Perbedaan Spesifikasi HP Android Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A30

Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A30 sudah diluncurkan oleh vendor asal Korea Selatan ini. Apabila dilihat sekilas, maka smartphone android yang tergolong kelas menengah begitu tampak identik. Meski begitu, keduanya mengusung spesifikasi dan harga berbeda. Jika keduanya dibandingkan, maka terdapat empat perbedaan spesifikasi mencolok, yang terletak di sektor fotografi, dapur pacu, ruang penyimpanan, dan fitur keamanan. Sementara untuk panel dan kapasitas baterai, spesifikasinya identik. Berikut perbedaan spesifikasi lengkapnya antara Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A30.

Kamera pada Samsung Galaxy A50 memiliki tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki konfigurasi 25 MP, 5 MP, dan 8 MP, sedangkan kamera depannya 25 MP. Pada sektor untuk fotografi, Samsung Galaxy A50 unggul daripada saudaranya, yang total tersemat tiga kamera saja. Samsung Galaxy A30 dapat menggunakan kamera belakang ganda masing-masing 16 MP dan 5 MP. Bedanya dengan Samsung Galaxy A50, seri Samsung Galaxy A30 tidak tersemat lensa Ultra Wide. Dan juga kamera depannya di bawah Samsung Galaxy A50, hanya 16 MP.

beda spek samsung galaxy a50 dengan a30 » Perbedaan Spesifikasi HP Android Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A30

Untuk spesifikasi dapur pacu yang disematkan pada dua varian HP ini yang sama-sama untuk menjalankan OS Android versi 9.0 Pie, Samsung Galaxy A50 tampak cepat lantaran mengusung kecepatan lebih tinggi, yakni quad-core 2,3GHz + quad-core 1,7GHz yang dimiliki oleh chipset Exynos 9610. Sementara pada Samsung Galaxy A30 dapur pacunya menggunakan chipset Exynos 7904 yang memiliki kecepatan dual-core 1,8GHz + hexa-core 1,6GHz..

Pada sektor Ruang Penyimpanan Samsung Galaxy A50 lebih unggul di kapasitas RAM + ROM, yakni opsi antara 4GB + 6GB atau 64GB + 128GB. Seri A30 sendiri juga memiliki dua pilihan, namun kombinasi RAM dan ROM-nya lebih rendah, yakni 3GB + 4GB atau 32GB + 64GB. Walaupun begitu, baik Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A30 sama – sama mendukung slot microSD untuk ekspansi ruang penyimpanan maksimal 512GB. Kapasitas ini sudah cukup luas guna menampung beragam berkas termasuk foto, video, maupun dokumen.

Fitur Keamanan Kendati sama-sama dibekali sensor biometrik sidik jari, Samsung Galaxy A50 lebih modern berkat teknologi on –  screen fingerprint atau sidik jadi di layar, serupa flagship Samsung Galaxy S10 atau Samsung Galaxy S10 Plus. Teknologi ini juga populer dipakai di smartphone kelas atas. Sementara fingerprint di Samsung Galaxy A30 masih konvensional dengan menyematkan sensor membulat di bagian belakang bodi perangkat. Letaknya di samping bawah kanan kamera belakang atau di atas logo Samsung.

Spesifikasi Identik Seri Samsung Galaxy A50 dan Samsung A30 memiliki spesifikasi yang sama di panel depan, yakni mengusung layar 6,4 inci FHD+ tipe Super AMOLED dengan notch Infinity – U. Sekadar catatan, panel Infinity – U serupa dengan desain Samsung Galaxy M30 yang dirilis di India pada 27 Februari 2019 lalu. Spesifikasi, pada perangkat ini sama-sama dibekali baterai kapasitas jumbo 4.000 mAh. Pada gaya desain identik yakni 3D Glasstic, termasuk fitur fast charging, Bixby, Samsung – Pay, dan lainnya. Untuk saati ini, harga Samsung Galaxy A50 berada di kisaran 4 jutaan dan Samsung Galaxy A30 pada kisaran 3 jutaan rupiah untuk pasar Indonesia.

Mungkin Anda Juga Suka