Review Singkat tentang Robot Trading Autopilot

Robot trading autopilot telah banyak digunakan oleh para trader, khususnya mereka yang kesulitan menghadapi membagi waktu. Robot ini dapat stay selama 24 jam per 7 hari dalam memantau laju trading pada platform terintegrasi. Sistem yang didesain dengan menggunakan bahasa pemrograman ini bertujuan untuk memudahkan aktivitas trading agar lebih efektif. Berikut ulasannya secara lengkap.

Robot Trading Autopilot, Cara Kerja Hingga Kelebihan dan Kekurangan

Robot trading membantu para trader pemula untuk mengawasi laju trading yang kompleks. Robot ini telah dibekali kecerdasan buatan dalam wujud algoritma matematika yang mampu mengumpulkan data, menganalisis, serta mengambil kesimpulan berdasarkan informasi trading di sebuah platform.

penjelasan singkat robot trading autopilot » Review Singkat tentang Robot Trading Autopilot

Berikut fitur robot trading sekaligus kelebihan dan kekurangannya.

  1. Cara Kerja Robot Trading

Robot trading autopilot yang digunakan saat ini berbasis EA (Expert Advisor), yaitu sistem yang berupa indikator teknis beserta skrip khusus yang dapat menangkap sinyal trading kemudian bekerja sesuai sinyal yang ditangkap. EA ini telah terintegrasi dengan MT4 (MetaTrader 4) yang dikeluarkan oleh Meta Quotes, sehingga bahasa pemrogramannya pun MQL 4.

Pada saat developer dan trader bertemu di pasar trading, robot trading ini memindai grafik yang tertangkap melalui sinyal. Karena sebelumnya telah diprogram dengan indikator teknik yang spesifik, robot ini dapat mengenali peluang trading yang paling potensial. Selanjutnya, robot trading akan merekomendasikannya agar bisa direspon oleh trader.

Robot trading mempunyai keterbatasan dalam pengoperasiannya. Pertama, robot ini hanya dapat mengenali dan melakukan trading otomatis pada area yang terbatas. Hal ini dikarenakan robot hanya mengenali trading yang keuntungannya beberapa tipe saja. Kedua, robot ini bisa menghapus keuntungan jika terjadi fluktuasi, karena bertentangan dengan sistem algoritma yang telah diprogramkan.

  1. Otomatisasi pada Robot Trading

Robot trading autopilot diciptakan oleh programmer dengan mengembangkan software dari berbagai variabel. Otomatisasi pada robot trading cukup rumit, karena melibatkan bahasa pemrograman yang cukup kompleks. Apalagi ketika menginputkan algoritma sebagai inti pemrosesan, membutuhkan ketelitian dan konsentrasi tingkat tinggi.

  1. Kelebihan Robot Trading

Robot trading diciptakan untuk membantu para trader, khususnya trader pemula, dalam menjalankan trading secara otomatis dan lebih bebas. Robot bekerja sepanjang waktu untuk mengawasi, memantau, serta mencatat laju trading yang bisa jadi sangat berubah-ubah. Robot trading cocok digunakan ketika kondisi pasar sedang ramai dan dinamis.

Tools yang didesainkan pada robot trading juga telah mampu menjalankan pendekatan analitis dengan menggunakan basis data user. Namun itu semua hanya terbatas pada aspek teknis, karena pada dasarnya robot trading ibarat pencatat dan pengamat handal yang menganalisis dari informasi terpapar saja.

  1. Kekurangan Robot Trading

Di samping kelebihan, robot trading autopilot juga memiliki kekurangan. Bagaimanapun juga kecerdasan buatan tidak mampu mengalahkan kecerdasan manusia. Pada aspek tertentu, robot trading tidak mampu mengenali perintah yang diinputkan. Robot trading hanya bekerja jika data yang diterima dapat dikelola dengan algoritma dan indikator teknis.

Misalnya ketika terjadi situasi fluktuatif, robot trading akan langsung menghapus seluruh trading yang telah tersimpan sebelumnya. Hal ini dikarenakan sistem robot trading belum mampu menganalisis kompleksitas laju trading yang terjadi secara cepat dalam waktu singkat.

 

Sejatinya robot trading autopilot adalah program yang didesain secara khusus dengan menggunakan algoritma agar mampu menciptakan sinyal trading. Robot ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal yang didapat dari trading menuju trader. Meskipun secara prinsipal cara kerjanya mudah dipahami, pada pengaplikasiannya robot trading ini cukup rumit sehingga butuh keahlian untuk mengoperasikan.

Mungkin Anda Juga Suka