Home  »  Edukasi   »   Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Kamaa Rabbayani Saghira

Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Kamaa Rabbayani Saghira

By | 11 Agustus 2022

Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Kamaa Rabbayani Saghira.

Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma – Ayah bunda, ya mereka menjadi asbab adanya kita di dunia ini. Mereka pula lah makhluk nan merawat dan melindungi kita sejak kita kecil bahkan sampai sekarang dengan penuh hadiah dan sayang.

Sulit menimpali jasa mereka, oleh karena itu kita sebagai anak asuh sudah semestinya mengagungkan dan berbakti kepada mereka, hal ini pun sebenarnya sudah menjadi kewajiban kita.

Banyak cara bakal berbakti kepada mereka, salah satunya dengan senantiasa menzikirkan kebaikan kepada keduanya, baik selagi mereka masih hidup alias ketika sudah meninggal dunia.

Adapun takbir buat kedua orang lanjut umur yang sudah terlampau femiliar yakni
“Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghira”, lamun doa ini mana tahu sudah sangat sering kita dengar ataupun tambahan pula kita sendiri yang membacanya namun kita belum mengetahui apa arti dari wirid tersebut dan bagaimana tulisan arabnya.

Oleh karena itu, Yuksinau.co.id akan berbagi pengetahuan tentang tulisan arab, latin dan arti Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran. Refleks saja simak penjelasannya di radiks ini :


Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma

Tahmid berikut ini menjadi doa yang sangat disarankan bagi senantiasa dibaca atau dilafalkan untuk mendoakan kedua khalayak kita (ibu dan bapak) kita. Ratib ini berikut pun menjadi salah bukti bakti kita kepada keduanya, kendatipun lafadz do’a ini pendek.

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfir lī wa li wālidayya warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

“Illah, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua makhluk tuaku. Sayangilah keduanya sama dengan keduanya menyayangiku di waktu aku boncel.”


Tulisan Arab

/ Arabic Text

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً


Karangan Latin

Rabbighfirlī waliwālidayya warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Arti / Terjemahan

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua hamba allah tuaku. Sayangilah keduanya begitu juga keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Kumpulan Do’a Bagi Ayah bunda

Memanjatkan do’a yang diperuntukan kepada kedua orangtua memiliki keutamaan nan artinya sangat dinasihatkan maka dari itu Rasulullah SAW dan juga merupakan perintah Allah Subahanahu wa ta’ala yang terdaftar di n domestik Al-qur’an. Berikut ini do’a lakukan kedua orang tua yang lainnya yang ada di dalam Al-qur’an.

Baca juga:   Bernyanyi Secara Berkelompok Dengan Satu Suara Disebut

1.
QS Ibrahim Ayat 41

 رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Rabbighfirli wa li walidayya wa lil mu’minina yauma yaqumul hisabu

“Ya Allah kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan bersama-sama insan-orang muslim puas musim terjadinya hisab (hari yaumul akhir).”

2. QS Al-Isra’ Ayat 24

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Rabbirhamhuma kama rabbayani shaghira

“Duhai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, begitu juga mereka berdua telah menggembleng aku waktu katai.”

3. Do’a Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua cucu adam tuaku dari segala apa kesalahan seperti rok ceria yang asli dari kotoran. Dan gantilah palagan tinggalnya dengan kancah tinggal yang bertambah baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga nan lebih baik, bermula nan ditinggalkannya pula. Masukkanlah kedua anak adam tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Baca juga:   Sebutkan Contoh Kata Waktu Lampau Dalam Teks Anekdot

Apa Maslahat Menzikirkan Kedua Orang Lanjut usia?

Kemujaraban Zikir bakal Kedua Orang Bertongkat sendok Selain uang muka Surga bagi anak-anak asuh yang berbakti kepada khalayak tuanya, amalan doa untuk hamba allah tua juga memberikan banyak kekuatan lakukan momongan itu sendiri, yaitu:

1. Amalan yang mulia bagi anak

Jika mau mencapai polah yang luhur, seorang anak harus besar perut mewiridkan orang tuanya dalam kejadian apapun, karena berbakti dengan orang tua adalah ulah yang mulia.

2. Mendapat keridhaan Allah.

Dengan kita berbakti kepada mereka, tentunya mereka ridho atau gemar kepada kita sebagai anak, dengan demikian Yang mahakuasa SWT pun akan ridho kepada kita.

3. Diberi fasilitas oleh Almalik

Selalu berbakti kepada orang tua dengan mendoakan mereka n domestik situasi apapun, hal ini akan mengetanahkan kita dari berbagai kesulitab.

Meskipun Yang mahakuasa mengasihkan cobaan dalam bentuk kesulitan / kesusahan lega setiap orang pada strata yang berbeda-cedera, hanya momen kita menghambakan diri (berbakti) kepada turunan tua, Insya Allah kita akan diberi perkembangan / fasilitas intern mengahadapi hal tersebut.

Ambillah, demikianlah pembahasan kami akan halnya Arti Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Tulisan Aran dan Latin. Semoga signifikan, terima kasih telah berziarah.

Artikel Lainnya :

  • Tulisan Arab Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut
  • Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un
  • Goresan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil




Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Kamaa Rabbayani Saghira

Source: https://yuksinau.co.id/rabbighfirli-waliwalidayya-warhamhuma/