Surat Al a Raf Ayat 206

By | 9 Agustus 2022

Daftar Isi > Al-A’raf > Al-A’raf 206

Surat Al-A’raf Ayat 206




إِنَّ ٱلَّذِينَ عِندَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِۦ وَيُسَبِّحُونَهُۥ وَلَهُۥ يَسْجُدُونَ ۩

Arab-Latin:
Innallażīna ‘inda rabbika lā yastakbirụna ‘an ‘ibādatihī wa yusabbiḥụnahụ wa lahụ yasjudụn

Artinya:
Selayaknya malaikat-malaikat nan cak semau di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Yang mahakuasa dan mereka mentasbihkan-Nya dan sekadar kepada-Nya-lah mereka bersujud.

« Al-A’raf 205 ✵ Al-Anfal 1 »

Gratis!
Dapatkan pahala jariyah dan gerendel Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Dokumen Al-A’raf Ayat 206 (Terjemah Kemujaraban)

Alinea di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 206 dengan text arab, latin dan artinya. Tersedia keberagaman penjabaran dari beragam mufassir berkaitan makna salinan Al-A’raf ayat 206, misalnya sebagaimana termaktub:



Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya malaikat-malaikat nan ada di sebelah tuhanmu lain sombong lakukan beribadah kepada Tuhan. Bahkan mereka tunduk konstan terhadap perintah-perintahNya, dan bertasbih kepadaNya di lilin lebah dan siang waktu, dan menyucikanNya dari segala hal yang tidak pantas bagiNya. Dan sahaja kepadaNya yang bukan ada perseroan bagiNya, mereka itu bersujud.




Kata tambahan Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di radiks penapisan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Pater Masjidil Liar)

206. Para Malaikat yang ada di arah Rabbmu wahai Rasul tidak canggung bagi beribadah kepada Allah -Subḥānahu-. Malar-malar mereka senantiasa tunduk dan tetap kepada-Nya tanpa henti. Mereka terus menyucikan-Nya berpokok segala sesuatu yang tidak pantas bagi-Nya siang dan malam. Dan hanya kepada-Nya mereka bersujud.




Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim al-Qur’an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur’an Institut Selam Madinah

206. Kemudian Allah menyebutkan sesuatu nan dapat menguatkan dorongan untuk melakukan dzikir, yakni dengan memuji para malaikat yang senantiasa berdzikir siang dan malam tanpa lelah. Para malaikat yang terserah di arah Sang pencipta itu enggak berat siku menyembah-Nya, bahkan mereka menjalankan segala yang diperintahkan dengan munjung ketaatan dan ketundukan, menyucikan-Nya berusul barang apa yang tidak patut bagi-Nya, dan menunggalkan-Nya dengan munjung ketundukan, nan gambarkan dalam sujud bagi-Nya Semata.

Baca juga:   Kubus Abcdefgh Mempunyai Panjang Rusuk 2 Satuan


Prodeo!
Dapatkan pahala jariyah dan kiat Perkembangan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya



Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

206. إِنَّ الَّذِينَ عِندَ رَبِّكَ (Sesungguhnya malaikat-malaikat yang suka-suka di sebelah Tuhanmu)
Yang dimaksud adalah para malaikat.

وَيُسَبِّحُونَهُۥ (dan mereka mentasbihkan-Nya)
Yang mengagungkan dan mensucikan-Nya dari segala apa keburukan.

وَلَهُۥ يَسْجُدُونَ (dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud)
Yakni menonjolkan-Nya dengan ibadah sungkem yang merupakan ibadah yang minimal mulia.




Kata keterangan Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan kata keterangan negeri Suriah

206 Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa muluk lakukan menyembah Almalik dan mereka mentasbihkan-Nya dari segala apa nan bukan sesuai dengan-Nya, dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud dan beribadah, maka kalian akan menjadi sebagai halnya mereka.




Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah polong Abdul Aziz al-‘Awaji, professor kata keterangan Univ Selam Madinah

Sesungguhnya yang suka-suka di sisi Tuhanmu} sesungguhnya para malaikat nan dekat dengan Tuhanmu {enggak menyombongkan diri dari ibadah kepadaNya dan mereka menyucikanNya} menyucikanNya berpangkal barang apa sesuatu yang tak pantas padaNya {Belaka kepadaNya mereka bersujud}


Cuma-cuma!
Dapatkan pahala jariyah dan kiat Jalan Perut Berpunya, klik di sini bikin detailnya



Tafsir as-Sa’di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, pakar tafsir abad 14 H

