Pohon Zaitun Adalah Nama Pohon Yang Terkenal Pada Masa Nabi

By | 11 Agustus 2022

Pohon Zaitun Adalah Nama Pohon Yang Terkenal Pada Masa Nabi.

Bawah Usul Pohon Zaitun Berbuntut Terungkap

Pemberita


Tanaman Oliva. travel.walla.co.il


TEMPO.CO,
Jakarta
— Pohon zaitun pertama barangkali didomestikasi di Mediterania Timur antara 8.000 dan 6.000 musim nan lalu. Temuan yang dipublikasikan baru-yunior ini dalam jurnal
Proceedings of the Buar Society B
didasarkan puas analisis genetik dari erat 1.900 sampel di sekitar Laut Mediterania.

Investigasi ini mengungkapkan bahwa tumbuhan zaitun ternak kali pertama kali dibudidayakan berpunca tumbuhan oliva bawah tangan di pinggiran antara Turki dan Suriah. “Mungkin dimulai di Levant atau daerah yang saat ini menghampari Israel, Palestina, Yordania, Libanon, dan Suriah,” kata Gillaume Besnard, seorang
archeobotanist, di Pusat Nasional Penekanan Ilmiah Prancis.

Semenjak zaman Bibel, pohon oliva menjadi simbol kesucian, ketenteraman, dan persatuan. Para arkeolog telah menemukan bahwa zaitun berasal sekeliling 8.000 masa nan dahulu. Menurut Besnard, sekitar 6.000 tahun nan lalu, para arkeolog menemukan bukti produksi patra zaitun di Carmel, Israel. Namun, secara persis di mana oliva pertama barangkali dibudidayakan, hingga kini masih terus hangat diperdebatkan.

Kerjakan mengungkapkan sejarah pohon zaitun, tim cekut 1.263 tanaman zaitun liar dan 534 spesimen oliva yang dibudidayakan dari seluruh Mediterania. Mereka menganalisis materi genetis dari kloroplas daun, yaitu struktur dari pokok kayu baru, di mana proses fotosintesis berlantas. Cara ini dipilih karena DNA kloroplas pelahap diturunkan mulai sejak satu pohon kepada keturunannya. DNA bisa mengungkapkan perubahan lokal dalam garis anak cucu tanaman.

Para peneliti kemudian merekonstruksi pokok kayu genetik cak bagi menunjukkan bagaimana tanaman tersebar. Tim menemukan bahwa biji pelir-buahan terbit pokok kayu liar yang tipis, kecil, dan ki getir itu pertama kali memberi produksi berkecukupan minyak.

Baca juga:   The Show Must Go on Artinya

Pasca- itu, budidaya pertama pokok kayu zaitun peliharaan di zaman modern lazimnya berasal pecah 3 negeri, yaitu Near East (tercatat Siprus), Laut Aegea, dan Selat Gibraltar. Pohon zaitun kemudian secara berantara menyebar ke seluruh Mediterania dengan munculnya peradaban.

Menurut Andr Bervill, ahli genetika dari French National Institute for Agricultural Research, yang tidak terbabit dalam penelitian ini, bakal mendapatkan petunjuk bersumber mana pohon zaitun berasal, para peneliti seharusnya tak saja meluluk DNA kloroplas. DNA yang dibawa serbuk pati juga harus dianalisis. “Serbuk sari oliva diangkut oleh angin sehingga dapat bermigrasi jarak jauh,” kata Bervill.

Dengan menggabungkan kedua jenis DNA itu akan memungkinkan peneliti lebih memafhumi bagaimana budidaya tempatan pohon zaitun itu terjadi. Simak berita iptek lainnya di sini.






Rekomendasi Berita

Pemanfaatan Iptekin umpama Penentu Sebelah Ketatanegaraan Nasional

20 April 2022


Pemanfaatan Iptekin sebagai Penentu Arah Kebijakan Kebangsaan

Ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi (Iptekin) telah menjadi salah suatu faktor utama cak bagi negara-negara beradab internal mempercepat program pembangunan kewarganegaraan di berjenis-jenis sektor, sampai-sampai pada sektor pembangunan ekonomi berbasis wara-wara.

