Mengenal Kualitas Berlian (4C) untuk Mengetahui Berlian yang Asli

kualitas berlian 4c 768x308 » Mengenal Kualitas Berlian (4C) untuk Mengetahui Berlian yang Asli

Berlian merupakan jenis batuan mulia yang mempunyai karakteristik khusus, tidak dimiliki oleh jenis batuan lain. Bentuknya yang eksotik serta tekstur dan komponen penyusunnya yang langka menjadi daya tarik utama. Oleh karena itu, tak heran jika harga berlian sangat mahal. Untuk bisa mengetahui mana berlian asli, dan palsu Anda perlu mengenal kualitas berlian (4C) sebelum membelinya.

Mengenal Kualitas Berlian (4C) Sebelum Membelinya

Awal mulai kemunculan konsep 4C dikarenakan semakin banyaknya tiruan berlian yang menyerupai aslinya. Mau tak mau, baik penjual maupun pembeli berlian harus jeli agar mampu membedakan mana berlian asli dan mana yang palsu. Karena jika hanya dilihat secara kasat mata saja, tidak terlalu kentara perbedaannya.

kualitas berlian 4c » Mengenal Kualitas Berlian (4C) untuk Mengetahui Berlian yang Asli

Berikut penjelasan konsep 4C yang perlu dipahami sebelum Anda membeli berlian.

  1. Color

Color mencerminkan warna berlian. Terdapat dua warna berlian yang dijual di pasaran, yaitu fancy diamond serta colorless diamond. Fancy diamond mempunyai warna yang beraneka rupa, beberapa di antaranya bahkan sudah dipoles sangat berbeda dari warna aslinya. Adapun colorless diamond cenderung transparan dan tampak lebih bening.

Berdasarkan standar dari GIA, warna berlian diklasifikasikan menjadi kelompok D hingga Z. Berlian yang mendapatkan nilai D berarti warnanya sangat jernih, sedangkan berlian yang paling pekat akan diberi nilai Z. Berlian Z ini umumnya berwarna kekuningan nyaris kecoklatan. Harga berlian akan semakin mahal jika warnanya semakin jernih.

  1. Carat

Carat menandakan bobot massa dari sebuah batu berlian. Mengenal kualitas berlian (4C) dari carat diukur dari massa kemurnian berlian, semakin besar caratnya maka semakin mahal harganya. Namun ada juga jenis berlian yang meskipun caratnya besar tetapi kualitasnya lebih tidak terlalu baik, karena ada faktor lain yang turut berpengaruh terhadap kualitas berlian.

Standar carat saat ini yang diberlakukan yaitu satu carat berlian setara 200 gram. Umumnya orang membeli berlian dengan massa yang berkelipatan 0,25 gram, karena nantinya berpengaruh terhadap harga. Hal ini disebabkan oleh nilai carat yang dimulai dari angka 0,1—1,0 sehingga lebih memudahkan penghitungan harganya.

  1. Cut

Cut berarti potongan berlian. Sebuah berlian tidak mungkin dijual dalam wujud batuan seperti kondisi alaminya. Tentu sudah mengalami proses pemotongan dengan mempertimbangkan model, proporsi, serta ukurannya. Semakin detail dan rapi potongan berlian, akan semakin mahal harganya.

Begitu pun dengan tingkat kesulitan pemotongan, semakin presisi dan proporsional potongannya, akan semakin mahal. Kualitas berlian itu sendiri juga dipengaruhi oleh potongan, karena berlian yang kualitasnya bagus mempunyai detail akurat dan rapi. Selain itu, banyak juga berlian berkualitas tinggi yang memiliki desain potongan unik.

  1. Clarity

Crarity yaitu kejernihan berlian yang dilihat dari kemurnian dan kebersihan berlian itu sendiri. Semakin sedikit kotoran dan noda alami yang menempel pada berlian, maka semakin bagus kualitasnya. Harganya pun juga semakin mahal. Para pengrajin berlian profesional biasanya menggunakan alat serupa kaca pembesar untuk melihat kilatan noda pada berlian.

Selain noda, kejernihan berlian juga dipertimbangkan berdasarkan goresan atau cacat. Berlian yang tergores bisa mengurangi kualitasnya, dan menurunkan nilai jual. Menurut GIA, skala yang dipakai untuk menentukan kadar kejernihan berlian, yaitu flawless, VVS1, VS1, VVS 2, VS 2, serta internal flawless.

 

Bagi Anda penyuka investasi perhiasan terutama berlian, mengenal kualitas berlian (4C) penting sebagai indikator membedakan mana berlian asli dan mana yang palsu. Keempat faktor 4C tersebut mempengaruhi kualitas serta harga sebuah berlian. Konsep 4C juga telah diberlakukan di seluruh dunia, sehingga standar keaslian dan kemurnian berlian menjadi jelas, tak peduli di manapun tempatnya.