Mengapa Ilmu Geografi Memerlukan Ilmu Penunjang Lainnya

By | 13 Agustus 2022

Mengapa Ilmu Geografi Memerlukan Ilmu Penunjang Lainnya.

Geografi meminang pertanyaan raksasa tercalit dengan Di mana? Bagaimana? Mengapa? Bagaimana jika?, dan memberi kita perspektif buat menjawabnya dengan teknologi canggih dan pengetahuan yang kuat adapun dunia gelanggang kita tinggal. Geografi bertambah pecah sekadar lokasi, koordinat, dan posisi benda di muka Manjapada.

Ilmu permukaan bumi juga mempelajari karakteristik fisik dan bekas hidup manusia. Meskipun istilah “geo-graphy” secara lurus penting garitan tentang bumi, ilmu permukaan bumi juga tentang eksplorasi mengenai manusia. Ini adalah akan halnya aspek spasial eksistensi makhluk, bagaimana individu menempati dan menafsirkan lanskap, dan gabungan antara liwa dan masyarakat. Sebagai bidang ilmu yang mengkaji tentang dunia baik secara jasmani, sosial, teritorial, sebatas hal-hal yang berkaitan dengan interaksi antar sosok tentunya tak tanggal dari mantra-ilmu penunjang lainnya. Artikel ini akan mengulas tentang jenis-tipe ilmu penunjang geografi yang menghampari konotasi, fungsi, beserta penjelasannya.


Ilmu Penunjang Geografi

Mantra geografi bukanlah rataan mantra yang bisa tegak sendiri. Dengan pengenalan tak, keberadaanya didukung maka itu kepatuhan-disiplin guna-guna tak, nan n kepunyaan hubungan yang berkarakter timbal balik secara intensif, artinya geografi dengan ilmu-aji-aji lainnya saling mendukung dan melengkapi. Kedekatan hubungan tersebut menyebabkan munculnya guna-guna baru.

Sebagai contoh atas hal ini misalnya saja munculnya kajian dalam pengertian geografi politik nan merupakan perkariban geografi dengan ilmu ketatanegaraan.


Macam Ilmu Penunjang Geografi

Akan halnya 13 ilmu penunjang geografi diantaranya ialah:


  1. Geologi

Geologi dapat diartikan perumpamaan studi tentang pengertian bumi, bahan-alamat ataupun komposisi penyusun bumi, struktur, adat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentuknya. Ini tersurat studi akan halnya organisme yang sangkut-paut menghuni bintang siarah kita. Bagian utama pecah ilmu bumi yakni studi mengenai bagaimana bahan, struktur, proses, dan organisme Bumi telah berubah seiring waktu.


Fungsi
Geologi Perumpamaan Penunjang Ilmu permukaan bumi

Seperti semua bentuk sains, geologi dipelajari lakukan membuat penemuan baru dan mengetahui lebih banyak mengenai dunia di selingkung kita. Geologi melihat beberapa ki kesulitan paling terdepan intern awam momen ini termasuk sumber energi dan keberlanjutan, transisi iklim, dampak perkembangan intern denotasi lingkungan, pengelolaan air, mata air daya mineral dan bahaya alam.

Dengan mempelajari masalah ini, ahli geologi, bersama dengan intelektual lain, bisa mengantisipasi periode depan bumi dan memeriksa setiap perubahan nan barangkali perlu dilakukan.

Mempelajari Geologi memiliki beberapa kurnia, diantaranya yaitu:

  1. Kontributif mengetahui dan memahami proses pembentukan dan struktur mayapada, khususnya daratan dan osean yang mengekspresikan kerak bumi.
  2. Mendukung menguraikan karakteristik berusul urai alam yang sangat berbagai rupa, serta bagaimana urai liwa yang sangat berbeda ini bisa dimanfaatkan maka itu manusia dengan baik.
  3. Kontributif mengarifi lokasi ditemukannya mineral dan batuan berharga.
  4. Membantu ahli gedung lakukan memperoleh material pembangunan.
  5. Memilki peran terdahulu dalam hubungannya dengan sumber daya air, karena kesediaan air habis bergantung sreg tipe batuannya.
  6. Mendukung meramalkan kemungkinan terjadinya batu alam, seperti tanah longsor, gunung meletus, dan lain sebagainya.

