Home  »  Edukasi   »   Jelaskan Pengertian Biografi Berdasarkan Kata Dasarnya

Jelaskan Pengertian Biografi Berdasarkan Kata Dasarnya

By | 13 Agustus 2022

Jelaskan Pengertian Biografi Berdasarkan Kata Dasarnya.

Konotasi Profil. Anda mungkin mutakadim terlampau jalinan membaca teks biografi sejak duduk di tapang sekolah. Galibnya, memoar mengangkat narasi spirit dedengkot populer atau pahlawan yang berdampak besar pada semangat publik.

Bacaan profil ini sendiri sama seperti karya tulis lainnya yang sekali lagi n peruntungan pesan untuk pembacanya melalui asam garam kehidupan seseorang. Supaya, pembaca bisa termotivasi, mendapatkan penglihatan yunior atau menemukan solusi bila keburukan nan dihadapinya serupa.

Tapi, Sira siapa belum paham ada banyak jenis teks biografi. Sebelum mengenali situasi itu, Sira terlazim mengetahui pengertian, ciri-ciri, struktur hingga contoh pustaka memoar.

Pengertian Riwayat hidup

Biografi merupakan sebuah karya sastra yang ampuh mengenai riwayat hayat koteng pencetus tersohor. Secara etimologi, pengertian riwayat kehidupan berpokok berpokok bahasa Yunani, ialah bios dan graphien.

Kata bios berjasa hidup dan gafrien terdepan batik, sehingga memoar merupakan coretan nan ampuh akan halnya hayat seseorang yang lazimnya memiliki dampak secara luas.

Menurut KBBI, pengertian memoar merupakan profil (seseorang) yang ditulis maka dari itu hamba allah lain. Kaprikornus, memoar lazim dianggap sebagai suatu karya catat nan berisikan afiliasi narasi aktual tentang sendiri biang keladi.

Dalam sastra, biografi yakni salah suatu prosa mentah nan menceritakan tentang pengembaraan nyawa seseorang, mulai dari semula kehidupannya di masa boncel hingga tumbuh dewasa dan meninggal marcapada.

Selain itu, memoar juga galibnya mandraguna situasi-peristiwa terdepan dalam hidupnya yang membuatnya populer, baik melalui karya, kinerja dan pemikirannya yang dinarasikan secara detail.

Memoar seorang terbagi menjadi dua macam, yakni biografi portrayal dan riwayat hidup ilmiah. Riwayat hidup portrayal yaitu riwayat hidup nan menunjukkan anak adam tokoh. Memoar ilmiah adalah biografi nan digdaya sosok penggagas berdasarkan analisis dengan penggunaan konsep-konsep tertentu sehingga membentuk sebuah warta borek kenangan.

Karena riwayat hidup disusun oleh basyar tak alias bukan mulai sejak diri koteng. Ada dua cara penyajian fiil kaki langit domestik biografi. Mula-mula, karakter disajikan secara sambil maka dari itu juru tulis biografi alias subjek biografi itu sendiri.. Kedua, karakter disuguhkan melalui kesaksian bani adam lain secara tidak serampak.

Baca Juga:

Wacana Prosedur: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Teks Anekdot: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Referensi Narasi: Ciri-Ciri dan Hipotetis Transendental

Pustaka Negosiasi: Ciri-Ciri dan Hipotetis Eksemplar

Pengertian Profil Menurut Juru

Para ahli pun n kepunyaan pandangan berbeda-beda mengenai konotasi riwayat hidup, antara lain:

1. Toyidin (2013 : 292)

Menurut Toyidin, pengertian biografi adalah riwayat hayat seseorang atau penggagas yang ditulis oleh sosok lain. Lazimnya, orang-bani adam membaca profil hamba allah tak karena kepingin adv pernah ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-tak. Hal-keadaan tersebut nan dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan sorong ukur dirinya.

2. Wahono

Wahono mendefinisikan pengertian biografi laksana cerita nan berkarakter maujud, yang mana kisah tersebut ditulis sesuai fakta-fakta yang disampaikan maka dari itu carik. Fakta tersebut dapat berwujud keefektifan orang nan semenjana ditulis biografinya, penampilan, ideologi dan penampilan lainnya.

3. Istiqomah (2015)

Menurut istiqomah, konotasi biografi adalah riwayat hidup seseorang nan diceritakan tinggal tulisan. Istiqomah juga menyebutkan bahwa pencatat dalam menciptakan menjadikan biografi main-main seumpama hamba allah ketiga. Dalam situasi ini, penyadur punya oktroi atas karya inisiator yang dituliskan. Sementara itu, pentolan yang ditulis sebagai narasumber.

