Home  »  Edukasi   »   Pengembalian Barang Karena Rusak Dicatat Dalam Jurnal

Pengembalian Barang Karena Rusak Dicatat Dalam Jurnal

By | 12 Agustus 2022

Pengembalian Barang Karena Rusak Dicatat Dalam Jurnal.











Skip to content

Surat kabar Retur Penjualan: Pengertian, Contoh Kasus dan Cara Mencatatnya

  • jurnal retur penjualan 1

Jurnal Retur Penjualan: Pengertian, Contoh Kasus dan Cara Mencatatnya

Pelanggan biasanya berkuasa mengembalikan barang nan mereka beli dari perusahaan jika mereka tidak plong maupun komoditas yang tembelang, dan hal ini biasanya internal jangka musim tertentu setelah penjualan. Ketika pengembalian penjualan terjadi, pelanggan secara raga mengembari produk dan menerima uang kembali. Dan sekiranya ini terjadi maka Anda membutuhkan jurnal retur penjualan plong pendaftaran aksi Engkau.

Akuntansi bakal pengembalian penjualan melibatkan penjungkirbalikan (a) pendapatan yang dicatat sreg saat penjualan semula, dan (b) harga rahasia penjualan terkait.

Lakukan memahami penjelasan jurnal cak kembali penjualan secara mendalam beserta contoh kasus dan prinsip mencatatnya, baca terus kata sandang sampai selesai.

Segala itu Jurnal Retur Penjualan?

Cak kembali Penjualan dalam peristiwa entri jurnal penggajian bisa diartikan sebagai nan akan digunakan lakukan menghitung retur pelanggan privat pencatatan atau untuk mempertanggungjawabkan ketika terserah pengembalian barang yang dijual oleh pelanggan karena dagangan yang dijual cacat atau ketidakcocokan n domestik kebutuhan pelanggan, dll.

Di pangkal ini adalah entri jurnal yang diperlukan nan harus dimasukkan dalam inventarisasi akuntansi cak bagi akuntansi pengembalian penjualan.

1. Momen produk dikembalikan, dan tidak ada volume nan beredar.

jurnal retur penjualan table 1

2. Saat dagangan dikembalikan, dan debit mutakadim beredar.

jurnal retur penjualan table 2


Catatan:

Entri pertama internal tabel di atas mengurangi penjualan dengan cak kembali penjualan, dan entri kedua meningkatkan persediaan dan mengimbangkan harga pokok penjualan.

Baca juga: Surat Penawaran Harga: Pengertian, Diversifikasi, Komponen, dan Contohnya

Contoh Kasus Entri Jurnal Retur Penjualan

Contoh 1

XYZ beroperasi di komoditas rincih, dan ketika menjual barangnya, disebutkan dalam faktur mereka bahwa barang boleh dikembalikan dalam waktu 30 periode.

Baca juga:   Uts Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1

Transaksi tersebut sudah menghasilkan penjualan sebesar 50.000.000 untuk Agustus 2019, dan telah menjual 60% secara tunai, dan sisanya dijual secara kredit. Firma n kepunyaan 31.000.000 dalam lembaga piutang dan 2.500.000 internal bentuk tunai pada akhir perimbangan Agustus 2019.

Harga gerendel penjualan yaitu 40.000.000, dan Persediaan Penutupan menunjukkan saldo sebesar22.000.000. 5% pecah barang yang dijual dikembalikan karena cacat pada komoditas. Selanjutnya, perusahaan memperoleh margin cemar 20% berpunca penjualan.

Beralaskan informasi di atas, Ia diwajibkan untuk melewatkan kata kepala surat kabar retur penjualan dan taksiran saldo yang akan tetap ada dalam penjualan, piutang, kas, inventaris, dan harga resep penjualan.

Baca juga: Jurnal Masyarakat Akuntansi: Pengertian, Contoh, Serta Mandu Pembuatannya

Solusi

Pertama-tama kita akan menotal kuantitas pengembalian penjualan, yaitu 5% berasal penjualan 50.000.000, yang sama dengan  2.500.000. Sekarang kita akan meneruskan entri buletin dengan asumsi bahwa rasio 60% dikembalikan dalam rancangan tunai dan sisanya puas piutang.

Oleh karena itu, akun kas akan dikreditkan sebesar 60% dari 2.500.000 yang akan menjadi  1.500.000 dan akun volume akan dikreditkan sebesar 40% (100 – 60) dari  2.500.000 yang akan menjadi 1.000.000.

Selanjutnya, persediaan akan dikurangi 2.500.000 kurang semenjak 20% margin, nan akan menjadi 2.500.000 kurangi  500.000 yaitu 2.000.000 yang akan meninggi persediaan dan mengurangi harga kunci penjualan yang sebanding.

jurnal retur penjualan table 3

Di bawah ini Kata kepala akan diposting

1. Entri Buku harian Pengembalian Penjualan

jurnal retur penjualan table 4

2. Adaptasi Harga Gerendel Penjualan

jurnal retur penjualan table 5

Baca juga: Kronik Penerimaan Kas: Konotasi, Format, Contoh dan Cara Posting ke Buku Osean

Contoh 2

Cycle and Bike Inc. menjual sepeda dan aksesorisnya baik secara tunai maupun kredit dengan neraca yang hampir sama. Bapak Albert, nan sudah lalu menjalani audit internal di perusahaan ini, menarik dua sampel arbitrer kerjakan memvalidasi apakah perusahaan mencatat entri kronik secara akurat, dan saldo nan dilaporkan harus netral dan akurat.