  1. Geomorfologi

Secara sederhana geomorfologi dapat diartikan sebagai ilmu nan mempelajari gambar permukaan bumi dan proses terbentuknya latar mayapada.

Baca juga:   Sumber Daya Produksi Kerajinan Berbahan Lunak Kecuali

Pengkhususan ini termasuk mengkaji lanskap untuk mengetahui bagaimana proses parasan bumi, seperti gegana, air dan es, bisa membuat lanskap. Bentang alam diproduksi oleh erosi alias pengendapan, seperti batuan dan sedimen yang hancur oleh proses permukaan di manjapada dan selanjutnya diangkut dan diendapkan ke provinsi yang berbeda. Lingkungan iklim nan berbeda lagi menghasilkan berbagai susuk lahan yang berlainan.


Fungsi Geomorfologi Bagaikan Penjuang Geografi

Pentingnya geomorfologi untuk ahli ilmu permukaan bumi fisik tidak hanya penting n domestik memahami perubahan fisik Manjapada hanya juga dalam mempersiapkan bahaya. Misalnya, memahami masalah deforestasi, sifat persil, dan curah hujan angin musiman boleh lebih baik menilai frekuensi kejadian air sebak dan potensi bahayanya.

Mempelajari geomorfologi memiliki sejumlah kekuatan, diantaranya yaitu:

  1. Mmembantu dalam survei dan pemetaan
  2. Mendukung privat pol geologis dan tanah
  3. Membantu dalam angket hidrologis
  4. Kondusif dalam survei vegetasi
  5. Mendukung dalam proyek pembangunan
  6. Membantu internal investigasi petro dan material permukaan

  1. Pedologi

Pedologi ialah mantra yang mempelajari tentang lapisan tanah, antara lain tentang proses pembentukan dan jenis-jenisnya. Ini adalah salah satu dari dua cabang utama ilmu tanah, yang lainnya yakni edapologi. Pedologi berurusan dengan pedogenesis, morfologi tanah, dan klasifikasi lahan, sementara edapologi mempelajari cara tanah mempengaruhi pokok kayu, kawul, dan makhluk umur lainnya.


Fungsi Pedologi ibarat Guna-guna Penunjang Geografi

Aktivitas manusia dulu berdampak lega petak yang pada gilirannya akan mempengaruhi badan air. Untuk mempelajari serangkaian dampak aktivitas anak adam tersebut terhadap kesegaran dan kualitas keseluruhan dari lahan dan ekosistem, bidang guna-guna pedologi berada kerumahtanggaan posisi istimewa untuk mencaplok dan memahami berbagai faktor yang mempengaruhi bumi saat ini.

Momen tukang pedologi terus mempelajari dampak aktivitas anak adam plong tanah dan ekosistem, pandangan holistik nan diberikan oleh hasil kajian tersebut dan hubungannya dengan loyalitas bukan bisa membantu menunjukkan pentingnya peran kapling privat pengelolaan lingkungan di tahun-tahun mendatang.


  1. Meteorologi

Meteorologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sorot, yaitu lega situasi di saduran atmosfer pada suatu tempat nan relatif sempit dan n domestik paser waktu yang nisbi rendah.

Ahli meteorologi menunggangi prinsip-prinsip ilmiah kerjakan kecam, menjelaskan, dan meramalkan binar. Mereka sering fokus pada penelitian atmosfer atau peramalan nur secara operasional. Penelitian meteorologi mencakup beberapa subdisiplin meteorologi terjadwal pemodelan iklim, penginderaan jauh, kualitas udara, fisika bentangan langit, dan perubahan iklim. Mereka sekali lagi meneliti wasilah antara atmosfer dan iklim Marcapada, lautan, dan semangat biologis.


Kurnia Meteorologi Ibarat Penunjang Geografi

Meteorologi penting enggak saja kerjakan kenyamanan dan kesentosaan kita sehari-hari (misalnya cak bagi mengetahui apakah kita teradat mengambil payung alias tidak); tapi juga sangat utama untuk memprediksi tingkat keparahan angin indra bayu, sama dengan angin angin besar dan tornado. Memiliki peringatan angin besar yang panjang lidah sangat meningkatkan peluang anak adam-individu dapat dievakuasi tepat waktu.

