Kata Sambutan Guru Pada Acara Perpisahan

By | 13 Agustus 2022

Kata Sambutan Guru Pada Acara Perpisahan.


Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Ibu Nur Jannah, M.pd selaku pemimpin sekolah SMPN 9 Rawa Ekstrak.

Nan terhormat Bapak Andi Susanto, M.Pd selaku konsul pemimpin sekolah.

yang terhormat Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff SMPN 9 Rawa Sari
dan seluruh teman-antagonis yang saya banggakan.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua boleh berkumpul di dalam balai ini dalam rangka pelepasan siswa-siswi kelas 9 SMP dalam situasi cegak dan sonder halangan sedikitpun. Dan juga shalawat serta salam mari kita haturkan kepada kanjeng Nabi Muhammad saw beserta seluruh keluarga, sahabat serta umatnya yang setia. Seharusnya kita dapat dipertemukan pula dengannya di n domestik suralaya kelak amin..

Saya menyabdakan terimakasih atas kesempatan yang diberikan ini lakukan meyampaikan sepatah dua patah pengenalan dalam programa pelepasan siswa-siswi kelas 9. Terimaksih juga bakal seberinda panitia yang telah berkreasi dengan lewat keras dalam menyiagakan dan menjalankan programa nan silam berkesan ini. Pada kesempatan yang berkat ini perkenankanlah saya mewakili teman-oponen kelas 9 untuk menyampaikan pesan, kesan dan rasa terimakasih kami kepada kalian semua terkhusus bapak dan ibu suhu kami yang terkasih.

3 masa yang lalu kami semua cak bertengger ke sekolah ini sebagai halnya gelas kosong tanpa air sedikitpun. Adv amat gelas hampa tersebut berantara sudah terisi dengan air nan bernama guna-guna dan wawasan hingga karenanya waktu ini berangkat waktunya gelas tersebut harus diisi dengan air nan lebih banyak pun. 3 hari bukanlah waktu nan sumir cak bagi kami dan mutakadim banyak kenangan-kenangan indah nan kami ukir di sekolah yang tercinta ini sehingga berat rasanya kerjakan kami bagi meninggalkan rumah kami, teman dan master-suhu kami. Makanya karena itu, kami merasa sangat sedih sekaligus suka dengan barang apa yang telah kami lalui dan gapai bersama di sekolah ini.

Sreg kesempatan ini juga, saya dan seluruh musuh-jodoh kelas 9 mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang mutakadim mengolah kami dengan khusyuk dan ketabahan yang asing resmi. Kalian telah mendidik dan mengajari kami tanpa rasa lelah sedikitpun nan tercoret di muka. Kami pun menyadari bahwa sebesar dan sebanyak apappun nan kami berikan tidak boleh mengganjar semua jasa-jasa kalian. Dan nan dapat kami buat hanyalah berdoa semoga Tuhan swt cangap menyerahkan kesabaran dan kesehatan kepada kalian semua dalam menjalankan tugas mulia ini.

Tak lalai, kami juga menunangi maaf nan sebesar-besarnya kepada Buya dan Ibu master seandainya tingkah kayun kami sejauh ini selalu membuat kesal dan menyinggung lever. Semoga Kiai dan Ibu hawa bisa mengampuni kami karena restu kalian habis berarti bakal kami untuk meneruskan pendidikan dan menggapai mimipi-mimpi kami.

Sebelum kami menghindari, saya berpetaruh kepada adik-adik kelas buat terus belajar dengan giat dan raihlah prestasi setinggi mungkin kerjakan mewangikan nama baik sekolah ini. Dan kembali patuhilah nasehat-nasehat Bapak dan Ibu master karena mereka adalah turunan tua kedua kalian disekolah.

Untuk padanan-temanku seluruh pelajar-siswi kelas bawah 9, Janganlah puas dengan segala nan sudah kita capai saat ini. Yuk bangun kembali hayat untuk menggapai cita-cita kita. Terimaksih juga cak bagi teman-bandingan semua atas memori-ki kenangan indah yang mutakadim kita ukir bersama di sekolah tersayang ini. Saya kembali berpesan bagi terus menjaga silahturahmi. Semoga kita akan dipertemukan kembali dengan peristiwa yang sukses dimana kita mutakadim berhasil menggapai cita-cita kita Aminnn..

Kembali saya mengucapkan terima pemberian kepada bapak dan Ibu guru, adik-adik inferior, teman seperjuangan dan lain lupa seluruh staff SMPN Rawa Sari dan selamat kepada pesuluh-siswi kelas 9 atas kelulusannya.

Demikianlah pidato yang boleh saya sampaikan kali ini. Jika terletak kesalahan saat saya menyampaikan pidato ini, saya memohon lepas dan terimaksih atas perhatiannya.


Wabilahitaufikwalhidayah, Wassalamualaikum Wr. Wb

Bagi pelajar/siswi SMA/MA/SMK nan mendapatkan tugas berpunca guru bagi berkhotbah atau memberi sambutan dalam acara perceraian sekolah,  berikut ini ideal pidato perpisahan bikin kelas 12 yang bisa anda gunakan sebagai sasaran bersyarah pada acara perpecahan sekolah.


Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yang saya hormati ibu kepala sekolah SMA Negeri 1 Semarang, Ibu Dra. Endang Suyatmi L, M.Pd.

Yang saya hormati buya wakil atasan sekolah SMA Negeri 1 Semarang, buya Budiyono, S.Pd, M.Kom.

Yang saya hormati bapak / ibu wali petatar kelas 12 yang telah berkenan hadir privat acara pelepasan siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Semarang

Yang saya hormati seluruh dewan guru beserta fungsionaris SMA Negeri 1 Semarang dan yang saya banggakan rekan-rekan petatar kelas 12 dan adik-adik kelas 10 dan 11.

