Seni Rupa Bangsa Thailand Sangat Kuat Dipengaruhi Oleh Ajaran Agama

By | 9 Agustus 2022

Budaya merupakan satu prinsip hidup nan berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok anak adam dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya kembali merupakan putaran tak terpisahkan dari diri bani adam sehingga banyak cucu adam nan cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Dan setiap nnegara punya berbagai macam budaya dan mempunyai ciri khas tiap-tiap.

Salah satu negara Asia Tenggara nan mempunyai budaya turun-temurun dari karuhun mereka yakni negara Thailand. Berikut beberapa macam budaya Thailand yang menjadi ciri individual negara Gajah Tahir ini dan yang menghela perhatian para wisatawan melawat ke negara sana.

1. Menganut pendamping atau agama secara kental

5 Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu sebelum Berkunjung
kyotoreview.org

Mayoritas agama di Thailand adalah agama Theravada Buddha dengan minoritas dari Mukmin, Serani, dan agama lainnya. Buddhisme di Thailand sangat dipengaruhi oleh kepercayaan tradisional mengenai roh leluhur dan atma alam.

Hal mistis namun unik nan dapat dijumpai di tempat-gelanggang publik dan di jalan-perkembangan Thailand yaitu rumah-rumah kayu miniatur yang dimaksudkan sebagai tempat roh flat jenjang arwah. Apartemen miniatur ini diberikan ufti perut dan minuman bikin mewujudkan roh-roh senang sebab menurut keyakinan mereka jika para roh tidak bahagia, maka para roh dapat mengakibatkan vitalitas mereka terganggu.

2. Kali besar atau ucapan penyambutan

5 Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu sebelum Berkunjung
kohsamuisunset.com

Ucapan penyambutan di Thailand yaitu isyarat yang disebut
‘’Wai’’  nan gerakannya mirip dengan gerakan berdoa (kedua belah tangan ditangkupkan).

Ada dua jenis
wai
yang biasa dipraktikan, pertama wai
nan dilakukan dengan menangkupkan kedua jejak kaki tangan di depan dada dan kepala sedikit merunduk ke depan, lalu diikuti ucapan selamat menclok, terima karunia, ataupun ucapan magfirah.
Wai
jenis mula-mula ini dilakukan sebagai rasa hormat kepada individu yang lebih senior, kepada atasan, dan kepada hamba allah-individu nan berstatus lebih tangga.

Baca juga:   Lirik Lagu What is Love Twice

Wai
yang kedua dilakukan dengan menangkupkan kedua bekas kaki tangan kemudian tempelkan kedua ujung ibu tangan di jidat tepat di antara titik sua alis di atas hidung, diikuti dengan bungkukkan badan.

Wai
jenis ini tidak diikuti dengan bacot apapun baik cak dapat kasih, selamat datang, ataupun abolisi.
Wai
variasi kedua ini hanya ditujukan kepada rahib Buddha.


Baca Kembali: 10 Tempat Tamasya Gratis di Thailand yang Instagramable

3. Kaki Thailand

5 Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu sebelum Berkunjung
Instagram.com/bikinghobo

Suku Karen maupun Kayin adalah suku di Thailand yang bermukim di provinsi Mae Hong Son di wana pedalaman. Suku ini n kepunyaan pagar adat unik sebab mereka mengalungkan cincin kawat kuningan yang dililit di gala dan membuat leher mereka menjadi tinggi.

Mereka silam mempercayai bahwa para wanita suku ini adalah anak cucu berpokok ceceh phoenix yang berleher hierarki, maka karena pemahaman mitos tersebut mereka memanjangkan gala agar seperti penis phoenix.

Suku Karen juga memercayai bahwa semakin banyak kalung yang dililit dileher mereka akan semakin menambah kecantikannya. Sebenarnya suku ini berasal pecah Tibet yang kemudian menyebar ke Myanmar dan ke Thailand.

4. Aturan pernikahan Thailand

5 Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu sebelum Berkunjung
his-travel.co.id

Prosesi akad nikah menurut budaya Thailand lagi boleh dikatakan eksklusif, prosesinya sesuai ajaran dalam agama mayoritas di negara ini. Salah satunya pasangan pengantin akan mengalungkan sangkutan rente yang keduanya silih terhubung di kepala masing-masing mempelai.

Hal tunggal lainnya ialah jeda masa tunangan dengan prosesi ijab kabul berlangsung sangat cepat, cuma berselang sejumlah jam dari prosesi pertunangan. Jika pertunangan dilakukan di pagi hari, maka pada malam harinya akan dilangsungkan pesta ijab kabul.

5. Thailand memiliki bervariasi perayaan atau festival

5 Ciri Khas Budaya Thailand yang Wajib Kamu Tahu sebelum Berkunjung
tamasya.com

Baca juga:   Negara Kesatuan Republik Indonesia Menganut Asas Desentralisasi

Thailand memiliki beberapa festival yang tersendiri lebih-lebih menyentak manah dunia sehingga menggandeng banyak wisatawan yang ingin berkunjung pada saat perayaan di negara ini. Di antaranya yakni
Festival Songkran
yang yakni perayaan menyambut waktu mentah tradisional Thailand. Pelecok satu kegiatan kerumahtanggaan festival ini mengumpulkan semua orang dalam kegiatan perang air bahkan festival ini menjadi festival air terbesar di marcapada.

Perayaan lainnya
Loy Krathong Festival.
Leluri pada festival ini ialah setiap penghuni membentuk
Krathong
(kerangjang hias) yang terbuat berpunca daun pisang dengan dihiasi lilin dan rente-bunga cegak kemudian
Krathong
dihanyutkan di sungai, kolam alias di tasik.

Masih ada perayaan lainnya seperti
Kin Jay Festival
yang dilakukan makanya penduduk local etnis China sehingga jika mau libur ke negara ini, suka-suka baiknya datang disaat perayaan mereka.

Itulah 5 ciri individual budaya Thailand nan wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke negara ini. Unik dan penuh dengan nuansa tradiosional ya!


Baca Pula: 10 Bahasa Thailand nan Sering Kamu Ucapkan, Hayo Ngaku!

IDN Times Community ialah media nan menyenggangkan platform bikin menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya bahara jawab dari penulis.

Seni Rupa Bangsa Thailand Sangat Kuat Dipengaruhi Oleh Ajaran Agama

Source: https://www.idntimes.com/travel/journal/hardiana/5-ciri-khas-budaya-thailand-c1c2