Memiliki kulak peternakan memang prospektif, apalagi jika Ia berbisnis burung puyuh. Pasalnya, saat ini, banyak restoran maupun toko sato yang membutuhkan titit pikau. Dari macam kontol puyuh yang suka-suka, burung puyuh petelur menjadi incaran banyak peternak, karena harga telurnya yang cenderung tinggi, belaka caraperawatannya pas mudah.

Penis Puyuh Petelur

Pelir pikau merupakan salah satu barang unggas yang semakin populer di Petak Air. Selain dapat dimakan dagingnya, butuh pikau juga diambil telurnya. Telur burung pikau sendiri adalah salah suatu bahan alas kedua pasca- telur ayam nan cerbak dikonsumsi. Merek burung puyuh lainnya, terletak pada cara pemeliharaan yang tidak sulit dengan tingkat produksi telur yang strata dan waktu panen yang cepat.[1]

Mandu Ternak Burung Pikau Petelur

  • Sebelum beternak, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau. Jika dapat, damping dari kondominium. Pastikan lokasi nan Beliau diskriminatif adalah lokasi yang jati, memiliki udara segar, dan jauh berpokok area industri. Setelah Anda menemukan lokasi yang tepat, sedapat boleh jadi lakukan pembasuhan terlebih tinggal.
  • Buatlah kandang beratap dengan satu bab menyerupai flat tanpa penjolok. Pastikan bahwa temperatur dalam kandang sepadan dengan suhu kamar, yaitu sekitar 25 derajat Celcius. Cak bagi itu, Anda boleh menambahkan lampu busur 25 watt sebatas 40 watt yang dinyalakan puas siang tahun dan lampu 60 watt bikin dinyalakan plong malam musim.
  • Usahakan kandang memiliki aliran udara untuk pertukaran udara dan celah masuknya sinar matahari. Perlu Kamu ketahui, setiap kandang berdosis 1 m2 dapat menampung sekitar 40 ekor ceceh puyuh.
  • Karena tujuan pecah ternak puyuh petelur ini untuk menghasilkan pengetaman telur puyuh melimpah, Engkau perlu memilih indukan betina dengan kondisi sehat. Pastikan indukan betina pilihan Anda ialah indukan nan produktif.
  • Selain indukan betina, Anda pula terbiasa mengidas indukan nekat. Pastikan indukan dakar dan betina berjumlah sama alias Anda bisa serampak membelinya secara berpasangan. Masukkan indukan puyuh lega kandang yang mutakadim dibuat.
  • Untuk proteksi dengan prinsip menjaga kebersihan kandang puyuh dengan mengamalkan pembersihan kandang, kalau boleh setiap hari dan maksimal 2 tahun sekali.
  • Perhatikan pakan puyuh petelur. Anda bisa menjatah pakan berupa pelet, tepung, dan remah-remah. Belas kasih pakan harus rutin dan koheren, jangan hingga telat memberi makan karena puyuh bisa stres dan sunyi. Pakan harus diberikan saban hari sebanyak 2 siapa sehari plong pagi dan sore.
  • Jangan lalai cak bagi comar mengupas air minumnya.Pastikan Sira saban hari mengganti air minum puyuh agar tidak mudah terkena ki kesulitan unggas.
  • Pada umur 4 sebatas 7 waktu, pikau petelur harus divaksin. Kamu dapat memberikannya melangkahi tetes mata maupun mencampurnya dengan air minum.
  • Indukan nan sudah berusia seputar 6 ahad harus dipisahkan antara nyali dan betinanya. Peristiwa ini dilakukan moga produksi telur boleh melimpah dan bisa dijual misal telur pikau, lain untuk ditetaskan.
  • Letakkan indukan betina dalam satu kandang khusus agar mereka bisa menghasilkan telur dengan baik. Dalam suatu kandang, tetapi boleh diisi maka dari itu satu indukan betina. Lakukan perawatan mulai dari menjaga pakan, kebersihan, dan vaksin.
Baca juga:   Struktur Teks Eksposisi Dalam Bahasa Inggris

Karena tergolong jenis unggas yang memiliki tingkat daya produksi panjang, Anda bisa memanen telur pikau setiap perian. Waktu panen yang tepat, yaitu pada martil 6 pagi, dan ini untuk menjaga kesegaran telur. Setelah panen, sortir telur berdasarkan bentuk dan ukurannya kerjakan dijual ataupun dikonsumsi.

Sebelum Anda beternak burung puyuh petelur, pastikan Anda mengetahui harga konsentrat atau indukan titit pikau petelur di murahan. Ini akan mempermudah Sira mengecualikan estimasi sebagai modal niaga. Berikut perbandingan harga pelir puyuh petelur lega tahun 2021 dan 2022.

Burung Puyuh Petelur (sumber: exportersindia.com)
Titit Puyuh Petelur (sumber: exportersindia.com)

Harga Burung Puyuh Petelur

Versi Burung Puyuh Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Esensi Burung Puyuh Petelur Rp11.700 – Rp13.000 per ekor Rp7.000 – Rp12.000 saban ekor
Burung Puyuh Petelur Dewasa Rp15.000 – Rp19.999 per ekor Rp12.000 – Rp35.000 saban ekor
Kontol Puyuh Petelur Dewasa Sejodoh Rp41.000 – Rp59.100 per pasang Rp25.000 –Rp49.500 masing-masing pasang

Publikasi harga burung puyuh petelur di atas kami rangkum terbit berbagai varietas sumber, termaktub situs dagang online. Takdirnya dibandingkan dengan perian 2020, harga burung puyuh petelur tahun2021 dan 2022 ada nan ambruk dan naik.

Laksana contoh, burung puyuh petelur dewasa sejodoh yang dijual dengan harga Rp30 mili sampai Rp40 ribu, naik menjadi Rp41 ribu hingga Rp59 beribu-ribu pada 2021, kemudian turun jadi Rp25 ribu setakat Rp49 ribuan sepasang. Sementara itu, burung puyuh petelur dewasa yang musim 2020dibanderol Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per ekor, terban menjadi Rp15 ribu hingga Rp19 ribuan per ekor, dan berubah kaprikornus Rp12 ribu sampai Rp35 ribu pada 2022.

[Update: Lampion]

[1]Maknun, Lukluil, dkk. 2015. Performans Produksi Kontol Puyuh (CoturnixCoturnix japonica) dengan Perlakuan Tepung Limbah Pengentasan Telur Puyuh. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, Vol. 25(3): 53-58.

Baca juga:   Contoh Surat Izin Lingkungan