Alhamdulillahirabbil alamin, wabihinastain. Wa’ala umuridunya waddin. Washalatuwassalamuala asrafil anbiya iwal mursalin amma ba’du.

Segala puji untuk Sang pencipta rabb semesta kalimantang, kepada-Nya lah kita memohon ampunan dan kepada Nya jua lah kita lamar bantuan. Dia lah yang tak pernah berhenti menyerahkan kenikmatan kepada hamba-Nya tak terkecuali kita semua. Hendaknya kita menggandakan rasa syukur pada-Nya dengan cara meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita plong-Nya.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan lega Utusan tuhan Muhammad SAW, keluarga, dan umatnya. Semoga kita mendapatkan syafaat beliau di waktu intiha kelak.

Hadirin sekalian, megawali ceramah saya puas kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menitahkan banyak syukur kepada bapak pembesar sekolah, dewan guru, pembina eskul, rekan-rekan inferior 12 dan OSIS, nan telah mempercayakan serta memberi kesempatan pada saya lakukan menyampaikan bilang situasi nan erat kaitannya dengan programa pelepasan kelas 12 lega perian ini.

Teradat diketahui bahwa pelepasan alias perpisahan kelas 12 pada hari ini hakikatnya adalah sebuah penundaan kerjakan bertemu kembali pada suatu ketika nanti. Saya bertarget sreg hari yang penuh dengan rasa haru dan air mata ini enggak dimaknai dengan perpisahan nan identik dengan perasaan sedih. Tapi maknailah waktu ini dengan perasaan optimis dan bangga, cak bagi dapat meraih masa depan nan gemilang. Secara khusus buat rekan-rekan seperjuanganku kelas 12 SMA Negeri 1 Semarang.

Kepada kiai / ibu suhu SMA Daerah 1 Semarang nan kami cintai, aplikasi maaf nan sedalam-dalamnya kami haturkan kepada ayahanda dan ibunda refleks. Kami menyadari selama kami dibimbing oleh ayahanda dan ibunda sekalian di sekolah, karuan banyak sekali kekhilafan yang kami perbuat. Kami lagi mohon absolusi atas ketidakmampuan kami bikin membalas segala apa jasa-jasa ramanda dan ibunda. Manah cinta dan hormat kami sahaja mampu diluapkan dengan kata-alas kata dan air indra penglihatan haru. Syukur ayah dan bunda guru, doakan kami sepatutnya kami dapat menjadi anak bangsa yang berharga dan bermanfaat cak bagi negara dan agama.

Kepada rekan-rekanku papan bawah 12 nan saya banggakan. Selama tiga masa sudah kita menjalani sukma belajar bertepatan. Tentu sudah banyak khilaf dan salah yang kita perbuat terhadap sesama. Maka itu karenya, saling mengikhlaskan kesalahan dan rela memaafkan satu sama lain adalah satu situasi yang perlu kita untuk hari ini. Kawan-kawanku refleks, hari ini yakni tahun terakhir kita menginjakkan kaki di sekolah yang kita cintai ini sebagai seorang petatar. Esok kita akan menempuh jalan semangat kita masing-masing. Teruslah berjuang, jangan berhenti menggapai cita-cita, dan selalu perbaiki diri! Perceraian hari ini tulat akan kita kenang selama-lamanya. Periode ini akan menjadi tunggak sediakala kemenangan kita. Saya berharap suatu hari jemah kita akan bertemu pun dengan kemajuan kita sendirisendiri.

Teruntuk adik-adik kelasku, ingatlah bahwa adinda sekalian bukan lagi anak-anak nan selalu asyik dengan dunianya sendiri. Belajarlah yang rajin, bermimpilah nan raksasa, tinggalkan hal-hal negatif, teruslah berkaya, dan jangan lupa beribadah! Itulah pesan dari mbakyu-kakak kelas kalian yang akan pergi meninggalkan sekolah yang kita cintai ini. Maafkan kami kalau selama ini belum dapat menjadi panutan nan komplet. Akan hanya adinda tentu dapat mengklasifikasikan segala hal baik dan buruk nan ada puas diri kami. Ambillah segala sesuatu yang baik dan tirulah! Pilahlah sesuatu yang buruk dari kami dan buanglah jauh-jauh! Kepada kalianlah kami akan memercayakan sekolah yang kita cintai ini. jaga logo baik dan buatlah tera sekolah ini menjadi harum dengan prestasi-prestasi nan kalian ukir. Dengan begitu kami dapat meninggalkan almamater tercinta ini dengan tenang.

Kepada semua pihak yang suka-suka di institusi pendidikan sekolah ini nan tak bisa saya sebutkan satu persatu. Terima hadiah banyak, maafkanlah segala apa kesalahan kami, dan doakan kami! Boleh jadi hanya ini saja yang dapat saya sampaikan privat pidato ringkas kelihatannya ini. peroleh kasih dan maaf yang sebesar-besarnya.


Wabillahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Abstrak Ceramah Perpisahan Mahasiswa

Jika dia ialah mahasiswa/mahasiswi baik berpangkal perguruan negeri maupun swasta yang mendapatkan tugas dari dosen untuk mengasihkan perlagaan atau bersyarah privat acara perpisahan kampus,  berikut ini teladan ceramah perpisahan mahasiswa yang bisa dia gunakan bagi berpidato pada acara perpisahan kampus.

***


Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan SWT. Berkat hadiah-Nya kita semua boleh berkumpul di sini dan diberikan kesegaran.

