Jika Pemain Gagal Melakukan Servis Maka Yang Terjadi Adalah

By | 12 Agustus 2022

Jika Pemain Gagal Melakukan Servis Maka Yang Terjadi Adalah.

Tenis meja

Tenis kenap dalam Liga Menyebelahi

Emak organisasi ITTF
Mula-mula dimainkan Abad ke-19, Inggris[1]
[2]
Karakteristik
Kontak awak Lain
Anggota tim Spesifik dan ganda
Kategori Olahraga raket, dalam ruangan
Peralatan Poly, 40 mm (1,57 in),
27 g (0,95 oz)
Keberadaan
Olimpiade Dimulai 1988
Paralimpiade Diresmikan sejak Paralimpiade Periode Seronok 1960

Tenis meja
atau
pingpong
adalah sport yang melibatkan dua atau empat pemain sandiwara nan menampung bola ringan nan disebut bola pingpong di atas meja menunggangi raket pejal kerdil yang disebut bet. Permainan ini dilakukan di atas meja yang dibagi dengan pukat. Kecuali servis awal, sifat permainan adalah: anak komidi harus memantulkan bola ke bidang datar rival dan n antipoda harus mengembalikannya. Ponten akan terjadi jika pemain dagi gagal membalas bola. Permainan ini cepat dan membutuhkan sikap reaktif nan cepat pula. Memutar-mutar bola (teknik
spin) akan mendistorsi sebelah bola sehingga lawan akan sulit mengembalikannya.

Organisasi olahraga tenis meja dunia semesta adalah International Table Tennis Federation (ITTF), didirikan tahun 1926. ITTF beranggotakan 226 persatuan/federasi pingpong di seluruh dunia puas detik ini.[3]
Aturannya dimuat dalam buku pegangan yang diterbitkan ITTF.[4]
Pingpong disertakan dalam Olimpiade sejak 1988,[5]
dalam berbagai macam partai dan kategori. Sejak 1988 hingga 2004, ada partai tunggal putra-tunggal putri, serta ganda putra-ganda upik. Sejak 2008, sistem ajang tim mutakadim dimainkan alih-alih ganda.

Sejarah

[sunting
|
sunting sumur]

Pingpong dibuat di Inggris sekitar abad ke-19, di mana dimainkan makanya makhluk kelas atas seumpama permainan indoor sehabis bersantap lilin lebah. Tenis meja memiliki beberapa keunggulan, pelecok satunya “whiff whaff”, dan disarankan bahwa permainannya permulaan kali dikembangkan oleh tentara Inggris di India atau Afrika Selatan, di mana mereka membawanya kembali ke Inggris. Sebaris taktik disusun ditengah meja sebagai net, di mana dua bukunya berfungsi buat memukul bola golf. Keunggulan “ping-pong” digunakan hampir semua negara sebelum perusahaan Inggris J. Jaques & Son Ltd menjadikannya merek jual beli lega hari 1901. Jenama “ping-pong” kemudian lebih digunakan bagi permainan yang dimainkan peralatan Jaques, dengan perusahaan tidak menyebutnya tenis meja. Keadaan yang sama terjadi juga di Amerika Serikat, di mana Jaques lego hak nama “ping-pong” kepada Parker Brothers. Parker Brothers lalu menjadikannya merek dagang tahun 1920-an, membuat organisasi lainnya mengingkari nama menjadi “tenis meja” dibanding menggunakan nama nan lebih umum, doang dengan merek dagang.

Inovasi besar berikutnya dilakukan maka dari itu James W.Gibb, pencinta tenis meja, yang menemukan bola seluloid dalam perjalanan menuju AS tahun 1901 dan menurutnya cocok cak bagi permainan. Ini diikuti E.C. Goode yang, lega tahun nan sama, menciptakan varian beradab dari raket dengan memasang selembar kejai yang diberi bintik, ke kusen yang sudah diasah. Tenis kenap mulai tersohor pada musim 1901 disebabkan turnamen yang dibuat, buku nan menuliskan tentang tenis kenap, dan perlombaan dunia tidak resmi pada hari 1902. Sreg awal 1900-an, permainan ini dilarang di Russia karena penguasa pada masa itu percaya bahwa memainkan pingpong memiliki efek yang buruk sreg penglihatan pemain

Periode 1921, Aliansi Tenis Meja (TTA) dibuat di Inggris, dan diikuti Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) sreg masa 1926. London menjadi sahibulbait Perlombaan Dunia konvensional pertama musim 1926. Masa 1933, Kontak Tenis meja Amerika Konsorsium, sekarang disebut, Pingpong Amerika, dibentuk.

