Seni Kolase Berlawanan Sifatnya Dengan Seni

By | 13 Agustus 2022

Seni Kolase Berlawanan Sifatnya Dengan Seni.


Kertas kerja


KOLASE DAN Montase














DISUSUN OLEH:


Jenama ANGGOTA KELOMPOK  4/3F:


STKIP PGRI TULUNGAGUNG


Perkembangan Mayor Sujadi No.7 Tulungagung Telp./ Fax 0355-321426 Email:[email protected]/website: stkippgritulungagung.ac.id/Kode Pos 6622






Alas kata PENGANTAR

Assalamualikum Wr. Wb

Puji terima kasih kami panjatkan kehadirat Almalik SWT atas limpahan kasih, taufik dan inayah-Nya serta nikmat bugar sehingga penyusunan referat guna memenuhi tugas mata kuliah pendidikan Seni Rupa SD ini dapat selesai sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam penyusunan makalah ini tentunya kendala selalu mengiringi semata-mata atas bantuan, dorongan dan didikan bersumber orang tua, dosen pembimbing dan teman-padanan yang tidak boleh saya sebutkan satu persatu akibatnya semua hambatan dalam penyusunan makalah ini dapat teratasi.

Makalah ini kami susun dengan intensi bak manifesto serta bakal menambah wawasan khususnya mengenai Kolase dan Kolase. Adapun metode yang kami ambil intern penyusunan makalah ini adalah berdasarkan pengumpulan sendang deklarasi dari berbagai karya tulis dan kajian serta web-blog.

Sebaiknya makalah ini bisa mengasihkan kekuatan dan motivasi sekaligus menambah wawasan bikin saya pribadi khususnya dan bikin sidang pembaca. Tidak pangling juga kami mohon ampunan apabila dalam penyusunan kertas kerja ini terwalak kesalahan dalam keadaan penyusunan dan isi makalah maupun kosa kata yang boleh jadi enggak memenuhi patokan bahasa indonesia yang baik dan etis. Kami sebagai penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh semenjak kata sempurna dan buat itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi manfaat makalah kami.

Tulungagung,   Oktober 2015

Penyusun



BAB I


PENDAHULUAN

Kolase adalah komposisi berseni yang dibuat dari berbagai rupa bahan, sebagaimana jeluang, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan buram. Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi nan menggunakan majemuk macam paduan korban

Seni kolase berlawanan sifatnya denganseni lukis, pahat alias cetak dimana karya nan dihasilkan lain lagi memperlihatkan tulang beragangan asal material yang dipakai. Puasseni lukis, misalnya, darikanvastahir menjadi lukisan yang berwarna-warni. Dalam seni kolase tulang beragangan putih dari material yang digunakan harus konsisten terlihat. Jadi takdirnya menggunakan kerang-kerangan atau rincihan-racikan foto, material tersebut harus masih dapat dikenali tulang beragangan aslinya walau sudah lalu dirakit menjadi satu kesatuan.

Karya montase dihasilkan dari mengeposisikan beberapa gambar yang sudah makara dengan rancangan yang sudah jadi lainnya. Gambar kondominium pecah majalah kemudian dipotong yang hanya diambil rencana rumahnya saja kemudian ditempelkan puas permukaan pangan bentuk. Ini merupakan salah satu lengkap primitif dari karya montase.

Baca juga:   Daftarlah Penggunaan Kata Depan Pada Teks Deskripsi 1 Dan 2

Montase dua matra dianggap seperti karya lukisan karena materialnya terdiri dari gmbar-rencana yang sudah jadi hanya karena dipotong-potong habis dipadukan sehingga menjadi suatu kesatuan karya ilustrasi. Kolase disamping dibuat dua matra juga tiga dimensi, kolase tiga dimensi berbentuk setting.

1.

Segala apa hanya mangsa-bahan yang di perlukan untuk membuat kolase?

2.

Bagaimana cara takhlik Kolase?

3.

Apa saja sasaran-sasaran yang diperlukan kerjakan mewujudkan kolase?

4.

Bagaimana cara takhlik Montase?

1.