  • Sampel Pertama: Pit seharga $ 55.000 dijual ke John. John mengupah seluruh jumlah secara tunai pada terlepas 1 September, dan karena besikal rusak, dia mengimbangi sepeda tersebut ke perusahaan pada tanggal 20 September. Seluruh pembayaran yang menjadi haknya dibayarkan kembali pada hari yang setimpal.
  • Spesimen ke-2: 3 siklus dijual seharga $ 30.000 kepada Miki; Mickey menggaji satu siklus tunai pada rontok 4 September, dan sisanya, pembayaran masih belum dibayar.
    Sepeda mengalami beberapa tulisan dan akhirnya dikembalikan pada tanggal 6 September, dan sisanya dua dipertahankan. Karena dia memiliki jumlah yang disesuaikan dengan jumlah yang sama, dan saldo akan diterima darinya.
Baca juga:   Diketahui Sudut Pusat Poq Dan Sudut Keliling Paq

Margin kumuh sepeda adalah 25%, dan pada siklus tersebut, mereka memperoleh 30% bermula biaya. Berdasarkan pengumuman di atas, Anda harus melalui kata kepala cak kembali penjualan.

Baca kembali: Account Receivable: Signifikasi, Rasio, Jurnal dan Contohnya

Solusi

Mari kita hitung dulu biji pengembalian penjualan dan habituasi yang harus dilakukan sreg harga pokok penjualan.

  • Sample Mula-mula:
    Penjualan sebesar $ 55.000 akan disesuaikan dengan margin cemar 25%, yang bisa dihitung bagaikan 55.000 x 25/125, yang sebagaimana $ 11.000, dan kuantitas nan akan ditambahkan ke inventaris adalah $ 55.000 – $ 11.000 yang merupakan $ 44.000

pengembalian penjualan 1

Entri Jurnal akan menjadi-

pengembalian penjualan 2

  • Sample kedua:
    Penjualan sebesar $ 10.000 ($ 30.000 / 3) akan disesuaikan dengan margin kotor 30% yang dapat dihitung sebagai $ 10.000 x 30/130 nan selaras dengan 2.308 dan jumlah yang akan ditambahkan ke inventaris ialah $ 10.000 – $ 2.308 yang seharusnya menjadi $ 7.692.

pengembalian penjualan 3

Entri Koran akan menjadi-

pengembalian penjualan 4

pengembalian penjualan 5

jurnal retur penjualan 2

Poin Utama mengenai Entri Buletin Retur Penjualan

  • Banyak firma cak memindahtangankan barang secara tunai maupun kredit. Oleh karena itu, rasio yang mereka pertahankan harus diperiksa, dan kesudahannya, entri harus diteruskan jikalau rincian pelanggan tidak diketahui.
  • Dengan mendebet akun penjualan, pendapatan perusahaan berkurang, dan lebih jauh, itu akan berakibat sreg margin kotor perusahaan lagi.
  • Harga pokok penjualan pun disesuaikan karena retur penjualan akan meningkatkan persediaan. Margin kotor harus diperhatikan apakah itu intern biaya atau penjualan. Jika privat penjualan, maka seseorang boleh sekalian mengurangi jumlah penjualan dengan margin itu, tetapi jika itu terkait biaya, maka seseorang juga teristiadat menyepadankan beratnya.
  • Harga pokok penjualan dan persediaan disesuaikan dengan margin karena retur penjualan belum menghasilkan pendapatan bagi perusahaan, dan alhasil laba juga harus dibalik.
Baca juga:   Kereta Sewaan Seperti Dokar Di Yogyakarta

Baca pun: Perilaku Biaya (Cost Behavior): Signifikansi, Pendirian Menghitung, dan Sifatnya

Kesimpulan

Persamaan akuntansi akan dolan ketika pendapatan dikurangi bersumber ekuitas Pemilik, dan Harta benda berkurang baik n domestik buram kas atau piutang.

Lebih jauh, ketika persediaan dan harga rahasia penjualan disesuaikan, yang suatu dinaikkan dan yang kedua dikurangi, semua menjadi kepunyaan ekuitas Pemilik dan oleh karena itu neraca dihitung.

Retur penjualan harus diperhitungkan untuk satu waktu karena mungkin suka-suka kasus di mana perusahaan mungkin meningkatkan penjualan dan mengingat-ingat pengembalian dalam periode akuntansi berikutnya.

Solusi terbaik untuk Anda yang bukan ingin membuang periode bakal membuat jurnal cak kembali penjualan ialah menggunakan software akuntansi yang faali mengingat-ingat poin pengembalian barang secara otomatis, contohnya adalah Accurate Online.

Fitur retur Penjualan merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk menyadari pengembalian barang yang sudah dijual kepada pelanggan. Pengembalian tersebut bisa terjadi karena produk tidak sesuai perincisan alias karena terjadi fasad. Buat memahami selengkapnya mengenai fitur ini Anda dapat membacanya secara model melewati
artikel ini.

Anda pun bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara cuma-cuma sejauh 30 perian melangkaui tautan plong rajah di pangkal ini:

accurate fokus pengembangan

Bagikan info ini ke temanmu!




Page load link

Pengembalian Barang Karena Rusak Dicatat Dalam Jurnal

Source: https://accurate.id/akuntansi/jurnal-retur-penjualan/