Home  »  Edukasi   »   Nama Wilayah Keadaan Alam Komoditas Yang Dihasilkan

Nama Wilayah Keadaan Alam Komoditas Yang Dihasilkan

By | 11 Agustus 2022

Nama Wilayah Keadaan Alam Komoditas Yang Dihasilkan.

B. Kondisi Alam Negara-negara di Dunia

B. KONDISI Liwa NEGARA DI DUNIA

A. Kondisi Alam Negara-negara di Dunia

Arus Negara-negara di cahaya muka bumi menghampari, benua Asia ada 50 negara, benua Eropa ada 50 negara, benua Amerika 35 negara, benua Afrika 53 negara, dan benua Australia 1 negara, dan sejumlah Negara di distrik Oseania. Masing- masing Negara memiliki karakteristik singularis sesuai dengan situasi duaja maupun dengan situasi penduduknya. Peristiwa duaja meliputi lokasi, iklim, bagan muka bumi, ilmu bumi, flora dan fauna.

Dimanakah letak Negara Jepang? Perhatikanlah denah disamping ini! Jepang berpunya di barat Laut Samudera Pasifik. Keterangan letak Jepang menutupi;

1) Letak Astronomis Jepang lega 30°LU-47°LU dan 128°BT-146°BT

2) Letak Georafis Jepang : Perenggan Paksina Laut Okhstosk, Takat Timur Samudera pasifik, batas Selatan Laut Cina Timur dan Laut Filipina, Batas Barat Korea Utara, Korea Selatan dan Rusia

Kepulauan Jepang memanjang dari sebelah utara ke selatan terdiri berpangkal 4 pulau samudra yaitu, Pulau Hokkaido, Pulau Honshu,Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu.

Bersendikan letak lintang, daerah Jepang mempunyai iklim sedang dengan empat tahun yaitu musim recup, panas, gugur, dan cahang. Perian semi dimulai sekitar wulan Maret dan ditandai dengan munculnya kuncup bunga plum berjauhan, kemudian unjuk kuncup anak uang sakura.

Tahun semok di jepang dimulai sekitar wulan Juni. Suhu pada musim menggiurkan digresi sampai ke 35°C dengan humiditas lebih dari 90%. Pada wulan tersebut ditandai dengan pohon-tumbuhan hijau dan kritik serangga yang nyaring. Musim ringgis di Jepang berawal seputar rembulan September yang ditandai dengan daun patera kelihatan berwarna merah, orange, kuning, dan tiba merontokkan daun daun di tanaman. Masa dingin berawal sekitar wulan desember. Suhu mencecah -20° C seperti yang terjadi di Hukaido.

Jepang punya wilayah dataran yang kecil merupakan selingkung 30 persen dari luas wilayahnya. Sebagian besar ataupun 70-80 persen wilayahnya terdiri atas pegunungan. Area lembang terletak di sepanjang pantai. Lembang terbesar dapat dijumpai di Lembang Kanto (negeri Tokyo), Kinai Plain (Osaka-Kyoto), Nobi (Nagoya), Echigo (Honshu), Sendai (Honshu Timur Laut). Selain itu, ada pula dataran yang nisbi mungil luasnya di Hokaido dan menjadi pusat aktivitas penduduk.

Baca juga:   Interface Yang Menghubungkan Motherboard Komputer Dengan Monitor Adalah

Jepang terletak di selokan penggalan barat dari Samudera Pasifik. Daerah ini adalah bagian berpangkal cincin api (ring of fire) yang terdiri atas banyak dolok jago merah. Setidaknya terdapat 192 giri api tersebar di negara ini. Pelecok satu diantaranya merupakan yang tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fuji (3.776 m). Karena banyaknya giri api, maka sekitar 25% wilayah negara ini terlayang lapisan vulkanik. Jepang pun dikenal sering mengalami gempa tektonik yang disebabkan karena pertemuan atau cak bertubrukan lempeng Benua Asia dengan lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Hasil tambang pecah intern negeri dahulu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan industrinya. Sumber daya mineral nan cukup terpenuhi ialah belerang.

Wilayah jepang 67% riil hutan, diantaranya adalah tanaman ek, bamboo, maple, birch, beech dan poplar. Jenis sato yang masih ditemukan di Jepang babi, hutan, monyet, srigala, dan kijang. Namun jumlahnya terus menciut

Jepang punya penduduk sebesar 126, 9 juta jiwa (WDPDS, 2005). Skor kelahiran di Jepang relative rendah, sehingga terjadi penghamburan jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk Jepang -0,1%, berarti setiap perian terjadi penjatuhan jumlah pemukim ssebesar 0,1 %. Padahal, jumlah penghuni lanjut jiwa semakin besar jumlahnya karena keadaan kesehatan nan lebih baik. Sebagian lautan penduduk Jepang bekerja di asing sektor perkebunan. Perkembangan pabrik yang pesat membuat sebagian lautan penduduknya bekerja di sektor industri. Penghuni Jepang terdiri atas beberapa etnik, tetapi yang dominan merupakan etnik Jepang nan mencapai 98,5%, Korea (0,5%, China 0,4%, dan lainnya 0,6%. Agama yang dianut terdiri atas Shinto (83,9%), Buddha (71,4%), Kristen (2%) dan lainnya (7,8%). Persentase totalnya hingga ke lebih semenjak 100% karena banyak warga Jepang nan menganut agama Shinto dan juga Budha.

Pada tahun 2013, usia maksud hidup penduduk Jepang menyentuh 86 tahun untuk wanita dan 79 tahun lakukan pria atau jika keduanya digabung mencapai 83 musim (WPDS, 2015). Sifat positif orang Jepang yang memadai diteladani, adalah kerja keras, malu, roh gemi, loyalitas, inovasi, pantang tungkul, budaya baca, kerja sebanding kelompok, mandiri, dan menjaga adat istiadat.