Untuk mengarifi incaran-objek nan di perlukan untuk membuat kolase.


2.

Bikin mencerna mandu membuat Kolase.Bagi mengetahui bahan-bulan-bulanan yang diperlukan bagi membuat kolase.


3.

Lakukan mengetahui cara takhlik Montase.



Portal II


PEMBAHASAN

Signifikasi kolase:


Seni lukis Kolase


yakni sebuah cabang dari seni rupa yang menutupi kegiatan berdempetan rincihan-rajangan kerdil berbagai spesies benda sebagai halnya potongan kertas, kain, gelas logam atau kain yang  direkatkan puas suatu latar sehingga membentuk sebuah desain atau rancangan tertentu.

Ada yang berpendapat bahwa, seni lukis kolase yakni kreasi permintaan yang di lakukan dengan menggabungkan



teknik melukis dan menempel



(sumanto). Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa Seni lukis kolase adalah


melukis dengan cara bersebelahan ataupun melekat

(Cak regu Bima Guru). Dengan kata bukan, kolase yaitu suatu karya seni rekat-merekat.

Privat seni lukis kolase rang polos berasal material yang digunakan harus kukuh terlihat, kaprikornus sekiranya memperalat kerang-kerangan atau potongan-potongan foto, benda jebolan, material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya walau sudah dirakit menjadi satu kesatuan.

Seni kolase bentrok sifatnya denganseni lukis, pahat alias cetak dimana karya yang dihasilkan tidak lagi menunjuk-nunjukkan bentuk dasar material yang dipakai. Padaseni lukis, misalnya, darikanvasputih menjadi lukisan yang berwarna-warni. Kerumahtanggaan seni kolase bentuk asli berusul material yang digunakan harus tetap terlihat. Jadi kalau menggunakan kerang-kerangan atau potongan-irisan foto, material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya walau sudah dirakit menjadi satu ketunggalan.

Korban dan alat yang diperlukan:

Kertas gambar, plano warna, kertas limbah, bahan pan-ji-panji, potongan karet, lem, pinsil, gunting, alias/dan cutter.

Baca juga:   Apakah Konduktor Itu Beri 5 Contoh Konduktor

Prosedur pengerjaan:

(a)

Buatlah rancangan/susuk yang akan tergarap dengan kolase plong kertas bentuk yang disediakan.

(b)

Jiplakkan bentuk/rancangan pada warna sesuai pilihan, potong/gunting secermat mungkin. Kemudian tempelkan bentuk/bagan tersebut menggunakan lem pada medan nan sudah dirancang tadi. Warna yang digunakan dapat diambil terbit daluang corak, potongan reja, limbah percetakan, limbah alam (daun, kulit pokok kayu dan sebagainya).

Karya Kolase (tempelan plano warna)

Pengertian Montase, menurut kamus besar Bahasa Indonesia, merupakan komposisi gambar-gambar  yang dihasilkan bersumber percampuran unsur berpokok sejumlah sendang.  Plong perkembangannya kolase yang semula terbatas pada karya dua matra masa ini telah merambah kepada karya tiga matra. Karya kolase ini juga kurang dikenal oleh landasan umum, karena lembaga karyanya masih mempunyai paralelisme dengan seni lukis, seni kriya, seni patung. Sehingga jenis karya ini dianggap bagaikan keseleo satu dari varietas karya tersebut.


Karya kolase dihasilkan dari mengeposisikan beberapa gambar yang sudah kaprikornus dengan gambar nan sudah jadi lainnya. Gambar kondominium dari majalah kemudian dipotong yang hanya diambil gambar rumahnya tetapi kemudian ditempelkan pada permukaan hutan tulang beragangan. Ini merupakan salah suatu contoh sederhana dari karya montase.


Kolase dua dimensi dianggap sebagai halnya karya lukisan karena materialnya terdiri berpunca gmbar-gambar yang sudah jadi sekadar karena dipotong-bacok lalu dipadukan sehingga menjadi satu wahdah karya ilustrasi. Kolase disamping dibuat dua dimensi kembali tiga matra, kolase tiga dimensi berbentuk setting.



