Pepatah Betawi Lu Jual Gue Beli Memiliki Arti

By | 11 Agustus 2022

Pepatah Betawi Lu Jual Gue Beli Memiliki Arti.

Walah, jangan segera emosi dan mencap nan tidak-lain dong! Sorry, saya bukan titisannya EA. Saya lebih lagi kebalikannya, ingin membawakan judul yang gak neko-neko, tak bombastis, tapi sakti. Cuman, tetap saja saya tergelitik – n domestik hal ini iseng ingin mengepas satu judul nan agak menjual emosi.

Judul itu, dan tulisan ini, sebenarnya merupakan untuk Kompasianer Detha Arya Tiffada. Barang apa masalahnya? Lho, siapa nan n kepunyaan masalah. Istilah “Elo jual – gue beli” bukankah istilah masyarakat, nan sebenarnya bisa dipakai kerumahtanggaan konteks apapun – baik itu dalam emosi atau pun bukan. Nah, saya mau menggunakannya dalam konteks yang wajar, teduh, dan baik. Please, jangan negative thinking suntuk dong 😉

Dalam salah satu tulisannya, Detha memposting artikel berjudul Ide Gila Menulis: Satu Hari Satu Karangan. Ide yang buat saya tidak bau kencur – karena pernah mendengarnya dari wordpress (sorry, bertambah tepat “membacanya’, emang wordpress dapat ngomong?), tapi terus panah saya penghargaan panjang, karena bukanlah suatu hal nan mudah bagi mengamalkan hal itu. Butuh sebuah komitmen nan pangkat bagi bisa membuat satu buah tulisan, yang lain copy-paste, nan bukan diary, dan sedikitnya cak semau isi, saban hari. Saya salut dengan semangatnya. Detha. Sendiri mahasiswa, yang punya banyak mimpi.

Di ujung tulisannya, Detha batik: “Apakah rekan-rekan sekalian layak bernyali ikut serta privat tantangan kecil kami?”. Sudahlah, bukankah itu sebuah “jualan” menurut orang Betawi.

“Jualan” itulah yang saya “beli”. Sebagai seseorang yang sudah lalu karatan lulus dari bangku kuliah, sonder ada tantangan baku dari lingkungan – kerjaan di sekeliling hitung menotal dan manajemen – mana dekat dengan tulisan, karenanya tantangan Detha membuat saya kasar (weits, jangat mikir jorok). Saya pertaruhkan harga diri saya – halah, lebay – daripada saya tak menerima tantangan dan disebut tidak punya layak kosen.

Baca juga:   Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Koma Pada Teks Deskripsi

Jadi Detha. Saya terima tantanganmu. Suatu hari satu artikel. Di menginjak musim ini. Elo jual, gue beli nih!!!

Cag, 17 Feb 2011

eittt…. mungkin nih yang kaprikornus wasitnya???

hmm … apa pembacanya gak bosan?

Tatap Karangan Sebaik-baiknya

LOE JUAL GUE BELI…..

Peri bahasa yang bertaruk kembang ditanah Betawi itu…. banyak punya banyak arti antara lain : Siap mengamini tantangan, siap menyervis permintaan, siap menimpali sesuai apa yang diberikan…. tapi dalam afiliasi ini Loe Jual gue beli….tolong diterjemahkan dengan Siap melayani tuntutan ia… bintang sartan jangan diartikan siap menerima tantangan anda……..


Page 2

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

This is a List of Available Answers Options :

  1. kalau lawan jualan jangan dibeli
  2. musuh jangan dicari, kalau ada musuh jangan lari
  3. jika suka-suka nan jualan mudahmudahan dibeli
  4. jangan lari sekiranya berbenturan tampin nan jualan

The best answer is
B. pasangan jangan dicari, kalau ada musuh jangan lari.

Reported from teachers around the world. The correct answer to❝Pepatah Betawi `lu jual gue beli` punya arti ….❞
question isB. musuh jangan dicari, kalau ada oponen jangan lari.
I Recommend you to read the next question and answer, Namely Kostum pesilat maen pukula lengkung langit disebut …. with very accurate answers.

Click to See Answer

What is cp.dhafi.link Site?

Dhafi Quiz Is an online learning educational site to provide assistance and insight to students who are in the learning stage. they will be able to easily find answers to questions at school.We strive to publish Encyclopedia quizzes that are useful for students. All facilities here are 100% Free. Hopefully, Our site can be very useful for you. Thank you for visiting.

