Mengapa Bangsa Bangsa Barat Tertarik Dengan Kekayaan Indonesia

By | 11 Agustus 2022

Mengapa Bangsa Bangsa Barat Tertarik Dengan Kekayaan Indonesia.

Mengapa nasion-bangsa Barat tertarik dengan kekayaan Indonesia? Harta benda segala apa sahaja yang mendorong keikhlasan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia?

a. Kancing Tarik Indonesia lakukan Bangsa-Bangsa Barat

Perhatikan gambar rempah-rempah di atas! Apakah di sekitar tempat tinggalmu terletak tanaman tersebut? Apakah kalian ikatan melihat barang-barang tersebut? Berbagai komoditas perniagaan yang dihasilkan nasion Indonesia itulah yang menjadi incaran bangsa-bangsa Barat.

Berbagai hasil mayapada Indonesia tidak hanya menjadi konsumsi bangsa-bangsa Asia, tetapi pun menjadi salah satu incaran bangsabangsa Barat. Mengapa bangsa-bangsa Barat tinggal membutuhkan rempah-rempah? Indonesia dan bangsa-bangsa di Eropa mempunyai perbedaan kondisi bendera.

Lokasi memengaruhi perbedaan iklim dan kondisi tanah di Indonesia dan Eropa. Hal ini mengakibatkan hasil bumi yang diperoleh juga berbeda. Nasion Indonesia harus senantiasa bersyukur karena dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa hidup di daerah tropis yang subur.

Kesanggupan tahun hujan abu dan kemarau di Indonesia memungkinkan bineka tanaman mudah bertunas dan berkembang di Indonesia. Tanaman kebutuhan seharihari dapat ditanam di setiap waktu.

Kejadian ini berbeda dengan nasion-bangsa Eropa yang n kepunyaan empat periode, yakni musim panas, tahun dingin, musim semi, dan perian gugur.

Berdasarkan kenyataan di atas, kalian dapat merangkum bahwa bangsa nasion Barat membutuhkan rempah-rempah karena mereka sangat membutuhkan, sementara persediaan di Eropa dahulu terbatas.

Rempah-rempah bagi nasion-bangsa Eropa dapat digunakan kerjakan mengawetkan alat pencernaan, bumbu masakan, dan obatobatan. Negara-negara tropis sebagai halnya Indonesia congah akan rempah-rempah sehingga bangsa-nasion Barat berusaha memperolehnya.

b. Motivasi 3G (Gold, Gospel, dan Glory)

Gold, Gospel, Glory merupakan motivasi Bangsa-nasion Barat berbuat penjelajahan samudra. Terkenal dengan sebutan 3G karena memang semboyan tersebut berawalan dengan huruf ā€œGā€, yakni Gold, Glory, dan Gospel.

Baca juga:   Jelaskan Variasi Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket

Segala yang dimaksud dengan Gold, Glory, dan Gospel? Gold artinya emas, nan identik dengan substansi. Semboyan ini melukiskan bahwa intensi bangsa Barat ke Indonesia adalah cak bagi mencari kekayaan.

Itulah yang membuat mereka mengamalkan ekspedisi dan pengembaraan. Glory bermakna kejayaan bangsa. Gospel adalah keinginan bangsa Barat bikin menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani khususnya agama Kristen ke bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Terdapat dua bentuk imperialisme, adalah imperialisme kuno dan imperialisme berbudaya.

1. Imperialisme kuno (ancient imperialism)

adalah imperialisme yang berkembang lega masa sebelum Sirkuit Industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyiaran Agama, dan Kejayaan). Suatu negara merebut negara tidak untuk menebarkan agama, mendapatkan kekayaan, dan menambah kejayaannya.

Negara pelopornya adalah Spanyol dan Portugal. Kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia plong masa awal sebagai halnya Portugis, Spanyol, dan Belanda, adalah bentuk imperialisme kuno. Keefektifan tanah jajahan pada perian tersebut adalah bakal dikeruk keuntungannya.

