Sebutkan Sebuah Bukti Fisik Tentang Kejayaan Islam Di Turki

By | 11 Agustus 2022

Sebutkan Sebuah Bukti Fisik Tentang Kejayaan Islam Di Turki.

Berpokok Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia nonblok

Islam
adalah agama terbesar di Turki sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah menguasai Turki pada periode 1400-an pemeluk Islam di Turki semakin banyak. Saat ini sekitar 99,8% penghuni Turki ialah Mukmin, Galibnya Muslim di Turki adalah Sunni dengan 70-80%, sisanya adalah Alawiyyin dan Syiah dengan 20-30%.[1]
[2]
Cak semau sekali lagi pengikut Dua Belas Imam dengan 3%.[3]

Sejarah Islam di Turki

[sunting
|
sunting sumur]

Musim mulanya

[sunting
|
sunting sumur]

Plong awalnya wilayah Turki dikuasai makanya Kekaisaran Romawi Timur, sebuah kerajaan pada masa sediakala abad Kristen. Imperium Bizantium ini dikuasai oleh kerajaan Romawi selama sedikit lebih 4 abad.

Lega masa 395 Kekaisaran Romawi terpecah dua, Romawi Barat dan Romawi Timur. Kemudian di tangan imperium Romawi timur, Bizantium itu kemudian diubah namanya menjadi Konstantinopel dan dijadikan ibu daerah tingkat. Sebaliknya Romawi Barat kala itu jatuh ke kekuasaan barbar (Goth) sekeliling tahun 476 M.

Kemudian puas abad ke dua belas, wilayah Konstantinopel ini kemudian dikuasai oleh Kesultanan Utsmaniyah. Yang pada saat penaklukannya itu dipimpin oleh Muhammad al-Fatih. dan menurut memori puas periode raja inilah musim keemasan Kerajaan Turki Ottoman karena ditopang makanya rasa keyakinan Islam nan kental. Istanbul kemudian menjadi ibu kota Turki Usmani.

Era Utsmaniyah

[sunting
|
sunting mata air]

Pada musim 1453 saat Kesultanan Utsmaniyah mulai berkuasa di Turki, Selam makin dominan di Turki. Gereja-gereja di Turki nan merupakan peningalan Bizantium termuat Hagia Sophia banyak diubah menjadi masjid. Islam menjadi terlampau dominan setakat waktu 1920an.

Era Berbudaya

[sunting
|
sunting sumber]

Saat Kesultanan Utsmaniyah turun dan diteruskan oleh Republik Turki pada 1923, Islam menjadi tekor memanjang karena transisi Turki mulai sejak kesultanan menjadi negera sekuler.

Sekuritas lainnya adalah dimulainya pengusahaan Penanggalan Masehi seperti di negara-negara Barat ketimbang Penanggalan Hijriyah, dan penggunaan kata Tanrı tinimbang Yang mahakuasa. Kemudian Hagia Sophia nan diubah pun menjadi museum, pelarangan indoktrinasi agama Islam, dan pembatasan jumlah masjid.

Pada musim Reformasi Turki pada 1945, setelah peringanan kontrol ketatanegaraan absolut pada tahun 1946, banyak orang mulai menamai secara terbuka cak bagi kembali ke praktik keyakinan tradisional. Selama masa 1950-an, bahkan bos strategi tertentu merasa bijaksana untuk berintegrasi dalam advokasi para pemimpin agama buat meluhurkan agama. Para reintroduksi agama ke dalam kurikulum sekolah mengangkat masalah pendidikan jenjang agama. Para elit sekuler, nan mengarah tidak berkepastian para komandan agama tradisional, percaya bahwa Islam bisa “direformasi” jika pemimpin masa depan telah dilatih internal seminari nan dikontrol pemerintah. Untuk menciptakan menjadikan maksud ini, pemerintah pada tahun 1949 mendirikan sebuah fakultas keilahian di Institut Ankara buat melatih suhu Islam dan imam. Pada tahun 1951 pemerintah mendirikan Partai Demokrat sekolah medium khusus (imam hatip okulları) untuk pelatihan pater dan pendeta. Awalnya, sekolah
imam hatip
tumbuh sangat lambat, tetapi jumlah mereka berkembang pesat menjadi lebih semenjak 250 pada waktu 1970-an, ketika pro-Islam Organisasi politik Keselamatan Nasional berpartisipasi dalam pemerintahan koalisi. Setelah kudeta 1980, militer, lamun sekuler kerumahtanggaan penyesuaian, agama dilihat sebagai pendirian yang efektif untuk melawan ide-ide sosialis dan dengan demikian dasar pembangunan sembilan puluh
imam hatip
lebih sekolah panjang.

