Sebutkan Kerugian Tolong Menolong Dalam Perbuatan Dosa Dan Permusuhan

By | 15 Agustus 2022

Sebutkan Kerugian Tolong Menolong Dalam Perbuatan Dosa Dan Permusuhan.

Manusia yang protokoler disebut ibarat makhluk sosial yang penting bahwa manusia tidak dapat roh sendiri untuk menunaikan janji kebutuhan hidupnya dan pasti akan membutuhkan bantuan insan lain. Oleh karena itulah, tercipta peran sikap tukar tolong menolong yang diperlukan buat dapat mendukung menjarakkan kesulitan bagasi hamba allah satu dengan yang lainnya.

Pada hakikatnya, orang adalah makhluk yang rengsa. Maka adv amat bukan pantas kalau seseorang mempunyai sifat merendahkan khalayak lain atau sombong karena merasa dirinya sendirilah yang paling hebat atau indah. Berikut ini penjelasan adapun ayat Al-Quran akan halnya tolong menolong antar umat insan.

1. Surat Al Maidah Ayat 2

Ayat Al-Quran tentang Tolong Menolong dan Penjelasannya
ilustrasi memberi pertolongan (pexels.com/Liza Summer)

وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

walā ta’āwanụ ‘alal-birri wat-taqwā wa lā ta’āwanụ ‘alal-iṡmi wal-‘udwāni wattaqullāh, innallāha syadīdul-‘iqāb

“Saling Menolonglah kamu kerumahtanggaan melakukan amal dan taqwa. Dan jangan silih menolong pada ragam yang dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Sang pencipta SWT. Sebenarnya siksaan Allh SWT sangatlah pedih.”

2. Tembusan Al Kahf Ayat 95

Ayat Al-Quran tentang Tolong Menolong dan Penjelasannya
ilustrasi anak meminta tolong (pixabay.com/HaiBaron)

قَالَ مَا مَكَّنِّيْ فِيْهِ رَبِّيْ خَيْرٌ فَاَعِيْنُوْنِيْ بِقُوَّةٍ اَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا

qāla mā makkannī fīhi rabbī khairun fan quwwatin aj’s baynakum wa bainahum radmā

“Dia (Zulkarnain) berujar, “Segala apa nan telah dianugerahkan Almalik kepadaku bertambah baik (daripada imbalanmu), maka bantulah aku dengan kekuatan, sebaiknya aku dapat membuatkan dinding pengadang antara kamu dan mereka.”

3. Surat Taha ayat 29-32

Ayat Al-Quran tentang Tolong Menolong dan Penjelasannya
Google

29. وَاجْعَلْ لِّيْ وَزِيْرًا مِّنْ اَهْلِيْ ۙ

waj’al lī wazīram min ahlī

dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku,

Baca juga:   Berikan Ulasan Bebas Tentang Pidato Ini Menurutmu

30.
هٰرُوْنَ اَخِى

hārụna akhī

(merupakan) Harun, saudaraku,

31.
اشْدُدْ بِهٖٓ اَزْرِيْ

usyd bihī azrī

teguhkanlah kekuatanku dengan (adanya) ia,

32.
وَاَشْرِكْهُ فِيْٓ اَمْرِيْ

wa asyrik-hu fī amrī

dan jadikanlah dia jodoh dalam urusanku,

4. Tembusan Al Qasas Ayat 34-35

Ayat Al-Quran tentang Tolong Menolong dan Penjelasannya
Pexels/Roman Carey

34.
وَاَخِيْ هٰرُوْنُ هُوَ اَفْصَحُ مِنِّيْ لِسَانًا فَاَرْسِلْهُ مَعِيَ رِدْءًا يُّصَدِّقُنِيْٓ ۖاِنِّيْٓ اَخَافُ اَنْ يُّكَذِّبُوْنِ

wa akhī hārụnu huwa afṣaḥu minnī lisānan fa arsil-hu ma’iya rid`ay yuṣaddiqunī innī akhāfu ay yukażżibụn

“Dan saudaraku Harun, beliau lebih fasih lidahnya daripada aku, maka utuslah engkau bersamaku bak pembantuku cak bagi menyungguhkan (perkataan)ku; sungguh, aku takut mereka akan mendustakanku.”

35.
قَالَ سَنَشُدُّ عَضُدَكَ بِاَخِيْكَ وَنَجْعَلُ لَكُمَا سُلْطٰنًا فَلَا يَصِلُوْنَ اِلَيْكُمَا ۛبِاٰيٰتِنَا ۛ اَنْتُمَا وَمَنِ اتَّبَعَكُمَا الْغٰلِبُوْنَ

qāla sanaswadi ‘aḍudaka biwa naj’a lakumā sulṭānan fa lā yaṣilụna ilaikumā bi`āyātinā, antumā wa manitoba akumal-gālibụn )

“Sira (Allah) berfirman, “Kami akan mengencangkan engkau (membantumu) dengan saudaramu, dan Kami berikan kepadamu berdua kekuasaan yang raksasa, maka mereka tidak akan dapat mencapaimu; (berangkatlah engkau berdua) dengan membawa mukjizat Kami, dia empat mata dan orang yang mengimak kamu nan akan menang.”