Berdasarkan peristiwa tersebut, pentingnya mempelajari meteorologi secara primitif diantaranya yaitu:

  1. Untuk menunjukkan ramalan cuaca yang cak bagi mengantisipasi terjadinya kondisi cuaca ekstrim seperti tornado, angin ribut salju kerjakan mencegah bencana.
  2. Wangsit kilauan jangka tataran terdepan kerjakan pertanian. Kekeringan dapat menyebabkan kelaparan. Meteorologi terdepan bagi petambak karena pohon membutuhkan air bagi tumbuh.
  3. Meteorologi juga berfaedah untuk transportasi udara dan laut.

  1. Klimatologi

Klimatologi ialah hobatan nan mempelajari iklim, ialah keadaan atmosfer puas wilayah yang relatif luas dan n domestik jangka waktu yang relatif lama. Klimatologi berfokus puas aspek-aspek sebagai halnya lapisan batas atmosfer, ideal aliran, perpindahan memberahikan di bumi, interaksi lautan dengan pengertian atmosfer dan permukaan petak, penggunaan persil dan topografi.


Fungsi Klimatologi Sebagai Penjung Geografi

Klimatologi penting intern menentukan pola iklim satu negeri tertentu. Menjadwalkan pola iklim signifikan dalam memutuskan kegiatan ekonomi yang akan berkembang di wilayah tertentu.

Baca juga:   Sebutkan Kata Kunci Yang Biasa Digunakan Dalam Sebuah Teks Prosedur

Pembangunan prasarana, terutama konstruksi bergantung pada iklim. Setelah lengkap iklim terdidik, para teknisi merekomendasikan pengusahaan material yang tidak hanya tahan terhadap kondisi tetapi pula melindungi penghuni terbit kondisi iklim. Selanjutnya, klimatologi berusaha cak bagi menetapkan mengapa iklim bervariasi berusul satu tempat ke tempat enggak.

Klimatologi juga signifikan kerjakan meningkatkan upaya kesiagaan terhadap akibat negatif nan dapat ditimbulkan oleh kondisi dan kejadian kilap atau iklim yang ekstrim. Klimatologi juga dapat digunakan kerjakan menyepadankan diri dengan karakter iklim setempat, sehingga dapat terhindar pecah hambatan yang ditimbulkannya.


  1. Antropologi

Antropologi yakni studi tentang manusia dan perilaku dan masyarakat di zaman dulu dan sekarang.


Kemujaraban Antropologi sebagai Penjang Geografi

Akan halnya fungsi mempelajari antropologi diantaranya merupakan:

  1. Mematamatai dengan jelas tentang hamba allah, baik andai pribadi ataupun anggota kerumunan umum.
  2. Mampu mengkaji kedudukan menusia dalam mahajana dan dapat mengawasi dunia maupun budaya lain yang belum kita ketahui sebelumnya.
  3. Mengerti norma-norma, pagar adat, keyakinan, dan biji-kredit nan dianut oleh masyarakat tertentu.
  4. Lebih paham, responsif, dan rasional menghadapi gejala sisial mahajana yang makin kompleks.
  5. Memformulasikan etnografi-etnografi nan memungkinkan penciptaan teori-teori tentang asal-usul asisten, keluarga, perkawinan, perilaku bernegara, dan sebagainya.

  1. Ilmu kependudukan

Demografi ialah ilmu yang mempelajari akan halnya politik kependudukan, antara tidak hubungannya dengan jumlah dan pertumbuhan, komposisi, serta migrasi penduduk. Saat ini, kata demografi kebanyakan digunakan untuk menunjukkan penelitian mengenai fenomena yang berhubungan dengan populasi sosok begitu juga kelahiran, pernikahan, kematian, migrasi dan faktor-faktor nan mempengaruhinya.

Pembukaan ‘demografi’ sering digunakan untuk merujuk pada studi statistik populasi. Ini tidak hanya mempelajari perangkaan populasi hanya pula penyebab dan konsekuensi dari pergantian populasi, tergantung pada tingkat kelahiran dan mortalitas nan dipengaruhi maka itu faktor sosial seperti usia saat menikah, dan tidak-bukan.