Keefektifan Montase:



Sedangkan fungsi dari Montase, sebagai berikut:

1.

Fungsi praktis , yaitu fungsi pada benda sehari – waktu, karya tersebut boleh digunakan sebagai target dekorasi.

2.

Fungsi edukatif ,yakni dapat membantu mengembangkan sosi pikir, daya serap, emosi, estetika, dan daya kreasi

3.

Kemustajaban ekspresi, yaitu dengan menunggangi berbagai bahan dan tekstur dapat membantu melejitkan ekspresi.

4.

Fungsi psikhologis, yaitu dengan menumpahkan ide, emosi nan menimbulkan rasa puas dan kesenangan sehingga bisa mengurangi beban psikhologis.

5.

Keistimewaan sosial, merupakan dapat menyediakan lapangan pekerjaan dengan banyaknya karya yang dimiliki diharapkan bisa menciptakan lapangan jalan hidup dengan modal kreativitas.

Bahan dan perkakas yang diperlukan:

rancangan dari majalah/koran/almanak alumnus, alias reproduksi potret, gunting, cutter, lem.

Baca juga:   Hidup Sehat Adalah Suatu Cara Atau Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Memperhatikan

Prosedur pengerjaan:

1)

Potonglah susuk-bagan ataupun reproduksi potret dari majalah, poster, kalender atau lainnya mengikuti kontur gambar/potret tersebut. Gambar nan dipotong siapa sahaja bagian tertentu saja.

2)

Susunlah hasil guntingan tadi berdasarkan kreasi masing-masing, lega plano gambar nan sudah disediakan. Susunan gambar tadi akan menghasilkan suatu rangkaian bentuk nan baru, dan kadang-kadang aneh, lucu, dan fantastik. Penyusunannya menggunakan lem.

3)

Untuk memberikan kesan rencana yang artistik dan fantastik, bagan montase ini bisa dilengkapi dengan goresan spidol dandan, atau pulasan cat air pada bagian tertentu nan dianggap perlu.

Karya Montase (media: Daluang warna, kelender/majalah bekas, lem, gunting)


BAB III


PENUTUP

Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari majemuk alamat, sama dengan kertas, kain, gelas, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan plong permukaan buram. Kolase merupakan karya seni rupa dua matra yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Selama target tersebut dapat dipadukan dengan bahan bawah, akan menjadi karya seni montase yang bisa mengambil alih persaan estetis bani adam nan membuatnya.

Seni kolase berlawanan sifatnya denganseni lukis, pahat atau cetak dimana karya yang dihasilkan tak lagi memperlihatkan bentuk asal material yang dipakai. Padaseni lukis, misalnya, darikanvasputih menjadi lukisan yang berwarna-warna. Dalam seni montase gambar ceria dari material nan digunakan harus konsisten tertumbuk pandangan. Bintang sartan jika menggunakan kerang-kerangan alias racikan-potongan foto, material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya walau sudah lalu dirakit menjadi satu kesatuan.

Pengertian Montase, menurut kamus ki akbar Bahasa Indonesia, yaitu tata letak rencana-tulangtulangan  yang dihasilkan dari percampuran unsur dari bilang mata air.  Pada perkembangannya montase yang semula terbatas pada karya dua dimensi sekarang telah merambah kepada karya tiga dimensi. Karya montase ini lagi abnormal dikenal oleh kalangan umum, karena bentuk karyanya masih punya kemiripan dengan seni lukis, seni kriya, seni reca. Sehingga jenis karya ini dianggap sebagai keseleo suatu dari varietas karya tersebut.


Montase dua dimensi dianggap seperti karya lukisan karena materialnya terdiri dari gmbar-bentuk yang sudah makara sahaja karena dipotong-potong adv amat dipadukan sehingga menjadi satu ketunggalan karya ilustrasi. Montase disamping dibuat dua dimensi kembali tiga dimensi, montase tiga ukuran berbentuk setting.


DAFTAR PUSTAKA

Seni Kolase Berlawanan Sifatnya Dengan Seni

Source: https://aryapwidiyanto3f.blogspot.com/2015/11/makalah-kolase-dan-montase.html