Tahun 1930, Edgar Snow berkomentar di
Red Star Adv lewat China
bahwa pihak Komunis di Perang Saudara China mempunyai “hasrat bagi Tenis meja radiks Inggris” yang menurutnya “ganjil”.

Periode 1950-an, raket yang menggunakan lembaran karet digabung dengan lapaisan spons di dasarnya menidakkan permainan secara dramatis, meningkatkan kecepatan dan perputaran bola. Ini diperkenalkan perusahaan instrumen olahraga Inggris S.W. Hancock Ltd. Penggunaan lem cepat dapat meningkatkan kecepatan dan diseminasi lebih jauh, yang menghasilkan pertukaran peralatan untuk “menempatkan kecepatan permainannya”. Pingpong diperkenalkan laksana cabang Olimpiade pada tahun 1988.

Teknik dasar

[sunting
|
sunting sumber]


Teknik Pegangan/Grip

[sunting
|
sunting sumber]

Teknik pegangan/grip sreg tenis meja dibagi menjadi 2 variasi, yakni pegangan tangkai pena (Penholder Grip) dan pegangan pegang tangan (Shakehand Grip). Buat penempatan jari tangan dari kedua teknik pekerjaan tersebut bisa menghasilkan banyak variasi-variasi tiang penghidupan, tergantung dari kebiasaan yang dilakukan atlit. Pegangan yang paling baik untuk seorang atlet yaitu pekerjaan nan senyaman mungkin dan sesuai dengan adat atlet yang berkepentingan.[6]


1. Karier Gandar cangkul Pena (Penholder Grip)

[sunting
|
sunting sumber]

Pegangan gagang cangkul pena ialah pegangan yang digunakan atlet spesies agresor. Pegangan tangkai pena ini disebut lagi sebagai pegangan mode Asia karena pencahanan nanyan pena ini sering digunakan oleh pemain Asia. Postur pemain dengan jenis ini memiliki postur yang pendek sehingga gerakannya gesit.[6]

Baca juga:   Apakah Masalah Yang Dihadapi Koperasi Sehubungan Dengan Sumber Daya Manusia

2. pencahanan Jabat Tangan

[sunting
|
sunting mata air]

Karier jabat tangan yaitu pegangan yang digunakan atlet tipe bertahan koneksi mengkritik. Kelebihan pegangan jawat tangan yaitu memiliki banyak variasi pukulan, forehand maupun backhand. Sedangkan kelemahan berpunca karier ini adalah manuver pergelangan tangan tidak sebebas karier tangkai pen.[7]


Posisi Siap (Ready Position)

[sunting
|
sunting sumber]

Posisi siap dalam tenis meja sangat penting terutama pron bila pengembalian bola lawan. Lakukan dapat mengembalikan pukulan bola antiwirawan, maka posisi koteng pemain harus dengan posisi siap agar pemain boleh menjangkau bola dan mengarahkannya dengan mudah. Dengan posisi yang baik ini, anak bangsawan lebih mudah melangkahkan kakinya dalam menyongsong bola.[8]

=== Karakteristik Latihan jasmani Tenis lapangan Ada tiga ciri lakukan dapat memperoleh angka n domestik bermain pingpong, yaitu kecepatan (speed), putaran (spin), dan penempatan (placement). Untuk memperoleh proses pembibitan dan proses cak bimbingan yang melekat plong karakter yang diinginkan, maka anak bangsawan harus memahami ciri tersebut sehingga boleh meningkatkan pengejawantahan pingpong mereka.[9]


Birama-pukulan (Stroke) Dasar Tenis Bidang datar

[sunting
|
sunting sumber]

Mentrum-birama dengan forehand maupun backhand privat tenis meja, memiliki 2 komponen sisi, yakni komponen ke depan dan Komponen ke atas/bawah. Pukulan pada tenis meja sangan banyak yang puas dasarnya diawali dengan pukulan servis.[10]

Macam pukulan

[sunting
|
sunting mata air]

Pukulan forehand

[sunting
|
sunting sumber]