Kebaikan Demografi Sebagai Penjang Geografi

Kingsley Davis (1949) mengatakan, ‘ilmu kependudukan’ adalah dasar terdepan untuk memahami umum manusia. Adapun fungsi demografi yaitu:

  1. Bakal mengetahui populasi daerah tertentu;
  2. Untuk memastikan faktor-faktor mana yang mempengaruhi populasi daerah tersebut;
  3. Kerjakan menjelaskan faktor-faktor yang berkaitan dengan perlintasan populasi; dan
  4. Lakukan mempelajari tren populasi bersendikan tiga faktor di atas.

  1. Hidrologi

Hidrologi yakni aji-aji yang mempelajari tentang lapisan air yang ada di permukaan bumi, di bawah tanah, proses terjadinya, rotasi dan sebarannya melalui siklus hidrologi dan interaksi dengan khalayak semangat. Ini kembali berkaitan dengan aturan kimia dan awak air di semua fase.


Fungsi Hidrologi seumpama Penjang Geografi

Mempelajari hidrologi memiliki beraneka perbuatan fungsi, diantaranya dapat membantu dalam keadaan, yaitu:

  1. Menghitung pengertian curah hujan abu.
  2. Menghitung limpasan permukaan dan presipitasi.
  3. Menentukan kesamarataan air suatu wilayah.
  4. Menentukan keseimbangan air pertanian.
  5. Merancang pesanan perbaikan riparian.
  6. Memitigasi dan memprediksi air ampuh, petak longsor dan risiko kehabisan.
  7. Peramalan air ampuh real-time dan peringatan banjir.
  8. Merancang skema pengairan dan mengurusi kapasitas pertanaman.
  9. Menyempatkan air menenggak.
  10. Merancang tambak cak bagi penyediaan air atau pengungkit listrik hidroelektrik.

  1. Oseanografi

Oseanografi merupakan mantra yang mempeljari ki akbar, antara lain mengenai sifat air laut dan gerakan air laut. Oseanografi adalah pengkhususan tentang semua aspek raksasa. Oseanografi mencakup berbagai topik, menginjak dari umur laut dan ekosistem, hingga arus dan gelombang, sebatas pergerakan sedimen, setakat geologi asal laut.


Faedah Oseanografi sebagai Penjang Geografi

Mempelajari ocenaografi memberikan beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:

  1. Untuk memenuhi keingintahuan tentang kejadian-hal nan berkaitan dengan laut
  2. Cak bagi penentuan lokasi jenis-jenis sumberdaya alam hayati yang cak semau di laut, misalnya berjenis-jenis spesies ikan.
  3. Untuk menentukan lokasi sumberdaya alam non-hayati yang ada di laut, misalnya minyak bumi, gas standard, dan pengertian arus laut.
  4. Untuk memanfaatkan laut laksana alat angkut berkomunikasi, misalnya penaruhan benang kuningan dalam laut plong tempat yang tepat agar dapat digunakan secara maksimal.
  5. Kerjakan menentukan jalur–kolek pelayaran, fenomena–fenomena nan terjadi dan tempat bernaung yang kerukunan
  6. Untuk menentukan sempadan-batas dan baluwarti negara.
  7. Kerjakan menjaga mileu laut berpokok fasad dan polusi akibat aktivitas manusia.

  1. Biogeografi

Biogeografi merupakan ilmu yang mempelajari akan halnya peredaran satwa dan tumbuhan di rataan marcapada serta faktor-faktor yang mempengaruhi, mewatasi, dan menentukan acuan persebarannya. Biogeografi adalah satah investigasi terpadu yang menyatukan konsep dan pemberitahuan dari ekologi, ilmu hayat evolusioner, geologi, dan geografi awak.

Baca juga:   Guna Mengoperasikan Komputer Dapat Menggunakan Perintah Melalui

Kemujaraban Biogeografi sebagai Penjang Geografi

Biogeografi memungkinkan kita lakukan mengidentifikasi teladan multiplisitas hayati di masa lalu dan sekarang, lakukan mengidentifikasi perluasan organisme sementara itu memungkinkan kita untuk mempelajari tentang wasilah antara faktor biotik dan abiotik mempengaruhi organisme ada.