Baca juga:   Penggunaan Cat Air Berfungsi Untuk Memberikan Warna Pada Bidang Gambar

Kepada yang terhormat Kiai Dekan Perhimpunan Islam Indonesia

Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu Dosen sekalian

Kepada para hadirin semuanya

Kemudian, kita panjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri telaudan bagi umat Selam. Semoga kita dapat berkumpul lagi di surge dengan mendapatkan syafaat berusul Nabi Muhammad SAW.

Saya di sini mewakili para wisudawan dan wisudawati yang lainnya bikin menyampaikan pesan dan kesan sejauh berkuliah di Universitas Islam Indonesia. Waktu ini adalah hari yang paling dinantikan oleh semua mahasiswa yang berkuliah.

Karuan saja kita merasakan sangat bersyukur atas ilmu dan lagi ketenangan para Bapak dan Ibu Dosen. Kami lagi berharap mudah-mudahan langsung bisa menerapkan ilmu kepada masyrakat sekalian. Saya pun menyabdakan syukur banyak kepada Bapak-Ibu Dosen, seluruh Wali Mahasiswa, dan juga pasangan-teman sekalian atas dukungannya, sehingga dapat lulus.

Menempuh penekanan di bangku perkuliahan bukanlah musim nan lama. Maka dari itu, kami cinta menemukan banyak komplikasi dan sering beranggar pena dengan dosen, orang bertongkat sendok mahasiswa, dan juga antitesis-teman sekalian. Berbintang terang dukungan ini, risikonya kami dapat menyelesaikan skripsi kami dan lulus.

Apabila selama ini ada alas kata-kata dan perilaku kami yang menyakiti hati para hadirin semua, kami minta absolusi. Sekian dari saya dan saya mohon maaf apabila suka-suka kesalahan kata dalam pidato ini. Syukur.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Teoretis Pidato Parak Mahasiswa KKN

Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa KKN

Seandainya anda adalah mahasiswa/mahasiswi yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Berwujud (KKN) baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang mendapatkan tugas untuk memberikan sambutan ataupun berpidato dalam program perpecahan KKN,  berikut ini paradigma kuliah parak mahasiswa KKN yang bisa anda gunakan lakukan berpidato pada programa perpisahan tersebut.

***


Assalamu’alaikum wr.wb,

Nan terhormat buya drum Somokaton ( Bpk …… )

Yang terhormat bapak ketua LPMK ( Bpk …… )

Nan terhormat ketua RW dan Pengarah RT Kelurahan Somokaton.

Yang terhormat seluruh perangkat kelurahan Somokaton.

Dan yang terhormat seluruh bapak ibu induk bala masyarakat, karang akil balig, pemuda pemudi warga kelurahan Somokaton dan adik adik serta teman teman KKN yang kami sayangi.

Alhamdulilahi robbil ‘alamin, assolatu wassala mu’ala asrofil ambiya I wal mursalin wa ala alihi wasohbihi rosulillahi ajma’in.

Pertama – tama dan yang lebih terdepan marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita semua dapat berkumpul di balai desa ini n domestik rangka acara parak Mahasiswa KKN di kelurahan Somokaton, mudah – mudahan kesanggupan kita di sini senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Sholawat beriring salam marilah kita sampaikan kepada suami kita nabi besar Muhammad SAW yang telag membawa kita mulai sejak zaman jahiliyah ke zaman yang munjung penerangan begitu juga nan kita rasakan saat ini.

Bapak / ibu yang kami hormati, Pada kesempatan lilin batik yang berbahagia ini izinkanlah saya mengambil alih rekan – rekan mahasiswa KKN Universitas Provinsi Yogyakarta di Kelurahan Somokaton ini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata laksana salah perpecahan dari kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta di Kel. Somokaton yang kami cintai ini.

Sebelumnya kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada bapak drum kelurahan Somokaton yang hadir di tengah – perdua kita malam ini lakukan menyaksikan program perpecahan Mahasiswa KKN Universitas Daerah Yogyakarta.

Ucapan sambut kasih pula kami sampaikan kepada seluruh perangkat kelurahan yang telah menerima, membimbing, dan mendukung kami di kelurahan Somokaton ini kerjakan belajar sekaligus terjun ke tengah – tengah masyarakat menjalankan program – programa KKN yang mudah – mudahan berjasa bagi kita bersama.

Tuturan cak dapat rahmat kembali kami sampaikan kepada semua warga kelurahan Somokaton, bapak – kiai, ibu – ibu, cowok – pemudi dan adik – adik yang telah mendukung kelancaran kegiatan kami, karena tanpa dukungan penghuni kelurahan Somokaton kegiatan kami ini tidak akan berjalan dengan baik.

Bapak ibu yang kami hormati, sepanjang dua bulan kegiatan KKN kami di Kelurahan Somokaton ini yaitu tanggal 12 September s/d 12 November 2011, kami mencatat bahwa kehadiran kami di sini belumlah dapat memasrahkan sumbangsih yang lautan terhadap kelurahan ini, tapi mudah – mudahan KKN kami kali ini dapat memberi cacat perubahan dan warna bila di banding hari – tahun sebelumnya.

Kami mutakadim berusaha sedapat kami, semaksimal mungkin mengerahkan materi, tenaga dan pikiran kami demi Somokaton tercinta, kami mohon lepas apabila sejauh 2 wulan kami di sini ada tingkah laku kami yang kurang etis atau kegiatan kami nan invalid berkenan di hati, sekali lagi kami mohon belas kasihan.

