Sekam Padi Yang Telah Dibakar Cocok Sebagai Media Tanam Karena

By | 9 Agustus 2022

JAKARTA, KOMPAS.com –
Media tanam sangat penting dalam pemeliharaan dan perawatan tanaman. Sebab, media tanam pun memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman semoga dapat teguh atma dan tumbuh.

Salah suatu media tanam yang dapat Sira gunakan untuk tanaman adalah sekam antah. Dikutip bersumber laman Cybex Departemen Pertanian RI, Jumat (3/12/2021), sekam plong adalah kulit padi setelah diambil bulir berasnya.

Sekam yaitu hasil sampingan dari jentera antah selain bekatul. Karena melembak, sering kali sekam gabah sampai dibuangkarena dianggap limbah, terutama di sentra pertanian.

Baca juga: Apa Nama Arang Sekam sebagai Wahana Tanam? Ini Penjelasannya

Seandainya dijual pun harganya murah. Biasanya, sekam diambil oleh pabrik alai-belai bata untuk dijadikan korban bakar.


SHUTTERSTOCK/JOHAN KUSUMA
Ilustrasi sekam antah yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana tanam.

Sekarang, sekam gabah banyak digunakan lakukan dijadikan wahana tanam. Sekam gabah n kepunyaan arti sebagai sarana tanam, antara enggak karena bentuknya yang seperti perahu dan n kepunyaan lambung, sehingga bernas menahan zat makanan bertambah lama.

Ada bilang kekuatan sekam padi misal media tanam, antara lain bak berikut.

1. Memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan porositas

Campurkan sekam pari bersama sarana tanam, terutama bikin pot atau polybag, maka tanah akan punya sifat berdebardebar dan poros.

Baca juga: Cara Menanam Tumbuhan Rias Memperalat Sarana Tanam Air

Dengan menunggangi sekam gabah laksana kendaraan tanam, akar pokok kayu bisa sangat banyak dan menjangkit ke berbagai arah. Ini karena tanah memiliki banyak sinus bagi perkembangan perakaran.

2. Penangkal kucing

Meong adalah salah satu satwa yang caruk mengganggu di huma atau halaman apartemen. Mereka bermain hingga buang air besar di sana.

Baca juga:   Pengambilan Suatu Resiko Bagi Seorang Wirausaha Dapat Dianggap Sebagai

Taburkan sekam pari agak baplang di atas kebun. Tutupi tanah dengan merata sehingga kelihatan seperti mulsa.

Meong tidak akan bermain dan beraktivitas pada tanah yang dilapisi sekam padi. Bentuk sekam yang tajam lain disukai meong.

Baca juga: Campuran Alat angkut Tanam yang Berbenda cak bagi Tanaman Hias

Ilustrasi sekam padi.
SHUTTERSTOCK/DORACLUB
Ilustrasi sekam padi.

3. Pencegah bekicot dan slug

Bekicot ialah pasangan tanaman muda, demikian juga slug. Slug adalah masih jenis bekicot juga, tapi ia tidak memiliki rumah.

Turunan orang besar perut mengiranya lintah, padahal bukan. Baik bekicot maupun slug menyerang di malam hari dengan memakan pohon tanaman akil balig.

Bagi memecahkan bidasan kedua wereng ini, taburkan sekam di sekeliling pohon. Perut mereka yang kepala dingin enggak akan sanggup melewati sekam padi yang tajam.

Akan doang, jangan lupa, bekicot dan slug juga bisa memanjat. Mereka bisa menuduh dari arah atas bila suka-suka jalannya.

Baca juga: Racikan Pupuk agar Tidak Perlu Sering Menggilir Media Tanam Aglonema

4. Ibarat mulsa dan memperindah kebun

Mulsa adalah lapisan pelindung lahan nan diletakkan di selingkung tumbuhan. Hidayah mulsa bermanfaat untuk menjaga kelembapan tanah, menyergap gulma, dan disukai oleh makhluk-turunan renik yang ada di dalam tanah.

Mulsa dapat dari pecah daluang harian, tanah daun, jerami, atau bahkan plastik. Penggunaan sekam gabah sebagai mulsa akan memberikan satu manfaat tambahan.

Huma ataupun tanaman di dalam pot akan kelihatan makin bersih, lebih segeh, dan lebih indah dipandang.

Ilustrasi sekam bakar sebagai media tanam.
SHUTTERSTOCK/SHANJAYA
Ilustrasi sekam bakar sebagai sarana tanam.

5. Dibakar untuk campuran ki alat tanam lainnya

Penggunaan sekam pari bisa kembali dibakar lebih dahulu sampai hangus setengahnya atau 50 persen atau gosong mumbung (seratus persen). kemudian digunakan andai campuran media tanam.

Baca juga:   Mengapa Desain Diperlukan Untuk Menghasilkan Sebuah Karya Kerajinan

Baca juga: Variasi Media Tanam Organik dan Anorganik Pengganti Tanah

Campurlah dengan kapling, dan kompos. Keuntungan menggunakan media tanam sekam bakar adalah sejati, inden, banyak unsur hara, dan ringan sehingga botol tanaman mudah mobilisasinya.

Beberapa fungsi sekam bakar antara lain sebagai berikut.

  • Kerjakan pengikat unsur unsur hara n domestik tanah, sehingga camar tersedia bikin tanaman.
  • Bakal memperbaiki tingkat keasaman tanah.
  • Kandungan silikanya boleh memperketat daun. Dalam uji coba, tanaman yang diberi sekam bakar lebih meleleh daun-daunnya.
  • Kandungan fosfatnya dapat memperketat pokok kayu dan mendorong perkembangan sel-lembaga pemasyarakatan tanaman.
  • Medan hidup yang bagus untuk mikroba signifikan

Baca pula: 3 Pilihan Media Tanam nan Bagus untuk Lidah Mertua

Adapun cara membuat sekam bakar ialah dengan meletakkan seng di atas api, kemudian letakkan sekam di atas seng. Aduk sejemang sampai mulai kelihatan kehitaman.

Seterusnya, angkat seng (jauhkan bermula api) simultan tetap diaduk-aduk. Lama-kelamaan sekam itu akan menghitam merata.

Kita juga dapat membentuk perabot pembakaran portabel berasal tin biskuit yang diberi tiang penghidupan. Kemudian sekam diletakkan di dalamnya dan dipanggang selincam sampai layak menghitam.

Sekam bakar siap bagi dijadikan wahana tanam.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://horizon.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sekam Padi Yang Telah Dibakar Cocok Sebagai Media Tanam Karena

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/03/075400076/catat-5-manfaat-sekam-padi-sebagai-media-tanam?page=all