Mempelajari biogeografi untuk mencari luang mengapa sumber daya tidak didistribusikan secara merata di Marcapada. Biogeografi juga membantu kita untuk mencari tahu di mana dan mengapa itu ada. Biogeografi menerimakan bukti evolusi.


  1. Astronomi

Astronomi yakni penggalian yang berkajian independen tentang matahari, rembulan, bintang, planet, komet, asap, bimasakti, gas, debu, dan benda-benda dan fenomena non-kebumian lainnya. Sehingga bidang eksplorasi ini mengarah pada perkariban galaksi.


Fungsi Ilmu perbintangan laksana Penjang Geografi

Kita kehidupan di alam sepenuh yang berubah dengan cepat, bersamaan dengan cepatnya kesadaran kita tentang duaja semesta ini. Cak bagi mencerna sejumlah pertanyaan osean yang diajukan maka dari itu sains seperti bagaimana seberinda dimulai? atau kapan segenap akan berakhir? Kita dapat mempelajari Astronomi bikin membimbing kita menemukan jawaban.

Tiga kurnia terpenting dari Astronomi ialah meningkatkan pemahaman kita tentang internasional, menyediakan kita metode kolonisasi bintang beredar non-kebumian, dan menyelamatkan kita dari kerusakan akibat dampak kosmik.


  1. Ilmu masyarakat

Sosiologi merupakan studi ilmiah akan halnya masyarakat, contoh hubungan sosial, interaksi sosial, dan budaya semangat sehari-hari. Ini ialah ilmu sosial nan memperalat bineka metode penyelidikan empiris dan analisis reseptif bakal berekspansi pengetahuan mengenai tatanan sosial, penelaahan, dan peralihan atau evolusi sosial.


Kekuatan Ilmu masyarakat andai Penjang Geografi

Tentang fungsi atau kegunaan sosiologi diantaranya yaitu: dalam perencanaan sosial (perencanaan sosial yakni alat untuk memafhumi perubahan yang terjadi di masyarakat); dalam penelitian (untuk memikirkan berbagai gejala sosial yang timbul dalam roh masyarakat, untuk mengarifi pola tingkah laku manusia di masyarakat), dalam Pembangunan (kerjakan menyerahkan data sosial yang diperlukan pada tahap  perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembangunan); dalam pemecahan masalah sosial.


  1. Ekonomi

Ekonomi merupakan ilmu nan mempelajari tentang proses produksi, diseminasi, dan konsumsi untuk pemenuhan kebutuhan.

Ekonomi menentukan bagaimana mata air daya didistribusikan di antara anggota masyarakat; menentukan angka barang atau jasa; dan bahkan menentukan jenis barang apa yang bisa diperdagangkan ataupun ditukar untuk layanan dan dagangan tersebut.


Kurnia ekonomi dalam geografi

Adapun fungsi mempelajari ekonomi diantaranya ialah:

  1. Menerimakan pengetahuan bikin masyarakat supaya boleh berfikir lebih rasional
  2. Memberikan embaran bagaimana cara untuk mengatak ekonominya
  3. Setiap aspek pasti gandeng dengan ilmu ekonomi
  4. Kontributif masyarakat mengalokasikan perigi dayanya dengan lebih optimal
  5. Mengeset nilai nominal dengan baik: Baik pengeluaran dan pemasukkan.
  6. Menjadi Wiraswasta
  7. Kontributif mengambil keputusan
  8. Membantu menggapil Sumber buku
  9. Membiji peristiwa suatu negara

Padalah, demikianlah keseimpulan mengenai tulisan mengomongkan macam-macam hobatan penunjang geografi yang meliputi denotasi, fungsi, beserta penjelasannya. Semoga melangkahi kata sandang ini bisa memberikan referensi serta literasi bagi segenap pembaca.



Mengapa Ilmu Geografi Memerlukan Ilmu Penunjang Lainnya

Source: https://dosengeografi.com/ilmu-penunjang-geografi/