Ragam Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Menjanjikan

Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Cocok – Usaha ternak dianggap sebagai usaha dengan modal besar dan hanya beberapa gelintir orang saja yang mampu menjalankannya. Padahal jenis hewan yang bisa dibudidayakan sangat beragam. Bahkan bagi anda yang masih berstatus karyawan, membuka usaha ternak merupakan pilihan menarik untuk usaha sampingan. banyak contoh usaha ternak yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan. salah satunya ternak lele. Jenis ikan ini sangat diminati di pasaran dengan modal dan perawatan yang minim.

Sebelum memilih jenis hewan ternak yang sesuai anda wajib melakukan riset terlebih dulu agar jenis ternak yang anda pilih tepat. Permintaan pasar yang besar akan daging ikan, kambing, sapi dan ayam merupakan alasan mengapa usaha ternak kian menjanjikan. selain itu untuk komoditas non pangan seperti ternak burung hias atau kucing persia juga tak kalah menjanjikannya. Berikut berbagai contoh usaha ternak hewan yang cocok anda jalankan.

usaha budidaya ternak hewan yang menjanjikan » Ragam Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Menjanjikan

Berbagai Contoh Usaha Budidaya Ternak Hewan

  1. Ternak burung hias

Saat ini makin banyak orang yang menggemari burung sebagai hewan peliharaannya. Selain untuk kesenangan banyak burung yang sengaja dibudidayakan untuk dikompetisikan. Oleh karena itu beternak burung adalah ide menarik untuk dicoba. Usaha ternak hewan ini juga menjanjikan karena peminatnya makin besar dari waktu ke waktu serta harga burung hias per ekornya terbilang tinggi.

  1. Ternak ikan lele

Permintaan ikan lele kian meningkat. Terlebih makin banyak warung makan yang menyediakan lele sebagai menu utamanya. Selain itu budidayanya terbilang mudah dan tidak terlalu memerlukan banyak lahan. Ternak lele sangat cocok sebagai usaha sampingan. Memelihara lele terbilang mudah karena tidak terlalu memerlukan perawatan khusus serta mampu bertahan hidup di air keruh.

  1. Ternak Sapi

Permintaan daging sapi pun kian meningkat. Walaupun digempur dengan produk daging sapi impor namun sapi lokal tetap tak sepi peminat. Banyak yang mencari sapi sebagai binatang untuk qurban atau untuk acara-acara besar. harga sapi jauh lebih mahal dari kambing sehingga menjanjikan apabila diternakan. Namun untuk beternak sapi anda mesti memiliki modal serta ilmu yang memadai.

  1. Ternak Bebek

Bebek juga menjadi pilihan terbaik untuk binatang ternak anda. tidak hanya dagingnya saja namun telur bebek sangat digemari. Beternak bebek sangat tepat dilakukan di pedesaan yang kondisi lahannya masih memadai. Bebek bisa diternakan dengan sistem alami atau kandang. Hampir sama seperti ternak sapi anda mesti memiliki modal dan ilmu yang cukup ketika memutuskan untuk memilih ternak bebek.

  1. Ternak ayam

Ayam pedaging merupakan jenis hewan yang cepat tumbuh besar. oleh karena itu usaha ternak ayam terbilang menjanjikan karena perputaran modal lebih cepat. ayam broiler juga bisa diambil telurnya sama seperti bebek. Selain ayam broiler, anda bisa memilih jenis ayam lainnya seperti ayam arab, jawa, dll.

Demikianlah beberapa contoh bisnis budidaya ternak yang cocok untuk dipilih. Masing-masing memiliki keuntungan dan resikonya sendiri. bisa menjadi pertimbangan anda ketika hendak membuka usaha ternak nantinya.