206 kemudian Allah menyebutkan bahwa Dia mempunyai hamba hamba yang besar perut beribadah kepadaNya dan melayaniNya merupakan para malaikat. ketahuilah bahwa Allah tidak ingin memperkaya diri dengan ibadahmu karena kefakiran dan pula tidak memuliakan diri dari kerendahan. Akan saja Kamu ingin memberimu kemujaraban dan agar kamu membujur dengan keberuntungan yang menggelapkan ganda atas apa nan beliau bakal. Anda berfirman ”sesungguhnya malaikat malaikat yang ada di sisi Rabbmu” para malaikat yang dekat dan para pengusung arasy yang setia ”tidaklah merasa malas menyembah Halikuljabbar“ lebih-lebih mereka menundukan diri kepadaNya dan menaati apa perintah Rabb mereka. ”dan mereka mentasbihkanNya” di siang dan malam hari tiada henti. ”dan tetapi kepadaNyalah” satu-satunya tanpa sekutu bagiNya ”mereka bersujud” maka semoga para hamba meneladani para malaikat yang mulia itu kiranya mereka menyembah Maha Raja yang maha mengarifi secara terus menerus.

Baca juga:   Bermain Musik Secara Ansambel Memerlukan Kerjasama Dan




Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 206: Kerumahtanggaan ayat ini, Sang pencipta menjernihkan bahwa Dia punya hamba-hamba yang senantiasa beribadah dan setia kepada-Nya. Mereka itu adalah para malaikat, manusia yang makin perkasa dari kita, agar kita mencerna bahwa Engkau (Allah) mau memberikan faedah bagi kita, memberikan laba dan keuntungan yang berlapis ganda.

Seperti malaikat nan didekatkan dengan Allah, malaikat pemikul ‘Arsy, dsb.

Dari apa sifat nan tidak pas bagi-Nya di lilin lebah dan siang perian lain bosan-bosannya.

Maka dari itu karena itu, jadilah kamu seperti mereka dengan banyak beribadah kepada-Nya dan banyak berdzikr. Ayat ini adalah riuk suatu ayat sajdah nan disunatkan kita bersujud selepas membacanya alias mendengarnya, baik di kerumahtanggaan shalat maupun di luar shalat. Sujud ini dinamakan sujud tilawah.




Tafsir Sumir Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 206

Jangan enggan berzikir memahfuzkan Allah dan jangan lagi enggan membaca serta mempelajari wahyu-ramalan Al-Qur’an, karena sesungguhnya mereka yang cak semau di jihat tuhanmu, yakni para malaikat dan juga hamba-hamba Allah, enggak sesaat pun merasa berat siku untuk menyembah Almalik dan mereka terus-menerus bertasbih menerangkan-Nya dari sifat-sifat yang tidak memadai lakukan-Nya, dan belaka kepada-Nya satu-satunya mereka bersujud, maka tirulah mereka. Ayat ini adalah salah satu ayat sajdah nan disunahkan kita bersujud setelah membacanya ataupun mendengarnya baik di dalam salat alias di luar salat. Sujud ini dinamakan sungkem tilawah. Saat terjadi perang badar besar, antara kabilah mukmin dan laskar musyrik, kemenangan nan gemilang ada di pihak insan-orang mukmin. Harta rampasan pun cukup banyak luber, sehingga sempat mengundang percederaan menyangkut permasalahan pembagiannya. Mereka para sahabat mempersunting kepadamu, wahai nabi Muhammad, tentang bagaimana mandu penjatahan harta rampasan perang badar. Sebagai jawaban, katakanlah kepada mereka, harta curian perang itu yaitu milik Halikuljabbar dan rasul, sehingga utusan tuhan yang akan membagikannya menurut ganjaran Halikuljabbar. Janganlah kalian berbeda pendapat menyangkut persoalan harta itu, cukuplah kalian menjadikan rasa takut dan taat lega Sang pencipta sebagai simbol kebanggaan kalian, maka bertakwalah kepada Tuhan. Hindari perselisihan yang akan terjadi akibat pencatuan harta rampasan dan perbaikilah interelasi di antara sesamamu, serta jadikanlah rasa cinta rahmat dan kesamarataan ibarat asas lungsin persaudaraan. Dan taatlah kepada Halikuljabbar dalam segala perintah dan larangan-Nya dan demikian juga kepada utusan tuhan-Nya jika memang dia adalah orangorang yang berketentuan yang sudah lalu mantap keimanan dalam hati.

Baca juga:   Contoh Soal Jumlah Dan Selisih Dua Sudut


GRATIS!
Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Ki berjebah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah pusparagam penafsiran dari kalangan pakar adverbia terhadap isi dan kelebihan pertinggal Al-A’raf ayat 206 (arab-latin dan artinya), moga-agar berfaidah bakal kita. Bantu perdurhakaan kami dengan
menerimakan hyperlink
berkiblat halaman ini ataupun menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Surat Al a Raf Ayat 206

Source: https://tafsirweb.com/2660-surat-al-araf-ayat-206.html