Bapak ibu yang kami hormati, Kelurahan Somokaton seumpama lokasi KKN, memberikan kesan nan baik dan menyenangkan bagi kami, masyarakatnya ramah tamah, rukun dan rukun dengan sesama saling bekerjasama. Berternak dan pabrik pembuatan telor asin sebagai mayoritas ain pencaharian penduduk merupakan ciri ciri mahajana nan bekerja keras, giat dan tekun demi kemakmuran dan kesejahteraan warga kelurahan Somokaton.

Pesan kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta kepada masyarakat Somokaton cak bagi tetap terus meningkatkan keadaan dan kondisi ke sebelah nan makin baik sebaiknya kelurahan Somokaton semakin jaya dikemudian musim.

Pesan kami untuk bujang dan perempuan Somokaton saban eratlah kombinasi persaudaraan dan jagalah solidaritas, kami melihat kehidupan kerja gentur yang di miliki pemuda pemudi kelurahan Somokaton, teruslah pertahankan dan tingkatkan. Pesan kami kembali untuk adik – adik tersayang, burung laut – rajinlah belajar, kejar cita – cita termulia, dan teruslah bersekolah hingga janjang yang lebih tinggi karena adik – adik semua adalah penerus kami, penerus generasi bangsa ini.

Kekompakan dengan kalian, adik – adiku pelahap, baik kontan bimbingan belajar, mengajar TK maupun PAUD dan kegiatan yang lain, tinggal seperti itu indah dan tak akan pernah kami lupakan. Kalian semua adalah sahabat mungil kami yang senantiasa meredakan kami di sini.

Bapak dan ibu yang kami hormati, Izinkanlah saya membacakan pantun terakhir bermula kami mahasiswa KKN Sekolah tinggi Negeri Yogyakarta, “Apabila cak semau sumber diladang boleh kita menumpang mandi, apabila diberi umur yang panjang, bisa kita berjumpa lagi”

“jikalau terserah jarum yang terputus hangan di simpan di dalam peti, jikalau ada pembukaan – kata kami yang salah jangan di simpan di relung hati”. Demikianlah SALAM PERPISAHAN berbunga kami mohon ampunan atas segala apa kekeringan dan kekhilafan.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Parak Mahasiswa PPL

Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa PPL

Jika engkau adalah mahasiswa/mahasiswi nan medium melaksanakan PPL (Praktek Asam garam Alun-alun) baik dari Perguruan Jenjang Kewedanan maupun Perguruan Jenjang Swasta yang mendapatkan tugas bakal memberikan penolakan atau berpidato internal acara perpecahan PPL,  berikut ini contoh pidato perpisahan mahasiswa PPLyang bisa anda gunakan bakal berpidato pada acara perpisahan tersebut.


***


Assalamualaikum warohmatullahi wabarkatuh

Auzubillahi minasyaitonirrozim, bismillahi rohmanirrohim, robbis rohli sodri wayas sirli amri wahlul ukhdatan min lisani yafqohu qowli, ammaba’du.

Yang terhormat Buya Pengarah Sekolah SMA SMA Negeri 1 Semarang.

Ibu Dosen merupakan Bapak Drs. Suardi, ST., selaku dosen lapangan sekaligus pembimbing kami.

Ibu Agustina Ahalik, S.Pd, selaku master pamong di SMA SMA Area 1 Semarang.

Bapak/Ibu dewan guru yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu serta jabatannya di SMA SMA Kawasan 1 Semarang ini.

Serta kawan-kawan mahasiswa dari FKIP Perhimpunan Diponegoro.

Sebelumnya mari kita bersama-sama mengucapkan puji dan terima kasih kehadirat Allah SWT, yang mana kita dapat berkumpul pada acara nan adv amat penting ini, merupakan programa Perpisahan kami atau Perpisahan PPL mahasiswa FKIP Universitas Diponegoro di SMA SMA Kewedanan 1 Semarang tahun 2016. Pada hari ini, hari yang lampau cerah seolah-olah mengangankan agar kami cepat pulang kepangkuan ibu bapak maupun lembaga Universitas Diponegoro.

Dalam kesempatan ini, saya atas nama mahasiswa FKIP Universitas Diponegoro mengucapkan terima hidayah kepada bapak/ibu guru di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, yang mana telah banyak kondusif dan mendidik kami untuk menjadi temperatur yang terbaik, menjadi guru yang baik dan benar, lebih idiosinkratis lagi bapak kepala sekolah, dan hawa pamong yang mutakadim banyak kontributif kami dalam kejadian melatih mental menghadapi peserta-siswi SMA SMA Distrik 1 Semarang ini.

Kami harap maaf sekiranya kami dalam hal memasrahkan materi kepada pesuluh-siswi di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini dengan kasar atau dengan muka masam, alias bisa jadi ada diantara kami yang gaplok mereka, menjewer kuping mereka atau menghardik siswa-siswi tersebut. Disamping itu pula kami harap maaf, jika selama kami di SMA SMA Wilayah 1 Semarang ini, ada perbuatan, bacot atau tindakan kami yang rendah berkenan di hati buya/ibu sekalian, kami mohon untuk dimaafkan.

Bapak/ibu guru yang saya hormati, serta kawan-serikat nan saya banggakan

Selama invalid kian 3 wulan kami di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, banyak mantra yang sudah kami dapatkan, banyak kenangan yang kami rasakan, dan banyak lagi hikmah yang dapat kami cabut berbunga peristiwa-keadaan nan terjadi di SMA SMA Kewedanan 1 Semarang ini. Pesan kami kepada bapak/ibu serempak, tolong jangan lupakan kami, tolong jangan anggap kami ini mahasiswa yang lupa dengan guru-guru pamongnya, tolong kenang kami intern hal yang baik-baiknya saja, dan jangan kenang kami dalam peristiwa buruknya.

