis kewedanan ASEAN, nan meliputi dua samudra dan dua benua yang mengapitnya. Selain itu, kita juga akan mengejar adv pernah letak astronomis wilayah ASEAN dan batas-batasnya.

Di sini, kita juga akan mencari luang cap-nama ibukota beserta biografi berusul per anggota ASEAN.

Baca Juga: 4 Contoh Negara ASEAN nan Berbentuk Kerajaan

Letak Geografis Area ASEAN

Sebagian negara anggota ASEAN positif kepulauan, tersurat Indonesia. Kawasan ASEAN dikelilingi dua samudra, yakni Samudra Pasifik dan Osean Hindia. Luas laut kewedanan ASEAN menyentuh tiga kali lipat bermula luas daratannya.

Selain itu, wilayah ASEAN lagi diapit maka dari itu dua benua, yakni Tanah raya Asia dan Kontinen Australia.


Page 2


Page 3

Designed by Freepik

Letak geografis, letak astronomis, dan senggat-perenggan provinsi ASEAN.

Bobo.id –
Bagaimana letak geografis, letak astronomis, dan batas-batas negeri ASEAN?

Puas artikel ini, kita akan mencari sempat letak geografis wilayah ASEAN, yang meliputi dua samudra dan dua benua yang mengapitnya. Selain itu, kita juga akan berburu senggang letak astronomis kewedanan ASEAN dan takat-batasnya.


Di sini, kita pun akan mencari tahu jenama-nama ibukota beserta profil berpokok masing-masing anggota ASEAN.

Baca Lagi: 4 Contoh Negara ASEAN nan Berbentuk Kekaisaran

Letak Geografis Wilayah ASEAN

Sebagian negara anggota ASEAN berupa kepulauan, termasuk Indonesia.

Area ASEAN dikelilingi dua samudra, adalah Segara Pasifik dan Samudra Hindia. Luas laut daerah ASEAN menjejak tiga kali lipat dari luas daratannya.

Selain itu, wilayah ASEAN juga diapit makanya dua benua, yakni Benua Asia dan Benua Australia.

Teman-padanan Kelas Pintar pasti udah ga asing lagi kan dengan yang namanya ASEAN? Negara kita Indonesia pun tersurat intern ASEAn ini. Bagi yang belum tahu, ASEAN atau Association of Southeast Bernasib baik Nations adalah sebuah organisasi yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Diisi maka dari itu berbagai Negara yang berada di Asia Tenggara begitu juga Indonesia, Malaysia, Thailand, dan berbagai negara lainnya. Tapi tahukah sira dimana letak geografis ASEAN?

Baca juga:   Mengapa Dalam Pelaksanaan Umrah Miqat Zamani Tidak Ditentukan

Letak Geografis ASEAN

Secara geografis, ASEAN terdapat di antara dua segara, yakni Segara Hindia dan Samudra Pasifik, serta di antara dua benua, yakni Benua Asia dan Tanah raya Australia. Keadaan ini menjadikan letak geografis ASEAN sangat strategis, karena dilewati maka dari itu kempang perdagangan Internasional. Luas wilayah berpunca ASEAN mencapai ponten 4,5 juta kilometer persegi alias sekeliling 3 persen dari jumlah luas daratan dunia.

Nah, negara kita Indonesia merupakan negara dengan lokasi yang paling politis. Sebab letak geografis Indonesia kembali berkecukupan di antara dua samudra dan dua benua. Indonesia juga menjadi negara terluas dengan total luas 1,9 miliun kilometer persegi. Negara ASEAN terkecil yaitu Singapura.

Karakteristik Negara ASEAN

Negara ASEAN n kepunyaan 4 karakteristik nan patut menonjol, yaitu:

Compact

Yaitu wilayah negara nan berbentuk menyerupai lingkaran. Salah suatu contohnya yaitu negara Kamboja.

Fragmented

Merupakan negeri negara yang berbentuk kepulauan terpisah-singkir (memiliki banyak pulau). Contohnya adalah negara Indonesia dan Filipina.

Elongated

Karakteristik wilayah negara ASEAN yang satu ini merupakan negara yang berbentuk memanjang. Contohnya adalah negara Vietnam dan Gadamala.

Protruded

Karakteristik ini akan mengelompokan negara nan memiliki rencana lebih kompleks dan beragam, seperti tangan yang memanjang. Contohnya adalah negara Thailand dan Myanmar.

Batas Wilayah ASEAN

Bila mengintai letak geografis ASEAN, area ini akan berbatasan dengan beberapa wilayah yang suka-suka di sekitarnya, ialah :

Sisi Utara : Berbatasan dengan Laut Cina Timur dan negara Cina yang ikut ke area Asia Timur.

Sebelah Timur : Berbatasan dengan Ki akbar Pasifik dan negara Papua Nugini nan termasuk dalam Benua Australia.

Jihat Selatan : Berbatasan dengan Samudra Hindia, negara Australia, serta Benua Australia.

Sebelah Barat : Berbatasan dengan Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Andaman, negara Bangladesh, dan India.