Baca Juga: 5 Keutamaan Menolong Orang Lain menurut Perbuatan nabi nabi muhammad, Lebih Disayang Halikuljabbar

5. Arsip Al Fath Ayat 29

Ayat Al-Quran tentang Tolong Menolong dan Penjelasannya
Pixabay/Anemone123

مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ مَعَهٗٓ اَشِدَّاۤءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاۤءُ بَيْنَهُمْ تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيْمَاهُمْ فِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ ۗذٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ ۖوَمَثَلُهُمْ فِى الْاِنْجِيْلِۚ كَزَرْعٍ اَخْرَجَ شَطْـَٔهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوٰى عَلٰى سُوْقِهٖ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيْظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗوَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنْهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا ࣖ

Baca juga:   Tentukan Volume Bola Jika Diketahui Keliling Bola 132 Cm

muḥammadur rasụlullāh, wallażīna ma’ahū asyiddā`u ‘alal-kuffāri ruḥamā`u bainahum tarāhum rukka’an sujjaday yabtagụna faḍlam minallāhi wa riḍwānan sīmāhum fī wujụhihim min aṡaris-sujụd, żālika maṡaluhum fit-taurāti wa maṡaluhum fil-injīl, kazar’in akhraja syaṭ`ahụ fa āzarahụ fastaglaẓa fastawā ‘alā sụqihī yu’jibuz-zurrā’a liyagīẓa bihimul-kuffār, wa’adallāhullażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti min-hum magfirat aw wa ajran ‘aẓīmā

“Muhammad adalah utusan Tuhan dan individu-orang yang bersama dengan dia beraksi keras terhadap bani adam-orang kafir, hanya berkasih sayang sesama mereka. Kamu mengaram mereka rukuk dan sujud mencari hidayah Allah dan ketulusan-Nya. Puas wajah mereka terbantah perlambang mantan sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-kebiasaan mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, ialah seperti mani nan mengecualikan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu ki menenangkan amarah hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menghampakan hati orang-makhluk kafir (dengan kekuatan cucu adam-hamba allah mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriktikad dan melakukan kebajikan di antara mereka, pembebasan dan pahala nan segara.”

Kesimpulan ayat

Ayat Al-Quran tentang Tolong Menolong dan Penjelasannya
https://www.google.com/The Economic Times

Dalam agama Islam sendiri, lewat ditekankan bikin senantiasa saling tolong menolong kepada siapapun itu. Menolong n domestik agama Islam kembali tidak memperdulikan agama, ras dan kaki apapun.

Rasulullah SAW telah banyak mencontohkan tentang bagaimana beliau menolong banyak insan tanpa melihat latar belakang hamba allah nan ditolong tersebut. Salah satu contohnya ialah ketika kebaikan Rasulullah SAW terhadap wanita buta Yahudi yang setiap harinya besar perut menghina Rasulullah.

Seandainya terhadap manusia-orang non-muslim kita teguh diperintahkan lakukan mengamalkan baik dan tolong menolong, Tentu cuma dengan tali pusar sesama muslim sendiri harus boleh makin ditekankan lagi.

Baca juga:   Berikut Ini Merupakan Cara Berpikir Sejarah Kecuali

Rasulullah SAW dalam beberapa haditsnya mengasihkan suatu pesan akan halnya bagaimana seharusnya persatuan dan kebersamaan sesama orang muslim itu dibangun dengan sikap tukar sokong menolong.

Dapat diibaratkan sebuah bangunan yang suatu komponen dengan suku cadang lainnya harus saling menguatkan. Atau ibarat suatu tubuh yang sekiranya salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh bodi juga akan merasakan sakit yang sama.

Oleh karena itu, semua ayat AL-Quran tersebut mengingatkan tentang pentingnya membangun dan mempunyai sikap saling sokong menolong.

Demikianlah pembahasan tentang ayat Al-Quran adapun sokong menolong dalam nyawa ini. Sepatutnya dengan mengetahui dan membacanya, dapat mengoptimalkan adat sokong menolong kita kepada siapa saja. Amin.

Sebutkan Kerugian Tolong Menolong Dalam Perbuatan Dosa Dan Permusuhan

Source: https://www.idntimes.com/life/inspiration/cynthia-nanda/ayat-al-quran-tentang-tolong-menolong-dan-penjelasannya