Pukulan forehand yaitu ketukan yang dilakukan kalau bola bernas disebelah kanan jasad. Dalam melakukan pukulan ini, posisi tubuh tebak direndahkan kemudian gerakkan asisten yang menyambut bet ke sebelah pinggang dan kearah kidal apabila anak tonsil kidal. Lebih lanjut menggerakkan tangan ke depan dengan siku membentuk sudut 90 derajat.[11]

Pukulan backhand

[sunting
|
sunting sumber]

Pukulan backhand yaitu pukulan yang dilakukan takdirnya bola berada disebelah kidal badan. Dalam melakukan pukulan ini, posisi tubuh kira direndahkan kemudian gerakkan tangan kanan ke arah pinggang sisi kiri dan kearah pinggang sebelah kanan apabila enggak kidal. Selanjutnya gerakkan tangan dan pemukul bola pingpong ke sebelah depan dengan siku mewujudkan sudut 90 derajat. Berikut beberapa Tipe birama forehand dan backhand antara lain:[11]

1. Drive

[sunting
|
sunting sumber]

Drive yaitu pukulan yang dilakukan dengan lenggang panjang yang menghasilkan birama datar dan keras. Birama drive ini merupakan teknik pukulan nan dimulai dengan sikap bet tertutup dan operasi bet bersumber pangkal serong ke atas yang kemudian diakhiri di depan dahi. Pada ketukan drive ini digunakan misal mentrum terjangan yang juga dapat dikontrol sesuai dengan kemauan. Pada pukulan drive terdiri berusul dua pukulan yaitu:[11]

  • Forehand drive, yaitu pukulan yang dilakukan apabila bola bakir disebelah kanan badan.
  • Backhand Drive, yaitu pukulan nan dilakukan apabila bola berada disebelah kidal tubuh

2. Push

[sunting
|
sunting sumur]

Push adalah teknik mentrum dengan cara menolak bola nan mana posisi bet terbuka. Plong pukulan push ini, biasa digunakan untuk menimbangi pukulan push dan pukulan chop. Pukulan push ini terdiri bersumber forehand push dan backhand push.[12]

  • Berdasarkan datangnya bola forehand push dilakukan dengan dua dua cara yaitu short forehand push dan long forehand push.
  • Berdasarkan datangnya bola backhand push dilakukan dengan dua pendirian yaitu short backhand push dan long backhand push.

3. Forehand Drive Setelah Backhand Push

[sunting
|
sunting sumber]

Dalam pertandingan pingpong, pukulan forehand drive pasca- backhand push merupakan pukulan caruk digunakan maka dari itu seorang anak ningrat. Pukulan ini konvensional digunakan privat mengembalikan bola yang dimulai dari birama push kemudian dilakukan dengan suatu step kekiri sehingga dapat mengembalikan bola dengan birama forehand drive. Ketukan forehand drive sehabis backhand push ini merupaka pukulan backhand push nan dikombinasikan dengan forehand.[13]

4. Servis

[sunting
|
sunting sumber]

Servis merupakan pukulan pertama dalam permainan pingpong, dengan pendirian mempromosikan bola keatas. Kemudian ketika bola menginjak jatuh, maka anak tonsil akan menapuk bola dengan memantulkannya dimeja penyaji dan jatuh dimeja lawan.[14]

5. Birama Block

[sunting
|
sunting sumur]

Teknik pukulan block merupakan cara sederhana dalam mengembalikan pukulan lawan. Teknik pukulan ini biasa digunakan dalam membalas bola top spin atau drive dengan posisi bet yang tertutup. Mudah-mudahan jodoh lain bisa melakukan serangan balik dengan cepat, maka digunakan teknik pukulan block yang dilakukan setelah bola sudah memantul berpunca meja setinggi net. Teknik mentrum ini juga comar disebut blok ringkas karena teknik ini buruk perut digunakna di depan meja. Teknik pukulan block dibagi menjadi 2 yaitu :[15]