Baca juga:   Titik Cair Dan Titik Didih Unsur Unsur Periode Kedua

‘Loe jual gue beli’ bukanlah sekedar istilah cak bagi orang suci Betawi. Bagi orang lugu Betawi, kalimat ‘loe jual gue beli’ adalah sebuah prinsip yang mereka pegang hingga pengunci hayat mereka.

‘Loe jual gue beli’ ialah suatu cara yang dipegang orang Betawi yang menunjukkan bahwa mereka cangap merespon apapun dari cucu adam lain. Jika dia menjual, saya pasti beli; seandainya anda bertanya, saya pasti menjawab; dan sebagainya. Dua contoh tersebut menggambar satu peristiwa yang baik lain? Tapi, turunan nan memiliki tipe nan bermacam-macam dan penalaran yang heterogen, membuat prinsip yang dipegang orang Betawi itu menjadi melenceng, sekalipun berdasarkan logika tetap terhitung sesuai dengan prinsip. Contoh : ia menimbuk, saya pasti memukul; dia menuding, saya pasti mengolok; dan sebagainya.

Menurut pengetahuan yang saya peroleh bermula buku Denah Konflik Jakarta prinsip tersebut merupakan suatu sebab, kenapa di Jakarta amat banyak tauran antar etnis, ras, suku, agama, pekerjaan, area, hingga pelajar. Prinsip tersebut memang menggambarkan sendiri yang kesatria bila dilihat dari kaidah pandang para preman. Momen ditonjok, pasti membalas. Doang, penyelidikan terhadap prinsip tersebut harus dilakukan agar setidaknya enggak membuat orang masyarakat menyatakan bahwa cara tersebut yaitu suatu kaidah yang riuk. Dan, sepatutnya mengurangi kerusuhan yang ada di Jakarta bila memang ada yang sadar.

Prinsip ‘loe jual gue beli’ ialah suatu mandu yang etis. Mengapa? Karena prinsip ini menunjukkan respon baik nan dilakukan oleh individu yang bersangkutan, sehingga tidak tergiring tidak acuh, sombong, sombong, dan sebagainya. Namun bila ditonjok dan balas menonjok, apa itu benar?

Ditonjok balas menonjok adalah salah karena itu tidak sesuai dengan kaidah tersebut. Plong prinsip tersebut kita lihat, bahwa jika dijual maka akan dibeli, maka situasi itu menunjukkan dua sisi yang saling untung. Maka contoh yang tepat bikin prinsip tersebut yaitu kamu sayang, aku cinta;  beliau harap, aku hadiah; dan sebagainya yang ubah menguntungkan. Tak ditonjok malah balas menonjok.

Baca juga:   Lapisan Keras Berwarna Putih Yang Menutupi Mahkota Gigi Disebut

Itulah nan dimaksud oleh prinsip ‘loe jual gue beli’. Bukan suatu respon apapun, melainkan respon khasiat. Maka, takdirnya sang orang sudah memahami bermartabat mandu tersebut, sira tidak akan membalas martil bila terpukul, karena akan saling mudarat. Melainkan, akan memburas atau memperingati, sehingga saling menguntungkan.


bantu di jawab ya…​


lambang bunyi jawane tartamtu​


diwaca…………….​


menentukan tindakan saat berada di urat kayu atm​


Gladhen 2: Nemokake Pesan Kesusilaan Crita Wayang Golekana pesan moral kang kinandhut ing pethilan crita wayang ngisor iki! Rahwana nyedheki Shinta banjur …

njaluk sedhekah. Shinta ngrasa welas, akhire maringi sedhekah dhateng Brahmana tuwo wau. Nalika maringne sedhekah, astane Shinta ditarik medal sangking bunderan, banjur dibeta mabur kalian Rahwana. 1. manuk iatay​


bantu jawabin nomer:16-18​


Nama wadah=Puworejo Garis bujur=… Garis lentang=…


tolong jawabin nomer:8-10​


Owahana ukara ing ngisor iki dadi krama inggil!Uak sastra tekan saiki durung tau ngombe jamu​


ucap nakal kudune……​

Video yang berhubungan

Pepatah Betawi Lu Jual Gue Beli Memiliki Arti

Source: https://sepuluhteratas.com/istilah-orang-betawi-lu-jual-gue-beli-memiliki-arti