Selama tahun 1970-an dan 1980-an, Selam mengalami semacam rehabilitasi politik karena para pejabat sekuler kanan-tengah menganggap agama sebagai pertahanan potensi dalam perjuangan ideologis mereka dengan pemimpin sekuler kiri-tengah. Sebuah kerubungan advokasi kecil yang menjadi sangat berwibawa yaitu Hearth Cendekiawan, sebuah organisasi nan menyatakan bahwa budaya Turki benar merupakan sintesis tradisi Turki ‘pra-Islam dan Islam. Menurut Hearth, Islam enggak hanya yakni suatu aspek penting dari budaya Turki tetapi adalah kekuatan yang dapat diatur oleh negara untuk kontributif mensosialisasikan orang-basyar cak bagi menjadi patuh warga sekata cak bagi tatanan sekuler secara keseluruhan. Setelah kudeta militer 1980, banyak tawaran Hearth bagi restrukturisasi sekolah, perguruan tinggi, dan penyerantaan negara diadopsi. Hasilnya adalah pengumbahan berpangkal tulangtulangan-lembaga negara kian dari 2.000 intelektual dirasakan andai mengemban ide-ide kiri tidak sesuai dengan visi Hearth tentang kebudayaan nasional Turki.

Baca juga:   Kpk Dari 12 Dan 32 Adalah

Meskipun tarikah (istilah ini kadang-kadang dapat digunakan cak bagi mengacu plong setiap ‘kelompok atau sekte’ yang beberapa di antaranya bahkan mungkin enggak Muslim) sudah memainkan peran semen dalam kebangkitan agama Turki dan di pertengahan 1990-an masih berpangkal bilang negara yang paling beredar luas buku harian keagamaan dan inskripsi kabar, sebuah fenomena mentah,
İslamcı aydın
(intelektual Selam) yang enggak berafiliasi dengan perintah Sufi tradisional, muncul sejauh tahun 1980-an. Para perekam produktif dan tersohor sama dengan Ali Bulaç, Rasim Özdenören, dan İsmet Özel mencuil berpokok keterangan mereka tentang filsafat Barat, ilmu masyarakat Marxis, dan teori ketatanegaraan Islam radikal kerjakan berbuat advokasi perspektif Islam modern yang tidak ragu-ragu untuk menuding komplikasi masyarakat asli sementara itu secara bersamaan tetap setia kepada angka-nilai etika dan ukuran spiritual agama. Sarjana Selam mengupas keras para jauhari sekuler Turki, yang mereka salahkan karena mencoba berbuat di Turki apa yang dilakukan maka dari itu para intelektual Barat di Eropa: mewakili keduniaan materialisme, dalam varian kapitalis atau sosialis, untuk ponten-nilai agama.

Peran Turki n domestik Dunia Islam

[sunting
|
sunting mata air]

Turki adalah pembangun Organisasi Kerjasama Islam, lokasi markas besar organisasi Islam berada di Turki, diantaranya;
The Islamic Conference Youth Forum for Dialogue and Cooperation (ICYF-DC)
di Istanbul,
The Research Center for Islamic History, Art and Culture (IRCICA)
di Istanbul,
The Statistical, Economic and Social Research and Training Centre for Islamic Countries (SESRIC)
di Ankara.

Referensi

[sunting
|
sunting mata air]


  1. ^


    “Turkey”.
    CIA World Factbook. Diarsipkan dari varian tulus tanggal 2016-05-27. Diakses tanggal
    January 21,
    2008
    .





  2. ^


    “Salinan arsip”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-23. Diakses tanggal
    2010-07-08
    .





  3. ^


    “Salinan arsip”. Diarsipkan dari versi lugu sungkap 2011-01-10. Diakses tanggal
    2010-07-08
    .






Baca juga:   Hasil Tolakan Yang Benar Dalam Lomba Tolak Peluru Adalah

Sebutkan Sebuah Bukti Fisik Tentang Kejayaan Islam Di Turki

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Islam_di_Turki