  • Forehand block merupakan teknik forehand block yang dilakukan dengan gerakan bet di depan, dengan posisi bet yang berkiblat kebagian bawah. Untuk melakukan blok, pemain harus memperhatikan arah datangnya bola.[15]
  • Backhand block merupakan teknik backhand block yang dilakukan dengan pemukul bola pingpong berada dibagain sisi kiri tubuh anak ningrat. Dalam teknik ini posisi bet harus terpejam yaitu yang mana arah bagian depan menghadap ke bagian kebawah. Pada saat bola sudah memantul dari meja, maka perhatikan arah datangnya bola dan kemudian lakukan segera aksi bet kedepan ketika bola dengan perkenaan bet bagian tengan.[16]
Baca juga:   Peta Persebaran Manusia Purba Di Indonesia

Peralatan Permainan

[sunting
|
sunting sumber]

Bet

[sunting
|
sunting sumber]

01. Ukuran, berat dan bentuk bet lain ditentukan, semata-mata patera pemukul bola pingpong harus menjemukan dan kaku.

02. Daun bet paling kecil 85 % terbuat berpokok gawang diukur dari ketebalannya; lapisan perekat di intern papan dapat diperkuat dengan bahan nan bersalur begitu juga serabut karbon (carbon fibre) maupun serat kaca (glass fibre) atau alamat kertas yang dipadatkan, namun sasaran tersebut tidak boleh lebih dari 7,5 % berpokok total ketebalan ataupun berukuran 0,35 mm, yang bertambah tipis yang dipakai seumpama acuan.

03. Sisi patera pemukul bola pingpong yang digunakan untuk menggampar bola harus ditutupi makanya karet licin/halus maupun bintik, bila menggunakan karet bintik nan menonjol ke asing (sonder spons) maka ketebalan kain termasuk lapisan perekat perekat tidak boleh lebih berpokok 2.0 mm, atau jikalau menunggangi karet lapis (karet + spons) dengan titik di dalamnya menuju keluar alias ke privat maka ketebalannya tidak boleh lebih dari 4.0 mm sudah lalu termasuk dengan lem perekat.

04. Puas pertama permainan dan pron bila hanya pemain menukar betnya sepanjang permainan berlangsung, seorang anak komidi harus menunjukkan betnya puas lawannya dan pada hakim dan harus mengijinkan wasit dan lawannya untuk memeriksa/ mencobanya.[17]

Bola

[sunting
|
sunting mata air]

Bola tenis meja berdiameter 40 mm berat 2,7 gram.[18]
Biasanya berwarna putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan. Pantulan bola yang baik apabila dijatuhkan terbit ketinggian 30,5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 23–26 cm. Sreg bola tenis meja biasanya ada tera bintang dari tanda jasa 1 hingga bintang 3, dan tanda bintang 3 inilah nan menunjukan kualitas terala berasal bola tersebut dan kebanyakan digunakan privat turnamen-turnamen resmi.

Meja lapangan

[sunting
|
sunting perigi]

Lapangan pingpong permukaan atasnya memiliki ukuran tertentu dan tentunya harus bisa memantulkan bola pingpong. Matra alun-alun pingpong secara penuh adalah memiliki panjang 2,74 meter, lebar 1,525 meter, dan tinggi 76 sentimeter yang dihitung dari satah tanah.
Ukuran lapangan tenis meja

Permukaan lapangan tenis meja dicat dengan memperalat warna spektakuler gelap atau warna baru gelap sesuai dengan komposisi corak pewarna nan diatur intern aturan Federasi Pingpong Internasional (ITTF). Permukaannya tidak dapat mengkilap.

Terdapat garis ceria dengan lebar 2 cm plong kedua ujung meja. Garis panjang disebut dengan garis tepi tingkatan, garis pendek disebut garis intiha.

Ada garis putih selebar 3mm (1/8 inci) di perdua meja yang disebut dengan garis tengah. Ketika bermain lega permainan ganda, daerah dibagi menjadi bagian kiri dan kanan dan jaring ditempatkan di antara 2 adegan meja.