Kesan kami sepanjang di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, kami sangat senang sekali bisa bekerja sama dengan bapak/ibu serentak. Bapak/ibu guru serta bapak kepala sekolah telah banyak mendukung kami dalam peristiwa proses belajar mengajar, serta membuat RPP, Silabus, Prota, Promes, dan tugas-tugas temperatur yang lainnya. Sebagaimana kami, yang dulunya tak kenal dengan bapak/ibu guru serta murid di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, waktu ini kita sudah lalu tukar kenal, dan semakin rapat serta dekat layaknya semacam keluarga.

Baca juga:   Bagaimana Seharusnya Pemilihan Ketua Rt Dan Rw Pada Suatu Masyarakat

Sambut kasih bapak/ibu semuanya. Buat nan terakhirnya , saya atas nama mahasiswa FKIP Universitas Diponegoro mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu refleks, jikalau ada perbuatan kami yang tidak berkenan di hati bapak/ibu sekalian. Dengan ini kami mengundurkan diri dari SMA SMA Negeri 1 Semarang ini.

Akhirulkalam, jika pedang lukai fisik, pastikan terserah intensi sembuh, jika lisan yang melukai lever, dimana penawar hendak saya cari, magfirah jualah yang saya ingini.

Akhir kata, wabillahi taufiq walhidayah


Wassalamualaikum warahmatullahi wabar katuh.

Contoh Pidato Perpecahan Guru Purnabakti

Contoh Pidato Perpisahan Guru Pensiun

Bagi guru yang akan memasuki musim purnakarya atau purnakarya, dan madya mengejar contoh sambutan atau berpidato Pensiun ataupun Purnabakti,  berikut ini teoretis pidato perpisahan guru Purnakarya ataupun Purnakarya yang bisa Sira gunakan.


***


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera lakukan kita semua.

Allhamdulilahi robbil alamin, wabihi nasta’inu ala umuri dunia waddin, wasollatu wasallamu ala asrofil anbiayi wal mursalin wa’ala alihi wasohbihi adzmain, ama ab’du.

Yang saya hormati, Buya  Kepala Sekolah SD Negeri 16 Surakarta;

Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru dan staf SD Kawasan 16 Surakarta;

Yang Ibu sayangi dan banggakan Siswa siswi SD Negeri 16 Surakarta;

Puji dan syukur yuk kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas pemberian dan hidayahnya kita diberikan kesempatan berkumpul di lapangan ini lakukan seremoni kalimantang dan dalam buram pelepasan Ibu sebagai guru SD Negeri 16 Surakarta karena sudah genap 37 musim ibu mengabdi menjadi guru sekolah asal. Bapak-ibu hawa, staf dan anak asuh-anak asuh nan Ibu banggakan.

Jarang rasanya bagi Ibu untuk menyabdakan kata-introduksi parak, karena SD Daerah 16 Surakarta sudah menjadi fragmen dari atma Ibu, sekolah ini lagi merupakan kondominium kedua lakukan ibu sejak tahun 2010. Berarti Ibu mutakadim bertuankan selama 7 tahun di sekolah ini . Rasanya perian 7 hari adalah waktu yang munjung manfaat banyak suka dan dukanya, bagi ibu lebih banyak sukanya, karena perian-tahun di SD Negeri 16 Surakarta sangat menyenangkan, penuh pelalah dan suka cita. Namun harus kita sadari bahwa sesuatu yang ada di marcapada tiada yang langgeng, tugas jabatan, tertulis hayat hanyalah tentatif. Maka ijinkanlah Ibu pamit mengaret dari kawah candra dimuka SD Negeri 16 Surakarta semoga Allah SWT memberkahi kita semua amiin.

Buya-ibu guru, staf dan anak-anak asuh nan Ibu banggakan.

Jika selama ini ada kenangan manis,mari kita ukir di lubuk hati kita masing-masing lakukan menjadi kenangan terindah yang dapat kita kenang selama-lamanya, semata-mata Ibu mengingat-ingat sebagai manusia yang tidak luput berasal salah dan dosa, kelihatannya banyak kenangan buruk yang masih terpendam internal hati bapak ibu guru dan anak-anaku sekalian. Pada kesempatan nan baik ini, ijinkan permohonan maaf bapak kepada kalian semua, kalau cak semau penyemat yang teriris jangan simpan di dalam peti, jika sesuatu ada nan salah jangan simpan dalam hati. Maafkan Jangan tiru prilaku Ibu yang mewujudkan kalian bukan nyaman, saja jika cak semau sesutau nan baik bersumber Ibu jadikalah sebuah pelajaran.

Bapak-ibu guru, staf dan anak-anak nan Ibu banggakan.

Ibu mengingat-ingat kali bukan semua pihak mendapatkan pelajaran dan pelayanan sesuai nan diharapkan, bahkan jauh dari keutuhan, Ibu bukanlah bulan purnama yang mampu menyenteri seisi marcapada, hanya Ibu sebagai manusia sahih n kepunyaan banyak keterbatasan dan sekali-kali bukan congah menghindari pelecok dan dosa. Ibu cuma memiliki kemauan yang telah direalisasikan cak bagi memberikan yang terbaik untuk sekolah ini, itulah kemampuan Ibu, dan hanya itulah yang dapat Ibu persembahkan kepada SD Kewedanan 16 Surakarta, sungguhpun doang setitik semoga punya arti buat pencerahan semangat dimasa mendatang. Terkadang kerumahtanggaan pengutaraan proses KBM ada tingkatan emosianal nan tinggi yang pernah Ibu kerjakan, anggap saja sebuah kursus ”umpama api nan panas dipertemukan dengan emas batangan yang akan ditempa sehingga menjadi sebuah perhiasan nan sani”.

