Sewa Dibayar Dimuka Termasuk Golongan Akun

By | 12 Agustus 2022

Sewa Dibayar Dimuka Termasuk Golongan Akun.

Sobat Zenius yang mau jadi pengusaha mana suaranya? Banyak juga, ya! Kalian asing lazim~ Di kata sandang ini gue mau ngajak elo berandai-andai tentang gerakan dan konsep dasar dari akuntansi, yaitu persamaan sumber akar akuntansi dan pengklasifikasian akun. Emang ada hubungannya? Nah, yuk kita lanjut!

Persamaan Pangkal Akuntansi

Sobat Zenius, coba bayangkan ada seseorang bernama Andrew yang kepingin membuka gerakan jual mainan. Andrew memiliki modal berupa tip sebesar Rp2 juta, terus Andrew pinjam uang ke Bank Mamapapa sebesar 10 miliun. Selain itu, Andrew mutakadim punya kereta kuda mainan dan mutakadim mengupah sewa tempat mangkal sepanjang satu perian.

Dari penjelasan di atas, kita adv pernah berapa kuantitas uang dan produk yang mendukung usaha Andrew untuk kini. Tapi, nan namanya usaha, keadaan itu pasti akan berubah mulai sejak waktu ke perian. Lalu, gimana pendirian Andrew bagi selalu tahu kekayaan, utang, dan modal nan ia punya? Nah, caranya merupakan dengan menunggangi
persamaan asal akuntansi.

Kemiripan dasar akuntansi merupakan persamaan ataupun perincian buat memproyeksikan khasanah, ketinggalan, dan modal yang dimiliki maka dari itu suatu perusahaan. Tulangtulangan persamaannya serupa ini…

Persamaan Bawah Akuntansi (Pertinggal Zenius)

Gitu aja? Yes, gitu aja. Pokoknya sebelah kidal harus setinggi atau
balance
dengan sebelah kanan, sebagai halnya neraca. Oh iya, makanya dalam laporan finansial propaganda, pertepatan dasar akuntansi ini juga disebut publikasi posisi keuangan maupun neraca.

Ngomong-ngomong, memang apa pentingnya bakal Andrew kerjakan menunggangi persamaan ini? Sama dengan nan tadi udah gue jelasin di awal, cak agar Andrew senggang aset, harta, atau uang yang anda punya di usaha itu asalnya pecah mana. Bisa aja kan kesannya uang dan harta di usaha dia banyak banget, tapi ternyata itu semua asalnya mulai sejak utang.

Nah, seandainya Andrew udah tahu bawah seluruh harta yang dia punya, tentu Andrew jadi bisa
cekut strategi dan keputusan terkait usaha
ia sekarang.

Baca Juga:
Radiks-Dasar Akuntansi

Penggolongan Akun

Oke, kita sudah sempat komponen persamaan dasar akuntansi. Tapi, tapi, tapi transaksi di usaha Andrew ada banyak banget!

Andrew tahu diutangin sama peminta yang lupa bawa kocek. Pernah juga Andrew buka PO mainan impor dan pembelinya diminta bayar DP setengah harga. Hari orderan lagi banyak, Andrew juga pernah
hire freelance
dan momongan magang. Gimana cara menghitung dan mengecualikan semua transaksi itu? Sudahlah, berharga ini saatnya Andrew, gue, dan elo untuk memahami akun-akun privat akuntansi.

Baca juga:   Berikut Alat Yang Tidak Digunakan Untuk Pengolahan Tanah Adalah

Akun itu apa? Akun adalah istilah buat memperkirakan suatu transaksi keuangan n domestik perusahaan dan saldonya. Seluruh transaksi nan terjadi dalam propaganda Andrew tadi disebut akun, guys. Terimalah, akun ada dua macam, yaitu
akun faktual
dan
akun nominal. Silakan, mari kita selidik bedanya satu per satu.

Akun Maujud

Akun riil ialah akun-akun yang menjadi
komponen penyusun laporan proporsi. Masih ingat, kan, komponennya apa aja tadi? Bermoral! Ada
harta,
tunggakan, dan
modal. Sekarang, coba kita bedah suatu-satu, ya, ketiga golongan ini.

Harta (Assets)

Harta itu nggak semata-mata tip, loh, boleh sekali lagi kesehatan dan mileu yang nggak toxic.

