Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 153

By | 12 Agustus 2022

Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 153.

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang membahagiakan ini kita akan bahas kajian
hukum tajwid surat Al-Baqarah Ayat 153 lengkap dengan penjelasannya. Kita perlu sekali bikin mempelajari imu tajwid. Dengannya kita bisa terbantu cak bagi mendaras Al-Quran dengan tartil. Baiklah, bakal mengetahui lebih jauh syariat tajwid yang ada pada surat Al-Baqarah Ayat 153, ayo kita simak hanya berikut ini :

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni :

1. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di tidak pengenalan. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

2. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).

3. Mad kudus atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah antuk ya sukun dan setelahnya tak beradu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Kaidah membacanya tinggi 2 harakat.

4. Mad perwakilan karena abjad mad bertarung hamzah dalam satu prolog akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari lambang bunyi mad. Cara membacanya jenjang 2 harakat.

5. Mad tahir atau mad thabi’i karena huruf ‘ain berharakat kasrah berbenturan ya sukun dan setelahnya enggak berbenturan hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Prinsip membacanya panjang 2 harakat.

Baca pula : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya.

6. Mad murni atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya bukan bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Prinsip membacanya tingkatan 2 harakat.

7. Alif lam syamsiyah karena leter alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).

8. Qalqalah sughra karena abc qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di perdua kalimat. Kaidah membacanya dipantulkan secara ringan.

Baca juga:   Berikut Ini Merupakan Beberapa Karakteristik Interaksi Sosial Kecuali

9. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu lambang bunyi syamsiyah shad. Dibaca idgham (timbrung ke huruf shad ).

10. Mad arid lissukun karena huruf mad terban sebelum aksara nan diwaqaf. Pendirian membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat. Belaka, bila kita kita bukan berhenti di sini maka hukumnya menjadi mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya bukan berlawan hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

11. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

12. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah nun berharakat fathah. Cara membacanya lebat.

Baca lagi : Wirid Menyekar Anak adam Gempa bumi Eksemplar Arab Latin dan Artinya.

13. Ada dua hukum di sini, mula-mula alif lam syamsiyah karena abc alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ). Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya bukan bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Prinsip membacanya tangga 2 harakat.

14. Mad arid lissukun karena fonem mad drop sebelum huruf yang diwaqaf. Mandu membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Mendaras Al-Quran termasuk cara mudah memperoleh pahala yang kreatif. Setiap lambang bunyi dinilai dengan pahala. Maka sangat merugi bila kita memencilkan ibadah membaca Al-Quran ini. Di kondominium sekiranya ada waktu longgar maka sebaiknya kita isi dengan membaca Al-Quran. Kegiatan substansial ini pun hendaknya diajarkan kepada anak-anak. Penyesuaian dari usia dini lebih bagus sekali lagi. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Tajwid Surat Al Baqarah Ayat 153

Source: https://poskajian.blogspot.com/2019/03/hukum-tajwid-surat-albaqarah-ayat-153.html