Bapak-ibu guru, staf dan momongan-anak yang Ibu banggakan.

Kita menyadari bahwa persuaan dan parak merupakan dinamika sebuah kehidupan, hendaknya saja momentum ini tidak seperti sebuah lagu ”tidak perpisahan nan kutangisi namun pertemuan yang kusesali” akan hanya pertemuan dan perpisahan yakni anugrah yang cukup kita syukuri.

Bapak-ibu guru, staf Sekretariat dan anak-momongan yang Ibu banggakan.

Kiai berpesan kepada diri bapak dan momongan-anaku semua, mari kita terus belajar dengan cara belajar keras, cerdas dan antusias, 3 syarat proses pembelajaran harus menyatu dalam diri kita, belajar keras tidak cukup jika bukan sparing cerdas. Artinya jangan saja mandraguna tapi nan lebih penting saat ini kita harus berisi-pintar memaikan peran dan jangan lupa harus antusias semangat yang tinggi lakukan menyentuh keberhasilan. Belajarlah yang giat, tekun, dan caruk kapanpun dan dimanapun berada. Karena sparing yaitu sejauh hayat. Setelah lulus berpunca SD kalian harus jiwa membiasakan tidak suka-suka hentinya kerjakan mencapai segala apa yang kalian cita-citakan, SMP, SMA, Kuliah, justru detik sudah bekerja lagi kalian harus ki ajek semangat berlatih. Jangan ikatan mengecewakan orang tua. Karena dalam sebut introduksi individu tua kalian selalu ada doa yang mulia dan tulus cak bagi putra putrinya. Anak-anakku sekalian sebaiknya kemenangan belalah diberikan oleh Allah kepada Kita semua.

Bapak-ibu guru, staf dan anak-anak asuh yang Ibu banggakan.

Ibu berambisi perpisahan ini akan membawa kebaikan kita masing-masing. Semoga pertemuan dan perpisanan ini bagiakan sebuah ulat yang menjadi kepompong menjadi kupu-kupu yang mulia. Sebentar lagi kupu-kupunya yang bernama Endang Sulilik akan risau ke Langit Spektakuler di Desa Sumberagung. Disana sudah menunggu taman bacaan nan berisi buku-kiat untuk anak-anak yang haus ilmu seperti kalian. Ibu persilahkan kepada anak asuh-anakku sekalian bagi berziarah ke taman baca di rumah ibu kapanpun kalian mau. Ibu akan memegang kalian semua dengan tangan terbabang. Juga mohon doanya mudah-mudahan Tuhan SWT senantiasa menyerahkan preservasi kepada kita semua. Amiin.

Demikan pertempuran nan dapat saya sampaikan, minta maaf atas segala kesalahan.

Wabilahi taufik walhidayah


Wassalamu alaiukum warahmatullohi wabarakaatuh

Contoh Pidato Perpisahan Kepala Sekolah

Contoh Pidato Perpisahan Kepala Sekolah

***


Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak dan ibu serta hadirin yang kami hormati,

Hari ini yaitu hari yang minimal berbahagia karena pada musim ini kita dapat berkumpul bersama diantara rekan-rekan guru semuanya. Kebersamaan kita disini menambah keakraban kita, kekeluargaan kita, pun menambah kepedulian kita diantara sesama guru, mudah-mudahan kesetiakawanan kita terus terjalin, pertautan n antipoda sejabat terus meningkat.

Akan hanya pada hari ini pun kita merasakan kesedihan yang mendalam karena anak adam yang kita banggakan, orang yang sudah lalu berfaedah menyorongkan SD NEGERI 3 KLATEN dan telah banyak berkorban demi kejayaan kita, yaitu Bapak H. Syamsuddin, S.Pd, dan Bapak Tri Basuki, A.Ma kini akan menjauhi kita, karena tugas nan diberikan makanya Pemerintah untuk mengabdi di sekolah yang lain dan sudah lalu datangnya masa pensiun (pensiun).

Memang kami pulang ingatan bahwa setiap cak semau perjumpaan karuan ada perpisahan. Hasilnya apalah daya kami, walau berat lever terpaksa kami menerima perpisahan ini.

Semata-mata demikian pada kesempatan yang berbahagia ini izinkanlah kami mengenang pun secara garis besar penampakan – prestasi yang sudah dilakukan maka dari itu Beliau selama disekolah ini, antara bukan :

1. Sekolah kita yang dulunya kumuh saat ini semakin habis-habisan beruntung persangkalan Bapak H. Syamsuddin, S.Pd

2. Anak asuh-momongan yang dulu kurang perhatian terhadap mengaji al qur’an kini saban hari jumat, mengaji al qur’an selalu dilaksanakan dan di pimpin makanya Kiai Tri Basuki, A.Ma

3. Dan banyak lagi perubahan-peralihan yang mereka telah lakukan disekolah kita nan tercinta ini.

Bapak ibu serta hadirin yang terhormat,

Kami atas nama keluarga segara SD NEGERI 3 KLATEN memohon kepada bapak ibu sekalian lakukan memaklumi dan memaafkan kesalahan-kesalahan selama beliau berkiprah, baik kesalahan nan disengaja maupun bukan disengaja.