Praktik Politik Iptekin di Indonesia dan Malaysia

20 April 2022


Praktik Strategi Iptekin di Indonesia dan Malaysia

Praktik Kebijakan Iptekin di Indonesia dan Malaysia

Peran Penting Iptekin terhadap Kemajuan Sebuah Bangsa

9 April 2022


Peran Berharga Iptekin terhadap Kemajuan Sebuah Bangsa

Ilmu keterangan, teknologi, dan pintasan (Iptekin) yaitu salah suatu elemen ki akal privat mendorong dan mempercepat pembangunan ekonomi di satu negara.

Prabowo Teken Kerja Sama Pengembangan Iptek dengan UGM

5 Februari 2022


Prabowo Cak menandatangani Kerja Seimbang Pengembangan Iptek dengan UGM

Baca juga:   Para Wali Mendidik Masyarakat Melalui Lembaga Pendidikan Yang Disebut

Kemenhan, pembukaan Prabowo, lalu membutuhkan dukungan teknologi hasil penelitian para ilmuwan di perguruan tinggi.

Rezim Epistemik bakal Kemajuan Bangsa

4 November 2021


Pemerintahan Epistemik untuk Kemajuan Bangsa

Korea Selatan memberi banyak latihan akan halnya keterlibatan pemerintah yang menerapkan iptek dan inovasi bagi mencapai kemajuan ekonomi.

Jokowi Minta Polri Kuasai Iptek untuk Hadapi Berbagai Gertakan

1 Juli 2021


Jokowi Minta Polri Kuasai Iptek lakukan Hadapi Bermacam ragam Ancaman

Kepala negara Jokowi meminta Polri bakal mengatasi ilmu pemberitaan dan teknologi (iptek) lakukan mengembalikan barang apa bentuk ancaman terhadap Indonesia.

Hari Kartini, Ini Peran 3 Peneliti Wanita LIPI dalam Urut-urutan Iptek

21 April 2021


Musim Kartini, Ini Peran 3 Peneliti Wanita LIPI internal Perkembangan Iptek

Sepanjang kiprahnya sebagai perempuan peneliti bahari, Yoyo berhasil menemukan banyak spesies biota pecah laut Indonesia.

Penguasaan Iptek Kurang, Ma’ruf Amin: Daya Gigi anjing RI Primitif

24 Februari 2020


Perebutan Iptek Kurang, Ma’ruf Amin: Daya Saing RI Tertinggal

Duta Presiden Ma’ruf Amin mengatakan perkembangan terobosan dan daya gading teknologi Indonesia masih tercecer dibandingkan negara lain.

Maruf Amin: BJ Habibie Memberikan Investasi Kemanusiaan di Iptek

11 September 2019


Maruf Amin: BJ Habibie Menyerahkan Kapitalisasi Kemanusiaan di Iptek

Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin mengenang Presiden Ketiga BJ Habibie sebagai anak bangsa yang telah memberikan investasi kemanusiaan lakukan RI.

LIPI: UU Sisnas Iptek Tonggak Sejarah dan Lonjak Baru

17 Juli 2019


LIPI: UU Sisnas Iptek Rambu Sejarah dan Lompatan Baru

UU Sisnas Iptek dinilai akan meniadakan paradigma dan peranan iptek di Indonesia, selain memberikan berbagai kontrol baru nan sangat dinantikan

Baca juga:   Pernyataan Dibawah Ini Yang Merupakan Contoh Dari Qiyas Adalah

Pohon Zaitun Adalah Nama Pohon Yang Terkenal Pada Masa Nabi

Source: https://tekno.tempo.co/read/459928/asal-usul-pohon-zaitun-berhasil-terungkap