Karier forehand

Pegangan backhand

Cara berperan

[sunting
|
sunting sumber]

Permainan tunggal

  • Setiap bola mati menghasilkan angka satu.
  • Servis berganti pemain sandiwara setiap mencapai poin kelipatan 2.
  • Pemegang servis bebas menempatkan bola berpangkal apa penjuru alun-alun.
  • Permainan satu set berakhir apabila anak komidi mencecah biji 11, dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 atau 4 kali kesuksesan set.
  • Apabila terjadi deuce, permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. misal: 15-13, 18-16

Permainan Tenis Meja ganda

Permainan ganda

  • Setiap bola mati menghasilkan nilai satu.
  • Servis cak keramik setiap skor kelipatan 2.
  • Pemain
    cak keramik
    mengamini bola mulai sejak antagonis
  • Pemegang servis hanya bisa menurunkan bola ke pangsa kamar sebelah kanan tara.
  • Permainan suatu set berakhir apabila anak bangsawan mencapai skor 11, dan kemenangan diraih apabila menjejak 3 atau 4 mungkin kemenangan set.
  • Apabila terjadi deuce, permainan bercerai seandainya selisih kredit adalah 2. laksana: 13-11, 15-17

Peraturan

[sunting
|
sunting sumur]

1. Servis yang moralistis

Servis yang benar dilakukan dengan cara menarafkan bola yang ada diatas telapak tangan yang terbuka secara vertikal. Servis dilakukan tanpa memutan bola sehingga bola boleh melambung ke atas dengan ketinggian 16 cm dari telapak tangan. Kemudian pukul bola ketika turun sebelum menyentuh apapun.[19]

2. Pengembalian yang benar

Ketika bola mutakadim diservis alias dikembalikan dan telah menerobos net, maka pemain harus menapuk bola tersebut sehingga menjejak kenap padanan.[20]

3. Urutan Permainan

Untuk permainan unik, pemain harus mengerjakan servis lebih-lebih dahulu nan kemudian dikembalikan maka dari itu akseptor. Kemudian pemain sandiwara nan melakukan servis dan penyambut melakukan pengembalian secara cak keramik. Sedangkan untuk permainan ganda, pemain harus melakukan servis malar-malar habis kemudian penerima melakukan pengembalian. Selanjutnya pasangan nan berbuat servis nan kemudian melakukan pengembalian, dan pasangan penerima pun kemudian melakukan pengembalian. Setiap anak komidi melakukan servis dan pengembalian secara porselen sesuai gilirannya.[21]

Baca juga:   Bagaimana Cara Mengevaluasi Struktur Isi Dalam Teks Anekdot

4. Suatu Let

Reli dinyatakan let apabila plong momen anak komidi berbuat servis dan bola menyebrang ke meja lawan nan akhirnya ikut alias dipukul oleh p versus. Reli dinyatakan let jika servis dilakukan ketika penyambut atau pasangannya belum siap. Reli sekali lagi akan dinyatakan let jika gagal mengerjakan servis alias pengembalian disebabkan provokasi di luar supremsi anak tonsil.[20]

5. Satu Poin/Kredit

Jika pemain gagal melakukan servis nan benar maka lawannya mendapat poin, jika pemain gagal melakukan pengembalian yang benar dan begitupun sebaliknya. Anak komidi pun dapat mendapat poin kalau lawannya memukul bola dua kali secara berurutan dengan sengaja.[22]

6. Satu Pertandingan

Satu pertandingan dalam tenis meja terdiri berpokok game gasal, biasanya 5 alias 7 game/set.[23]

7. Memilih Servis, Menerima Bola, dan Tempat

Dalam memutuskan usap servis, mengamini bola dan ajang, maka harus dilakukan undian sehingga pemenangnya mendapatkan properti bakal mengidas.[24]

8. Kesalahan Urutan Servis, Pemeroleh, Kancah

Ketika pemain melakukan kesalahan urutan servis, maka wasit harus menghentikan permainan dan mengulang servis sesuai dengan cumbu ponten pada ketika memulai pertandingan.[25]

9. Sistem percepatan waktu (Expedite System)

Detik dalam suatu permainan hingga ke 10 menit dan permainan belum selesai, maka sistem percepatan musim harus diberlakukan. Kecuali jika kedua pemain /pasangan mutakadim sampai ke skor / poin 9.[26]

Peraturan Khusus

[sunting
|
sunting sumber]

1. Pemanasan oleh pemain dilakukan diruangan khas dengan beberapa kenap yang telah disediakan.[27]

2. Peraturan untuk bagian official dan anak ningrat adalah buat pemain yang belum berbahagia giliran bertindak, maka dilarang buat memasuki bekas sayembara. Sedangkan official nan tidak ada relasi dengan pemain dilarang timbrung ke gelanggang pertandingan sekiranya belum gilirannya. Sebelum giliran bertanding maka pemain diberikan waktu untuk bersiap sejauh 5 menit. Apabila pemain terlambat 10 menit dari waktu yang ditentukan, maka pemain dinyatakan kalah.[27]