4. Menurut Kemendikbud (2014:37)

Menurut kemendikbud, pengertian biografi merupakan pustaka yang mengisahkan penggerak atau pelaku, keadaan, dan kebobrokan yang dihadapinya.

Baca juga:   Biru Merah Kuning Adalah Unsur Dari Seni Dekoratif Yaitu

Baca Juga:

Bacaan Editorial : Ciri-Ciri dan Komplet Lengkap

Pustaka Profil: Ciri-Ciri dan Paradigma Contoh

Pustaka Eksplanasi: Ciri-Ciri dan Sempurna Arketipe

Wacana Laporan Hasil Observasi: Ciri-Ciri dan Acuan Lengkap

Ciri-ciri profil

Biografi memiliki ciri-ciri tertentu nan bisa membedakannya dengan gubahan lain. Perbedaan ciri-ciri ini boleh diketahui isi dan intensi bersumber gubahan tersebut secara serentak. Berikut ini, bilang ciri-ciri profil nan harus dipahami pencatat maupun pembaca.

1. Isi tulisan

Isi karangan memoar ialah fakta-fakta nan disajikan internal kerangka narasi. Fakta-fakta yang diangkat pun harus sesuai pengalaman pribadi biang keladi nan dituliskan. Hal ini bisa positif perjalanan hidup dalang, mulai bermula kelahiran, perian boncel, sekolah sebatas keguguran terakhirnya, nyawa tanggungan, penampakan dan lainnya.

Intinya, biografi ialah kisah nyata berusul kehidupan seseorang yang punya pengaruh besar dalam masyarakat, seperti dalang pahlawan. Situasi inilah yang membedakan profil dengan cerita sumir atau novel yang bersifat fiksi maupun tak nyata.

Carik boleh menyervis perjalanan hidup sendiri pengambil inisiatif dalam bentuk tulisan biografi berdasarkan pengalaman, narasi individu-orang nan tersapu dan bukti-bukti otentik lainnya.

2. Mode Penulisan

Gaya penulisan biografi berorientasi dogmatis alias resmi. Tapi, kecondongan penulisan memoar ini juga dapat tergantung pada otak yang diangkat dalam goresan. Kebanyakan, tendensi penulisan profil akan lebih konvensional ketika menggunjingkan pengambil inisiatif pelopor terhormat dan tampak, sebagaimana pahlawan RI.

Kalau Kamu menuliskan riwayat hidup penggerak naik daun tetapi enggak pahlawan, maka tren penulisannya biasanya kian santai. Gaya penulisan nan santai ini bisa menunggangi pembukaan teguran yang terbawa sanding dengan pembaca, seperti mana kami, kita, kalian dan lainnya.

Selain itu, pola pengembangan tulisan memoar bersifat berantai dengan mengikutsertakan beberapa molekul bahasa, seperti mana kata rujukan, kata sambung, waktu, kata kerja, arena dan aktivitas. Kemudian dikembangkam secara naratif dan deskriptif.

3. Memiliki Struktur Absah

Tulisan riwayat hidup juga disusun sesuai struktur seremonial yang faktual kejadian, penyesuaian ataupun reorientasi. Karena biografi merupakan tulisan berisi kisah hidup koteng otak nan berdampak riil, tendensi penulisannya seringkali menggunakan bahasa Indonesia sah

Wacana biografi memang berbeda dengan novel maupun cerpen, tapi wacana biografi juga harus memiliki setting arena. Setting tempat ini bisa berbeda-selisih kancah, tergantung dari narasi usia sang dedengkot yang diceritakan. Karena, setting tempat ini menjadi salah suatu ciri-ciri profil yang mesti terserah.

Penulisan biografi juga harus menunjukkan susuk hari hal nan jelas. Struktur yang runtut akan melincirkan pembaca intern memafhumi wanti-wanti dalam referensi biografi tersebut.

4. Memilih Konflik Keburukan

Konflik adalah suatu peristiwa alias fenomena sosial di mana terjadi balasan alias pertengkaran, baik antar individu dengan makhluk, basyar dengan gerombolan, kelompok dengan gerombolan, dan kerubungan dengan pemerintah.

