Mengapa Telur Yang Diasinkan Lebih Awet Dibandingkan Dengan Yang Tidak

By | 15 Agustus 2022

Mengapa Telur Yang Diasinkan Lebih Awet Dibandingkan Dengan Yang Tidak.

Terbit Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Telur masin

Telorasin.jpg

Tera Tionghoa
Hanzi tradisional:
1. 鹹鴨蛋

2. 鹹蛋
Hanzi primitif:
1. 咸鸭蛋

2. 咸蛋
Kantonis Jyutping: 1. haam4 aap3 daan6

2. haam4 daan6
Pinyin: 1. ián yā dàn

2. xián dàn
Makna literal: telur dendang laut diasinkan
etiket alternatif
Hanzi tradisional:
鹹卵
Hanzi tercecer:
咸卵
Makna lurus: telur diasinkan
Merek Filipina
Tagalog: itlog na maalat
red egg
Jenama Vietnam
Vietnam:
hột vịt muối

Telur asin
adalah istilah mahajana kerjakan masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan prinsip diasinkan (diberikan garam berlebih lakukan membebastugaskan enzim pengalih). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski enggak menyelimuti prospek kerjakan telur-telur yang lain.

Di Indonesia, terutama di pulau Jawa telur asin biasanya diproduksi berbunga telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yang n kepunyaan ciri khas cangkang telur yang bercelup kebiru-biruan.

Panganan ini bersifat praktis dan boleh dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi duwet, dan nasi lengko, lebih lagi dapat pula dimakan minus nasi. Nelayan yang melaut atau orang yang bepergian lakukan hari lama lumrah membawa telur asin bakal bekal.

Di Jawa Tengah, daerah Brebes dikenal sebagai penghasil terdepan telur asin. Pabrik telur payau di Brebes cukup menjalar sampai cawis berbagai seleksian kualitas telur payau. Sendirisendiri penyelenggara memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat plong kulit telur. Lamun selera orang berbeda-beda, telur masin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri penggalan kuning telur bercelup jingga kirana sampai kemerahan, “sangar” (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa masin tidak menyengat.
[butuh rujukan]

Baca juga:   Kunci Jawaban Lks Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1

Di Jawa Timur pun mulai banyak penjual yang cak memindahtangankan berbagai diversifikasi variasi telur payau, mulai semenjak telur asin rasa original sebatas telur asin dengan berbagai tipe rasa, terserah juga telur asin yang corak kuningnya kemerah-merahan, ada juga telur masin organik dan telur asin herbal yang mulai ramai produksi di Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.[1]

[butuh rujukan]

Rezeki Gizi Pada Telur Asin

[sunting
|
sunting sumur]

Alat pencernaan gizi dan mineralnya juga memadai tinggi namun sifatnya mudah rusak, baik karena sifat alami maupun pengaruh organisme lega kulit telur. Biasanya, kerusakan telur diketahui setelah telur rani sreg udara melangah pasca- 2 minggu sonder upaya pengawetan, boleh karena pecah cangkangnya, sekuritas mikroba yang masuk ke dalam telur, keluarnya udara pada kantong telur, berkurangnya kadar air maupun karena menempelnya residu pada kulit luar telur.

Maka untuk mengawetkannya, diperlukan teknik khusus pengawetan keseleo satunya dengan cara mengasinkannya. Pengasinan ternyata menyerahkan efek lain selain kian awetnya telur dengan rata-rata penyimpanan 2-3 ahad, juga bau amis unik telur bebek menjadi berkurang, enggak beraroma busuk dan rasanya makin gurih. Lebih berjasa lagi, telur asin punya tembolok vitamin yang berlainan sebelum telur diasinkan, yaitu jumlah kalsium bertambah dan jumlah legit berkurang.

Jumlah kalsium sebelum diasinkan yaitu 56 mg dan setelah proses pengasinan menjadi 120 mg, padahal jumlah lemaknya turun dari 14,3 mg menjadi 13,6 mg. Jumlah zat kapur lebih dikarenakan masuknya mineral garam plong penggalan intern telur yang pasti saja hal ini baik untuk pertumbuhan lemak tulang dan transmisi, selain itu besaran lemak menjadi berkurang.

Tatap sekali lagi

[sunting
|
sunting sendang]

  • Telur bitan
Baca juga:   Pada Sungai Yang Belum Mengalami Pencemaran

Rujukan

[sunting
|
sunting mata air]


  1. ^


    Pujiastuti, Sutini. “Sosialisasi Pembuatan Telur Asin Herbal Invalid Kolesterol di Tata usaha Dharma Wanita Dinas Pendidikan Banyuasin Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyu Asin Sumatera Selatan”.
    Jurnal Polsri: 95.




Bacaan

[sunting
|
sunting sumber]

  • Sandra Leong, 2008. Salted egg hunt Diarsipkan 2008-12-02 di Wayback Machine., 23 Maret 2008, The Sunday Times

Pranala asing

[sunting
|
sunting sumur]

  • Nilai gizi dan rahasia telur asin dari situs Warintek Diarsipkan 2011-08-13 di Wayback Machine.
  • Belibis dan telur asin berdayakan brebes Diarsipkan 2016-03-04 di Wayback Machine.
  • Penuntun praktikum teknologi hasil piaraan

Bread and wine.svg

Buku kancing Wikibooks memiliki artikel adapun



Mengapa Telur Yang Diasinkan Lebih Awet Dibandingkan Dengan Yang Tidak

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Telur_asin