Dan Kepada Bapak Kepala Sekolah (H. Syamsuddin, S.Pd) dan Bapak Guru Agama (Tri Basuki, A.Ma), atas keunggulan keluarga samudra Guru SD NEGERI 3 KLATEN kami memohon lepas atas kesalahankesalahan kami baik yang di sengaja maupun nan tidak di sengaja, baik intern urusan kedinasan maupun kerumahtanggaan hubungan sehari-hari karena kami siuman bahwa kami tetap tidak luput berpokok salah dan dosa, mungkin saja selama kami dipimpin dan bergaul dengan kiai terserah banyak hal yang tidak sesuai dengan kerinduan-kehausan dan intensi-maksud bapak, bukan sesuai dengan program dinas, enggak sesuai dengan program sekolah, tidak sesuai dengan kode etik master, ataupun dengan nan lainnya,…kami sadar bahwa kami merupakan kaki tangan, yang nurut pada atasan ataupun pimpinan, mohon maaf jika kami para hawa, banyak kehilangan, cacat disiplin kerja dalam kedinasan, invalid kepatuhan terhadap pimpinan, cacat tulus atas semua barang apa yang diperintah bimbingan, tidak sedikit kami para temperatur bisa jadi banyak mengecawakan bapak Komandan Sekolah dan buya guru agama, banyak membuat kesalahan-kesalahan, sering mangkir, demap takhlik kesal, tidak taat dan tidak kukuh lega didikan, dan kembali tidak nurut barang apa nan diperintah maka itu pimpinan, sementara itu kami hanya ki pionir, kami hanya suhu biasa, yang siap diperintah dan di bina, tetapi kami cinta berasumsi tidak, sering mengutamakan suhu nafsu, demap mengutamakan keistimewaan pribadi berpunca pada fungsi-kepentingan sekolah, burung laut merasa bertambah senggang, merasa lebih hebat, merasa tinggi hati, merasa apa nan diucapkan dan perintah lain di hormati dan dihargai oleh kami, maka dari itu karenanya dari lubuk hati nan paling dalam kami memohon kepada bapak, maafkan kesalahan-kesalahan kami sepanjang ini….baik yang tampak, maupun nan tidak tampak, baik nan di sengaja alias yang lain di sengaja kami mohon maaf nan sebesar-besarnya.

Baca juga:   Cara Menangkap Bola Jari Jari Terbuka Kedua Tangan

Selanjutnya untuk Bapak kami mendoakan semoga amal bakti kiai selama berkiprah disekolah ini masin lidah di sisi Allah Swt. seyogiannya kiai sekeluarga dalam keadaan afiat cinta, selalu diberikan karunia dan anugerah serta diberikan rizki yang banyak.

Semoga di lingkungan baru lusa, bapak dapat menyetimbangkan diri dengan cepat dan mewah mengirimkan keberuntungan pula begitu juga nan telah bapak lakukan terhadap SDN 2 Karang Bayan. Dan juga hendaknya setelah kepergian bapak nanti, tidak sederum melupakan kami di sekolah ini, Kenangan selama buya disini akan caruk kami kenang.

Selanjutnya kamipun memohon puji-pujian kepada Bapak, doakan kami karena dimasa yang akan datang akan begitu banyak tantangan dan rintangan, akan sekadar kami memercayai bahwa dibalik tantangan itu pasti ada peluang untuk dijadikan manfaat cak bagi bisa lebih maju dan berkiprah sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Bapak Majikan Sekolah dan Rekan Suhu Yang terhormat,

Kepada Kepala sekolah yang menggantikan Kiai sekarang, kami Para Master menerima dengan senang hati, yang terpenting mau mengemban visi dan misi SDN 2 Karang Bayan.

Akhirnya kepada buya ibu guru serta panitia kami mengucapkan syukur atas ingatan, sambung tangan dan kerjasamanya dengan baik.

Selamat kronologi Bpk Kepala Sekolah yakni H. Syamsuddin, S.Pd ketempat nan yunior dan kepada Bapak Tri Basuki, A.Ma selamat menikmati perian pensiun.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Harap maaf atas segala kekeliruan dan kesalahan.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Lengkap Kuliah Parak Bermigrasi Tugas

Contoh Pidato Perpisahan Pindah Tugas

***


Assalamualaikum Wr. Wb.

Nan terhormat Bapak Kepala Kantor

Yang terhormat Bapak-Bapak Kepada Bagian beserta majikan panas

Kepada rekan-rekan jawatan yang saya cintai

Permulaan-tama marilah kita panjatkan syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah dan juga karunia-Nya kita semua diberikan kesempatan bikin boleh berkumpul di tempat ini dengan kondisi seperti apapun.

Saya sudah berkarya di dinas ini paling kecil tidak sudah selama 3 tahun dan lain terasa bahwa tahun bepergian dengan sangat cepat. Cak semau banyak pengalaman dan pelajaran yang saya peroleh selama berkreasi di biro ini. Yang jelas, saya berterima kasih atas apa variasi kenang-kenangan dan hari yang diberikan selama ini.

Saya juga menitahkan banyak terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan selama ini dari pihak maktab, sehingga saya diberikan banyak kesempatan bikin dapat mengedepankan perusahaan ini. Saya sangat berlega hati, karena ada banyak sekali dagi-antagonis nan ramah di sini dan cak hendak menerimakan aji-aji dan sekali lagi dukungan selama saya mengabdikan diri di kantor ini.

Intern vitalitas sehari-hari di jawatan ini, saya sekali lagi pasti banyak mengerjakan kesalahan baik itu mulut ataupun tindakan. Yang jelas, saya melakukannya lain sengaja dan saya tidak bermaksud lakukan melukai hati dagi-teman sedarun.

Makara apabila suka-suka kesalahan dalam berkata-alas kata atau bertindak, saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Saya juga selalu mendoakan yang terbaik untuk musim depan dari kantor ini. Semoga di masa yang akan mendatang, jawatan ini dapat berkembang dengan terlampau pesat dan menjadi lebih berprestasi.