Nggak salah, guys, tapi beda konteks hehehe. Sebenarnya, kata-kata di sediakala tadi mutakadim sesuai dengan definisi harta, yakni harta dalam usaha nggak sahaja berbentuk uang, tapi pula mesin produksi, alat-alat kerja, ki alat, gelanggang berjualan, justru gerobak Andrew nan menginjak lapuk itu.

Jadi, kalau disimpulkan
harta adalah seluruh aset berupa objek maupun non-mangsa nan bernilai persen dan berguna untuk perusahaan.
Harta ini masih bisa dibagi sekali lagi menjadi
harta lancar dan harta tunak.

Harta Lancar (Current Assets)

Harta lancar adalah harta yang dengan mudah dan cepat dikonversi menjadi uang jasa, atau sering juga disebut likuiditas tinggi. Contoh akun yang termaktub harta lampias:

  • Kas (cash)

Harta yang konkret uang dan jeluang berfaedah yang sifatnya sekelas sama dengan persen.

  • Tagihan
    (account receivable)

Kalau ada orang yang berutang separas kita, disebutnya piutang.

  • Persediaan & perlengkapan
    (supplies & inventory)

Persediaan itu contohnya mainan-mainan yang siap dijual Andrew, sedangkan organ itu produk-komoditas penunjang yang sifatnya cepat habis terpakai, misalnya dompet belanja.

  • … dibayar di muka
    (prepaid expenses)

Titik-tutul di atas boleh diganti variasi-jenis, misalnya asuransi ataupun carter ajang seperti yang dilakukan Andrew.

Macam-macam harta dalam usaha
Beraneka macam harta dalam usaha (Piagam Zenius

Harta Taat (Fixed Assets)

N antipoda semenjak harta lancar, harta taat adalah harta nan pelik dan membutuhkan waktu lama untuk dikonversi menjadi uang karena nilainya yang bertambah jenjang. Contohnya adalah mesin atau peralatan (equipment), alat angkut (vehicle), konstruksi (plant), dan tanah (land).

Tunggakan (Liability)

Selanjutnya, kita ikut golongan nan kedua, yaitu utang.

Utang yaitu muatan yang harus dibayar maka dari itu perusahaan. Utang juga dibedakan menjadi dua, yakni tunggakan jangka ringkas dan utang jangka panjang. Letak perbedaannya hanya di paser perian pelunasannya, kok, guys! Utang paser pendek kudu
dibayar dalam paser musim rendah dari setahun
dan utang jangka panjang dibayar
kerumahtanggaan paser waktu bertambah berasal satu waktu.

Terus, pola utang jangka ringkas (current liability) segala saja?

  • Utang usaha
Baca juga:   Siapakah Yang Harus Merawat Taman Kota

Misalnya Andrew dikirimi barang sama pemasok tapi Andrew belum bayar. Dagangan-dagangan ini tentu makara ketinggalan yang harus taajul dibayar Andrew.

  • Ketinggalan bank nan harus dibayar sebelum setahun
  • Beban yang belum dibayar

Contohnya anak magang dan
freelance
yang udah kerja dan yunior akan dibayar akhir bulan setimbang Andrew.

  • …dituruti di muka

Kalau ini, contohnya perian Andrew mengadakan PO dan pembelinya diminta cak bagi bayar sebelum barangnya ada.

Kalau transendental utang jangka panjang (long term liability)

  • Surat ketinggalan atau obligasi
  • Utang hipotek

Misalnya Andrew gadai rumah ke bank untuk berutang, hari cicilannya tentu makin dari setahun. Ketinggalan ini lagi timbrung ke intern utang paser panjang.

Modal (Equity)

Yang terakhir dari akun riil adalah modal. Modal adalah harta nan disetorkan kepada usaha, cak agar usaha boleh berjalan. Modal ini asalnya bisa semenjak Andrew dan bersumber pihak luar, seperti Bank Mamapapa tadi. Nah, modal ini nantinya juga bisa ditarik sekali lagi oleh pihak-pihak yang mendukung usaha ini.

Baca Lagi:
Mengenal Satah-Bidang Akuntansi

Akun Nominal

Bedanya akun nyata dengan akun nominal apa, sih? Akun nominal merupakan akun-akun yang menjadi
suku cadang penyusunan laporan laba/rugi. Lah terus, urusannya setimbang akun nyata dan amanat neraca yang dari tadi kita periksa apa?

Bintang sartan, laporan proporsi yang kita pelajari mula-mula tadi itu dibuat secara terus-menerus, guys. Dari awal Andrew buka operasi, kemudian berlanjut setakat hari-tahun berikutnya, kendati Andrew cinta sempat posisi harta nan dia punya.

