Pentingnya Ilmu Komunikasi dalam Dunia Kerja dan Sektor Publik

Dalam dunia kerja, komunikasi tidak hanya terbatas pada percakapan verbal dan ucapan, ia merupakan media komunikasi yang penting untuk membuat para staf di perusahaan tersebut bisa saling bekerja sama antara satu dengan yang lain. Mengembangkan skill untuk memahami hal tersebut akan membuat Anda mampu menguasai soft skill dan hard skill dengan lebih mudah.

Ilmu Komunikasi dan Kegunaannya

Setidaknya terdapat beberapa hal penting yang harus Anda ketahui terkait penerapan ilmu ini di dunia kerja, diantaranya adalah karyawan yang lebih menguasai skill bisa menjadi aset bagi perusahaan untuk berkembang lebih baik di masa yang akan datang.

ilmu komunikasi » Pentingnya Ilmu Komunikasi dalam Dunia Kerja dan Sektor Publik

Berikut merupakan pentingnya komunikasi di dunia kerja yang sebaiknya Anda ketahui.

  1. Peningkatan dalam Kerja Kelompok

Dalam perusahaan bekerja secara mandiri atau individual tidak dianjurkan. Ini karena kerja dengan cara berkelompok akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan sesuai dengan goal yang telah di buat oleh perusahaan tersebut. Membangun komunikasi yang baik di dasari oleh pengembangan ilmu komunikasi yang baik pula.

Dengan melakukan implementasi yang baik dengan ilmu tersebut, Anda bisa memberikan kontribusi yang besar, baik dalam kerja kelompok maupun perusahaan secara umum. Kerja tim akan lebih efektif dan menghasilkan produk maupun layanan jasa yang lebih maksimal. Ini tentu akan memberikan dampak yang besar pada konsumen ataupun pelanggan dari perusahaan Anda.

  1. Lebih Menghargai Perbedaan

Di tempat kerja maupun sektor publik, tentu tidak bisa terlepas begitu saja dari kultur dan kebudayaan yang beragam. Berdasarkan hal tersebut, Anda maupun kolega membutuhkan komunikasi sebagai penghubung antara satu orang dengan orang yang lain. Ilmu komunikasi yang baik di tempat kerja bisa membuat karyawan bisa memahami keadaan atau permintaan dari karyawan lain dengan lebih mudah.

Persamaan komunikasi, terutama secara verbal menggunakan bahasa yang serupa akan membuat siapapun di perusahaan tersebut terbiasa untuk menghargai perbedaan di setiap latar belakang. Dengan begitu, tercipta ekosistem dan atmosfir kerja yang tidak hanya nyaman, namun memberikan aura yang positif.

  1. Lebih Mudah dalam Memahami Karakter

Penggunaan komunikasi yang baik akan memberikan manfaat yang besar untuk memahami karakter seseorang. Ini tentu merupakan hal yang penting di tempat kerja maupun sektor pelayanan publik. Memahami karakter seseorang akan membuat Anda sebagai individu mampu menghasilkan komunikasi yang baik dan nyaman secara dua arah.

Ini juga dapat menghindari konflik yang sekiranya akan terjadi ketika terdapat perbedaan pendapat. Ilmu komunikasi akan memberikan peran yang besar sehingga percakapan dan komunikasi yang dilakukan tidak hanya berjalan dalam satu arah. Pemecahan masalah juga bisa dilakukan sedini mungkin untuk menghindari debat, pertengkaran, maupun konflik.

Selain tiga keuntungan diatas, penggunaan komunikasi yang tepat di perusahaan juga akan membantu untuk mewujudkan goal dan tujuan dari perusahaan tersebut. Terutama untuk pemimpin perusahaan yang memiliki banyak karyawan, harusnya ia memiliki skill komunikasi yang baik agar bisa melakukan komunikasi dengan cara yang lebih efektif.

Pengambilan keputusan juga akan lebih mudah apabila Anda bisa mengaplikasi semua aspek dalam ilmu komunikasi secara tepat. Keputusan yang diambil juga bersifat netral dan menguntungkan semua pihak karena sebelumnya telah di komunikasikan dengan baik kepada seluruh jajaran staf di perusahaan. Komunikasi menjadi hal yang penting untuk menanggapi berbagai keputusan dan bahan pertimbangan masalah.

Mungkin Anda Juga Suka