Kata Pokok Yang Dibahas Dalam Sebuah Iklan Disebut Sebagai Kata

By | 11 Agustus 2022

Kata Pokok Yang Dibahas Dalam Sebuah Iklan Disebut Sebagai Kata.

Pengertian, Unsur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan



Sekali lagi nonton acara di televisi eh tau-tau kepotong iklan. Nahloh bete nggak tuh? Ia tahu centung, saat menjelang Idulfitri musim 2018 ini terserah iklan dari riuk satu ki akal perbelanjaan yang menampilkan ibu-ibu kontingen qasidah? Iklan ini menjadi viral karena konsep iklannya nan menarik. Tentu kamu nggak asing kan dengan iklan tersebut?




contoh iklan di televisi

Salah satu contoh iklan di televisi (sumber: kapanlagi.com)

Nah Squad, tentu tidak semua iklan nan dapat kalian pahami maksudnya. Ternyata sebelum iklan ditayangkan di televisi harus ada referensi tertulisnya sebagai naskah. Sangkil-kira, segala apa aja ya yang ada di dalam naskah tersebut ya? Artikel kali akan mengajak kamu mengenal teks iklan.



Ia senggang apa itu iklan?

Yaps.
Iklan
dapat dipahami andai
pemberitahuan kepada sosok mengenai suatu barang dan jasa. Kebanyakan
disampaikan

melalui
alat angkut massa seperti televisi, radio, arsip kabar, dan internet.

Kalau itu tadi teko pengertian tentang iklan, ambillah kalau signifikasi teks iklan?


pengertian teks iklan

Namanya teko pun iklan, jadi pasti tujuannya bakal membujuk biar pembaca maupun yang menyibuk teks iklan tersebut membeli barang atau jasa yang ditawarkan.



Kendati kelihatan menggandeng, dalam sebuah iklan harus punya sejumlah unsur supaya terlihat menarik. Nah, unsur-unsurnya itu apa aja sih?


1. Gambar

Bisa dibayangin nggak sih kalau sebuah iklan nggak ada gambarnya? Karuan nan ngeliat bakalan cemas teko maksudnya apa? Sebuah
iklan yang baik
itu terserah
gambar bersumber produk ataupun jasa
yang ditawarkan. Yaa…minimal ada sebuah ilustrasinya lah.


2. Rangkaian Kata-kata

Gimana konsumen mau membeli barang atau jasa kalo nggak ada penjelasannya? Di sinilah kata-perkenalan awal intern iklan itu dirangkai sebaiknya konsumen tertarik. Dalam iklan,
wasilah kata-pembukaan itu berilmu penjelasan produk berupa tanda berpokok komoditas/jasa. Rata-rata tera bersumber sebuah barang/jasa itu yang membuat konsumen terpincut sreg komoditas/jasa yang diiklankan.

Baca juga:   Sebutkan Jumlah Home Plate Dalam Softball Beserta Fungsinya


3. Gerak

Ia pernah liat iklan semacam ini nggak di televisi?


tv buram


(sumber: giphy.com)

“Mana suka-suka iklan kayak gitu di TV”

Iya jelas dong. Takdirnya ada iklan, anggaplah panjang durasi iklan 10 detik. Selama 10 ketika itu sira ngeliatin TV kamu sedemikian itu aja layarnya. Bosen nggak? Mutakadim bosen berlebih nggak tahu segala maksudnya. Maka dari itu karena itu
iklan yang disampaikan di media massa terutama di televisi haruslah bergerak
hendaknya iklan lebih menggandeng dan para konsumen ki gandrung lega produk/jasa yang diiklankan. Maksudnya bergerak tidak berputar kayak kerangka di atas lho ya.


4. Suara

Squad, kamu pun harus tahu nih kalau suara juga memiliki peran penting saat iklan disampaikan di media massa sebagai halnya televisi dan radio. Suara tersebut membacakan deskripsi berpokok berupa pengenalan-kata. Perlu diperhatikan pula, dalam iklan juga penting lho sebuah intonasi kritik.


Baca Juga:
Pengertian Kalimat Fakta privat Artikel



Membuat iklan itu nggak boleh sembarangan. Cak semau mandu kebahasaannya juga. Ini bermanfaat supaya iklan tampak bertambah menarik dan berkesan di hati konsumen.


unsur kebahasaan teks iklan


a. Persuasif

Apa itu persuasif?
Persuasif yakni sesuatu nan sifatnya mengajak. Artinya, kata-kata dalam teks iklan itu bertujuan supaya para pengguna yakin dan percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.


b. Imperatif

Selain persuasif, kata yang digunakan dalam iklan juga maujud imperatif.
Imperatif merupakan permohonan, invitasi, galakan ataupun pemali. Contohnya yaitu perkenalan awal
ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo
dan
janganlah.


c. Berima

Kebanyakan, pengenalan-kata yang terdapat dalam sebuah iklan n kepunyaan rima ataupun
pengulangan nada yang sama
agar iklannya menarik dan berkesan kerjakan konsumen. Perhatikan potongan teks iklan berikut.

Baca juga:   Apabila Waktu Dilempar Lemdomain_7 Patah Di Udara Maka


contoh teks iklan

Pasti kamu nggak luar kan dengan potongan teks iklan tersebut? Sira ngeh nggak seandainya akhiran dari tiap kalimat tersebut berakhiran “a”? Itu kamu yang disebut dengan rima.


d. Berkesan positif

Sebuah barang/produk yang ditawarkan akan memiliki saingan atau tara. Buat itu, n domestik
sebuah iklan jangan sebatas menjelek-jelekkan ataupun bahkan sampai menghina produk/jasa tak. Itu selevel saja cak hendak bersaing tapi dengan cara nan tidak sehat, Squad.


d. Ringkas

Maksudnya pendek di sini merupakan
tidak panjang tumpul pisau ataupun simultan mencadangkan maksud dan tujuannya. Iklan nan singkat juga berfungsi melicinkan pengguna mengingat dan takhlik kesan khusus.


e. Fakta

Pengguna itu paling nggak suka dibohongi ya Squad.
Iklan yang baik itu harus mengandung fakta. Misalnya, Misalnya alamat perusahaan yang bermoral-moralistis ada, dan produk yang benar-moralistis ada. Umumnya sebuah fakta berupa pernyataan yang bisa dibuktikan kebenarannya dan bukan aktual pendapat seseorang.

Itulah denotasi, unsur-atom, dan mandu kebahasaan yang ada dalam sebuah iklan. Masih bingung dengan penjelasa ini? Yuk coba gabung dengan grup belajar
ruangbelajar Plu
s! Di grup itu kamu akan ditemani berlatih ekuivalen kakak tutor yang tentunya handal plus bisa diskusi bareng setara teman-tara di seluruh Indonesia lho. Bebat saat ini juga ya.

 




New Call-to-action




Referensi

Maryanto dkk. 2015. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Kancing Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud


Artikel diperbarui 3 Desember 2020

Profile

Tedy Rizkha Heryansyah

Kata Pokok Yang Dibahas Dalam Sebuah Iklan Disebut Sebagai Kata

Source: https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-unsur-dan-kaidah-kebahasaan-teks-iklan