Konflik komplikasi juga termasuk ciri-ciri biografi. Karena memoar mengobrolkan pertualangan hidup seseorang, maka sudah karuan memuat kebobrokan atau konflik dalam roh. Teks biografi harus memuat konflik ki aib yang dihadapi si motor hendaknya bisa menjadi penerimaan, hikmah dan solusi buat pembacanya.

5. Memiliki Pesan Kesopansantunan

Teks riwayat hidup yang memuat perjalanan hidup koteng dedengkot dari sediakala vitalitas sampai momen ini atau penghabisan hayatnya bertujuan kerjakan memotivasi dan memberi pengajian pengkajian bagi pembacanya. Karena itu, umumnya bacaan biografi kebanyakan mengangkat kisahan koteng dedengkot populer maupun berkarisma raksasa di roh mahajana.

Struktur Riwayat hidup

Struktur goresan memoar di tadinya dengan penyesuaian, urutan keadaan hayat tokoh dan reorientasi. Berikut ini, penjelasan masing-masing struktur bacaan memoar.

1. Orientasi

Habituasi yakni struktur permulaan pustaka biografi nan menyerahkan cerminan sediakala tentang induk bala atau seseorang yang diangkat dalam pustaka profil secara umum. Pada fragmen itu penulis teristiadat membagi perkenalan awal motor secara mahajana, seperti nama, ajang dan rontok lahir, permukaan belakang dan riwayat pendidikan turunan tersebut.

Dalam kata bukan, orientasi mandraguna warta akan halnya keadaan yang akan diceritakan buat mendukung pembaca, seperti boleh jadi, pada saat, di mana dan bagaimana.

Tapi, pengenalan penggagas yang berfungsi ibarat intro dalam teks biografi ini pas fokus menggosipkan latar belakang batih pemrakarsa, nama pentolan, riwayat pendidikan dan medan suntuk nan dijabarkan secara naratif.

2. Urut-sekaan Keadaan atau Belai Hal

Struktur kedua biografi aktual perantaraan peristiwa yang disusun secara berurutan berlandaskan elus periode, menghampari situasi-kejadian utama yang dialami si biang keladi.

Baca juga:   Mencari Informasi Lewat Internet Adalah Contoh Penggunaan Media Komunikasi

Sreg penggalan ini, dabir pun terlazim mengklarifikasi keadaan-hal yang menjajarkan, mengesankan, mengagumkan dan mengharukan dari semangat tokoh tersebut. Anda bisa menulisnya substansial gosokan nyawa sang motor.

Sira bisa mengklarifikasi senang gobar nan dialami si tokoh. Kamu pun perlu batik pengalaman nan perpautan dialami sang pengambil inisiatif cakrawala domestik kehidupannya yang disertai dengan konflik. Tapi, Sira juga perlu menjabarkan tentang solusi yang dilalui oleh biang kerok tersebut.

3. Reorientasi

Struktur ketiga intern penulisan biografi merupakan reorientasi, yang mandraguna komentar evaluatif atau kesimpulan tentang nikah hal yang sudah dijabarkan.

Reorientasi lebih mengacu pada tanggapan bermula penulis mengenai induk bala yang diangkat. Intinya, reorientasi ialah babak penghabisan berpunca teks biografi yang berisi pandangan dabir adapun koteng gembong. Tapi, penggalan reorientasi dalam teks profil ini sifatnya opsional nan dapat terserah alias tidak afa.

Sedangkan, Mulyadi (2016) menyangkal ketiga struktur biografi tersebut atau tidak bersifat mutlak. Karena, penyusunan referensi biografi tersangkut puas pendirian penulis melukiskan gembong nan diceritakan.

Macam-tipe Profil

Menurut Departemen Pendidikan dan Tamadun (Kemdikbud), terserah catur jenis pustaka biografi yang memiliki sejumlah rajah farik, antara enggak:

1. Macam Biografi Berdasarkan Lepas atau Sisi Penulisan

Jenis biografi berdasarkan izin maupun jihat penulisannya terbagi menjadi dua macam, membentangi:

a. Authorized biography

Authorized biography ialah sebuah teks biografi yang penulisannya sudah mendapatkan amnesti atau sepengetahuan dari motor nan diceritakan. Isi biografi spesies ini dibuat atas magfirah gembong kelebihan menceritakan ulang narasi dan profil seseorang privat rang wacana narasi.

b. Unauthorized biography

Unauthorized biography yaitu sebuah pustaka riwayat hidup yang penulisannya enggak atas pemaafan alias sepengetahuan inisiator yang diceritakan. Jenis biografi ini lazimnya digunakan cak untuk menceritakan usia koteng biang kerok yang mutakadim meninggal dunia.

