Pada Rangkaian Paralel Jika Salah Satu Alat Listrik Dilepas Maka

By | 11 Agustus 2022

Pada Rangkaian Paralel Jika Salah Satu Alat Listrik Dilepas Maka.

Photo By: Rares ION on Unsplash.com

Hai Sobat Kebal, apakah kalian pernah memperhatikan bohlam yang cak semau di rumah atau di urut-urutan-jalan? Kira-kira lampu yang ada di urut-urutan dan sebanyak itu bagaimana pendirian menyalakannya? Apakah cak satu demi satu satu menyalakannya atau bagaimana?

Nah, syuk refleks tetapi kita simak ya.

Pengertian Rangkaian Listrik

Pernahkan sobat memikirkan kira-sangka nan dipakai pada lampu di jalan itu menggunakan rangkaian apa?

Rangkaian Elektrik adalah sebuah jalur atau rangkaian sehingga elektron dapat bersirkulasi berbunga sendang voltase atau peredaran listrik. Proses perpindahan elektron inilah nan kita kenal sebagai elektrik.

Elektron dapat mengalir lega material penghantar aliran listrik yakni konduktor. Makanya karena itu dawai yang dipakai lega rangkaian listrik karena benang besi terbuat dari tembaga nan dapat menghantarkan revolusi listrik.

Lampu busur adalah beban setrum dan sumber listrik dari bersumber baterai. Setrum mengalir melalui kabel dan saklar berfungsi untuk memutus ataupun melekatkan peredaran listrik. Huruf angka mondial lakukan beban listrik adalah rintangan (resistor).

Terwalak dua tipe rangkaian yaitu: rangkaian seri dan rangkaian paralel. Pergaulan seri dan paralel bisa dikombinasikan sehingga menjadi afiliasi campuran.

Rangkaian Kilap

Kekeluargaan seri merupakan rangkaian listrik yanghambatannya disusunsecara bersebelahan/sejajar. Contohnya, susunan pada gambar berikut:


Sumur gambar: ruangguru.com

Sreg rangkaian seri, lestari diseminasi (I) akan mengalir bermula sumber energi (baterai) nan ada semenjak satu hambatan ke hambatan bukan melintasi satu kabel. Perhatikan, deh, rajah di atas. Silam, bayangkan ada aliran listrik yang mengalir tiba dari baterai, menuju hambatan/resistor 1, ke kendala 2, suntuk mengalir dan sekali lagi ke baterai. Iya, anggap aja persebaran elektrik ini kayak aliran air gitu.

Baca juga:   The Purpose of the Text is to Invite You

Setelah membayangkannya, anda pasti jadi pulang ingatan kalau untukrotasi listrik nan melangkaui kendala 1, nilainya akan sebanding besar dengan distribusi yang melewati hambatan 2
.
Karena alirannya bukan kemana-mana pula.

Nah, itu berarti, awet arus jumlah sebanding dengan kuat revolusi nan ada di obstruksi 1, maupun hambatan 2. Secara matematis dapat ditulis menjadi:


Di sisi lain, tegangan yang bersirkulasi di hambatan 1, bukan seperti mana yang ada di rintangan 2. Sahaja, apabilaseluruh tarikan yang ada di kendala puas rangkaian itu dijumlahkan, hasilnya akan seperti mana tegangan yang ada di sumur
.
Atau dengan introduksi tak;


Sehingga, hambatan totalnya sebagai halnya jumlah bersumber seluruh hambatan yang cak semau di rangkaian itu. Siuman, ya, harapan berbunga stempel titik-titik (…) di rumus itu bakal menandakan kalau ada resistor lain. Jadi, kalau resistor/hambatannya lebih berusul 2, lewat dilanjutin aja.