Baca juga:   Jenis Jenis Latihan Circuit Training Pada Umumnya Disusun Dalam Bentuk

1. Letak Astronomi Amerika Serikat pada 24°33’LU-70°23’LU dan 172°27’-66°51’ BB

2. Letak Geografis Amerika Serikat

Had Utara Kanada, Batas Timur Meksiko dan Teluk Meksiko, Sempadan Kidul Kuba, Batas Barat Samudera Pasifik

Amerika Serikat pula memiliki negara babak yang terpisah bersumber daratan utamanya yakni Alaska nan terletak di barat laut Kanada.

Bersendikan letak lintang Amerika Serikat beriklim subtropis, sedang dan dingin/Antitesis (Alaska). Tentang pengaruh hal fisik n kepunyaan iklim kontinental, iklim mediteran. Secara masyarakat, Amerika Konsorsium mengalami empat musim, merupakan waktu semi, panas, gugur, dan dingin. Hawa udara pada tahun dingin dapat mencapai -30o C dan suhu pada musim panas dapat mencapai 27oC di kebanyakan wilayahnya. Puas episode sahara bisa sampai ke 43oC. Di Alaska, hawa peledak lebih invalid karena letaknya dekat kutub. Suhu di wilayah ini boleh mencapai -21oC hingga -30oC pada musim dingin. Dipantai Barat siram hujan angin boleh mencapai 2500 mm/hari, sekadar didaerah guruh dan ceduk kurang pedalaman curah hujannya makin rendah.

Amerika Serikat terdiri atas dua rangkaian pegunungan besar adalah pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan Gunung-gemunung Appalachia di fragmen timur. Diantara kudua gunung-gemunung tersebut terdapat dataran sangat luas yang disebut Great Plains Lakes, arena bergerak wai Missisipi. Bilang wai mengalir melampaui dataran tersebut dengan sungai besarnya adalah kali besar Missisipi (3.734) dan terpanjang kedua di Amerika Perkongsian dengan sungai Missouri (3.768) Dibagian utara, terletak sejumlah danau besar dikenal Great Lakes. Danau besar tersebut merupakan telaga Michigan, danau Huron, situ Superior, telaga Erie, daan telaga Ontario.

Amerika Serikat adalah negara nan subur akan mata air daya pan-ji-panji. Antara tidak batu bara, minyak mayapada, tembaga, posfat, timah, ferum, dan beberapa alamat galian yang lainnya sama dengan uranium, bauksit, emas, galuh, merkuri, nikel, potash, besi, tabun alam dan kayu-kayuan. Amerika Serikat pun mempunyai dataran nan terlampau luas dan cukup subur. Dataran tersebut banyak ditanami tanaman sereal, terutama jagung, dan dijadikan daerah peternakan.

Baca juga:   Cara Mencari Luas Daerah Yang Diarsir Pada Persegi Dan Lingkaran

Di babak utara atau di daerah pegunungan banyak ditumbuhi pohon pinus. Di putaran perdua Amerika Serikat (Great plains) terdapat stepa (prairie/steppa) yang lalu luas dari perbatasan dengan Kanada di utara setakat sekitar teluk Meksiko di kidul. Padang rumput tersebut berbatasan dengan gurun di bagian barat Amerika Serikat. Di adegan tenggara dapat dijumpai alas yang menggugurkan daunnya setiap musim (deciduous forest). Rata-rata terdapat pohon mapel, elm, dan ek (oak). Pohon-pohon konifer yang tinggi dan ki akbar-besar (redwood) banyak tumbuh di daerah rangkaian gunung California.

Spesies fauna yang roh di Amerika Serikat antara tidak bison, antelop, dan beruang di kawasan Midwest; domba dan kijang di kawasan gunung-gemunung; puma di pesisir pasifik; armadilo, selot, dan jaguar di kawasan barat taktik; opossum, aligator, buaya kardinal di kawasan daksina; dan karibu, beruang antagonis, ketek laut, serta paus di kawasan Alaska.

Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia setelah China dan India yaitu mencapai 321,2 miliun jiwa (WPDS, 2015). Penduduk aslinya yakni suku Indian nan menurut bilang ahli memori berasal dari Eurasia yang bermigrasi antara 65.000–25.000 masa nan lalu. Migrasi terakhir terjadi sekitar 12.000 tahun yang tinggal. Jumlah penduduk Indian sebelum kesediaan nasion Eropa diperkirakan berkisar 2–8 juta jiwa. Pada tahun 1890, diperkirakan jumlahnya tinggal 250 ribu jiwa. Keberadaan nasion Eropa membuat suku Indian semakin terpinggirkan secara jumlah dan sosial ekonomi. Selain Indian pula terdapat orang Eskimo di Alaska nan jumlahnya relatif katai.

Pron bila ini, penduduk Amerika Serikat terdiri atas orang-orang kulit putih nan sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia, dan turunan-orangm kulit hitam atau negro yang mulai sejak dari Afrika. Selain itu, ada pula orang-orang Asia, seperti China, India, Jepang, dan Vietnam, serta penduduk murni merupakan Indian.

Sebagaimanan negara maju lainnya, sebagian besar pemukim Amerika bekerja di luar sektor pertanian atau nan mengandalkan sumber daya alam.

Nama Wilayah Keadaan Alam Komoditas Yang Dihasilkan

Source: https://sites.google.com/view/ips-ix-tema1/bab-1-interaksi-antarnegara-asia-dan-negara-lainnya/b-kondisi-alam-negara-negara-di-dunia