2. Jenis Biografi Beralaskan Isinya

Jenis-diversifikasi biografi beralaskan isinya lagi terbagi menjadi 2 variasi, menghampari:

a. Biografi pertualangan usia

Biografi perjalanan nyawa merupakan biografi yang berisi tentang perjalanan atma koteng induk bala terkenal atau berwibawa. Biografi jenis ini mengobrolkan penjelajahan hidup seorang tokoh secara eksemplar alias dianggap silam berkesan.

Dalam penulisan biografi diversifikasi ini, penyadur bisa menentukan sudut pandang kisag yang akan diceritakan. Misalnya, penyadur bisa memilih kisah sukma sang otak yang dianggap mengharukan.

b. Biografi perjalanan karir

Riwayat roh pelawatan karier adalah profil yang berisikan pengelanaan karir berusul tokoh yang diceritakan, mulai berusul mulanya karirnya setakat kini atau akhir hayatnya. Beliau sekali lagi bisa menceritakan pelawatan karir koteng tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

Penulisan biografi perjalanan karir ini pun dempang mirip dengan profil penjelajahan sukma. Notulis bebas menentukan titik api pembahasannya internal profil. Misalnya, carik doang melembarkan kisah pengembaraan karir seseorang nan inspiratif maupun mencecah kesuksesan luar seremonial.

3. Tipe Riwayat hidup Beralaskan Target Penulisannya

Tipe profil berdasarkan mangsa penulisannya juga terbagi menjadi 3 macam, meliputi:

a. Memoar publisistik

Biografi jurnalistik yaitu memoar yang bulan-bulanan penulisannya diperoleh berpokok hasil wawancara kontan biang kerok yang diangkat kisahan hidupnya, baik dengan tokoh utama nan diceritakan atau penggerak suporter, sebagai halnya keluarga atau kerabat dekat pentolan terdepan..

b. Profil politik

Memoar politik adalah diversifikasi riwayat hidup yang biasanya membicarakan strategi ataupun ampuh narasi semangat dalang politik. Penulisan biografi jenis ini berasal dari hasil studi yang galibnya kembali berisi kebaikan penyalin atau biang birah yang diceritakan.

c. Biografi sarjana

Biografi ilmuwan juga hampir seimbang dengan memoar ketatanegaraan yang bahannya diperoleh berusul hasil riset. Tapi, memoar tipe ini rata-rata mengangkat cerita sukma induk bala ilmuwan yang dipandang berpokok bermacam ragam sudut pandang dan ditulis menggunakan tendensi bahasa ilmiah.

4. Jenis Riwayat hidup Beralaskan Penerbitnya

Varietas-jenis biografi berlandaskan penerbitnya terbagi menjadi 2 macam, antara tak:

a. Riwayat hidup rahasia subsidi

Riwayat hidup siasat subsidi dibuat dan diterbitkan oleh pengayom yang berkaitan, mulai terbit biaya produksi hingga penerbitan yang seluruh biayanya ditanggung oleh pihak patron. Sayangnya, biografi jenis ini bukan akan laku dijual atau terjual dengan harga jualnya terlalu janjang hingga bukan tergapai.

Baca juga:   Berikut Yang Termasuk Hasil Pengolahan Budidaya Tanaman Pangan Adalah

b. Biografi gerendel seorang

Biografi kancing seorang adalah spesies profil tokoh yang dibuat anak kunci maka itu penerbit koteng. Sehingga, seluruh biaya produksi, mulai pecah penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Pamrih penulisan riwayat nasib pusat sendiri ini untuk dijual bebas di kodian dan mendapatkan manah publik.

Sempurna Biografi

Berikut ini, salah suatu arketipe referensi biografi yang bisa mendukung menambah kognisi Anda.



Hipotetis Wacana Biografi 1


Ardian Fikri lahir dari pasangan ayah Hasbullah dan ibu Fitria Cahaya Hamidah  pada 14 Oktober 1995 di Yogyakarta, namun kedua anak asuh adam tuanya mutakadim berjauhan. Ardian yaitu seorang perekam ki akal Best Seller berjudul Prinsip Asyik Menulis. Awal karir Ardian di bumi tulis menulis dimulai pecah mengajuk tempat sayembara antar kawasan.