Saya mohon tahlil restunya agar saya mudah menyesuaikan diri dan mampu terus berkontribusi dengan baik di wadah yang baru. Saya sekali lagi bertekad untuk dapat terus menjaga silaturrahmi dengan para rekan-rekan berusul dinas ini, walaupun mulai tulat saya sudah tidak lagi di kantor ini.

Sekian salam perpecahan cak bagi rekan-rekan maktab ini dan kembali saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila saya kekeluargaan berbuat kesalahan. Terima anugerah atas perhatiannya.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Ceramah Perpisahan Bimbingan di Kantor

Contoh Pidato Perpisahan Pimpinan di Kantor

***


Assalamualaikum Wr. Wb.

Nan terhormat Bapak Kepala Biro

Yang terhormat Bapak-Bapak Kepada Bagian beserta kepala merangsang

Kepada rekan-rekan jawatan yang saya cintai

Purwa-tama marilah kita panjatkan syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah dan juga anugerah-Nya kita semua diberikan kesempatan buat dapat berkumpul di wadah ini dengan kondisi seperti apapun.

Saya sudah lalu berkarya di biro ini paling tidak sudah selama 3 masa dan tak terasa bahwa waktu berjalan dengan lewat cepat. Ada banyak pengalaman dan pelajaran nan saya terima selama bekerja di kantor ini. Nan jelas, saya berterima kasih atas segala spesies kenang-kenangan dan waktu yang diberikan selama ini.

Saya lagi menyabdakan banyak terima anugerah atas dukungan nan telah diberikan sepanjang ini berpokok pihak kantor, sehingga saya diberikan banyak kesempatan lakukan dapat mengemukakan firma ini. Saya sangat bersyukur, karena ada banyak sekali tandingan-teman nan ramah di sini dan mau memberikan ilmu dan juga dukungan sepanjang saya menghambakan diri di dinas ini.

Dalam jiwa sehari-hari di kantor ini, saya juga pasti banyak berbuat kesalahan baik itu ucapan maupun tindakan. Yang jelas, saya melakukannya enggak sengaja dan saya tidak berniat lakukan melukai hati teman-teman sekalian.

Bintang sartan apabila terserah kesalahan dalam berkata-perkenalan awal atau bertindak, saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Saya sekali lagi selalu mewiridkan yang terbaik buat tahun depan berbunga jawatan ini. Mudahmudahan di masa yang akan mendatang, kantor ini dapat berkembang dengan sangat pesat dan menjadi lebih berprestasi.

Saya mohon takbir restunya agar saya mudah menyesuaikan diri dan berbenda terus berkontribusi dengan baik di tempat yang plonco. Saya juga berharap cak bagi dapat terus menjaga silaturrahmi dengan para rekan-rekan bersumber kantor ini, walaupun mulai besok saya sudah tidak lagi di jawatan ini.

Sekian salam perpisahan bagi rekan-rekan biro ini dan sekali lagi saya ucapkan aplikasi maaf yang sebesar-besarnya bila saya relasi mengerjakan kesalahan. Terima pemberian atas perhatiannya.Assalamu alaikum wr., wb.,

Selamat siang dan semoga keberuntungan selalu berpihak kepada kita semua.

Hari ini adalah hari yang pilu bikin saya, karena sreg hari ini dengan runyam hati saya harus meninggalkan kantor kita terkasih ini dan pindah ke kantor nan baru sesuai perintah dari didikan direksi.

Jauh di relung hati yang paling kecil privat, di satu arah saya merasa bangga atas penampilan rekan-rekan sekalian, pun kinerja karyawan yang selama ini sudah lalu didedikasikan untuk biro kita ini. Namun, di jihat lain saya merasa sedih karena harus berparak dari Sira semua.

Oleh karena pindah-nya saya berasal kantor ini, terserah hal ragil yang ingin saya sampaikan kepada Anda sekalian yang hadir kini.

Pertama, saya ingin mengucapkan sambut kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang sudah lalu mendukung dan bekerja keras demi memajukan kantor ini. Tak pangling sekali lagi ucapan terima kasih kepada seluruh fungsionaris yang telah menunjukkan kinerja dan tanggung jawabnya dalam menjalankan setiap pekerjaan yang ditugaskan dengan penuh ketahanan dan ikhlas.

Yang kedua, sejauh saya menjadi pimpinan di sini, bukan enggak mana tahu, pastinya ada kata-perkenalan awal atau perilaku saya yang tekor berkenan di hati Anda sekalian. Bikin itu, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, baik kepada rekan-rekan dan karyawan. Sudikah sebaiknya Kamu memberikan ampunan untuk saya?

Terima kasih atas maaf yang sudah lalu Beliau spontan berikan.

Saya bercita-cita setelah saya pindah, semoga kantor ini semakin maju dan lebih berhasil berpokok sebelumnya. Aamiin.

Hanya itu nan dapat saya sampaikan pada acara perpisahan ini. Selamat siang dan selamat melanjutkan pekerjaannya.


Wassalamu alaikum wr. wb.

Itulah ideal-pola pidato perbangkangan perpisahan ringkas dan panjang nan boleh anda jadikan sebagai materi anju. Semoga tulisan singkat ini punya keefektifan bagi masyarakat Indonesia dan manjapada.

Silahkan dicopy paste, asalkan cantumkan sumber. Terimakasih

Cermin Lektur Perpisahan

Kata Sambutan Guru Pada Acara Perpisahan

Source: https://diknaspedia.blogspot.com/2019/11/contoh-pidato-perpisahan.html