3. Ordinansi pemain pada perian bertanding yaitu apabila pemain-anak komidi bukan dapat menyelesaikan permainan privat masa 15 menit, maka akan diberikan batas masa. Pemain yang mengajuk kejuaraan harus menggunakan nomor bekas kaki yang telah disediakan oleh panitia.
[28]

4. Protes dapat dilakukan sesuai dengan takdir yang telah diberlakukan maka dari itu panitia.[28]

5. Dalam pertandingan yang mengalami gangguan seperti mana mati lampu, cidera dan sebagainya, maka panitia berwajib menghentikan pertandingan cak bagi tentatif. Kemudian perlombaan dapat dilanjutkan apabila keadaan pun halal.[28]

Tatap lagi

[sunting
|
sunting mata air]

  • Tenis Pelan
  • Badminton
  • Squash

Teks

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^

    Hodges 1993, hlm. 2

  2. ^


    Letts, Greg. “A Brief History of Table Tennis/Ping-Pong”.
    About.com. The New York Times Company. Diarsipkan dari varian salih tanggal 10 May 2011. Diakses sungkap
    29 August
    2010
    .





  3. ^


    “Member Associations”. ITTF. Diarsipkan semenjak versi suci tanggal 7 August 2017. Diakses tanggal
    25 June
    2017
    .





  4. ^


    “ITTF Handbook”.
    ITTF. Diarsipkan berpangkal versi tahir rontok 20 August 2021. Diakses copot
    20 August
    2021
    .





  5. ^


    Hurt III, Harry (5 April 2008). “Ping-Pong as Mind Game (Although a Good Topspin Helps)”.
    The New York Times. Diarsipkan dari versi kalis tanggal 19 June 2011. Diakses tanggal
    28 August
    2010
    .




  6. ^


    a




    b



    Adi dan Mu’arifin 1994, hlm. 7.

  7. ^

    Adi dan Mu’arifin 1994, hlm. 8.

  8. ^

    Adi dan Mu’arifin 1994, hlm. 9.

  9. ^

    Adi dan Mu’arifin 1994, hlm. 10.

  10. ^

    Adi dan Mu’arifin 1994, hlm. 12.
  11. ^


    a




    b




    c



    Tomoliyus 2017, hlm. 57.

  12. ^

    Tomoliyus 2017, hlm. 64.

  13. ^

    Tomoliyus 2017, hlm. 74.

  14. ^

    Tomoliyus 2017, hlm. 75.
  15. ^


    a




    b



    Tomoliyus 2017, hlm. 81.

  16. ^

    Tomoliyus 2017, hlm. 82.

  17. ^

    Ordinansi ITTF Bahasa Indonesia 2.04 Raket / Bet

  18. ^

    Peraturan ITTF Bahasa Indonesia 2.03 Bola

  19. ^

    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 73.
  20. ^


    a




    b



    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 74.

  21. ^

    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 75.

  22. ^

    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 76.

  23. ^

    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 77-78.

  24. ^

    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 78.

  25. ^

    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 79.

  26. ^

    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 79-80.
  27. ^


    a




    b



    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 80.
  28. ^


    a




    b




    c



    Firmansyah dan Hariyanto 2019, hlm. 81.

Daftar bacaan

[sunting
|
sunting perigi]

Adi, S. dan Mu’arifin (1994).
Pingpong
(PDF). Malang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Hobatan Pendidikan Malang.



Tomoliyus (2017).
Sukses Melatih Keterampilan Dasar Permainan Tenis Meja dan Penilaian
(PDF). Purwodadi-Grobogan: CV. Sarnu Untung. ISBN 978-602-61658-3-1.



Firmansyah, G. dan Hariyanto, D. (2019).
Sejarah, Teknik & Varietas Latihan Pingpong (Pingpong)
(PDF). Malang: Media Nusa Creative. ISBN 978-602-462-292-3.



Pranala luar

[sunting
|
sunting perigi]

  • (Inggris)
    Federasi Tenis Bidang datar Internasional (ITTF)
  • (Indonesia)
    Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI)



Jika Pemain Gagal Melakukan Servis Maka Yang Terjadi Adalah

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Tenis_meja