Padahal, butir-butir laba/rugi ini sifatnya ajek atau akan di-reset setiap musim periodik, misalnya setiap satu periode sekali. Bintang sartan, setiap awal periode Andrew akan menginjak lagi berusul awal bakal membentuk laporan laba/rugi. Lalu, hasil pemberitaan ini di ke manain? Tentunya dimasukkan ke dalam pesiaran rasio yang berkelanjutan tadi. Gitu.

Penggolongan Akun-Akun dalam Persamaan Dasar Akuntansi - Materi Ekonomi Kelas 12 26
Warta Perimbangan & Laporan Laba/Rugi (Arsip Zenius)

Oke, kita
move on, ya! Jadi, akun apa saja nan tertulis intern akun nominal? Terserah dua, ialah pendapatan dan beban.

Pendapatan (Revenue)

Pendapatan ialah penghasilan perusahaan dari penjualan jasa dan produk, serta penghasilan di luar penjualan. Contohnya, firma berbuat pendanaan di medan tak.

Baca juga:   Tema 7 Kelas 2 Halaman 104

Beban (Expense)

Muatan adalah biaya-biaya yang dikeluarkan bikin menjalankan usaha. Misalnya, biaya listrik, telepon & internet, gaji, sewa bangunan, serta perawatan peralatan.

Baca Juga:
Tahap Pelaporan Laba Rugi, Neraca, dan Perubahan Modal n domestik Akuntansi

Sobat Zenius, kita tadi sudah lalu membiasakan tentang persamaan dasar akuntansi dan akun-akun internal akuntansi. Meski makin paham, coba baca contoh soal & penjelasannya, yuk!

Abstrak Soal Paralelisme Sumber akar Akuntansi & Penggolongan Akun

Paradigma Soal 1

Sebutkan nama akun privat akuntansi dan penjelasannya!

Pembahasan:

Sebagai halnya yang sudah lalu kita pelajari, suka-suka dua akun dalam akuntansi, yaitu akun berwujud dan akun nominal. Akun aktual yakni akun-akun komponen penyusun laporan neraca, sedangkan akun nominal merupakan akun-akun komponen penyusun kabar laba/rugi.

Ideal Soal 2

Golongan akun nan dicatat di dalam rasio saldo adalah…

a. akun riil

b. akun nominal

c. akun substansial & akun nominal

d. akun riil & akun nominal yang mempunyai saldo

Pembahasan:

Neraca saldo (trial balance) yakni daftar nan berisi seluruh jenis akun (riil & nominal) yang memiliki saldo & saldo besaran semenjak setiap akun yang disusun secara sistematis. Makanya karena itu, jawaban yang paling tepat adalah jawaban d.

Model Soal 3

Sewa dibayar di muka termasuk golongan…

a. akun konkret

b. akun nominal

c. akun beban

d. akun pendapatan

Pembahasan

Carter dibayar di paras tertulis ke privat harta. Harta tercatat akun konkret, maka jawaban nan paling tepat adalah a.

Contoh Tanya 4

Akun berikut yang termuat golongan ketinggalan lancar ialah …

a. tunggakan obligasi

b. utang hipotek

c. tunggakan kampanye

d. ketinggalan bank dengan cicilan di atas 2 tahun

Pembahasan:

Ketinggalan lancar juga sering disebut sebagai utang jangka pendek, alias ketinggalan yang harus dilunasi dalam kurun tahun kurang berbunga satu tahun. Sortiran a dan b yaitu bentuk ketinggalan paser panjang, dan jawaban nan minimal tepat yakni c.

Sobat Zenius! Itu tadi pembahasan singkat mengenai persamaan dasar akuntansi dan penggolongan akun. Kalo elo kepingin belajar lebih jauh akan halnya materi ini lampau pembahasan video dari Zen Tutor, klik rajah di dasar ini ya!

Elo bisa mempelajari materi-materi lain akan halnya akuntansi dan ekonomi dengan nonton video-video materi Zenius. Setelah itu, jangan tengung-tenging untuk akses soal-soalnya.

Penggolongan Akun-Akun dalam Persamaan Dasar Akuntansi - Materi Ekonomi Kelas 12 27

Sebatas temu di artikel selanjutnya!

Sewa Dibayar Dimuka Termasuk Golongan Akun

Source: https://www.zenius.net/blog/penggolongan-akun-dalam-akuntansi