Limbah Pelepah Pisang Dapat Banyak Ditemui Di Daerah

By | 10 Agustus 2022

Limbah Pelepah Pisang Dapat Banyak Ditemui Di Daerah.

Limbah pelepah pisang dapat banyak ditemui di daerah

Lihat Foto

Shutterstock

Ilustrasi

KOMPAS.com
– Selain buah dan daun, ternyata terserah bagian tak dari tanaman pisang yang bisa dimanfaatkan perumpamaan material pembuatan kerajinan, yakni pelepahnya.

Debog, produsen kerajinan di Bojonegoro Jawa Timur telah menggunakan tangkai daun pisang untuk membuat lebih dari 60 variasi dagangan.

Di antaranya, produk home decor (bekas tisu, asbak, hiasan dinding, jam tembok, frame foto, rak sosi), ampaian buku, ajang potlot, tas, kantong, topi dan kelom.

Lama proses pembuatannya sekali lagi pun bermacam-macam. Jika pelepah pisang sudah kering, cak bagi variasi produk yang mudah proses pembuatannya bisa dihasilkan antara 10 hingga 25 buah tiap-tiap hari.

Baca juga: Alamat Kerajinan Baik hati Lingkungan, dari Pelepah Pisang setakat Kombucha

Limbah organik

Pemeriksa Budaya Mewah Foundation, Niniek Indhiyanti mengatakan, dari hasil penelitiannya tersapu pengembangan material baru kerajinan, pelepah pisang merupakan limbah organik.

“Petiolus pisang dianggap sebagai limbah, makara bahan bakunya masih mudah bikin didapatkan,” ujarnya detik dihubungi maka dari itu Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

“Sebagai material yang palamarta mileu karena bersifat organik, pelepah mauz juga mudah terurai maka dari itu kalimantang,” sambung anda.

Tidak semata-mata palamarta mileu, bahan normal dari tangkai daun pisang ini n kepunyaan ketahanan yang baik sama dengan material lainnya seperti plastik, cemping atau kulit binatang.

Sepanjang ini, produk berpunca pelepah pisang sudah melalui proses uji coba secara mandiri kebaikan mengetahui kiat tahannya menghadapi panasnya nur mentari dan air.

“Misalnya produk kuluk, Debog mengujinya dengan prinsip mencuci dan mengeringkan di sumber akar pendar syamsu secara berulang barangkali,” imbuhnya.

Baca pun: Kemenkop UKM Genjot Ekspor Mebel dan Kerajinan

Baca juga:   Objek Kajian Sosiologi Ditunjukkan Oleh Nomor

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari bermula Kompas.com. Mari bergabung di Grup Benang kuningan “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca mengenai

Kerajinan berusul limbah daun petiolus mauz. Foto: Pexels


Tidak saja plastik,


kerajinan dari limbah daun pelapah pisang


juga dapat menghasilkan sebuah produk karya

seni

yang menjual dan menghasilkan pendapatan.



Pelepah pisang adalah


riuk satu limbah tanaman yang ternyata boleh dimanfaatkan sebagai incaran beberapa jenis produk. Produk-komoditas yang dihasilkan dari pelepah pisang, yakni home decor, gantungan kunci, tempat pensil, tas, dompet, topi, dan juga sandal.


Tak perlu membutuhkan modal yang cukup banyak, bahan bersumber kerajinan tulang daun mauz bisa dengan mudah untuk ditemukan. Petiolus pisang yaitu bagian tengah bersumber daun

pisang

nan berpunya dengan manfaat.


Tanaman pisang terdaftar ke intern tumbuhan yang tidak sulit ditemukan di Indonesia. Makanya karena itu,


limbah daun pelepah pisang



tersebut termasuk ke dalam bahan-bulan-bulanan yang mudah dan murah, sehingga para pengrajin boleh menghasilkan pendapatan yang sensual.


Kamil Kerajinan berpangkal Limbah Daun Pelepah Pisang

Teoretis kerajinan dari limbah daun pelepah pisang. Foto: Pexels


Lantas, barang apa semata-mata contoh kerajinan dari

limbah

daun pelepah pisang? Mengutip buku


Ekonomi Kaya Indonesia


karya Muhammad Syahbudi, SEI., MA, dan sumber-sumber yang lainnya, berikut yakni konseptual kerajinan berpunca limbah daun pelepah pisang, yakni:



1. Bunga bermula tangkai daun pisang


Paesan rente nan ada di rumah bukan hanya semenjak berpokok tanaman atau pokok kayu kudrati, namun juga berbunga pelepah pisang. Kendati memiliki satu warna yaitu coklat, tangkai daun pisang pula bisa menghasilkan sesuatu yang mulia dan meruntun buat dijual.

Baca juga:   Proses Discovery Akan Berkembang Menjadi Invention Apabila


Bahkan, bunga dari pelepah pisang bukan membutuhkan modal yang banyak, hanya daun pelepah pisang, lem, gunting, staples, dan lidi.


Meskipun begitu, pembuatan rente berpangkal petiolus mauz ini bisa meratah waktu yang enggak sejemang. Kejadian itu berujud untuk menghasilkan karya yang berkualitas.



2. Tas dari tulang daun pisang dan batok kelapa


Tak sahaja pelepah pisang, batok kelapa kembali dapat menjadi salah satu kerajinan yang bisa diperjualbelikan. Keseleo satu tas dari pelepah mauz dan batok kelapa ini diproduksi oleh Kejaya Handycraft.


Toko pengrajin tersebut sudah berdiri sejak hari 1993, kerajinan yang dihasilkan berpunca toko ini sudah punya nilai untuk dijual. Bahkan karya-karya yang dihasilkan telah dikenalkan melalui pameran-pameran.


Hal ini menyebabkan tas dari pelepah pisang dari Kejaya Handcraft menjadi salah satu dagangan nan dicari-cari oleh banyak turunan. Supaya demikian, saat menciptakan menjadikan tas pecah pelepah pisang memerlukan tingkat kesabaran dan ketelatenan nan patut tinggi.



3. Lukisan dari pelepah mauz


Lukisan menjadi salah suatu karya seni yang umumnya diciptakan maka dari itu seorang seniman dengan menggunakan objek-bahan cat. Namun, kelihatannya nyana jika lukisan bisa dihasilkan semenjak petiolus pisang.


Lukisan dari tangkai daun pisang biasanya dilakukan dengan menggunting, membentuk setiap daun pelepah sebatas menciptakan satu gambar yang menciptakan menjadikan pecinta seni terkagum-kagum.


Selain itu, lukisan dari tulang daun mauz ini menyerahkan keunikan tersendiri. Kendati hanya menggunakan mangsa-objek yang mudah kerjakan ditemukan,

lukisan

semenjak pelepah pisang pun bisa menghasilkan kualitas dan nilai seni distingtif.

Video yang berhubungan

Limbah Pelepah Pisang Dapat Banyak Ditemui Di Daerah

Source: https://apacode.com/limbah-pelepah-pisang-dapat-banyak-ditemui-di-daerah