Home  »  Edukasi   »   Rangkaian Listrik Yang Terdapat Pada Traffic Light Adalah

Rangkaian Listrik Yang Terdapat Pada Traffic Light Adalah

By | 11 Agustus 2022

Rangkaian Listrik Yang Terdapat Pada Traffic Light Adalah.

Seperti nan kita ketahui di negara kita, Indonesia adalah negara yang tersohor karena banyaknya jumlah penduduk di dalamnya. Keadaan ini tertumbuk pandangan mulai sejak padatnya penduduk serta banyaknya kendaraan yang bisa dilihat dimana saja di setiap daerah di Indonesia sehingga banyak juga terjadi kemacetan. Tentunya rangkaian lampu berma alias
Traffc Light Circuit Design Using IC NE555
ini nan yakni miniatur berbunga rangakaian bola lampu sangat lintas kudus yang bisa kita jumpai di persimpangan jalan menjadi pelecok satu solusi kemacetan yang terserah di Indonesia.

Koalisi sederhana lamp kolangkaling ini bisa menjadi dasar pembelajaran korespondensi elektronika yang mana pasca- kita mempelajari salah satu semenjak sekian banyakan rangkaian, otak kita mendapat butir-butir-infromasi baru sehingga munculah modifikasi-modifikasi plonco nan bisa menjadi inovasi baru ke depannya untuk mewujudkan Indonesia maju karena anak bangsa yang bermain aktif dalam menekuni bidangnya. Berikut adalah anju-langkah dalam pembuatan
Traffc Light Circuit Design Using IC NE555.
Semoga bermanfaat.

Step 1: Komponen

Buram di atas merupakan komponen-komponen yang digunakan. Berikut diantaranya :

  1. PCB 10 x 10 cm 1 biji zakar
  2. IC NE555 dan
    Socket
    IC 555 2 buah
  3. Resistor
  4. Kapasitor
  5. LED
  6. Pin Header
    1×1
  7. Battery kotak 9 Volt
  8. Clip
    Batterai

STEP 2 : Gambar Rangkaian

Gambar di atas yakni skematik yang dbuat dengan aplikasi
Eagle.

Gambar di atas adalah
layout
pada
board
nan akan tercetak puas PCB.

STEP 3: Simulasi

Gambar di atas yaitu pelecok satu nyala lampu lega rangkaian ketika dilakukan simulasi dengan ISIS Proteus.

Rang di atas yakni dengan menggunakan Fusion 360.

STEP 4: Hasil

Rencana di atas yakni hasil patri kaki komponen dengan kolek pada PCB.

Baca juga:   Di Tatar Sunda Pencak Silat Disebut Naon

Gambar di atas adalah hasil berpangkal seluruh rangkaian proses rangkaian dan pembuatan jalur PCB setakat selesai.

STEP 3 : Cara Kerja

Berikut ini adalah cara persaudaraan berkarya menggunakan dua biji zakar IC NE555 lakukan menjadi suatu set lampu tinggal lintas. Rangkaian ini bekerja secara Astable Multivibrator nan mempunyai arti enggak stabil dikarenakan kawin ini tidak punya peristiwa yang stabil alias berubah-ganti. Berpokok keadaan tersebut terjadi akibat dari pengisian dan pengosongan kapasitor  serta resistor seumpama pengadang nan mempengaruhi nyala led berma, kuning, dan plonco pada kontak ini.

Tentunya sebuah kekeluargaan Traffic Light ini butuh tegangan sumber atau power supply bagi menciptakan menjadikan bohlam menyala dengan tegangan berkisar 5-12 volt. Hal ini karena terletak pin IC yang mendapat 1/3 dan 2/3 Vcc. Arus mengalir berpokok tegangan 9 volt yang tehubung dengan pin 8 Ic ke dua. Ketika tegangan melewati IC purwa lewat sistem yang bekerja puas IC merupakan R-S flip-flop (Reset-Set) yang mana kapasitor dan resistor dolan dalam hal ini, LED berwarna berma menyala Karena output nan dikeluarkan adalah HIGH ataupun 1. LED merah memiliki periode on-off yang sekelas dan ketika dimatikan.

Kemudian IC 555 pertama menjadi penghubung dengan cara memasrahkan daya ke IC 555 kedua.  Ini menciptakan menjadikan LED baru menyala kemudian terjadi perlintasan peristiwa nan mana LED hijau menjadi mati. Pin output 3 dari 555 kedua menyalakan LED hijau dan kapasitor 100uF kedua menjadi 2/3 tegangan rel dan menyebabkan 555 mengubah status. Maka itu karena itu LED hijau mati dan LED asfar menyala. Kapasitor 100u kedua menginjak dikeluarkan, belaka kapasitor 100uF pertama sedang diisi melalui 100k ohm dan setelah itu LED mambang kuning tunu

Baca juga:   Bagaimana Perasaan Kalian Setelah Membaca Berita Tersebut Berikan Alasannya

Karena output dalam keadaan LOW atau 0 kemudian menyalakan LED asfar sebelum IC 555 perlintasan pertama membuat  LED kuning mati dan lagi lagi ke LED merah menyala. Maka itu karena itu, hal ini menyemangati LED bangkang dan mematikan IC 555 kedua. Kapasitor 100uF purwa mulai keluar melalui resistor 100k ohm dan akhirnya berubah status kerjakan memulai siklus sekali lagi.

IC 555 lain berkreasi secara bersamaan melainkan bergantian dengan pendirian memecahkan supply tegangan ke pin 8. Kaki 5 bukan dihubungkan dengan manapun karena tidak diperlukannya pembagi tarikan sebesar 2/3 vcc. Rahasia waktunya yakni siklus-periode nan strata dari 555 pertama karena 100k dan siklus ringkas karena 47k pada 555 kedua.

Pada rangkaian ini menggunakan IC NE 555 yang mana di dalamnya terdapat RS flip flop dengan
Clock
tentang fungsi
Clock
adalah untuk memblokir atau mengizinkan sinyal bagi masuk padan pin R (Reset) dan S (Set). Cara kerja RS flip-flop akan bekerja jika sinyal berlogika 1 dan jika 0 maka sreg pin R dan S akan di
disable
atau di blok. Terjadi beberapa kondisi apabila diberi tegangan sumber dengan gerbang logika 0 1 ataupun HIGH ataupun LOW yang juga mempengaruhi nyala LED.

Disusun oleh Dian Tri Utami (19/441155/SV/16507)

Rangkaian Listrik Yang Terdapat Pada Traffic Light Adalah

Source: https://otomasi.sv.ugm.ac.id/2019/12/25/traffic-light-circuit-design-using-ic-ne555/