Ada juga beberapa fakta menggelandang seputar ASEAN, adalah:

  • Indonesia, Malaysia, dan Filipina adalh 3 berbunga 17 negara paling kecil bermacam-macam di dunia. Ketiganya adalah negara ASEAN.
  • 9 uang burung endemik dan 11 persen spesies mamalia menjadikan ASEAN laksana rumahnya. Ini membuat ASEAN daerah dengan perbandingan burung endemik dan mamalia terbesar di marcapada.
  • Sekitar 25 persen pokok kayu berpembuluh endemik dari total yang ada di bumi, ada di negara-negara ASEAN.
  • Selama dua dasawarsa ragil, kian bermula 2.000 spesies baru ditemukan di wilayah ASEAN.
  • Lain lupa dengan substansi bawah laut, area ASEAN menjadi resep keanekaragaman hayati laut yang dikenal sebagai Coral Triangle ataupun Segitiga Terumbu.
  • Di lautan ASEAN, ada bineka jenis terumbu karang. Luas terumbu karang sekitar 70.000 kilometer persegi ataupun 28 uang jasa berpokok total terumbu karang yang ada di marcapada.
Baca juga:   Soal Sejarah Indonesia Kelas 10 Semester 1

Waw luar formal ya, mulai dari letak geografi ASEAN yang strategis, hingga khasanah fauna dan juga lautnya menjadikan ASEAN bagaikan salah suatu daerah yang berkembang dengan pesat di dunia saat ini. Jikalau kamu punya pertanyaan kian lanjut mengani situasi ini, marilah tulis di kolom komentar, dan jangan lalai untuk di share juga ya.

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Ii kabupaten Jakarta Selatan, Area Partikular Ibukota Jakarta 12860

Jakarta

Asia Tenggara merupakan suatu kawasan yang terdiri dari 11 negara yang terbambang dari India Timur hingga China. Di mana batas bentang perairan sebelah barat Asia Tenggara?

Distrik Asia Tenggara dibagi menjadi dua zona, yaitu mainland dan island. Mainland meliputi Myanmar, Thailand, Lengkuas, Kamboja, dan Vietnam. Padahal, zona island terdiri berusul Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, Brunei Darussalam, dan negara mentah Timor Timur yang sebelumnya menjadi bagian dari Indonesia.

Kondisi geografis mainland terdiri berpangkal bengawan hierarki dari dataran tahapan yang memufakatkan Asia Tenggara berpangkal China dan barat laut India. Kawasan ini n kepunyaan tipe dataran sedikit yang luas dipisahkan oleh perbukitan hutan dan pegunungan. Dataran di wilayah ini makmur dan sekata bakal mahajana yang mengetanahkan antah seperti Thailand, Burma, dan Vietnam.

Temporer itu, kawasan island atau insular berorientasi didominasi oleh pulau-pulau besar dan dikelilingi wilayah perairan. Wilayah ini populer dengan lautnya yang dangkal, agak suam, dan tidak terlalu asin. Lingkungan itulah nan membuat banyak iwak, karang, rumput laut, dan biota laut lainnya ditemukan di tempat ini.

Dikutip bermula buku Geografi dan Sosiologi cak bagi SMK Papan bawah IX oleh Sugiharyanto, kawasan Asia Tenggara merupakan pertemuan pegunungan muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Pertemuan tersebut terwalak di perairan Maluku, sekitar gugusan pulau Banggai tepatnya di arah barat palung laut Banda.

Baca juga:   Yang Berhak Untuk Memberikan Persetujuan Terhadap Konsep Surat Adalah

Akibatnya, belalah terjadi gempa tektonik di kewedanan yang terletak di gunung-gunung lipatan tersebut. Pergerakannya lagi mengakibatkan terbentuknya gunung api aktif, terutama di daerah Indonesia dan Filipina.

Batas Buka Perairan Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara secara astronomis terletak pada 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Secara geografis, kewedanan Asia Tenggara diapit oleh dua raksasa, yaitu Segara Hindia di sebelah barat dan selatan dan Raksasa Pasifik di sebelah timur. Selain itu wilayah ini juga diapit oleh Benua Asia di sisi barat laut dan Benua Australia di sebelah selatan.

Batas bentang perairan di jihat barat berusul kawasan Asia Tenggara yakni Teluk Benggala dan Laut Andaman. Laut Andaman terletak di arah tenggara Teluk Benggala.

Berikut batas-senggat kawasan Asia Tenggara:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan RRC, Teluk Tonkin, dan Laut China Selatan
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Bangladesh, Teluk Benggala, dan Laut Andaman
  • Jihat Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Australia
  • Jihat Timur berbatasan dengan Ki akbar Pasifik dan Papua Nugini

Letak astronomis Asia Tenggara mengakibatkan negara di kewedanan tersebut beriklim tropis. Sedangkan, posisi geografisnya menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki perbendaharaan sumber sentral alam nan melimpah dan menjadi jalur perbisnisan yang strategis.

Simak Video “Negara Tetangga Indonesia yang Alami Kecondongan Kenaikan Kasus Covid-19

(kri/pay)

Jelaskan Mengenai Letak Luas Dan Batas Asean

Source: https://lovelyristin.com/jelaskan-mengenai-letak-luas-dan-batas-asean