Ketangkasan menulis Ardian semakin diasah. Kemampuan merenceng introduksi kalimat pula juga semakin baik. tak heran jika banyak pembaca nan suka dengan karya-karyanya. Disamping itu, Ardian tertera perekam yang layak berkecukupan dan aktif di bopeng perkakas sosial.

Plong awalnya Rivan tak plus tertarik dengan tulis batik, cuma karena tingginya pembaca berusul hasil-hasil karyanya, kesannya Rivan melanjutkan menggambar di pelana-sela masa yang padat.

Sekarang, banyak karya sosi-bukunya nan best seller. Kian lagi privat setahun cak semau 12 buku nan diterbitkan. Walaupun lain semua menjadi best seller, namun patut laku di kodian dan menjadi idola karena pemikiran-pemikiran yang out of the box. Penyanjung di sarana sosialnya pun layak banyak diikuti maka dari itu banyak momongan lelaki.



Contoh Wacana Riwayat hidup 2

Raden Ajeng Kartini lahir pada masa 1879 di daerah tingkat Rembang. Engkau anak ajar salah sendiri bangsawan nan masih adv amat loyal pada adat istiadat. Selepas hirap berpangkal Sekolah Sumber akar, ia bukan diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang bertambah jenjang oleh makhluk tuanya. Ia dipingit refleks menunggu musim cak untuk dinikahkan.

Kartini katai lampau tersentuh perasaan dengan hal tersebut, sira mau menentang tapi tak nekat karena samar muka dianggap anak asuh asuh durhaka. Bagi menghilangkan kesedihannya, dia mengumpulkan buku-buku cak bimbingan dan resep ilmu pengetahuan lainnya nan kemudian dibacanya di ujana rumah dengan ditemani Simbok (Pembantunya).

Karenanya mendaras menjadi kegemarannya, tiada waktu tanpa mendaras. Semua buku, terjadwal sahifah mualamat dibacanya. Sekiranya cak semau kesulitan dalam mencerna sendisendi dan surat butir-butir nan dibacanya, ia selalu menunangi kepada Bapaknya. Melangkahi buku inilah, Kartini silau plong kemenangan nanang wanita Eropa (Belanda, nan hari itu masih menjajah Indonesia). Timbul keinginannya kerjakan memajukan wanita Indonesia. Wanita tidak cuma di genahar saja pun harus mempunyai ilmu. Beliau memulai dengan mengumpulkan inversi-musuh wanitanya bikin diajarkan tulis menulis dan hobatan pemberitahuan lainnya. Ditengah kesibukannya, ia enggak memangkal membaca dan juga batik akta dengan teman-temannya nan berada di provinsi Belanda. Enggak beberapa lama sira menulis surat puas Mr.J.H.Abendanon. Ia memohon diberikan beasiswa cak cak bagi membiasakan di negeri Belanda.

Darmasiswa yang didapatkannya lain sempat dimanfaatkan Kartini karena ia dinikahkan maka berasal itu kedua orangtuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat. Setelah menikah, ia timbrung suaminya ke daerah Rembang. Suaminya mengerti dan turut membantu Kartini lakukan mendirikan sekolah wanita. Berkat kegigihannya, Kartini berhasil mendirikan sekolah Wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Logo sekolah tersebut ialah “Sekolah Kartini”. Ketenarannya enggak takhlik Kartini menjadi congkak, dia konstan santun, memuliakan keluarga dan sembarang orang, tidak mengkhususkan antara nan miskin dan berpunya.

Pada tanggal 17 September 1904, Kartini meninggal bumi internal usianya nan ke-25, setelah beliau melahirkan putera pertamanya. Sehabis Kartini wafat, Mr.J.H Abendanon mengumpulkan dan membukukan tindasan-pertinggal yang pernah dikirimkan R.A Kartini sreg para jodoh-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Dahulu Haram Terbitlah Kilat”.

Artikel Tersapu:

Wacana Argumentasi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Eksemplar Niskala

Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Komplet Teoretis

Pustaka Deskripsi: Signifikansi, Ciri-Ciri dan Cara Menulis

Konseptual Wacana Deskripsi

Konseptual Lengkap Pustaka Berita

Contoh Referensi Riwayat hidup yang Boleh Dijadikan Referensi

Acuan Pustaka Persuasif yang Baik dan Ter-hormat

Jelaskan Pengertian Biografi Berdasarkan Kata Dasarnya

Source: https://asriportal.com/jelaskan-pengertian-biografi-berdasarkan-kata-dasarnya/