Segera Daftar! Banpres Produktif Untuk Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Kembali Dibuka

Berita baik untuk beberapa pelaku usaha micro bahwasannnya pemerintahan lewat KEMENKOPUKM memberitahukan jika program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk pelaku usaha micro telah kembali diteruskan.

Banpres Produktif Untuk Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Kembali Dibuka

Ini Sebagai Bantuan tahap ketiga yang dijalankan oleh pemerintahan lewat Kementerian Koperasi dan UKM, yang mana Pemerintahan tentu saja ingin di periode sulit semacam ini, beberapa aktor usaha kecil, micro sampai menengah dapat bangkit kembali dalam menjaring usahanya sesudah memperoleh bantuan modal usaha ini.

Tetapi, ada perubahan peraturan Banpres Produktif untuk Pelaku usaha Micro (BPUM) tahun 2021 ini di mana keseluruhan besaran kontribusi modal usahanya berkurang jadi Rp 1,2 juta untuk tiap pelaku UMKM. Peraturan pengurangan nilai bantuan ini telah tercantum pada Ketentuan Menteri Koperasi dan UKM No.2/2021.

“BPUM diberikan dalam bentuk uang sejumlah Rp1.200.000,00 [satu juta dua ratus ribu rupiah] secara sekaligus untuk pelaku Usaha Mikro yang memenuhi kriteria tersebut,” tulis pasal 3 ayat (1) Permenkop UKM No 2/2021″

Cara Mengecek Penerima BPUM 2021

Untuk beberapa pelaku usaha micro yang telah ajukan permintaan untuk memperoleh bantuan modal usaha ini dapat memeriksa statusnya apakah namanya masuk kedaftar yang menerima BPUM dengan 2 langkah yakni dapat diakses lewat website https://eform.bri.co.id/bpum (khusus bank BRI) dan lewat BNI di http://banpresbpum.id.

Bila kamu menggunakan eform.bri.co.id, maka halaman web itu akan menampilkan data ektp apa sudah tercatat atau memang belum, Kalau sudah tercatat maka ada informasi untuk segera menghubungi kantor Bank BRI paling dekat dengan bawa syarat yang perlu diperlengkapi.

Bagaimana bila belum tercatat dan tidak pernah terima bantuan modal usaha BLT UMKM/BPUM dan ingin mengurus pengajuan sebagai calon yang menerima bantuan ini?

Baca juga:   Cara Membuat Presentasi Powerpoint Yang Baik

Pengajuan usulan baru calon penerima Banpres Produktif ini bisa langsung diajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UMKM kabupaten/kota masing-masing. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut.

Syarat Pengajuan BLT UMKM / BPUM 2021

Jika anda sebagai pelaku usaha dan ingin mengajukan diri sebagai calon penerima bantuan produktif untuk pelaku usaha mikro (BPUM) tahun 2021 wajib melengkapi persyaratan berikut ini :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki usaha mikro
  4. Bukan ASN, TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.
  6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Apabila pelaku usaha mikro telah memenuhi persyaratan, maka BLT UMKM ini diusulkan oleh pengusul Banpres produktif untuk usaha mikro, antara lain:

  • Dinas yang membidang koperasi dan UKM
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum
  • Kementerian atau Lembaga
  • Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK

Calon penerima BLT UMKM dapat melengkapi data usulan kepada pengusul dengan memenuhi persyaratan, antara lain:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nama dan indentitas Lengkap
  • Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon yang aktif dihubungi.

Demikian informasi Syarat Pengajuan BLT UMKM / BPUM 2021, Selamat Mencoba dan semoga bisa diterima sebagai penerima BPUM tahun 2021.

Pos terkait