Tips Memilih Kosmetik Yang Tepat bagi Wanita agar Tampil Cantik

Tips Memilih Kosmetik Yang Tepat – Salah satu hal yang bisa dibilang wajib bagi seorang wanita baik yang masih remaja maupun wanita dewasa adalah sebuah kosmetik. Dengan memakai kosmetik tentunya akan menunjang penampilan seorang wanita sehingga dapat membuatnya menjadi lebih cantik dan dapat menambah rasa percaya dirinya. Sayangnya tidak semua kosmetik yang dijual di pasaran bisa cocok dan sesuai dengan jenis kulit kita. Dan yang lebih berbahaya lagi kian marak kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri yang tentunya akan berefek buruk bagi kulit serta kesehatan.

Bahkan telah banyak orang yang memalsukan kosmetik dengan menggunakan merk terkenal agar dapat terjual laris dan dipilih oleh banyak orang sedangkan yang sebenarnya itu adalah kosmetik palsu yang tanpa melalui uji laboratorium. Anda tentu tidak ingin kosmetik yang anda gunakan bisa merusak kecantikan atau bahkan mengancam kesehatan anda bukan? Oleh karenanya menjadi hal yang penting khususnya bagi wanita sebagai konsumen mayoritas untuk mengetahui cara agar dapat memilah kosmetik yang memang terjamin keamanan dan kesehatannya untuk anda.

panduan bagi wanita cara memilih kosmetik yang baik untuk kesehatan - Tips Memilih Kosmetik Yang Tepat bagi Wanita agar Tampil Cantik

Inilah beberapa cara dan panduan yang dapat anda praktekkan untuk Memilih Kosmetik Yang Tepat untuk anda.

Pilihlah Kosmetik yang Berlabel Halal

Saat memilih kosmetik usahakan membeli kosmetik yang memiliki label halal. Karena label halal tersebut tentunya berasal dari nomor sertifikasi halal dari LPPOM MUI (Lembaga Sertifikasi Halal di Indonesia) yang berarti produk tersebut telah diuji oleh lembaga tersebut untuk mengetahui kandungan yang ada dalam produk tersebut.

Memiliki Kode Legal

Kosmetik yang baik dan aman untuk anda salah satunya adalah kosmetik yang memiliki kode dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Depkes RI yang berarti kosmetik tersebut telah diuji dan apabila tidak terdapat kode tersebut maka tidak ada yang bertanggung jawab terhadap kosmetik yang anda beli.

Kode yang perlu dipahami adalah:

  • CD untuk kosmetik produksi lokal
  • CL untuk kosmetik impor
  • TR untuk produk yang tergolong jamu tradisional
  • TL untuk produk yang tergolong jamu impor

Memiliki tanggal kadaluarsa

Pastikan tanggal kadaluarsa pada kosmetik yang anda beli masih bisa di gunakan, karena apabila telah lewat tanggal tersebut maka kosmetik itu sudah tidak layak digunakan.

Terdapat Nama dan Alamat Produsen

Apabila kosmetik tidak memiliki nama serta alamat produsen maka anda perlu mempertanyakannya. Disamping itu, dengan disertainya nama dan alamat dapat menjadi informasi yang penting yang dapat dijadikan jaminan untuk diadukan ke pihak berwenang bila suatu saat ada masalah tentang kosmetik tersebut.

Perhatikan Komposisi Bahan

Perhatikan komposisi kosmetik yang akan anda beli apakah mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak. Bahan kimia berbahaya yang biasanya terdapat pada kosmetik adalah merkuri/hg, Hidroquinon, Pewarna Merah K.10 (Rhodamin B) dan Zat Pewarna K.3, lemak dengan segala turunannya yang berasal dari hewan yang diharamkan dalam hukum Islam, kolagen, elastin, ekstrak, amnion, dan gelatin yang berasal dari hewan haram.

Demikianlah tadi beberapa tips kecantikan yang dapat aplikasikan dalam Memilih Kosmetik Yang Tepat. Semoga dapat memberikan referensi dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda terkhusus kaum perempuan Indonesia.