2. Imperialisme modern (beradab imperialism)

berujud memperoleh keberuntungan ekonomi. Ketimbul selepas Rotasi Industri dalam rangka mencari bahan mentah yang banyak dan pasar nan luas.

Mereka mencari jajahan bakal dijadikan sumber bahan baru dan pasar bikin hasil-hasil pabrik, kemudian juga sebagai tempat pendanaan bagi kapital surplus.

Adapun di Indonesia, imperialisme modern berkembang setelah tahun 1870, pasca kebijakan Politik Pintu Terbuka. Garis haluan Portal Ternganga mengasihkan hak kepada kaum pribumi buat punya dan menyewakan tanah kepada pengusaha swasta.

Pabrikan dapat menyewa tanah dari Gubernemen dalam paser masa 75 periode. Sejak tahun 1870, Indonesia menjadi wilayah mangsa-alamat mentah untuk pabrik Eropa. Indonesia juga menjadi distrik tempat cak memindahtangankan hasil produksi dan ajang penanaman modal asing.

Baca juga:   Berikut Yang Bukan Contoh Kolaborasi Lembaga Pendidikan Dengan Industri Adalah

Sejak saat itu, Indonesia dibuka untuk keefektifan modal asing. Politik ini disebut Politik Gerbang Terbuka. Banyak negara menanamkan terpangkal, sebagaimana Belanda, Inggris, Amerika, Jepang, Belgia, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, imperialisme Indonesia telah bersifat sejagat. Modal asing terutama ditanamkan dan dikembangkan dalam sektor perkebunan, reja, teh, tembakau, piagam, dan pertambangan minyak bumi.

c. Distribusi Industri

Persebaran pabrik merupakan salah satu pendorong imperialisme modern. Sudah sangat lama bangsa-bangsa Eropa mengetahui Nusantara (Indonesia) sebagai sumber rempah-rempah. Justru sebelum Masehi. Mengapa mereka tidak mencari sendiri ke Indonesia?

Pada masa tersebut, mereka masih kesulitan terutama masalah transportasi, kondisi politik, dan keamanan. Distribusi Pabrik yang terjadi sekeliling tahun 1750-1850 ialah pelecok satu pendorong kerelaan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia.

Barang apa nan dimaksud dengan Revolusi Industri? Rotasi Industri ialah pergantian ataupun transisi secara menyeluruh kerumahtanggaan memproduksi barang berpunca sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan dabat menjadi tenaga mesin.

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat

Eksploitasi mesin dalam industri menjadikan produksi makin efisien, ongkos produksi dapat ditekan, serta barang dapat diproduksi n domestik jumlah osean dan cepat. Berkembangnya persebaran pabrik menyebabkan nasion-bangsa Barat memerlukan bahan baku yang lebih banyak.

Mereka juga memerlukan negeri pemasaran bakal menjual hasil-hasil industrinya. Salah satu pengaruh Rotasi Pabrik yang dulu terasa adalah dalam kegiatan transportasi. Penemuan mesin uap yang dapat dijadikan mesin dalang sekoci adalah teknologi baru pada masa tersebut.

Perahu dengan mesin uap merupakan invensi tinggal bermanfaat yang mendorong penjelajahan nasion-nasion Barat. Penggunaan mesin uap bisa memperpendek musim perjalanan.

Selain penemuan mesin uap, Rotasi Industri didukung berbagai penemuan tidak, seperti kompas, mesin pemintal, dan sebagainya. Invensi-penemuan tersebut menembakkan bangsabangsa Barat bikin melakukan berbagai petualangan.

Baca juga:   Tajwid Surat Al Maidah Ayat 32

Mengapa Bangsa Bangsa Barat Tertarik Dengan Kekayaan Indonesia

Source: https://www.siswaips.com/2022/07/latar-belakang-kedatangan-bangsa-barat.html