Rangkaian Paralel

Relasi paralel adalah rangkaian listrik yanghambatannya disusun secara bertingkat/bercabang.Perhatikan kerangka berikut


Sumber gambar: ruangguru.com

Cukuplah,kelihatan nggak bedanya dengan rangkaian binar? Sekarang, bayangkan cak semau aliran listrik yang berjalan berpangkal baterai, berjalan ke jihat ke arah bawah menghadap rintangan 1. Sesaat sira berada di persimpangan, si diseminasi elektrik akan “bercabang”. Ada nan ikut ke resistor 1, terserah kembali yang berjalan ke resistor 2. Itu artinya, kuat aliran di kedua hambatan itu akan berbeda.

Ya, karena terdapat “percabangan”,kuat perputaran listrik nan diterima oleh kendala 1 dan kendala 2 enggak akan proporsional. Alhasil, kuat peredaran sumber energinya akan sekelas dengan kuantitas dari seluruh kuat arus semua kendala. Maka itu karena itu, kita dapat menuliskannya menjadi:

Di sebelah bukan, tekanan listrik yang ada pada hambatan 1 dan rintangan 2 akan bernilai setinggi besar. Maka, kita boleh menuliskannya menjadi:

Baca juga:   Pelestarian Gajah Di Taman Nasional Way Kambas Bertujuan Untuk


Tinggal, bagaimana cara kita menghitung hambatan listrik buat rangkaian paralel? Takdirnya ia perhatikan, konsep antara semarak dan paralel tadi terbalik. Maka, mandu mengejar hambatannya yakni sebagai berikut:


Kelebihan dan Kekurangan

Pada afiliasi seri, jika keseleo satu komponen rusak maka seluruh rangkaian akan ikut kemungkus. Hal ini karena koneksi seri cuma punya satu kolek listrik, kalau terdapat bujukan maka elektrik tidak dapat bersirkulasi lagi.

Berbeda dengan rangkaian paralel nan punya banyak cabang sehingga ketika suatu komponen kemungkus, maka onderdil kerumahtanggaan sagur lainnya masih dapat berfungsi.

Kerusakan dalam korespondensi kilap sulit dideteksi, karena kita harus mempermainkan satu persatu mana komponen yang rusak dan mana yang masih berfungsi. Sementara itu n domestik sangkut-paut paralel, jika ada yang rusak kita hanya terlazim memeriksa jalur yang tembelang tersebut.

Namun rangkaian paralel lebih mahal karena membutuhkan lebih banyak benang tembaga konduktor untuk membuat jalur elektrik. Tidak seperti perhubungan kilat yang hanya membutuhkan satu kabel konduktor saja.


Nah, untuk menjatuhkan kemampuan kita, coba kerjakan soal berikut deh. Ingat ya, engkau harus menghitung hambatan kuantitas di rangkaian paralelnya terlebih dahulu, pasca- itu baru jumlahkan dengan hambatan yang terserah di afiliasi kurat.

Contoh cak bertanya

Perhatikan gambar berikut ini. Hitunglah diseminasi yang mengalir lega pertalian tersebut!

Perigi gambar: cute766.info

Pembahasan:

Diket :

R1 = 2 ohm
R2 = 2 ohm
R3 = 2 ohm
V = 3 V

Jawab:
Mencari R paralel



Rp = 1 ohm
Rtot = 2 + 1 = 3 Ohm
V = I x R
I = V/R
I = 1 A

Nah bagaimana, Sobat? Kontak listrik enggak berlebih sulit, bukan? Kalian juga bisa mendapatkan materi lengkapnya di Belajar Ampuh pada Aplikasi Aku Pintar. Sampai bertemu di pembahasan berikutnya!

Writer: Fifa
Editor: Deni Purbowati, Qorin

Baca juga:   Kata Yang Tepat Untuk Melengkapi Kalimat Tersebut Adalah

Pada Rangkaian Paralel Jika Salah Satu Alat Listrik Dilepas Maka

Source: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/rangkaian-listrik-pengertian-rangkaian-rangkaian-paralel-rangkaian-seri-rumus-dan-penerapannya-