Lumpur Batu Dari Kawah Gunung Berapi

By | 9 Agustus 2022

NASA/JPL-Caltech/MSSS

Penjelajah Curiosity Mars NASA mengambil potret diri ki perspektif rendah ini di lokasi di mana ia menggali provokasi plong 30 Juli 2015, menghasilkan abuk (tampak di satah depan) nan kemudian dipastikan mengandung mineral langka tridimit.

Nationalgeographic.co.id—Akademikus planet bersumber Rice University, NASA Johnson Space Center dan California Institute of Technology memiliki jawaban atas misteri yang membingungkan komunitas riset Marikh. Jawaban misteri ini unjuk sejak penjelajah Curiosity NASA menemukan mineral yang disebut tridimit di Kawah Gale pada 2016.

Tridimit adalah bentuk kuarsa bertemperatur tinggi dan bertekanan rendah yang sangat runyam di Bumi. Lebih lagi masih belum jelas bagaimana retakan terkumpul itu bercerai di kawah. Kawah Gale dipilih sebagai lokasi pendaratan Curiosity karena peluang ikatan menabok air cair. Bahkan, Curiosity menemukan bukti yang mengonfirmasi Mulut gunung Gale merupakan sebuah danau baru-plonco ini 1 miliar tahun yang lalu.

“Penemuan tridimit di batu luluk di Kawah Gale ialah salah suatu pengamatan paling mengejutkan yang dilakukan penjelajah Curiosity n domestik 10 tahun mengarungi Mars,” prolog Kirsten Siebach berpokok Rice, salah satu penulis penyelidikan. “Tridimit biasanya dikaitkan dengan pembentukan kuarsa, eksplosif, sistem vulkanik yang berevolusi di Bumi. Tetapi kami menemukannya di bawah danau kuno di Mars, di mana sebagian besar argo berapi sangat primitif.”

Hasil studi terkait temuan ini diterbitkan di surat kabar Earth and Planetary Science Letters pada 19 Juli. Makalah tersebut diberi tajuk
Tridymite in a lacustrine mudstone in Gale Crater, Mars: Evidence for an explosive silicic eruption during the Hesperian.

Siebach, ajun mahaguru di Rice’s Department of Earth, Environmental and Planetary Sciences, ialah spesialis misi di tim Curiosity NASA. Kerjakan menemukan jawaban atas mirakel tersebut, dia bermitra dengan dua peneliti pascadoktoral dalam keramaian penelitian Rice-nya. Valerie Payré dan Michael Thorpe, Elizabeth Rampe dari NASA dan Paula Antoshechkina dari Caltech berangkulan dengannya. Payré, penulis utama studi, sekarang berada di Northern Arizona University dan bersiap untuk bergabung dengan fakultas di University of Iowa pada musim gugur.

Baca juga:   Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Syarat Keberhasilan Usaha Adalah


Siebach dan rekan-rekannya memulai dengan mengevaluasi sekali lagi data berasal setiap temuan tridimit yang dilaporkan di Mayapada. Mereka sekali lagi meninjau target vulkanik dari ideal vulkanisme Mars dan memeriksa juga bukti deposit semenjak telaga Kawah Gale.

NASA Curiosity Mars Rover mengebor lubang ini untuk mengumpulkan bahan sampel dari target batu yang disebut Buckskin pada 30 Juli 2015. Diameter lubang sedikit lebih kecil dari uang koin AS. Serbuk batu dari lokasi pengeboran kemudian dikirim ke laboratorium di dalam rover dan ditemukan mengandung mineral langka tridimit.

NASA/JPL-Caltech/MSSS

NASA Curiosity Mars Rover menggurdi liang ini bagi mengumpulkan mangsa sampel dari objek batu yang disebut Buckskin plong 30 Juli 2015. Diameter terowongan sedikit lebih kerdil terbit uang koin AS. Serbuk batu berpunca lokasi pengeboran kemudian dikirim ke makmal di intern rover dan ditemukan mengandung mineral langka tridimit.


Mereka kemudian hinggap dengan skrip baru nan semupakat dengan semua bukti. Di mana Magma Mars duduk lebih lama berpokok umumnya di ruang di sumber akar ardi berapi. Magma mengalami proses pendinginan segmental yang disebut penghabluran fraksional yang tergabung silikon. Dalam letupan dahsyat, gunung berapi itu memuntahkan abu yang mengandung silikon ekstra kasatmata tridimit ke telaga Kawah Gale dan wai-bengawan di sekitarnya. Air membantu bersangkak serbuk melalui proses alami pelapukan kimia. Air juga membantu memilah mineral yang dihasilkan oleh pelapukan.

Skenarionya akan mengkonsentrasikan tridimit, menghasilkan mineral yang konsisten dengan temuan 2016. Ini pun akan mengklarifikasi bukti geokimia lainnya yang Curiosity temukan privat spesimen. Tercatat juga silikat opaline dan sentralisasi aluminium oksida yang berkurang.










PROMOTED CONTENT


Video Pilihan



Lumpur Batu Dari Kawah Gunung Berapi

Source: https://nationalgeographic.grid.id/read/133394081/letusan-gunung-berapi-eksplosif-menghasilkan-mineral-langka-di-mars